Gawat! ISL Makin Terpuruk di Asia


Liga Super Indonesia salah satu kompetisi terbaik di Asia? Lupakan dulu nostalgia itu. Kekalahan Persipura Jayapura dengan skor memalukan 0-9 dari Changchun Yatai (runner-up Liga Super China) di Liga Champions Asia mengancam keikutsertaan wakil Indonesia di LCA musim depan -juga mengancam peluang Arema Indonesia di Liga Champions Asia BILA Arema menjuarai Liga Super Indonesia musim ini.


Richardo Salampessy tak mampu membendung striker Changchun Yatai, Gao Jian. Persipura, juara Liga Super Indonesia kalah memalukan 0-9!

Di kawasan Asia Tenggara, kompetisi di Indonesia masih dianggap yang terbaik. Ini dibuktikan dengan hanya Indonesia yang langsung mengirimkan wakilnya ke putaran pertama Liga Champions ditambah satu wakil di babak play off. Sayangnya belum pernah ada wakil dari Indonesia yang mampu lolos ke putaran kedua. Bahkan seringkali klub Indonesia menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) tampaknya harus menata ulang pola pembinaan pemain dan pengelolaan kompetisi. Sebab, status Indonesia Super League (ISL) turun tajam berada di urutan 16 Asia dengan skor 247,5 atau turun delapan strip dari urutan delapan dengan nilai 296. Peringkat ini jauh dibawah kualitas Liga Jepang, Korea atau China yang menempati urutan lima besar.

Dapatkan berita lengkap Arema Indonesia di Ongisnade.net

Kualitas kompetisi lokal juga kalah dari Malaysia yang berada di urutan 12 Asia dengan skor 261, serta Vietnam dengan nilai 262,5. Jurang kulaitas semakin lebar dengan Singapura yang menempati urutan delapan Asia dengan skor 286,5.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes menyatakan klub bertanggung jawab penuh atas prestasi yang diraih. “Kompetisi akan dievaluasi kembali. Ini murni kesalahan klub dan pelatih,” tandasnya.

Bukan tidak mungkin musim depan wakil Indonesia ke Liga Champions Asia digantikan oleh klub-klub asal Malaysia, Vietnam, dan Singapura. Sungguh ironis bila juara Liga Super Indonesia tidak bisa berlaga di Liga Champions Asia. (sumber: Okezone)

47 pemikiran pada “Gawat! ISL Makin Terpuruk di Asia

  1. Harus saya akui tim ISL belum bisa berbuat bnyak di LCA. Tim2 ISL harus mencoba pemain asing dari ASIA yg masih aktif ditimnas masing2. Karena kita akan tahu KEKUATAN tim asal pemain trsbut, contoh AREMA INDONESIA dgn noh alamsyah dan m.ridhuan. sbgai BUKTI NYATA, tim kera NGALAM sampai saat ini msih KOKOH dipuncak klasemen! A.R.E.M.A Aaarrrrremmmaaaaaaaaaaaa……

  2. wis cuman arema yang bisa mewakili indonesia dengan baik trutama sporternya yang bagus sekali…

  3. Jgn dinilai dr satu sisi.persipura klh krn cuaca yg g cck dgn karakter papua,hrs dibuktikan bermain di ind dl.Lht sriwijaya membabat selangor dgn skor gila jg.jgn mematikan semangat aremania.qt aremania ykin hanya arema indonesia yg mampu berbicara dilevel asia atw LCA.bravo sepak bola indonesia sasaji aremania

  4. tiada arema,indonesia tk akn bsa brbuat apa2 di LCA.
    hx jiwa arema yg bs mnyelamatkan muka indonesia di level asia.
    cz arema adlah d’ number one a indonesia

  5. maaf mas sekedar info saja..diatas dikatakan tim2 dari indonesia belum pernah ada yg lolos ke putaran ke-2 padahal di LCA 94/95 Persib pernah lolos sampat perempat final,dan sebelum itu Pelita Jaya pernah sampai semi final tp saya lupa lagi tahun nya.

  6. maaf skedar info dan bukan untuk memanas manasi…Persib pernah melaju sampai perempat final di LCA 95 dan Pelita jaya pernah sampai semi final sebelumnya,jd klw dikatakan tim dari indonesia belum pernah melaju sampai putaran-2 itu salah..

  7. Aku yakin tahun depan..
    Arema jadi wakil dari Indonesia untuk berkiprah Di Pentas Liga Champions Asia. Coale ISL 2010 Arema yang Juara ea Gk Jezz……?

  8. jangan mimpi bung!!!!!!!!!!!!!!!….arema-persipura,sriwijaya atau apapun tim itu gak akan bisa berkutik kalo pssi nya gak becus manage kompetisi..

  9. Hai nugraha becusss.. seenaknya sendiri ngomonggg..
    kalo kegagalan selalu dibilang klub harus tanggungg jawab
    lah mana koreksi dari PSSI sendiri..

  10. Biarpun saat ini tim2 Indonesia jadi bulan-bulanan terus di liga champions asia..
    Kita harus yakin bhwa kita pasti bisa..
    Jangan menyerah..
    Sebentar lagi pasti eranya Indonesia..
    Kita bkan bangsa yg terlahir sebagai pecundang,takdir Indonesia itu sebagai pemenang..
    Maju Indonesia..!
    Maju Arema..!
    Salam satu jiwa..!!!
    Arema Indonesia..!!!

