Memperluas Penyiaran Berita Arema dan Aremania


Pagi ini dengan rasa sedikit penasaran, saya membuka website The Bobs. Dan ternyata perkiraan saya benar, Blog Ongisande.net ini kalah dengan Blog-blog yang lain. Bahkan Best Weblog berbahasa Indonesia sendiri yang terpilih akhirnya blog media-ide.com, bukan maseko.com yang notabene dia mendapatkan suara terbanyak pilihan Pembaca/Pengunjung.

Ada perasaan kecewa, namun juga juga perasaan maklum atas hasil tersebut. Hehehe ..mungkin karena sudah punya keluarga, jadinya perasaan saya tidak meledak-ledak seperti ketika dulu masih muda, yang maunya tidak mau kalah atau mengalah. Kalaupun kalah, akhirnya marah-marah seharian .. hehehe.
Ongisnade.net adalah Blog yang cukup bagus dan informatif.

Saya melihat Juri dan khalayak umum melihat Blog ini cenderung “exclusive” karena beritanya hampir 95% adalah berita mengenai AREMA dan AREMANIA saja. Hal ini memang tidak bisa disalahkan, dan memang sah-sah saja, karena Ongisnade.net sendiri mengkhususkan dirinya menjadi penyiar AREMA dan AREMANIA-nya. “Proud to be AREMANIA and AREMA Fans Club”

Namun melihat realita dan kondisi dilapangan yang ada, kita bisa melihat bahwa Komunitas AREMA/AREMANIA ini jumlahnya sangat terbatas dibandingkan dengan, katakanlah jumlah seluruh penduduk di Jawa, di Indonesia atau bahkan Dunia. Sehingga apabila melihat Blog ini yang punya target sebagai blog yang punya “bussiness oriented” atau “profit oriented”, maka sebaiknya paradigma cakupan beritanya harus berubah.

“Apabila Kita ingin menjual barang ke konsumen, maka jualah barang yang diinginkan oleh konsumen tersebut, atau buat barang kita jadi menarik sehingga konsumen ingin membelinya”

Pengamatan saya, kalau planning pasarnya adalah AREMANIA saja, Blog ini sudah cukup dan perlu sidikit pemanis lagi. Kalau Pasar yang mau ditembak adalah penduduk Jawa, maka tambahlah dengan berita seputar sepakbola JAWA, termasuk U-21 atau U-23 dan Divisi selain ISL ini. Nah Begitupun untuk target pembaca dari daerah seluruh Indonesia, maka tambahlah dengan berita sepakbola Nasional. Mungkin porsinya bisa ditambah 1-2 kolom berita AREMA/AREMANIA, 1 Kolom Berita SEPAKBOLA JAWA dan atau 1 Kolom lagi berita seputar Sepakbola Indonesia.

Hal ini saya yakin akan membuat pembaca (bukan AREMA Fans atau bukan AREMANIA) yang tadinya hanya tahu link ongisnade.net dari email/baca di selebaran entah dimana, kalau masuk dan melihat blog ini akan memperhatikan berita yang ada di dalam Blog ini. Besoknya dia akan ke Blog ini lagi, karena ingin melihat update seputar sepakbola secara keseluruhan, bukan hanya AREMA saja. Sejalan dengan waktu pasti banyak orang non AREMA bisa jatuh cinta dengan AREMAnya Sendiri, karena “Witing Trisno Jalaran Soko Kulino”.

Sebetulnya keadaan ini merupakan pangsa pasar yang besar bagi ongisnade.net dan pihak Sponsor pada khususnya, karena website resmi atau blog-blog Fans Club-CLub Sepakbola di indonesia ini sangat terbatas dan tidak semenarik/secantik Blog Ongisnade.net atau http://www.bentoel-arema.com.

