Aksi Aremania Membentuk Opini Publik (Terusan Aksi X-Mania)


Inti dari aksi AREMANIA sekarang adalah mengembalikan citra AREMANIA pada titik yang sebenarnya.
Semua titik yang kita harapkan….
Disinyinyalir adanya upaya2 dari berbagai pihak untuk mengeNOLkan bahkan meMINUSkan apa yang telah dicapai oleh AREMANIA
Entah itu segala prestasi yang berbentuk penghargaan sebagai THE BEST SUPORTER 2 kali berturut2, (sungguh yang bagi saya, penghargaan ini bukan tujuan dan cita2 AREMANIA). Bagi saya pribadi, dua penghargaan tersebut, tidak ada apa2nya dibanding dengan PRESTASI TERBAIK yang telah ditorehkan sebelumnya.

Apa itu?
AREMANIA mampu menciptakan image luar biasa di hadapan warga ibukota, puluhan ribuan AREMANIA yang membanjiri ibukota selama hampir 2 pekan, tidak ada penjarahan, tidak ada kerusuhan yang masih sangat lazim (saat itu bahkan sampai sekarang) jika PSSI mempunyai hajatan pertandingan FINAL…

Simpati luar biasa yang diterima AREMANIA saat itu adalah PRESTASI TERBAIK yang pernah diraih AREMANIA
Bagaimana AREMANIA mampu santun diluar stadion dan sangat kreatif dalam stadion.

Dulur… banyak orang iri dengan apa yang telah kita raih, dan jangan lupa banyak pula dari kita bahkan diri saya sendiri terlalu SILAP dengan apa yang telah kita raih, kita seolah2 lupa bahwa apa tujuan utama kesantunan AREMANIA di dalam dan diluar stadion adalah menciptakan sepak bola sebagai suatu hiburan bagi semua golongan. One Stop Entertaiment, mungkin suatu hal yang terlalu muluk….

Tapi sejak awal yang kita inginkan adalah STADION menjadi tempat semua orang, semua golongan, semua makhluk manusia yang mengaku sebagai AREMANIA…

Saya dulu selalu dengan bangga memamerkan foto2 hasil jepretan camera HP sederhana saya (waktu itu samsung X600), ada foto anak balita dengan kaos arema, ada mbah2 yang memakai jarit tapi menggunakan syal AREMA, ada ibu2 penjual PECEL, ada cewek2 cantik dengan kaos AREMA dan pernik2 yang mempercantik penampilannya, dan semua foto itu dalam stadion yang penuh sesak AREMANIA…

Saya selalu pamerkan ke teman2 kantor (kebetulan kantor saya di surabaya), saya bilang: “iki lho AREMANIA!”
Mereka selalu kagum, dan berdecak: “Kok bisa ya? Apa ga takut?”
Tapi DULUR!!!!
Kita terlalu terlena…. kita sudah merasa puas dengan yang telah diraih
Akibatnya????
Saya pikir DULUR2 bisa mengejewantahkan dan menjawab pertanyaan saya tersebut

Kejadian terakhir, musibah terakhir yang menimpa KEKASIH KITA, AREMA, dengan berbagai sanksi yang tidak masuk akal, diharapkan dapat menjadi martil bagi kita semua…

Menjadi pelecut untuk introspeksi diri, tidak sekedar bertopang dagu meratapi nasib, tidak pula harus berteriak sambil membawa palu dan batu, memamerkan emosi dan kebodohan diri, DAN TIDAK PULA BERTERIAK LANTANG MENUDUH ORANG LAIN LEBIH JAHAT DARI KITA.
Merenung apa yang terjadi, mencari solusi terbaik.

Menurut saya, saat ini ketika makin keras BERTERIAK LANTANG MENANTANG REVOLUSI PSSI, maka semakin banyak orang yang akan melihat kita telah berubah….

