Aturan Bosman Tidak Berlaku di Liga Indonesia?


Joao Carlos dan Patricio MoralesSudah pernah mendengar tentang aturan transfer Bosman? Inti dari aturan Bosman adalah ketika seorang pemain yang terikat pada klub telah habis masa kontraknya, maka pemain tersebut bebas cabut dan bergabung dengan klub lain. Belakangan aturan ini direvisi dengan berbagai pertimbangan terkait pengembangan pemain muda. Namun esensi utama dari aturan Bosman adalah ketika pemain expired, maka ia free transfer. Hal ini sudah lumrah terjadi di sepakbola industri Eropa maupun Amerika Latin, karena aturan FIFA bersifat global, without frontier. Namun tidak demikian halnya dengan yang terjadi di sepakbola Indonesia, lagi-lagi kita nyeleneh sendiri.

Yang aktual adalah kasus Ahmad “Jupri” Jufriyanto. Eks defender timnas U-23 yang musim lalu memperkuat Persikota ini batal bergabung dengan Arema lantaran tidak diberi surat keluar oleh klub lamanya. Alasan yang dikemukakan klubnya adalah karena Jupri adalah putra daerah dan aset klub.

Terlepas dari alasan klub, bukankah Jupri telah berstatus free transfer? Lalu apa bedanya status Jupri dengan Jean Marc Bosman? Kalau saja klub dan pemain lebih “melek” terhadapa aturan sepakbola secara global, hal-hal seperti ini tidak seharusnya terjadi. Bukankah kita sedang menuju sepakbola industri? PSSI dan BLI sebagai pengayom sepakbola nasional seharusnya tanggap dengan kejadian ini.

Kasus Jupri sangat berpotensi terjadi kepada banyak pemain lokal lain pada klub-klub “daerah” di Indonesia. Kabar terakhir yang berkembang, kiper Dadang Sudrajat yang telah setuju bergabung dengan Arema dikabarkan batal karena tidak diijinkan keluar (tidak diberi surat keluar) oleh pihak manajemen Persitara. Alasannya lagi-lagi klise, aset daerah atau aset klub.

Bagi para penggemar permainan Football Manager (FM), tentu sudah paham benar apa itu istilah expired, expiring, unattached, atau approach to sign. Muncul pertanyaan pada permainan FM, adakah transfer pemain terhalang surat keluar? Hehehe… sepertinya tidak ada.

Kita tengok kompetisi di Eropa, kalau bicara aset daerah atau aset klub, sepertinya Fernando Torres tidak akan pernah meninggalkan Atletico dan berbaju Liverpool seperti sekarang, atau Wayne Rooney (eks Everton) dan Cristiano Ronaldo (eks Sporting Lisbon) tidak akan pernah bermain di Teater Impian bersama Manchester United.

Karena rata-rata kontrak pemain di Indonesia hanya satu musim, transfer pemain di Indonesia pun hampir 99% dilakukan pada kondisi free transfer. Sehingga klub tidak perlu mengeluarkan uang transfer kepada klub lama seorang pemain, tetapi hanya membayar besarnya nilai kontrak yang diminta oleh pemain yang bersangkutan. Contoh paling aktual adalah transfer trio PSMS Medan ke Persik Kediri (Saktiawan Sinaga, Legimin Raharjo, dan Gustavo Chena).

Menatap Superliga musim depan, profesionalisme sepakbola patut digarisbawahi oleh semua pelaku sepakbola nasional. Namun sepertinya hal tersebut masih jauh dari harapan kita. Hal ini terbukti dengan “melunaknya” BLI terhadap syarat-syarat kontestan Superliga serta keengganan beberapa klub untuk melepaskan “ASI” mereka, yaitu APBD. (*)

*) sumber foto : jawapos.com

Ongisnade.Net - Media Online Aremania

Iklan

30 pemikiran pada “Aturan Bosman Tidak Berlaku di Liga Indonesia?