Untuk Informasi, bahwa membaca “Rating Pembaca” bisa kita pantau menggunakan link dibawah ini …
http://www.alexa.com/data/details/traffic_details/ongisnade.net

hal ini sama seperti yang terjadi dengan http://www.bentoel-arema.com, dan hasilnya bisa terlihat di link ini:
http://www.alexa.com/data/details/traffic_details/bentoel-arema.com

Disitu terlihat bahwa pengunjung Ongisnade.net terkesan hanya itu-itu saja, dan saya yakin kebanyakan atau 98% adalah AREMANIA. Tidak ada kenaikan yang signifikan dari bulan ke bulan. Prediksi saya, kalau tetap tidak ada perubahan, mungkin Pihak Sponsor pun akan enggan masuk berpromosi dalam Blog ini, dan tidak menutup kemungkinan blog ini akan susah memenangkan Blog award seperti acara “The Bob ” tahun ini.

Saran saya agar Sponspor mau menjadi “Be a Proud of Sponsor Ongisnade.net” maka sedikit wacana ini mungkin bisa menjadi masukan:
1. Seperti bentoel-arema.com, ongisnade.net harus mau berpromosi juga (dalam arti kata menjalin kerjasama). Dilihat dari Negara asal pengunjung, bentoel-arema.com lebih maju dibanding dengan Ongisnade.net. Bentoel-arema sudah dilihat oleh orang-orang di luar Indonesia, yakni Korea Selatan dan USA. Mungkin ini salah satu efek dari keikutsertaan AREMA FC di Ajang AFC tahun-tahun kemarin. Sedangkan Pengunjung Ongsinade.net hanya dari Indonesia saja. Salah satu jalan berpromosi adalah saling memberikan link pada masing-masing Blog yang mau diajak kerjasama. Misalkan, ajaklah kerjasama blog maseko.com, media-ide.com, dan blog-blog terkenal lainnya. Dengan saling menampilkan link blog di webblog nya, akan semakin mempercepat perluasan cakupan pengunjung webiste kedua belah pihak. Namun tentu saja harus diperhitungkan untung ruginya. karena mereka juga tidak mau menampilakn Blog Ongisnade.net jikalau nantinya blog ini hanya berita AREMA saja, sedang Club yang lain/berita yang lain tidak ada sama sekali. Karena mereka akan khawatir bahwa pengunjung setia Maseko.com misalnya, akan menginggalkan blog tersebut karena maseko dianggap sebagai salah satau AREMANIA, padahal pengunjung tadi adalah PERSIKMANIA or mungkin BoNek atau mungkin khalayak umum yang alergi dengan segala kekerasan Sepakbola Indonesia.

2. Tambah percantik penampilan Blog ini. Meksipun Blog ini sudah bagus, namun “continues Improvement” mutlak diperlukan untuk menjadi blog yang terdepan. Saya yakin “kera-kera Ngalam” adalah jagonya untuk berkreasi. Ada cerita menarik yang bisa membuat sedikit bangga Ongisnade, yakni sewaktu saya download Ongisnade magazine #2, dan sengaja saya sebarkan ke rekan-rekan sesama penggila bola ditanah air di kantor saya, salah satu Fans Jakmania sangat kagum dan bangga melihat kreasi Ongisnade ini. Bahkan dia sempat menyeletuk ” wah ini cocoknya Magazine Jakmania nih …” hahahaha .. guraun tersebut paling tidak memberikan sinyal bahwa Ongsinade.net memang kreatif dan mempunyai tampilan yang bagus.

3.Tidak ada salahnya mencontoh website dari luar atau dari FC-FC lain jikalau dirasa perlu untuk menambah/mempercantik penampilan. Otomatis, kita harus permisi dulu dengan pemiliknya, dan juga mencontohnya dalam artian tidak 100% tapi ide atau warnanya. Kan itu yang dinamakan Kreatif hehehehe …

4. Ajaklah atau mintalah pada Management AREMA agar memberikan link ongisnade.net di http://www.bentoel-arema.com dan sebaliknya tawarkan link mereka di Ongisnade.net.

