Quotes of the Week


“Jangan anggap saya arogan, tetapi saya adalah (pelatih) juara Eropa dan menurut saya “I’m a special one”, kalimat tersebut begitu melekat pada sosok Jose Mourinho. Setelah itu, tidak terhitung lagi berapa kali komentar kontroversial yang keluar dari mulut sang pelatih. Oleh Goal, Mourinho dinobatkan sebagai “the most quotable men in football”.

Pelatih kontroversial Argentina, Diego Maradona, lebih parah lagi ketika berkomentar usai membawa Tim Tango lolos kualifikasi. “Jurnalis memberlakukan saya seperti sampah, tapi sekarang kami lolos kualifikasi dengan penuh kebanggaan,”

Tidak cukup di situ, Maradona memegang (maaf) kemaluan sambil berkata, “(Setelah kami lolos) Mereka (jurnalis) bisa terus mengisapnya,”

Dua pelatih papan atas Inggris, Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger, juga sering terlibat perang komentar. Ferguson juga menebar psy war di Eropa.

“Pemain itu (Filippo Inzaghi) dilahirkan dalam keadaan offside,” ujar Ferguson awal 2000an ketika Inzaghi dinobatkan sebagai pemain paling banyak offside dalam sejarah sepak bola.

Di Inggris, Italia, dan kompetisi papan atas Eropa lainnya, setiap kata dan kalimat yang diucapkan pelatih menjadi santapan media untuk konsumsi publik, terlebih di Inggris yang dikenal memiliki pers cukup “kejam”. Namun psy war dan komentar pelatih juga menjadi daya tarik dari sepak bola itu sendiri.

Sayang, kesadaran berkomentar di media belum terlalu dipikirkan pelaku sepak bola di Indonesia, demikian pula pers lokal. Banyak hal “menjual” dari sepak bola yang dilewatkan begitu saja.

Tapi hati-hati bila berkomentar karena FIFA memiliki aturan tegas mengenai hal ini, yang konon bakal diterapkan pula oleh PSSI.

“Menurut pasal 58.a aturan FIFA, setiap orang yang merendahkan kehormatan pihak lain lewat tindakan atau ucapan akan dihukum,” tegas Presiden FIFA, Sepp Blatter seperti dilansir Sporting Life.

Anda penggemar sepak bola Indonesia khususnya Arema? Mulai edisi pekan ketiga Oktober ini ONGISNADE.NET manampilkan “Top Quotes” setiap pekannya, merangkum komentar dari pemain dan pelatih dalam satu minggu terakhir, yang membawa Anda semakin merasakan atmosfer sepak bola profesional bersama Arema dan ONGISNADE.NET

Simak edisi perdana Top Quotes: Robert Alberts di sini

2 pemikiran pada “Quotes of the Week

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s