Dulur, nasi telah jadi bubur, apapun alasan kita, KEDIRI MEMBARA, yang membuat kita dihukum hampir seumur hidup, (bagi saya hukuman larangan datang menyaksikan AREMA dengan atribut lengkap, sama dengan kita minum racun, tinggal kita mampu berapa lama bertahan melawan racun tersebut – yang artinya sama dengan hukuman mati)

Terakhir kejadian KANJURUHAN…
SEKALI LAGI!!!
APAPUN ALASAN KITA!!!!
Semua sudah terjadi, MEDIA MASSA telah lebih dulu memvonis AREMA dan AREMANIA dengan berita-berita yang tidak proporsional dan sangat menyudutkan AREMA/AREMANIA, sehingga bagi saya hukuman 3 tahun dari KOMDIS dan dikurangi menjadi 2 tahun oleh KOMDING, itu masih merupakan hukuman ringan, hukuman terberat justru datang dari masyarakat umum.

Mereka sudah tidak percaya lagi, bahwa kehadiran AREMANIA akan membawa kedamaian bahkan hiburan bagi mereka. Yang hadir justru tatapan curiga dan sorot mata ketakutan.

Jujur aja…. kalo kita terus menerus seperti ini, maka kita akan kembali ke titik NOL, bahkan mungkin titik MINUS.
Tidak ada lagi orang tua yang akan mengijinkan anaknya untuk menonton AREMA
TIdak ada lagi suami yang dengan bangganya mengajak anak istrinya berangkat mendukung AREMA

Bahkan mungkin cita2 saya, mengajak Junior (calon penerus perjuangan saya) untuk datang ke stadion, mulai mengenalkan dan menanamkan, menyemai kecintaan dia untuk AREMA dalam usia 3 tahun akan gagal berantakan… akan hanya akan menjadi angan2 belaka lelaki tua bodoh ini :demam:

Dulur, ayo kerjo bareng!!!
Ayo ditoto bareng!!!
Mari kita bersama2 melupakan musibah ini dengan bertafakur diri….

Dalam konsep aksi ini, menghadapi musibah yang maha berat ini, maka kita diharapkan mampu berintrospeksi diri, berdiam diri, tapi bukan sekedar diam meratapi nasib, bukan sekedar diam karena tidak bisa bersikap. Berdiam diri disini diharapkan kita mampu berfikir secara logis, berfikir secara sistematis dengan menyiapkan strategi, memantapkan langkah, menyatukan tekad, untuk keluar dari segala tragedi yang telah mengunci jiwa, akal sehat kita.

Jika kita masih belum mampu menahan gejolak, maka mari kita turun ke jalan, tapi turunnya kita ke jalan untuk meminta keadilan, tidak dengan segala gelombang amarah dan luapan emosi yang tumpah ruah….

Aksi turun ke jalan, kita harus bisa merebut simpati dan hati publik, bahwa AREMANIA ANTI ANARKIS, maka dalam aksi turun ke jalan, tidak perlu kita berteriak-teriak menghujat2, mengobral sumpah serapah atau bahkan memamerkan otot. Berjuta2 sumpah serapah tidak akan mampu meluluhkan hati mereka yang dari baja karatan. Justru kita hanya akan dihadapkan dengan aparat keamanan yang dalam kondisi yang sama dengan kita, kecapekan, kepanasan, bahkan mungkin sama haus dan lapar, sehingga sangat mungkin terjadi kesalahpahaman, padahal tujuan kita bukan kofrontasi dengan POLISI tapi PSSI.

Kita justru menampilkan sosok yang santun, sosok yang sabar namun mencari keadilan, sabar bukan berarti harus selalu diam, aksi turun jalan tapi tanpa teriakan kasar, dl. Tapi kita justru kita bikin kegiatan2 hiburan yang intinya menyindir PSSI, menganggu ketenangan mereka di kantor mereka selama 1 hari saja sudah cukup, yang penting kita bisa show of force, baik ke PSSI maupun media dan masyarakat.