Semoga sedikit masukan saya bisa menambah wawasan Team Kreatif dari Ongisnade.net. Semoga Sukses buat semua, dan mari kita berdoa dan berusaha menjadi yang terbaik disegala bidang yang kita tekuni masing-masing.

Jayalah AREMA dan AREMANIA – Be A Proud of AREMA Fans Club

Regards,
Yernadi
-Kuli Minyak Lepas Pantai-

Media Online Aremania ONGISNADE.NET

Dapatkan info update dan paling lengkap seputar Arema Malang dan Aremania di Media Online Arema Malang & Aremania ONGISNADE.NET

17 pemikiran pada “Memperluas Penyiaran Berita Arema dan Aremania

  1. Sedikit banyak ayas setuju ambik tulisane Sam Yenardi iki.Tapi kalo ongisnade.net harus bermaterikan kleb bola/suporter sak Indonesia/dunia,lak podo ae ambik TPI seng saiki.Mungkin konsepnya aja yg dirubah.Arema,just not football.Misi&visi sedikit bergeser,dari tentang komunitas Arema tok ditambah menjadikan Bhumi Arema sebagai barometer Modern Football Inc.di Indonesia.
    Tapi sbg pemula,tak kiro wes cukup mayamul.Tinggal polesan disana-sini.Seng penting ojo’ alergi karo kritik ae!
    Lha mek ngene tok ae wes termasuk paling apik diantara blog2 suporter liane.Gawe duwek pribadi meneh,gak gawe duwek negoro opo meneh APBD…

  2. anda salah jika menilai dibuka hanya orang 2 di indonesia banyak ko orang 2 yang di luar negeri seperti jepang hongkong uk amerika australia mo bukti ?? http://www.aremaisme.net sebagian besar adalah para komentator yang sering masuk di http://www.ongisnade.net sebagian besar ya berdomisili di luar malang , diluar kota , di luar pulau ( bangka , sumatra kalimantan , bali , sulawesi(makasar), bahkan diluarnegeri ( jepang, amerika ,honkong,taiwan, australia)

    ongisnade.net menurut saya sudah cukup menarik dan kreatif ( tapi tentunya harus lebih dan lebih baguslagi) blog ini sesuai namanya menyajikan berita seputar arema dan aremania jadi jika ada berita diluar itu mungkin hanya sedikit porsinya , sudah bagus lah sesuai dengan namanya yang mengambil nama dari ongisnade (maskot arema ) mungkin hanya itu aja koment dari saya

    salam 1 jiwa

  3. menurut ayas, sebenarnya gak penting apa kata orang. mau jadi nmor brapa saja gak masalah. seng penting, situsx udah bisa memenuhi kbutuhan aremania tentang informasi.
    tapi klo pgen mningkatkn pengunjung d luar aremania, pnambhan berita bukan hal utama. slama ini situs ongisnade lbih mnfokuskn diri pd sisi emosional aremania yaitu berita arema. jdi klo mw nmbah pngunjung hanya dgn pnmbahan dri sisi berita, rsax gk efektif dan memerlukan tmbahan biaya operasional. masih bnyk kok cara lain. cntoh saja google atw yahoo, dia gk ngasih brita, tpi cuma ngasih jalan untk cri brita.. atw friendster, dia cm ngasih ruang biar org2 bisa knlan.
    trus yg cocok untk ongisnade apa? ya biar ongisnade.net yg ngawali dulu idenya ^_^.

  4. ayas utujes ambek saran sam yernadi, smoga ongisnade.net semaikin berjaya, tidak untuk aremania saja tapi untuk semua komunitas dan dunia

