Bangkit, Arema!


Membaca surat kabar minggu pagi membuat kaget kita semua, terjadi kerusuhan di Kanjuruhan. Kenapa ini terjadi di kandang singa yang selama ini dikenal aman meskipun Arema kalah. Berbagai pertanyaan keluar dari kepala kita kenapa ini harus terjadi? Kenapa harus di Malang? Siapa yang salah? Dan mungkin beratus pertanyaan lain. Seperti kita tahu bersama dari berita di televisi, surat kabar dan dari beberapa web, baik resmi milik klub maupun web independent, ada beberapa faktor penyebab terjadi kerusuhan, seperti perangkat pertandingan yang kurang tegas, pihak keamanan yang represif, sampai panpel pertandingan yang kurang siap dalam mengamankan pertandingan.

Dan setelah ini semua terjadi jelas kita semua kecewa, ibaratnya saat ini kita baru saja merangkak setelah kita jatuh di kediri musim lalu dan merangkak pun belum sempurna kita sudah jatuh lagi. Menyikapi yang terjadi kemarin kita tidak perlu saling menyalahkan karena itu tidak ada gunanya. Tapi bagaimana kita persiapkan diri untuk menghadapi hari esok yang tentunya tidak secerah hari-hari kemarin.

Untuk jangka pendek, pengurus klub dan Aremania perlu duduk bersama guna membicarakan sanksi yang mungkin diterima oleh Arema maupun Aremania. Sanksi yang terberat mungkin berupa pertandingan tanpa penonton untuk partai home. Untuk Arema sanksi yang dikeluarkan mungkin akan sangat merugikan karena harus kehilangan banyak pemasukan dari tiket yang merupakan salah satu sumber pendanaan bagi klub.

Dan bagi Aremania juga sangat merugikan karena tidak bisa mendampingi tim kesayangannya bertanding. Mungkin pihak klub maupun Aremania bisa bekerjasama dengan stasiun TV lokal yang ada di Malang untuk menyiarkan secara langsung pertandingan hukuman bagi Arema, yang siaran eksklusif itu hanya disiarkan di suatu tempat yang besar dengan layar lebar dan diberlakukan tiket untuk bisa menontonnya dan uang tiket itu menjadi milik klub, untuk tempat bisa di stadion gajayana, UMM Dome, atau mungkin juga tempat yang lain. Hal ini mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah uang tiket yang diperkiran hilang dari pertandingan tanpa penonton.

Sementara untuk jangka panjang, pengurus klub, Aremania, aparat kemanan dan juga jajaran muspida perlu duduk bersama untuk merumuskan formula yang tepat dalam mengamankan pertandingan home Arema, sehingga tidak sampai lagi terjadi kerusuhan di Malang. Hal ini menjadi sangat penting karena bukan saja saja untuk kepentingan Arema semata tapi juga untuk kepentingan kota Malang pada umumnya, karena kalau terjadi kerusuhan lagi akan membuat imej bahwa kota Malang tidak aman yang mungkin akan berimbas pada iklim investasi di Malang dan tingkat kunjungan wisata di Malang.

Belajar dari kasus kerusuhan Sabtu kemarin ada beberapa hal yang perlu dicermati, seperti : kenapa penonton masih bisa bisa melakukan pelemparan botol minuman, meskipun di pintu masuk sudah ada pemeriksaan dan penyitaan botol minuman. Kenapa aparat melakukan tindakan represif, yang seharusnya tidak perlu dilakukan (kenapa tidak pakai cara persuasif yang lebih manusiawi?), kenapa para pemain penonton dan pengurus klub tidak bisa menahan diri?

Untuk masa yang akan datang ada baiknya pemeriksaan barang bawaan penonton harus lebih selektif dan lebih ketat lagi, sehingga tidak ada barang bawaan berbahaya yang bisa masuk ke stadion. Untuk aparat kemanan mungkin perlu untuk saling berkomunikasi dengan panpel dan juga Aremania, tentang bagaiman cara untuk mengamankan pertandingan tanpa harus menggunakan kekerasan.

Sedangkan untuk penonton, pemain dan juga pengurus mungkin harus bisa lebih menahan diri lagi. Seperti kita ketahui bersama bahwa perangkat pertandingan di Indonesia secara kualitas masih amat sangat kurang, tapi inilah kenyataannya mau tidak mau kita pasti akan merasakannya. Kalaupun kita merasa dirugikan kita seharusnya bisa melakukan cara protes dengan cara yang lebih elegan, seperti melaporkan kecurangan wasit ke Komdis PSSI, atau juga kalau ada dugaan penyuapan kita bisa melaporkan ke KPK.

Seandainya untuk pertandingan selanjutnya Arema kalah lagi di kandang anggaplah itu sebagai kenyataan hidup, bahwa kita tidak selalu menang, kita tidak selalu diatas tapi suatu saat kita bisa juga kalah dan juga bisa jatuh, itu semua sudah hukum alam jadi tidak perlu lagi kita marah dan mengamuk.

Akhirnya apapun yang terjadi, dukung terus Arema dan kita tidak usah saling menyalahkan dan menangisi apa yang sudah terjadi, biarlah ini menjadi suatu proses pembelajaran bagi kita semua agar kelak membuat kita lebih bijak dalam bersikap.

artikel ini dikirim oleh:
Yudistira Atmaja
arema29117@yahoo.com

Media Online Aremania Ongisnade.Net

10 pemikiran pada “Bangkit, Arema!

  1. Ayas utujes pol ambek ide nampeyas ,Sam.Gawe menyiasati Arema tampil tanpa penonton ,kita adakan nonton bareng dengan menggunakan layar raksasa.
    Ojo’ lali awake dewe kan ono’ Dulek theater seng ewud layar edeg.
    @admin iki ide apik ,tolong lek iso nampeyas terusno nang pihak menejemen PS.Arema ,nowus.

  2. Oyi ayas aguj ututes sam…Mhon semua pihak bisa legowo medukung edi – edi ciamik oket sam yudistira karo nawak2 liane.
    AREMA BANGKIT..AREMA BANGKIT..AREMA BANGKIT

  3. oyi g masalah, loyalitas kami tanpa batas…., dimanapun singo edan berlaga kami siap menonton……

  4. Mengomentari laranngan botol minuman yang bisa lolos ke stadion. Tindakan panitia me-sweeping penonton yg membawa masuk botol minuman nampaknya tidak efektif, karena di dalam stadion pun terdapat pedagang yang menjual minuman botol….

    Panitia juga semestinya memberi pengarahan ke pedagang yg enjual minuman di stadion.

  5. untung aku wis prediksi dan antisipasi gara2 rusuh sementara aku prei disik moco detiksport, bli, males ndelok berita bal indonesia …. dadi gak kaget….. timbangane posoan misuh misuh thok ndik forum2…. kekekekekekek

  6. Makassar juga, PSM terancam kena sanksi, tapi semoga itu menjadi pelajaran bersama, terutama buat suporter lebih bijak dalam mendukung timnya :)

  7. Ya semoga peristiwa ini “osi” menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa kita harus lebih dewasa dalam mendukung tim kesayangan kita….Indahnya Sportifitas harus sama2 kita bangun di BHUMI AREMA YANG SANGAT2 KITA CINTAI INI…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s