Penyebab Kekalahan Timnas Spanyol di Piala Dunia


Penyebab Kekalahan Timnas Spanyol di Piala Dunia

Penyebab Kekalahan Timnas Spanyol di Piala Dunia

Penyebab Kekalahan Timnas Spanyol di Piala Dunia – Meski masih tersisa satu pertandingan lagi di Piala Dunia 2014, pertandingan melawan Chile tampaknya menjadi salah satu bukti jelas jika sang juara bertahan tidak lagi bisa memboyong trofi kemenangan ke negeranya. Kekalahan telak saat melawan Belanda tampaknya menjadi salah satu beban mental para pemain Timnas Spanyol di putaran berikutnya. Jika Anda beranggapan ada hal lain yang menjadi penyebab kekalahan tim Matador, berikut ini kami berikan beberapa paparannya.

1. Lawan sudah tahu rahasia permainan tiki-taka
Ciri khas permainan tiki-taka tampaknya sudah bukan jadi hal istimewa lagi untuk tim Spanyol. Gaya bermain yang disebut-sebut tak bisa dikoyak itu kini sudah dipatahkan oleh Belanda dan Chile. Dua lawan di pertandingan babak penyisihan grup ini sukses menekan pertahanan Tim Matador sehingga bola bisa masuk dengan mudah ke gawang yang dijaga oleh Casilas. Secara detailnya, lawan memilih menggunakan strategi permainan high defensive dan marking yang ketat di bagian lini tengah tim Spanyol. Nah, oleh karena itulah sang raja bola Eropa ini harus tumbang di awal laga Piala Dunia 2014.

2. Menggunakan wajah lama
Usai mendapat kekalahan 5-1 dari Belanda, sang pelatih Timnas Spanyol menuturkan tidak akan melakukan banyak perombakan pada pemainnya. Cara ini tampaknya bukanlah jurus ampuh untuk menggertak pertahanan musuh saat di lapangan. Di samping semua itu, tidak seharusnya lini tengah dari tim ini diisi dengan punggawa yang sudah termakan usia seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Kedua pemain ini memang merupakan pemain top di klub Barcelona, namun jika mereka disandingkan dengan lawan yang usianya di kauh dibawahnyan bisa dipastikan stamina dan fisik yang dimiliki Zavi dan Iniesta kalah.

3. Kesalahan pada timnya
Adaptasi terhadap jalannya permainan menjadi alasan utama mengapa Spanyol banyak melakukan kesalahan. Saat berlaga kontra dengan Chile, tim dari Eropa ini bisa dibilang kewalahan dengan tempo permainan yang cepat. Fisik yang kurang prima menjadi penyebab Spanyol kerap kali melambungkan umpan yang salah. Selain itu, penonton juga tak jarang menjumpai blunder dari kiper Spanyol saat berada di depan gawang.

4. Pertahanan yang kurang tapi
Jika akhir-akhir ini Casilas kerap dituding sebagai sumber kekalahan tim Spanyol, tampaknya itu perlu di koreksi.Satu barisan di depan gawang sebenernya punya peran penting dalam hal pertahanan. Bagaimanapun juga, kemenangan Spanyol di Piala Dunia putaran 2010 dan Euro 2012 tidak luput dari batisan pertahanan yang rapi. Jadi jika ditarik kesimpulan, pada Piala Dunia tahun ini Spanyol masih punya lubang di bagian lini pertahanan timnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s