Batas Wajar Nilai Kontrak Pemain Sepakbola


Pemain Arema musim 2007Alotnya negosiasi nilai kontrak antara Arema dengan tiga pemain lawas yaitu Hendro Kartiko, Rasmoyo, dan Sutaji patut menjadi sorotan kita bersama. Benarkah ketiga pemain tersebut meminta nilai kontrak tinggi di atas batas kewajaran yang dipatok pihak Arema? Pihak Arema sendiri telah menghentikan negosiasi kontrak dengan dua nama pertama, Rasmoyo bahkan telah meminta surat keluar karena negosiasi kontrak yang tidak menemui titik ekuilibium. Sementara Sutaji masih dalam tahap negosiasi.

Asisten manajer M. Taufan menjelaskan bahwa pihak Arema menawarkan perpanjangan nilai kontrak yang lebih rendah dari musim lalu kepada ketiga pemain tersebut dengan asumsi jumlah pertandingan pada Superliga jauh di bawah kompetisi musim lalu. Demikian pula dengan jumlah klub kontestan Superliga. Sehingga Arema berpatokan pada hukum pasar dalam menetapkan batas wajar nilai kontrak pemain.

Sebagai gambaran kasar, pada musim lalu jumlah klub level teratas kompetisi sepakbola di negeri ini berjumlah 36 klub, terbanyak di Asia, bahkan dunia. Sementara pada Superliga musim depan rencananya akan diikuti oleh 18 klub.

Kembali kepada negosiasi pemain, adalah hak setiap pemain termasuk Rasmoyo, Hendro, dan Sutaji untuk menetapkan “harga” mereka. Namun dalam hal ini pihak klub (Arema) lah yang menentukan batas kewajaran nilai kontrak pemain. Diakui oleh M. Taufan, batas nominal tersebut berbeda antara klub satu dengan klub lain. Anggapan “wajar” dari Arema tentu berbeda dengan klub lain, misalnya PT. Persija, Persib Bandung, atau Persik Kediri.

Di Indonesia, memang hampir tidak pernah terungkap ke publik berapa besarnya nominal kontrak pemain. Alasan yang paling umum dikemukakan adalah terkait hal etika. Kalaupun toh beberapa media mencantumkan nominal rupiah, hal tersebut tidak lebih dari sekedar perkiraan gambaran nilai kontrak pemain.

Pada salah satu tabloid olahraga nasional edisi Selasa 4 Maret kamarin tertulis rekor nilai kontrak musim lalu dipegang oleh striker Persik Kediri Christian Gonzales dengan Rp. 1,7 miliar. Bandingkan dengan nilai kontrak eks gelandang Arema, Ponaryo Astaman yang berkisar 800 juta rupiah.

Aroma Timnas U-23 di Arema

Dari harian Malang Post dilaporkan Arema telah mengontrak 16 pemain, 15 diantaranya adalah pemain lokal. Aroma young guns sangat kental pada komposisi pemain Arema tersebut karena hampir sebagian besar adalah eks anak asuh coach Bambang Nurdiansyah di timnas U-23. Berikut pemain yang kabarnya telah resmi dikontrak oleh Arema:

Bachtiar (eks Persipura Jayapura)
Erick Setyawan (Persib Bandung)
Dadang Sudrajat (Persitara Jakarta Utara)
M. Yasir (Persikota Tangerang)
Hendra Ridwan (Persmin Minahasa)
Zulkifli (Persmin Minahasa)
Dodik Setyabudi (Perseman Manokwari)
Jefri Prasetyo (Persis Solo)
Ahmad Bustomi (Persema Malang)
Ali Usman (Persibo Bojonegoro)

Pemain lama yang diperpanjang kontraknya:
Richi Pravita Hari
Alexander Pulalo
Suroso
Ronny Firmansyah
Arif Suyono

Pemain asing yang masih dikontrak:
Emile Bertrand Mbamba

Pihak manajemen Arema belum mengeluarkan rilis resmi siapa-siapa pemain yang diincar dan yang telah dikontrak. Manajer Arema Ekoyono Hartono mengatakan “Nanti kalau sudah resmi gabung, kami pasti publikasikan siapa saja pemain Arema musim 2008. Diharapkan 15 Maret nanti kerangka ideal pemain lokal sudah terpenuhi. Artinya pemain sudah resmi terikat kontrak. Sehingga tim akan langsung melakukan pencarian atau seleksi pemain asing,” (*)

*) sumber berita : malangpostnews.co.id, bentoel-arema.com, foto: jawapos.com

18 pemikiran pada “Batas Wajar Nilai Kontrak Pemain Sepakbola

  1. Sing penting numero uno kabeh..yo replyne yo AREMAne..(iki sing luwih penting kan…)..Semoga AREMA ku, AREMA mu & AREMA kita semua..jadi NUMERO UNO di 1st INDONESIAN SUPER LEAGUE….

