Akankah Kedamaian Ini Terus Berlanjut?


Pagi itu ayas menghadiri acara Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II yang diadakan di Stadion Gajayana. Dalam acara tersebut salah satu itemnya adalah Pencanangan Gerakan Anti Narkoba di Bhumi Arema. Kebetulan ayas mendapat undangan dari Badan Narkotika Provinsi Jatim untuk menghadiri acara tersebut. Tapi tanpa disangka-sangka pagi itu ayas juga ketemu dengan berbagai elemen kelompok supporter baik tim Divisi Satu, Divisi Utama, hingga Superliga dari seluruh Indonesia.

Bahkan aku sangat kaget ternyata supporter yang selama ini dikenal berseberangan dengan Aremania seperti Bonek dan Sakeramania bahkan Persikmania duduk berdampingan dan bercengkerama dengan santai bersama dengan beberapa pentolan Aremania. Bahkan sarapan nasi bungkus pun mereka sangat rukun dan saling bertukar lauk pauk antara yang satu degan yang lain. Sungguh pemandangan indah yang sangat jarang ditemui selama ini.

Sebagai Arema sejati aku tertarik untuk bertanya pada Cak Imron salah seorang pentolan Bonek yang hadir dalam acara tersebut. Kenapa dia sampai datang menghadiri acara Silaturahmi Suporter Indonesia Damai II yang diprakarsai Aremania. Cak Imron menjawab bahwa sebagai pecinta bola sejati Bonek-pun ingin berdamai dengan elemen supporter manapun di Indonesia. Dan dengan adanya undangan dari Aremania maka Bonek sangat menghargai ketulusan dari pihak Aremania untuk mewujudkan perdamaian bagi seluruh elemen supporter Indonesia.

Melihat realitas tersebut dalam hati saya bertanya-tanya, akankah perdamaian supporter di tingkat elite ini bisa mengakar pada elemen massa supporter di tingkat grassroot yang biasanya sangat sulit dikoordinir dan cenderung semau gue. Tapi sebagai Aremania sejati yang cinta damai kita harus mampu mewujudkan PERDAMAIAN dengan seluruh elemen supporter lain.

Aremania harus menjadi pionir dalam segi kreativitas, loyalitas, dan atraktivitas dalam mendukung tim kebanggannya berlaga. Dan Aremania harus bisa menjadi gerbong utama masyarakat pecinta bola Indonesia untuk mewujudkan FAIRPLAY di lapangan, meruntuhkan rezim otoriter, menghancurkan dan membersihkan sistem yang selama ini berjalan di tubuh PSSI dengan segala kebobrokannya. Semoga perdamaian ini bisa terjaga sepanjang masa.

BRAVO AREMANIA, BRAVO SUPPORTER INDONESIA….
AYO SATU JIWA BANTAI NARKOBA DI KANDANG SINGA..

SALAM SATU JIWA

ditulis oleh:
Roni Hermanto, SP
Aremania Tumpang
ronnie_nade@yahoo.com

ONGISNADE.NET - Media Online Arema Malang & Aremania

Iklan

3 pemikiran pada “Akankah Kedamaian Ini Terus Berlanjut?

  1. mari adu kreatif yg sportif,,,,,,siap kalah dan siap menang,,,,I LOVE AREMA,I LOVE AREMANIA,I LOVE INDONESIA,,,,,,

  2. Ayo semua suporter indonesia qta bergandengan tangan untuk mewujudkan Indonesia yang damai,bebas dari segala kerusuhan dan anarkiiii……
    Aq yakin qta smua bisa….
    Jayalah AremaQ….bravo supoter Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s