Arema Sampai Ke Bulan


Alvin Tofler dalam bukunya yg berjudul Mega Trend 2000 mengatakan ,”Jika ingin menguasahi dunia, kuasailah teknologi informasi (IT)”. Kira-kira seperti itulah yang diutarakannya, ayas membacanya beberapa tahun yang lalu sewaktu masih SMA. Waktu itu ayas bingung “Iki maksude opo? Mosok telepon iso nguasai dunia?”

Terus terang waktu itu pengertian ayas tentang telekomunikasi hanya sebatas telpon. Dan ternyata sekarang terbukti! Malah terkesan lebih dahsyat dari itu. “Siapa tidak menguasai IT, dia akan tergilas oleh jaman!”

Selama ayas klayaban nang kampunge wong (merantau golek upo), di setiap daerah kebetulan ayas sering ketemu sesama Arema (arek Malang). Kadang malah yang bukan orang Malang pun ngaku-ngaku orang Malang.

Terkadang ada yang saking banyaknya, dari sekedar komunitas membentuk sebuah organisasi. Cuma ya gitu, sifatnya sporadis dan hangat-hangat tai ayam. Kadang dalam satu kota terdapat lebih dari satu kelompok. Mereka saling bersaing untuk menunjukkan eksistensinya tapi masih dalam batas-batas kewajaran.

Dan euforia Arema inipun merambah sampe ke “dunya maya”. Disinilah ada beberapa nawak-nawak yang bersifat konservatif menganggap arek-arek cyber isone mek nggedabrus thok. Sebab menurut mereka koordinasi di lapangan dengan bertatap muka langsung dengan kera-kera itulah yang lebih berguna dan tepat sasaran.

Lalu kesan angkuh pun sering melekat pada diri mereka. Itu juga salah satu penyebab terjadinya gesekan itu. Memang waktu itu ayas belum mengenal apa itu internet, apa itu milis. Ayas pun sempet juga menangkap kesan itu. Apa merasa paling berpendidikan, apa gimana, mboh gak roh! Tapi jujur ayas cukup bangga pada waktu itu karena baru Aremania yang punya korwil di dunya maya.

Dan setelah ayas mengenal dunya maya ditambah ketemu habitatnya, yaitu Arema Milis, ternyata arek milis itu tidak seperti yang ayas persepsikan selama ini. Mungkin selama ini ayas kebetulan ketemu sama orang-orang yang kurang pas. Ayas pikir, mungkin ini definisi “Arema Ndeso” itu walaupun dari kalangan berpendidikan dan berdomisili di Malang kota, tapi masih memandang remeh kepada sesamanya dan gak mau membagi ilmu kepada yang lain meskipun dia tahu.

Memang kedengaran lucu, tapi ini sebuah keniscayaan. Sebenarnya sih masih banyak Arema di milis yang berpikiran maju dan gak ndeso.

Lalu apa hubungannya dengan judul di atas? Ayas punya mimpi, seandainya di tiap korwil Aremania dimanapun berada bisa mengakses internet dan selalu berkomunikasi antara satu dan lainnya. Wow… alangkah indahnya!.
1) Memberikan pencerahan kepada nawak-nawak yang lain bahwa di bumi ini tidak hanya ada Arema thok, sehingga kita tidak terjebak ke dalam fanatisme buta. Toleransi dan respect kepada orang lain (komunitas suporter lain) juga harus kita utamakan.
2) Kita jadi bisa berfikir secara realistis bahwa kemenangan bukan segalanya tapi proses untuk meraih kemenangan itu yg utama.
3) Kita dapat berdiskusi tentang Arema & Aremania walaupun kita saling berjauhan.
4) Tidak ada lagi itu pengkotak-kotakan antara Arema Kota – Arema Coret.
5) Dan mungkin ada banyak lagi manfaat lain yang belum terpikir oleh ayas

Jujur saja lirik lagu d’Kross ini mengingatkan ayas pada masa lalu (gue banget..,gitu loch!) sekaligus ekspektasi ayas terhadap Arema. Siapa tahu suatu saat kita punya korwil di bulan…. Allohu aklam…. Nuwus.

Salam Satu Jiwa!
JOHNNY AREMA

4 pemikiran pada “Arema Sampai Ke Bulan

  1. Semangadh sam!!!!!
    ane setuju bgt klo setiap korwil punya website ato pny alamat email, minimal yahoo Massenger lah cek iso konsultasi, tukar fikiran, nyeleh fulus gawe beli ticket arema dll.
    kan iso :D

    weeezzz setuju thok sam…..! ;)

  2. memang betul sekali ker….!arema tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana walaupun ndek bolongane semut Bendera arema tetap berkibar

  3. setuju ‘ae sam
    Arema cyber ancene kudu perlu iku, gae nawak2 sing onok ng daerah perantauan.. siji-sijine dalan yo iku mau sam Internet..
    setuju karo sam Basyeiban onok confrence ng YM ambek gae Milis.. mbok aq di invite sam cek iso mlebu Milis
    Rindu karo kampung halaman.. karo Aremania ne pisan..
    salam yo sam gae Sam Yuli

    Aremania best 4ever and ever lah..
    I Luv u all…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s