  2. Kok Arema blm ngontrak pemain senior & bintang yoo….Kabeh kok young guns….
    Lek jare ayas..pemain senior & bintang iku perlu gawe ngangkat moral bertanding dan membimbing pemain2 muda iku …
    Iling ker..permainan AREMA wingi2 akeh dibumbui emosi sing gak terkontrol…akibate sering pemain kita oleh kartu kredit..eh..kartu kuning + merah sing gak perlu…yo’opo iki sam2 hebak…..

  3. AREMA harus mencoba di Liga Super 2008 ini dengan Young Gunsnya. saya setuju banget mudah2 permainannya mendekati ARSENAL dengan pemain2 mudanya.
    Hendro kartiko, menurut ayas pribadi diganti aja dengan talenta2 muda.
    AREMA = ARSENAL, nggak jauh beda.

  4. waduw telat…
    wes nomer limo hare….

    wes gak popo…
    pokoke berjiwa singa….
    ojo mlempem koyok krupuk kesiram banyu….

    NolaB
    Aremania Garis Miring

  5. bal2an kan permainan kolektif..
    nggak usah iri karo onggot2 halabes..
    arek nom2an malah gampang murup niame..
    opo maneh sebagian besar wis sering niam bareng..
    ndik Timnas U-23..
    diunggut ae kiprah Sam Banur sing asli Ngalam…
    mosok ate asal2an, isin2i Kelud ae..eh..Ngalam

    are_ma_niak
    aremania garis pinggir

  6. Saya optimis dengan daftar pemain muda yg sudah direkrut arema dimusim ini ditambah kapasitas pelatih Banur yg spesialis memoles pemaIN muda, arema akan berprestasi di liga super. Bahkan arema bisa jadi tim yg sangat ditakuti dengan pemain-pemain mudanya tsb. Soalnya pemain mudanya arema yg dipilih Banur memang terbaik di Indonesia saat ini.

    Bonek Suroboyo
    http://bonek-suroboyo.blogspot

  7. antara ragu dan optimis…
    tapi setidaknya para young guns itu bakal punya loyalitas yang tinggi di AREMA.
    masalah prestasi mungkin baru terlihat di musim ke 2 banur..

  8. lek ayas oleh komentar, gak popo pingin arek enom tok tapi sajakno lek osi kera2 enom iku dikontrak lebih dari 1 tahun. Soale ayahab beh!! lek mek 1 tahun wayahe kane-kane ne musim ngarep pindah nang klub liane. Soale kera2 iku gudu asli ngalam….. AYAHAB!!!! lek perkoro kadit ono pemain senior iku sajakno yo eman beh, kera2 iku kudu due panutan lek panutan mek kaka’ alex tok yo ayahab!!! pas alex kadit osi tampil lak gak ono sing digae panutan niame. Wes pokoke sing utama kera2 karo penguruse iki kudu bangga dadi skuad AREMA, dadi kera NGALAM!!! insyaallah JUARA….

  9. wah gak ada pemain bintang sama senior gak bagus juga buat tim….

    Alasannya adalah mental bertanding….apalagi menghadapi pertandingan krusial……dan yg lebih penting adalah leadership/influence pemain berpengalaman itu….

    Arsenal walaupun young guns, namun mempunyai pemain berpengalaman di setiap lini seperti J.Lehmann, W.Gallas, A.Hleb, G.Silva, dan E. Adebayor…..

    Arema…di lini pertahanan ada Alex P, Lini depan ada Mbamba….tapi di lini yg paling penting….Lini tengah?

    Oia…E. Serge gak jadi diperpanjang yah? padahal bagus bgt itu pemain….sayang sekali…….

  10. Kok sik rung onok “jendral” sing dek tengah yo ?
    Padahal lini tengah iku sing paling penting gw penyeimbang & pengatur tempo permainan.
    Oh iyo sam Putu kok ga krungu kabare yo, balik nang kandang ongis po ga ?

  11. wes pokoke joss koyok extrajoss, moga2 om banur bisa nambah pemin bagus lagi, klw bisa pemain bintang lah biar ada keseimbagan dan trasfer pengalaman buat juniornya.

  12. Yg Terbaik buat AREMA adalah mencoba young Guns karena pemain seniornya dah kumpul di Kediri.ga salah kalau TIMNAS SENIOR KEDIRI VS TIMNAS U-23 Malang.Final Super Liga 2008/09 !!!!

  13. @nolab kapok kapok hahha
    salahe ga kondo2 tom tom aq ditinggal trus

    oh iya sampe lupa
    …………………………………
    @@@@@@@@@@@@@@@
    Duh Ker 1 dateng 1 keluar
    Gpp wes yg penting Aremania Team Solid
    Aku percayakan sama Pelatih
    Aremania Slalu Mendukungmu…
    Young Guns Semangat Muda
    @@@@@@@@@@@@@@@

  14. Siapa pun pemainnya, qta sbgai aremania wajib dukung terus ker, coz dr dulu Arema adalah tim yg membuat bintang, bukan tim yg membeli bintang
    Semangat terus Singo Edan ku…
    Kita pasti jd juara
    Salam satu jiwa…AREMA….

  15. Sip pemain muda.. tapi jangan lupa pemain senior yg bis mbimbing, ne lokal ga ono ya asing yo gpp…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s