S-League, Kenapa Tidak?



Mengamati liga sepak bola Singapura yang terus berkembang, ada suatu hal menarik yang perlu saya ketahui lebih jauh. Tidak seperti liga sepakbola di Eropa yang menjadi kiblat liga sepak bola modern, dimana suatu team bisa menggunakan pemain asing dengan ketentuan liga setempat, ada suatu hal yang inovatif pada liga sepak bola Singapura (S-league), ada 2 team dari luar Singapura yang berada dalam liga ini yaitu Super Reds (Korea) dan Dalian Shide Siwu (China). Bahkan kalau saya cek lebih jauh banyak pemain asia lain seperti Jepang & Thailand yang berdar pada club di liga ini.

Untuk level Asean, inovasi ini boleh dibilang suatu hal cerdas. Liga Singapura mencoba keluar dari mainstream pengelolaan liga profesional modern. Bukan lagi menggunakan model eropa, tapi liga Singapura adalah model Singapura . Federasi sepak bola Singapura (FAS) sangat faham bahwa harus ada suatu yang lain untuk mengakat prestasi team nasional, yang tentunya harus dilahirkan dari liga yang profesional, berkualitas dan tentunya cocok untuk kondisi Singapura . Tidak dapat kita pungkiri salah satu element penting prestasi team nasional suatu negara adalah bisa kita ukur dari mutu & kualitas kompetisinya. Tidak heran bila spanyol, italia, inggris, jerman dan belanda memiliki team nasional yang bermain impresif di level dunia.

Dengan kehadiran team dari korea dan china di liga singapore, kalau bisa saya nilai ini adalah suatu lompatan awal supaya team nasional siangapore bisa kompetetif pada level asia terlebih dahulu, bukan tidak mungkin kedepan akan ada team dari eropa atau amerika latin yang berlaga pada liga singapore. Hasilnya bisa kita lihat dengan prestasi team nasionalnya. Di level asean team nasional singapore bermain sangat impresif, dalam 2 tahun terakhir, team nasional kita dan juga Thailand sulit menang atas singapore. Meskipun banyak pendapat mengatakan team singapore menggunakan beberapa pemain naturalisasi, tetapi ini tetap pada suatu hal yang legal dan FIFA sudah mengatur tentang hal ini, jadi pemain naturalisasi lebih baik tidak kita jadikan suatu sebab.

Terus bagaimana dengan liga kita, tidak perlu ditulis panjang lebar semua orang sudah bisa menilai. Point penting yang perlu kita petik dari S-League adalah kompetisi dikelola dengan kepentingan prestasi & profesionalisme.

Hanya sekedar mimpi, level Arema bukan lagi ISL. Ibarat Valentino rossi yang bekelas dunia tentunya dia akan tampil di level dunia yaitu Moto GP, bukan lagi road race, tentunya akan banyak bencana bila Rossi terjun di road race apalagi mainnya di Simpang Balapan.

So… Arema harus bermail di level kompetisi yang adaptif, supaya bencana dan cobaan lekas berhenti. Arema ke liga singapore, just dream, but why not. Mari kita dukung Arema selesaikan komptetisi ini dengan jantan & satria, dan tatap masa depan lebih baik.

Selamat hari raya iedul fitri, mohon maaf lahir & bathin
Salam satu jiwa

dikirim oleh:
Endiyatmo “Ndemo” Eidagdo
widagdo_e@yahoo.de

Media Online Aremania ONGISNADE.NET

Iklan

20 pemikiran pada “S-League, Kenapa Tidak?

  1. nah… ini boleh juga sam…. ISL wes ra pantes di melui karo AREMA…

    saatnya AREMA go ASIA…. kita kenalkan CRAZY LION di level ASIA

  2. Ayas juga setuju AREMA main di S-League,
    di ISL banyak club yang tidak PROFESIONAL,
    tahu sendirikan banyak club yang diambang kebangkrutan, kayak itu..tu club TETANGGA kita (P.RS.K)

  3. Ide bgus.pemikiran yg maju bwt klub profesional sprti AREMA….ayas dukung go to s-league…
    Bwt bonex teladan:’ini bkn mimpi,tp terobosan,dan ini tdk bsa dlakukan tim kbgaanmu,bonex menggonggong,cuekin aje….

  4. Ayas setuju dengan ide Arema go to S_league, dengan begitu akan membuka wa2san bagi Club@ plat Merah bagaimana cara mengelola sebuah Club Profesional, ISL hanya untuk U_21nya Arema aja sedang seniornya ikut S_league….. Bravo Arema……S1J…….

  5. Wah, lek AREMA melu S-League, PSSI merasa dilecehno Rek
    Ba bah wes… iki saat e ngelampiasno mangkel ke PSSI
    Ben Raine isin karo AFC lan Singapura.

  6. SETUJU AE MELOK S-LEAGUE, TAPI PENGELOLA S-LEAGUE DEWE GELEM NRIMO OPO GAK ? LHA TERUS MASALAH PENDANAAN…ONGKOS E PASTI LUWIH GEDE REK…OPO MANAGEMENT AREMA & BENTOEL WIS SIAP ???

  7. opo oleh karo pssi…..?, lak sido g entuk ceperan tah……! gak iso mangan tah pssi, bapak’e ae g iso mangan opo maneh anak’e…. kaliren matek wes…….! wakaka..ka….

  8. lekne odis nang s-league bonek yo’opo? sa’aken jezz….! g ono sing ngajak dolanan…..! plola-plolo…. gak onok sing diajak balbalan. dadi juara ae wes ya tanpa bertanding….., pialane dijunjung junjung dhewe, hadiahe golek2 dhewe…., ngguyu nguyu dhewe…., lha terus yo’opo iku critane…., masuk panti rehabilitasi mental porong ae ya…..

  9. klo pendanaan semua kan tahu lagux
    arema bondo duwek2x
    klo bonek bondo nekat

    S League im coming

    pssi isin ,raine nggateli.
    wkwkwkwkwkwk

  10. lha trus yen away ne nonton mrono numpak opo sing murah??? mbahku ming gawe tempe ro buruh tandur je!!! nek mslhe pngin go internasional yo kudu juara ISL ben iso nang Champion Asia!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s