Elemen Suporter Sepakat Damai


Sejumlah elemen suporter di Surabaya menyatakan siap mengamankan pertandingan Liga Super Indonesia yang mempertemukan tuan rumah Persebaya Surabaya dengan Arema Indonesia, Sabtu (16/1).

Kesiapan itu dituangkan sejumlah elemen suporter dengan menandatangani kesepakatan damai di depan Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar (Kapolwiltabes) Surabaya Kombes Pol Ike Edwin di Surabaya, Kamis (14/1).

Elemen suporter Persebaya yang hadir dalam kesempatan itu, adalah Yayasan Suporter Surabaya (YSS), Persebaya Fans Club (PFC) dan Barisan Pemborong Gol (Balgo).

Adapun isi butir kesepakatan damai itu, antara lain suporter bersedia menjaga keamanan saat berangkat ataupun ketika meninggalkan Stadion, serta sanggup mengendalikan diri sebelum maupun setelah pertandingan.

Selain itu, suporter juga sanggup untuk tidak membuat keonaran dengan melakukan tindakan yang menjurus kepada pelanggaran pidana, dan menghimbau sesama suporter yang melakukan pelanggaran sebelum diberi tindakan tegas oleh polisi.

Koordinator YSS Wastomi Suheri mengatakan, laga Persebaya melawan Arema memiliki potensi rusuh, tapi pihaknya berjanji akan mengamankan pertandingan tersebut.

“Kami datang ke Polwiltabes juga dalam rangka memperbarui komitmen suporter yang ditekan beberapa tahun lalu. Salah satu kesepakatan waktu itu adalah suporter Arema dilarang datang ke Surabaya, begitu juga sebaliknya,”

Wastomi meminta semua suporter mengendalikan diri jika tim lawan mencoba memancing emosi penonton dengan memperlambat tempo permainan atau tindakan lain.

Kapolwiltabes Kombes Pol. Ike Edwin mengimbau para suporter bisa menjaga ketertiban dan keamanan, baik di dalam maupun luar stadion, bahkan saat dalam perjalanan menuju dan pulang dari stadion.

“Surabaya adalah kota kedua terbesar setelah Jakarta dan juga kota internasional yang menjadi barometer keamanan di Indonesia. Karena itu, semua pihak harus menjaga situasi Surabaya tetap kondusif,” katanya.

“Pertandingan ini juga menjadi test case apakah nantinya kami akan mengeluarkan izin lagi. Kalau sampai ricuh, kami akan pertimbangkan lagi keluarnya izin keamanan untuk pertandingan,” tambah mantan Kapolres Jakarta Pusat ini.

Sebelumnya, Ketua Panpel Persebaya Helly Suyanto mengatakan pengamanan laga Persebaya-Arema akan melibatkan sebanyak 3.000 personel keamanan, terdiri dari 2.600 aparat kepolisian dan 400 personel TNI.

Jumlah aparat keamanan ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah pertandingan sepak bola di Surabaya, bahkan kompetisi sepak bola nasional.

Kasus kerusuhan suporter pada 5 September 2006 saat Persebaya menjamu Arema di babak delapan besar Copa Indonesia, menjadi alasan utama pengerahan tenaga keamanan yang sangat berlebihan tersebut. (Antara)

Iklan

8 pemikiran pada “Elemen Suporter Sepakat Damai

  1. dengan hormat para bonek mania….
    komit dengan dengan kesepakatanya….
    bakalan di lihat se indonesia…
    buat cak bustomi
    “malas utas awij”

  2. Jalan Tengah Meredam Pertikaian Antar Sporter di Indonesia:

    Aremania + Jakmania = Saudara.
    Viking + Bonek = Brotherhood.
    Pro Aremania + Pro Jakmania = Akur.
    Pro Viking + Pro Bonek = Rukun.

    Aremania + Bonek = Rival Abadi.
    Viking + Jakmania = Musuh Bebuyutan.
    Bonek + Jakmania = Tidak akur.
    Aremania + Viking = Kunci keharmonisan Sporter Indonesia.

    Kunci Jawaban: Kita tunggu Laga Persib menjamu Arema, bila Viking memperkenankan Aremania bertandang ke markas Viking, Kita adu urat suara teriakkan yel-yel dukungan buat team kesayangan, membakar hati, tapi kepala tetap dingin, saling lempar kata, syair, lagu, bukannya saling lempar batu, botol, dan lainnya. abaikan hasutan bonek, jakmania, atau bahkan setan gundul. kita isi sepanjang pertandingan dengan lagu sarat dukungan buat team kesayangan, hingga akhir pertandingan kita saling berrangkulan, saling bersalaman, apapun hasil yang dicapai team kebangaan, karena kemenangan ada pada diri kita, pada tiap sporter, menang pada ego pribadi, membuka fanatisme buta, meleburkan dalam biru, dan memberi warna untuk INDONESIA tercinta.
    semoga ini bukan sekedar angan belaka. Amin.

  3. sepakat damai taek wong sik senengane nyawat bise tim tamu ngono kok damai ( damai taek)

  4. semoga para bonek mania memegang janjinya kami aremania cinta damai jadi kami siap berdamai kalau memang betul bonek mau berdamai dengan arema
    ‘malas utas awij’
    aremania belu NTT

  5. kalo saya pikit percuma suporter sejatim sepakat damai. toh..mungkin yang ikut kesepakatan damai hanya pentolannya suporter/perwakilan dari setiap setiap suporter
    masing-masing. tapi yang perlu di garis bawahi dalam hal ini yaitu di elemen kelas bawah suporter pasti akan tetap sama melakukan aksi yang anarkis dan saling bermusuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s