Apa hanya itu?
Masih banyak sekali yang harus kita kerjakan, banyak sekali yang harus kita pikirkan…

Beberapa point yang sempat kita catat, antara lain:
1. Mengirimkan SMS ke presiden SBY, sebagai bentuk “keluhan” atas ketidaknyamanan terhadap PSSI, caranya kirim segala keluhan kita dan kirim ke 9949, kalo semua AREMANIA mengirimkan SMS, paling tidak akan mendapat perhatian Presiden
2. Membuat video dokumentasi untuk mengumpulkan opini AREMANIA tentang AREMA, AREMANIA, segala harapan dan keinginan mereka, opini yang dikumpulkan akan diambilkan dari AREMANIA2 yang selama ini tidak pernah muncul di media.
3. Membuat berbagai spanduk untuk mengajak seluruh masyarakat mengirimkan SMS ke SBY
4. Secara aktif mengirimkan berbagai artikel ke media2, menguasai media untuk ikut membentuk opini publik tentang AREMA/AREMANIA
5. Aktif mengirimkan/menjelaskan ke orang2 yang dikenal (bahkan mungkin tidak dikenal) tentang kondisi yang menimpa AREMA/AREMANIA baik itu melalui SMS, obrolan, chatting, forum diskusi, email, dll

Sebenarnya masih banyak yang masih bisa kita lakukan….
yang perlu diingat, kita berupaya membentuk opini publik atau mengembalikan opini publik, pencitraan positif itu yang harus kita rebut kembali…

Makanya dengan segala hormat, untuk sementara wacana mendorong revolusi PSSI mari kita hentikan, SEKALI LAGI!!! Kita telah menjadi terdakwa, maka akan sangat konyol sekali, dan orang akan melihat sesama penjahat saling menuding!!!!

Kalau saja aksi/gerakan X-mania ini berhasil, revolusi PSSI itu akan datang dengan sendirinya…
CMIIW

SIUMANIA
NEVER END STORY

dikirim oleh:
abdul muis kholidin
dulsium@yahoo.com

Media Online Aremania ONGISNADE.NET

Iklan

22 pemikiran pada “Aksi Aremania Membentuk Opini Publik (Terusan Aksi X-Mania)

  1. oyi sam muis…..
    ayo dipikir bareng….dirembug bareng…..
    tgl 4 …..
    silaturahmi aremaniacyber, saatnya merapatkan barisan!!!!

  2. ayas kagum bgt ama isi dari artikel sam sium diatas..

    moga moga niat baik sam n seluruh nawak aremania segera terealisir …Amiiin 3x..

    aremania never ending…

  3. Benar apa yang tetulis di artikel ini. Aremania sekarang ini seperti kena bumerang sejak raungan ‘Hancurkan rezim Nurdin Halid’ ternyata berubah menjadi ‘Hancurnya Arema-Aremania’ itu sendiri. Sekarang kondisi telah berubah tanpa disadari dikarenakan MAKSUD YANG MULIA DENGAN CARA YANG SALAH.

  4. bukti terbaru arema didholimi pssi, dgn bratx skorsing yg diterims arema bukti bahwa pssi ingin menghancurkan arema.
    mereka hanya ingin yang juara dari klub plat merah.? biar bisa disetir n dana bs trus dikorupsi.
    sblum terlambat dan rugi banyak mending arema mundur aja dr isl, toh juara hanya mndapat janji saja.
    iut saja liga australia biar pemain arema dilirik klub eropa hehe…

  5. Saya menilai apa yang ditulis oleh sam Muis adalah cara berpikir out of the box. janganlah kita hanya berputar putar pada masalah revolusi PSSI, beratnya sanksi kita, hujatan terhadap PSSI, dll, yang menurut saya dampak / pengaruhnya sangat sedikit sekali. Tetapi menempuh jalan lain dengan cara membentuk opini publik yang baru tentang Aremania akan sangat berpengaruh dan efeknya sangat panjang.
    Sudah pasti kita sangat sakit hati dengan vonis PSSI yang tidak adil, tetapi kita harus ingat, banyak masyarakat awam yang tidak melihat kejadian yang sebenarnya tetapi hanya melihat luapan/ekspresi sakit hati kita yang (maaf kalau saya harus katakan) menjurus ke Anarki/chaos. Opini publik terhadap Arema sudah sedikit ternoda, ayo kita perbaiki lagi.