  1. nomer loro ker….!!!! Itu kan hanya alasan klub untuk menahan pemain saja, apalagi pemain tersebut menjadi andalan klub itu. Contoh arema pun juga punya putra&aset daerah seperti charis yulianto yang akhirnya bisa keluar juga dari malang, yo arema tetep juara copa, 2x lagi. Baiknya mulai dari sekarang pengurus klub harusnya lebih melek dengan profesionalisme diindustri sepakbola. Semua itu sudah risiko industri sepak bola. Bagaimana bila persikota bila mengalami hal yang serupa, mendapatkan aset daerah yang lainnya. Apa yang dikatakan pasti serupa seperti Ayas. Tapi ga pa2 Arema bukan bermain untuk satu orang saja tapi untuk smua Kera ngalam se-dunia!!!!!! Salam u/semua aremania

  2. Idrek sik ker..mosok ngenteni berita ranya thok di ongisnade.net wkwkwkwk…….

  3. kalo di AREMA Atmosfer Klub dan supporternya,masih berpengaruh kuat, tetapi nggak lepas juga dari materi. tetapi untuk ke arah pro, klub tidak perlu untuk mempersulit pemainnya untuk lebih berkembang, karena orientasi kita adalah timnas dan industri sepakbola modern. karena di dalam manual liga sendiri disebutkan adanya junior klub sebagai kaderisasi pemain di klub.
    welcome AREMA with young guns. Welcome Champion Superleague 2008.

  4. Iku akal2ane wong PSSI wae, gak pengen negorone maju industri bal2ane. Otake wis jamuren kabeh. Aku dukung Ongisnadeongisnade sampai tuwexwex. Hidup Aremania.

  5. biyuh…
    lak mesakne pemaine ker…
    pengen maen nang Teater Impian [Kanjuruhan] malih gak iso..
    pancene manajemen klub laknat…
    huihihiw….
    sik pancet apikan Arema lek jareku…
    lha wong statuse ae wes free…FREE….

    peh peh peh….
    pokoke HANYA ADA DI INDONESIA
    huihuhiw….

    NolaB
    Aremania Garis Miring

  6. sam admin ayas kate takon (jek gorong ngerti sam ayas) :
    ndek brita sijine di rilis jeneng e pemain2 arema musim ngarep, lha iku lak akeh mantan pemain U-23. lek pas jeneng2 iku dicelok timnas gawe kepentingan negoro lak entek pemaine? batas timnas nyelok pemain sebuah klub iku orip?
    Keuntungan gawe klub lek pemaine di celok onok ga?
    (seng tak takokno ndek indonesia, polae pssi e awak dewe iki seng paling “kreatif” – lek ga entok disebut nggilani-)

    aremania sukolilo

  7. Memang aneh ko di indonesia. Sing jelas pembuat aturane di indonesia yang ngawur. Pssi maneh… Bosen

  8. sik…OOT, aku kok gak iso mbuka blog iki lek ngetik alamat ongisnade.net ndek browser, tapi lek ngetik ongisnade.wordpress.com, lancar2 ae…
    Pak Admin, apa ada yg salah? atau ayas sing salah?

    eniwei…
    kalo sistem kontrak pemain aja belum jelas n gak standar FIFA, apa pantes disebut Liga Profesional?? sekali lagi, ini adalah PR-nya PSSI/BLI !! padahal Bosman-Rules iku wes jelas loh !!

    nuwus !!
    Salam Satu Jiwa !!

  9. Biasa ker….sepakbola indonesia adalah kompetisi dagelan,siapa yg bisa bikin lelucon paling konyol and nyleneh dia yg akan dianggap….
    Sistem sepakbola indonesia koq disamain aturan BOSMAN??????
    mengacu AFC yg induk semangnya saja pengurus PSSI tdk mau apalagi FIFA….
    Aq berani taruhan….coba pengurus PSSI diadu dg nawak2 AREMANIA pegang AREMA di program FOOTBALL MANAGER 2007 ato 2008…..
    aq njago nawak2 AREMANIA krn tdk ada acara suap2 an ato intrik2 memuakkan….
    Aq hanya mimpi kapan ya,pengurus PSSI belajar kompetisi dari Program FOOTBALL MANAGER 2007 kaya JOSE MOURINHO gitu loh…..

    SALAM SATU JIWA A R E M A

  10. @ rekk……..kok e contone pemain arema thok!!
    opo gak onok liyane ?
    PERSEBAYA bolak – balik koyok ngono cak !!
    jenenge ae Liga Indonesia, masio piye ae yo tetep amburadul lha wong pemimpine ae mimpine soko njero sel …………. hehehehe………..

    @ aku ki kok angel nglebokno commentku nang kene yo, sakjane iku akeh lho rek seng wezz dadi truzz tak submit comment……………tapi yo iku kok gak gelem mlebu

    @ bwt ongisnade.net seng obyektif yo

  11. Bagi para penggemar permainan Football Manager (FM), tentu sudah paham benar apa itu istilah expired, expiring, unattached, atau approach to sign. Muncul pertanyaan pada permainan FM, adakah transfer pemain terhalang surat keluar? Hehehe… sepertinya tidak ada.