  11. emang gg da yang bermutu semua klub klub di indonesia kecuali arema . . itu ajj arema yang dijadikan . wakil indonesia

  12. ooalahh nugraha wedhus iku…
    giliran ditanya tanggungjawab, malah cepet2 ‘cuci tangan’…
    nyalah2no klub karo pelatih mane…

  13. oalah … gimana lek Arema kluar ae teko pssi… pindah nang pssa ae.. Persatua Sepak Bola Seluruh Arema…. dadi seng main pokok arema,… oleh mlebu lapangan kabeh… Nugroho Wedus kongkon dadi wasit Ae…

  14. revolusi di tubuh PSSI klo emank sepakbola nasional pengen maju, 7 thn berkuasa tanpa prestasi masih pantaskah mreka memimpin PSSI? napi + orang2 tk tau malu yg menguasai PSSI hrs di ganti oleh orng2 yg benar2 profesional dan mau berjuang untuk memajukan sepakbola nasional. msk AREMA mau gagal lg ke LCA? wah ojo sampe ker
    majulah AREMA jayalah AREMA
    salam satu jiwa AREMA INDONESIA

  15. salah satu menigkatkan kualitas liga super adalah dengan menghilangkan permusuhan diantara aremania dengan bonek

  16. sak karepe dewe iku nugroho besoes, tim n pelatih yg harus bertanggung jawab. perkataan yg sangat menyakitkan. dari hari kehari ISL menyuguhkan penampilan yg apik. contohnya saja pertandingan arema melawan persib. sperti menonton liga di eropa saja. menurutku PSSI nya itu yg harus bertanggung jawab. kon iku yg harus mundur, cangkem mu…

  17. waduh waduh malu2in aja masa bisa kalah sampai 9-0. tu kan pentas se asia. kalau saja Arema Indonesia yan menjadi wakil Isl pasti bikin bangga liga dan bangsa. AREMA INDONESIA memang satu2 nya tim yang pantas berlaga di LCA. Tunggu aja tanggal mainya tahun depan pasti Arema jadi wakilnya go……… Arema maju trZ. salam BWT seluruh para aremania, aku tunggu aksimu. AREMANIA SOEJATI dari Kendal.Ngawi

  18. saya akan terus mendukung arema agar tetap bisa main di LCA…bukan hnya di ISL..
    arema pastti juara
    aremapasti berhasil
    disini aremania
    mendukung dan mendoakanmu..
    amin…

    I love you Arema indonesia….

  19. sekarang terpuruk,,,,,,,tapi tahun depan tidak,,,,karena arema indonesia adalah wakil indonesia di kancah internasianal,,,,,dan arema indonesia jadi juaranya,,,………amin,.,.,.,.,.

  20. . .arema sudah juara. .arema sudah juara. .juara liga super indonesia . .taoen depan juara LCA. .amien. .

  21. AREMA pasti bisa mengharumkan nama bangsa di pentas LCA tahun depan… Syaratnya The winning team yang sekarang jangan di rusak ama management arema sendiri dan PSSI gak LUPA MENDAFTARKAN untuk ke 2 kalinya… Kalo bisa PSSI bantu dana ke arema yg mau berjuang di LCA musim depan.

  22. Q yakin AREMA juara dan thn dpn wakil indonesia d ajang campione ASIA,, prestasi ISL memang buruk,,krna pengurus yg tdk becus,,dmn ada pengurus masuk penjara tp masih tetep menjabat menjadi ketua PSSI,,yg bs begitu cm orang gila NURDIN HALID aja,,klo pengen ISL lebih berprestasi tarik NURDIN HALID sebagai ketua PSSI,,maka prestasi sepak bola ISL pasti akan maju,,salam utas awij,,BHUTO GADANG

  23. kalo yg di pake uang rakyat (APBD) ga mgkin bsa berprestasi di LCA…kualat !!!

    contoh arema yg bnar2 pantas d ISL…lagian tim ISL terbiasa menang dg “uang” ke wasit..d LCA tdk bsa…..makanya kalah semua,,,,PSSI jg “gudang Korup”nya PSSI dewe….

    maju terus arema…tunjukkan kalau singa singa bola malang bisa berpredtasi di tngkat asia…..BISMILLAH…!!!!!!!!

  24. Betul kata Nugroho faktor pelatih dan club. Tapi faktor yang menyebabkan pelatih dan club kurang bagus adalah PSSI, karena PSSI meng-KADALI club dan pelatih sejak kepemimpinan Nurdin Halid dan kutu busuknya si Nugraha Besoes

  25. yo ayo….
    auo areeemaaaaaaaa
    ku ingin kita harus menang
    biarlah persipura & persiwa jadi LUMBUNG GOL….
    yang penting AREMA jadi LUMBUNG PRESTASI…..
    Prestasi Nasional dan Internasional

  26. tahun depan arema juara champion .,.,apapun yang terjadi arema tetap yang terbaik,.,.,.kkwkwkkwkwkwwkwkkw..,.,.

  27. ya mudah2an aja arema nggak kayak tim yang lainnya,dan bisa mengangkat martabat ISL biar nggk tambah anjlok,masak kalah ama malaysia sedangkan liganya amat membosankan tapi bisa memintas ISL yang jauh lebih menghiburkan,ayo arema tunjukkan pada hamman presiden keparat AFC itu yang selalu mengecilkan kualitas ISL buktikan indonesia lebih hebat di banding liga di negara ASEAN ini.

  28. Masih hebat Sriwijaya dari pada Persipura yng menjadi lumbung gol….
    dan bru2 ini persib Bandung pun di cukur abis oleh SFC…hidup SFC…

  29. Jangan melulu salahkan PSSI …!!!
    Ini gara-gara penampilan persipura yang memalukan wajah ISL di Liga champions asia …
    Selalu jadi lumbung gol lawan2nya … Tim seperti persipura tidak punya mental main laga internasional …
    Begitu juga Klub masing2 di ISL memang harus berbenah karena bagaimana mungkin liga kita kalah kelas jauh dr liga singapura & malaysia padahal banyak pemain timnas mereka yg justru mau ngantri main di liga kita !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s