Pemain Naturalisasi Beri Dampak Negatif di Timnas


Timnas Indonesia Pastikan Gelar Uji Coba di Italia Berlangsung

Timnas Indonesia Pastikan Gelar Uji Coba di Italia Berlangsung

Pemain Naturalisasi Beri Dampak Negatif di Timnas – Jika kita mengamati susunan tim nasional, sudah bukan hal baru lagi jika ada pemain yang tidak berkelahiran asli Indonesia bukan? Nah, keberadaan pemain yang dinaturalisasi oleh PSSI ini kerap membawa beberapa pro dan kontra bagi pengamat sepak bola Indonesia.

Kali ini salah satu mantan punggawa Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengutarakan pendapatnya mengenai keberadaan pemain naturalisasi. Menurutnya, saat ini Indonesia tak kekurangan pemain dan cara naturalisasi tidak akan meningkatkan kualitas pemain dalam negeri.

Jika dicermati, Indonesia sendiri tak kalah dengan negara-negara tetangga yang sama-sama mengikuti piala Asia. Apabila menilai dari segi kualitas pemain, bisa dibilang Indonesia punya kualitas punggawa yang mumpuni. Semua itu bisa terwujud jika semua pihak yang terlibat di dalam Timnas Indonesia mau serius, disiplin, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing. Dengan proses yang seperti tersebut, tidak menutup kemungkinan jika beberapa tahun lagi Indonesia masuk dalam jajaran peserta Piala Dunia.

Menurut Kurniawan, kuota 5 pemain asing yang dinaturalisasi merupakan salah satu alasan mengapa kualitas pemain asal Indonesia sulit berkembang. Di samping itu, jumlah tersebut dikhususkan untuk posisi striker utama dari Timnas Indonesia di setiap pertandingannya.

Tak hanya menyinggung perkara kualitas pemain, mantan pemain Timnas ini juga mengatakan jika hal seperti ini akan menghancurkan semangat juang anak negeri. Jika diamati sejak diberlakukannya sistem naturalisasi, kini Indonesia tak punya stok striker yang memang berasal dari anak negeri.

Mungkin inilah yang dianggap beberapa pengamat persepakbolaan dalam negeri mengenai dampak negatif adanya pemain naturalisasi. Tim pelatih sudah tidak lagi mempercayakan posisi penyerang kepada punggawa asli Indonesia. Selain itu, mereka juga perlahan-perlahan mematahkan semangat para pemain muda bertalenta Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s