  6. Cak Muis isi tulisan umak tak dukung 1000%,
    kembalikan citra AREMA/NIA dipuncak kiblat persepakbolaan Indonesia, sportif, kreatif, penuh enerjik, gak ada anarkis dan slalu bersikap dewasa. Bravo AREMA KITA.

  7. Sam muis ayas dukung 100% artikel sampean, memang wes wayahe arema dan aremania bersatu untuk mendobrak atau dalm arti kata revolusi ditubuh PSSI, jangan sampai PSSI hanya dimanfaatkan oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab mencari makan di PSSI, kita membutuhkan orang yang loyalitas tanpa batas untuk memajukan persepakbolaan Indonesia….. Bravo Arema…….S1J…….

  8. Salut sam Muis, ayas jg stuju dg tulisan sampean, citra positif Aremania memang hrs kita bgn kmbali. Bagaimanapun saat ini kita terhukum,ayas yakin skr ini org lain pasti anggap kita podo ae dg suporter2 lain yg anarkis,mulai saiki ayo nawak2 kabeh bareng2 dr diri masing2 Aremania satukan tekad bgn kmbali citra
    positif Aremania, salam satu jiwa A R E M A…
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H
    MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR BATHIN

  9. Samuri ndisiki rek, ide2ku tak salurno tawil sampean ae yo Sam Muis.konsep e ndek AREMAISME.net, sing jelas, kita sebagai AREMANIA, kita backup penuh Bentoel dalam mengelola AREMA, jangan sampai kita membebani Bentoel. karena biaya mengelola tim sepakbola di Indonesia itu ga murah.
    kita berikan input yg membangun. jangan hanya marah kalo AREMA kalah/dicurangi.
    REVOLUSI PSSI HARUS TETAP BERLANJUT. MARI KITA LAKUKAN REVOLUSI ITU DENGAN CARA ELEGAN. TANPA ADA ANARKIS LAGI.
    bentangkan lagi bendera kebesaran kita di tengah titik putih.
    kibarkan nama AREMANIA di tiang lampu kanjuruhan seperti beberapa tahun silam.
    itu sebagian kecil proses yg harus kita flash back lagi.

    KEDZALIMAN TIDAK AKAN PERNAH ABADI!!!

  10. buat nawak2 yang setuju dengan tulisan ini silahkan meninggalkan id ym atau nomer telpon disini..
    oyi oyi??

  11. sya dukung arema, tim kebanggaanku, mbamba harus dibelah habis, hidup mbamba, jangan sedih ya, kau bagian kami

  12. sorry sam muis…
    belum sempat ngomongkan wacana ini pada nawak2 yang lain….(saat silaturahmi aremaniacyber)
    soale la ngomong ewed2, nangkus aku….
    lagian aku cuman aremania biasa….
    tapi tetep tadukung wacana ini sam….!!!!

  13. utujes sam…
    sebuah opini yang cerdas..
    yang kita lawan adalah rezim yang licik…
    maka bukan zamannya lagi pake otot…
    pake otak dulur !!!!!
    introspeksi diri ker…
    rapatkan barisan didalam dulu…
    minimalisir keterlibatan oknum dalam aksi-aksi AREMANIA…
    pakai opini publik sebagai senjata…
    biarkan dunia tahu siapa yang benar dan siapa yang salah !!!!!!

    salam satu jiwa

  14. di neraka g” da titi kamal
    di neraka g” da luna maya
    di neraka yg da BONEX!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    di hukum cambuk malaikat……………………………..
    singo edan arema
    satu tekat dukung arema
    daukung AREMA pasti masuk surga
    yg g” dkung arema masuk neraka………………..
    AREMA SALAM SATU JIWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s