  5. Lek tak pikir ONGISNADE.NET sudah ada pd porsinya.Karena ONGISNADE.NET dari awal sdh memproklamirkan diri sbg blognya Arema &komunitasnya(Aremania).Dan disitulah daya tarik &tantangannya.Daya tarik?Ya,krn faktanya banyak masyarakat di Ind.yg penasaran &ingin tau banyak tentang Arema(nia).Tantangan?Buat admin gimana caranya bisa menjual ONGISNADE.NET di dunia internasional.Kalo hrs diisi dgn berbagai macam berita bola,aku pikir akan sama dgn TPI yg sekarang ini(sdh melenceng jauh dari tujuan awal) yg hanya mementingkan dari segi bisnis semata.Mungkin harus ada beberapa tambahan ruang intermezo agar tdk membosankan dan bisa utk menambah wawasan bagi peminatnya khususnya Arema(nia).Karena Arema,just not about football!
    Btw,dgn pencapaian prestasi yg sekarang ini aku pikir sdh sangat Ruuaarrrr Biasa..!!!Dan perlu ditingkatkan dgn inovasi2 yg baru.Kalo perlu jangan hanya berkiprah di dunia maya saja,tapi juga di dunia nyata.Ingat obrolan kita tentang “Si Tegar”,kapan bisa kita lanjutkan lagi…?
    Bravo &sukses utk ONGISNADE.NET…!
    SALAM ,SMANGADH SATOE DJIWA…AREMA..!!

  6. AREMANIA gak bisa memberi contoh yang baik bagi suporter di Indonesia. Cara mendukungnya masih ‘Ndeso’ alias ‘kampungan’, yang masih saja gak ngerti apa yang didukungnya. AREMANIA gak cinta damai, buktinya banyak suporter dari tim-tim baik yang ada di Jawa Timur maupun di luar Jawa Timur yang dimusuhinya. Banyak yang dilakukan oleh AREMANIA yang merugikan banyak pihak, baik tim Arema sendiri maupun pihak-pihak seperti masyarakat luas. Bagi pimpinan AREMANIA supaya merangkul pimpinan suporter-suporter lain seperti PERSIKMANIA, DELTAMANIA, BONEKMANIA, BANASPATI, VIKING,DLL.Salam Damai dari Milanisti.

  7. @ anank :
    sepertinya anda merasa iri dengan pencapaian Aremania selama ini. Saya yakin, anda tidak mengeri sejarah dan perjalanan Aremania, sehingga muncul kalimat :
    “buktinya banyak suporter dari tim-tim baik yang ada di Jawa Timur maupun di luar Jawa Timur yang dimusuhinya.”
    itu menunjukkan sempitnya pengetahuan anda tentang Aremania. Ingat, apa yang anda ucapkan mencerminkan pengetahuan dan pribadi anda…

    Jadi, jangan sungkan2 untuk terus “menikmati” kiprah Aremania, terutama di http://www.ongisnade.net

  8. @anank
    bagi saya pribadi AREMANIA tidak pernah punya musuh namun sporter lain yang mengganggap kami adalah komunitas yang harus dimusuhi karena AREMANIA lahir dari KEMANDIRIAN.bodoh amat dengan pendapat anda yang penting saya sebagai AREMANIA bisa dedikasikan pada AREMA saja.
    @yenardi
    kalo ongisnade memberi porsi diluar AREMA dan AREMANIA malah jadi lucu.wong ongisnade lahir dari AREMANIA untuk AREMANIA.kalo seperti pandangan anda nanti ongisnade berubah LABLABAN.NET

  9. Tidak juga apalagi blog arema-malang.co.cc juga di kunjungi dari berbagai pihak,contohlah bila ada team dari daerah yang lain akan bertemu Arema,maka tifosi lain juga akan mengetahui lebih jauh berita tentang arema sebelum team mereka bertanding,saran anda bagus tp jangan lupa berikan masukan untuk arema-malang.co.cc yang juga akan berubah ke arema-malang.net dari sei berita akan lebih informatif dan konten tidak kalah dari web tentang arema lainnya,merupakan bukti bahwa Aremania tidak kering akan kreatifitas.