    Udah ada yg punya patchnya FM 2008?punya ayas gak bisa main musim 2009-dst….ngecrash terus…..

    hehe…. Indonesia ky kompetisi tarkam y?….anak kampung A gak boleh main buat team kampung B….soalnya kalo maksain main, bakalan digebukin sama anak2 kampung A …..hahahaha…

    Ky gitu masih mau nyelenggarain Super Liga…. gak malu tuh PSSI kalau AFC nanti sidak Superliga?

  12. Iki salah siji lelucone bal-balane Indonesia, Superliga durung mulai wes ribet nbek aturane, opo maneh ngko nek wes mulai…… yakin tambah mbanyol maneh ker !!!!

  13. namanya juga orde nurdin halid, semua yg gak wajar jadi halal. HANYA REVOLUSI YANG BISA MENGUBAHNYA…!!! SEGERAKANLAH…

  14. Ya Mau gmn lagi..
    Ya gini lucunya seoak bola Indonesia
    Sistem Korat Karit
    Bnyak Kasus…
    Ga karuan sistem manajemen seperti itu membatasi sistem transfer pemain…
    [-o< mudah2an Arema Bisa Melaju Ke Final
    Dengan Komposisi Young Guns AremA
    Aku agak Ragu
    hufff……

  15. salam satu jiwa..

    tkita sudah tahu deh kalo liga indonesia emang kaya gini..dalihnya si katanya aturannya disesuaikan dengan kondisi di indonesia hehe..harusnya pemain kaya jupri ato dadang sudrajat bisa nuntut klub lamanya tuh karena ga diijinkan keluar..ada teman aremania juga yang bilang katanya kalo dilarang pindah klub brati klub melanggar pasal dalam UUD yang katanya setiap orang berhak dapat penghidupan dan pekerjaan yang layak..brati sah2 aja kalo pemain mau pindah jika kontrak habis, karena mereka nyari penghidupan dan pekerjaan yang lebih layak di tempat lain hehe..

  16. Waduh PSSI peraturan itukan sdh diakui FIFA.
    kl itu tdk berlaku di Indonesia berarti ada yang gak beres dgn PSSI

  17. Yo ngono iku sepakbola indonesia
    Slama sing mimpin NURDIN HULID B*^*SAT, PSSI tidak akan pernah maju
    REVOLUSI PSSI……!!!!!!!

  18. PSSI tempatnya para napi
    Sportivitas hanyalah mimpi
    PSSI tempat melacur diri
    Tidak Punya hati nurani
    REVOLUSI PSSI….. PSSI REVOLUSI
    REVOLUSI PSSI….. PSSI REVOLUSI

    nb : wis suwe ayas gak krungu lagu iki

  19. salam utas awij
    yo po lek gk blh aremania
    pakai ainamera kan uda mboizz
    sekali arema tetap pek mati aremania
    bunuh nurdin halid dgn prajuritx…
    1 jiwa 1 kata arema

  20. @ rekk……..kok e contone pemain arema thok!!
    opo gak onok liyane ? PERSEBAYA bolak – balik koyok ngono cak !!…

    yo wajar lah rip…lha kan iki blog-e AREMANIA, mangkane sing digae conto yo pemain AREMA tok…ngono lo…
    Oyi??

  21. Sori OOT :
    @Onod32:
    lho, sampeyan durung nggae patch’e FM tah? kan wes onok patch 8.0.2 metune tgl 20 Feb wingi, cuman aku drg sempet donlot, aku sik nggae 8.0.1, silakan googling aja bos, opo silakan ngubek2 forum pecinta FM, alamate FM-Underground.Net

  22. Saiki tgl 8 maret 2008.jare ono sing anyar.mosok cuma banner tok.nuwus sam.

    Salam satu jiwa AREMA
    SALAM SAKIT JIWA PSSI

  23. @ arif_bonek bondho nekat…
    Bedanya, kalo ada pemaen Arema yang mau pindah ke klub laen, manajemen ga terlalu “nggandoli”, karena itu adalah bagian dari Profesionalisme dan merupakan hak tiap pemaen.
    Kalo hal itu terjadi di Persebaya, maka Manajemen mati-matian “Nggandoli” bahkan Bonek berunjukrasa ke rumah Pemaen tsb.
    Obyektif???Aq jg sering kirim Comment ke Blog-nya Bonek, tp ga Masuk.

    Thx.

    Salam Damai Supporter Jatim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s