FIFA Akan Tambah Pergantian Pemain di Piala Dunia


Gerard Houllier

FIFA Akan Tambah Pergantian Pemain di Piala Dunia – Setelah menghadirkan teknologi garis gawang yang bisa membantu menilai keakuratan sebuah gol, kini Federation International de Football Association (FIFA) akan mencanangkan sebuah aturan baru. Setelah melihat hasil pertandingan putaran ini, FIFA memberikan wacana jika jumlah pergantian pemain akan ditambah.

Menurut tulisan dari Bola Liputan 6, keputusan ini baru akan diberikan kepastiannya setelah gelaran Piala Dunia putaran 2014 berakhir. Jika selama ini pergantian pemain hanya diperbolehkan sebanyak 3 kali di setiap pertandingan Piala Dunia, FIFA mengubah jumlah tersebut menjadi 4 kali per laganya. Hal ini didasarkan pada jumlah gol yang berhasil dicetak oleh para pemain pengganti di 2 putaran Piala Dunia terakhir.

Dari data yang didapatkan FIFA, pada 2006 lalu sebanyak 23 gol diciptakan oleh para pemain pengganti. Sedangkan untuk tahun ini sendiri, memasuki babak perempat final sudah ada 29 gol yang dicatatkan para pemain pengganti. Inilah yang menjadi pertimbangan mengapa FIFA ingin menambah pergantian pemain di setiap pertandingan Piala Dunia.

Di samping itu, ada pula faktor pendukung mengapa para pemain pengganti cenderung berpeluang dalam mencetak gol. Para pemain pengganti bisa dipastikan punya peranan yang penting dan mereka punya stamina lebih baik dari rekan-rekannya yang turun sejak awal pertandingan.

Nantinya satu tambahan pemain pengganti ini tidak diperbolehkan selama pertandingan berlangsung dalam waktu normal (90′), pasalnya pergantian pemain ke-4 hanya boleh dilakukan di saat ada perpanjangan waktu atau babak tambahan pertandingan. Menurut tuturan dari Gerard Houllier yang merupakan anggota dari kelompok studi tekni FIFA, peraturan ini juga mengantisipasi jika nantinya ada pemain yang mengalami cedera saat babak tambahan berlangsung.

Setidaknya masih ada sekitar 8 pertandingan yang akan berlangsung hingga akhir laga akbar ini. Tempo permainan bisa dipastikan akan lebih tinggi dari pertandingan sebelum-sebelumnya, sehingga tambahan kesempatan untuk melakukan pergantian pemain perlu dipertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s