  10. mari kita luruskan masalah ini…
    sehari setelah hasil thebobs keluar saya langsung mengirim e-mail ke salah satu juri, karena saya sangat kaget dengan kekalahan ongisnade.net atas media-ide,,,

    dan ternyata jawabannya adalah karena blog yang dinilai juri bukanlah website “ongisnade.net”nya melainkan “ongisnade.wordpress.com”nya

    yaaa dari situ wajarlah kita kalah, karena memang redaksi masih fokus mengembangkan web, untuk blog masih seadanya

    begitulah kira2 alasan mengapa kita kalah, bisa diterimakan? jadi konten ongisnade.net tetap saja, ga usah diubah…oyi!!!

  11. @ anank
    (ayas setuju dengan kacroep) anank bukan hanya gak tahu sejarah arema, aremania dan suporter indonesia tapi juga persepakbolaan dunia. kalau soal kerusuhan jangankan di Indonesia dinegara yang sepakbolanya sdh maju masih banyak terjadi.Seperti yang terjadi diliga champion eropa baru-baru ini.Dan perlu diingat kerusuhan Aremania berbeda dgn kerusuhan yang dilakukan suporter lain.
    apapun kata orang,aku tetap bangga jadi AREMANIA
    mungkin kalau gak ada AREMANIA gak ada tuh namanya persikmania ,deltamania ,sakeramania dan lain2

  12. @Anank
    Kamu jelas orang yg gak ngerti dan gak suka bal-balan.
    Kalau kamu nulis “Aremania Gak Bisa memberi contoh yg baik bagi supporter indonesia” aku pastikan
    kamu hanyalah anak ingusan yg baru kmaren sore lahir. Karena Faktanya : Aremania adalah supporter pertama di indonesia yg memperkenalkan syal, nyanyian, dan kaos kebnggaan supporter, disaat supporter2 diIndonesia masih ndeso.
    Cara ndukungnya Ndeso? Apa Kamu lihat pakai kacamata triplek? Kalaupun ndeso knapa supporter2 lain mengekor dibelakang Aremania? mulai nyanyian dan kata2 mania..
    Gak ngerti yg didukung? yg ini malah lucu.. (lek goblok ojo nemen2 cak).. yo sing didukung jelas Arema ndeng !! masak mendukung tim lain seperti sebagian supporter. Pertandingan A vs B mendukungnya pakai kaos tim C (yang ini kelihatan ndesonya!!)
    Banyak musuhnya ? KOEN TAU DIKAPLOKI AREMANIA TAH?
    Merangkul Pimpinan Supporter lain? Tanggal 6 desember 2008 koen teko-o yo (LIHAT DENGAN JELAS YG TERJADI DI MALANG)

  13. AREMANIA adalah anak bangsa yang punya komunitas berbeda dengan komunitas yang sejenis, jangan lupa semua komunitas di Indonesia berkiblat pada AREMANIA, jadi jangan sungkan untuk mengakuinya, dan jangan bosan untuk menegur kekurangan AREMANIA, kami dengan besar hati akan memperbaikinya, tapi jangan coba-coba merusak komunitas kami, kami akan mati-matian untuk jaga nama besar kami, apa yang kami lakukan selama ini sampean jangan melihat satu sisi, hal itu merupakan upaya kami untuk membela diri dari para penguasa yang ingin memberangus kreatifitas dan menginjak-injak harga diri kami, kemanapun kami akan junjun sportifitas, SALAM DAMAI SAM

  14. Gak utujes lek dikek i brita lain ayas. Ongisnade.net bacaan wajib Arema/Aremania sejagad. Ngko lek dikek i brita macem2 maleh tambah ribet. Misal dikasih brita sepakbola jawa, nanti mrembet ke brita2 pulau lain. Wes pokoke Ongisnade.net khusus brita e Arema thok…… Buktine, Sampeyan koyok’e gak seneng Bal2an yo buka Ongisnade.net. Hayoooo…………..

  15. Aremania yang pasti baca blog ini, jika ditambah berita lain tidak menjamin orang luar membaca. Lihat saja judul blognya, sudah wajar isinya ya smua ttg arema. Sudah bagus, bagi aremania juaranya tetep blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s