Grup C, Siapa Lolos?


Kemenangan 4-1 yang dipetik Belanda atas Prancis memastikan langkah mereka menuju perempatfinal Euro 2008. Satu tiket tersisa masih harus diperebutkan oleh tiga tim. Dengan kemenangan tadi, Belanda mengumpulkan nilai sempurna, enam, dari dua pertandingan. Titel juara grup pun digenggam tim besutan Marco van basten itu karena sudah tak bisa dilewati tim pesaing di Grup C.

Menguntit di tempat kedua adalah Rumania yang mengumpulkan dua angka hasil dari mengimbangi Prancis 0-0 dan kemudian menahan Italia 1-1.

Sementara itu, nasib dua tim finalis Piala Dunia 2006 malah mengenaskan. Prancis dan Italia terbenam di posisi tiga dan empat dengan sama-sama bernilai satu dan selisih gol memprihatinkan, yakni 1-4 alias minus tiga gol.

Satu tiket perempatfinal tersisa masih berpeluang didapatkan tim manapun. Di laga terakhir, Rabu (18/6), Prancis dan Italia akan ‘baku bunuh’ di Zurich. Sementara Belanda yang sudah aman meladeni Rumania di Bern.

Skenarionya, pemenang partai Prancis vs Italia akan mendampingi Belanda ke perempatfinal dengan syarat Rumania kalah atau seri dengan Belanda.

Bila Prancis dan Italia bermain seri dan Belanda kalah atau seri dengan Rumania, maka Rumania yang berhak lolos karena koleksi angkanya tetap lebih banyak dari Italia/Prancis.

Hitung-hitungan menjadi pelik bila Rumania kalah dari Belanda dan Prancis-Italia berakhir imbang. Dalam kondisi ini, maka penentuan tim yang berhak lolos adalah sebagai berikut:

a. Selisih gol dalam pertandingan-pertandingan yang melibatkan tim-tim yang bersaing tersebut.
b. Jumlah gol memasukkan dalam pertandingan-pertandingan yang melibatkan tim-tim tersebut.
c. Selisih gol dari semua pertandingan di grup tersebut.
d. Koefisien dari babak kualifikasi Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2008.
e. Nilai fair play dari tim-tim tersebut di putaran final Euro 2008.
f. Diundi.

(sumber: detiksport)

Iklan

Satu pemikiran pada “Grup C, Siapa Lolos?

  1. Belanda yg sekarang lebih menunjukkan kelasnya.Para Meneer Kompeni ini telah memperagakan permainan total foot ball yg sebenarnya.Kayaknya merekalah yg pantas untuk menjadi penguasa di jagat Eropa tahun ini.Aksi indifidu dipadu dengan kekompakan tim menjadi suatu harmoni yg sangat cantik .
    Ibarat segerombolan singa di gurun Sahara yg sedang berburu mangsa.Dimana masing2 individu mempunyai tugas dan peran masing2.Itulah mungkin sedikit gambaran Singo Londo di daratan Eropa sana.Lalu bagaimana dengan Singo Edanku?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s