Mengemban Misi Dua Agenda Utama Aremania


Revolusi PSSIReformasi PSSI atau Keringanan Hukuman Aremania?
Merujuk pada komentar Pak Faisal dari Korwil Kampus Putih, ibarat tim sepakbola, saat ini kita sedang memperoleh tendangan penalti untuk mencapai tujuan utama kita yaitu gol. Penalti tersebut diberikan oleh “wasit” Menegpora Adhyaksa Dault setelah FIFA dilanggar PSSI di daerah terlarang. Nah, kita (Aremania & kelompok suporter sepakbola nasional) yang diberi tugas untuk menendangnya dari titik putih. Sekarang tinggal bagaimana niat kita, ingin mencetak gol ataukah membuang peluang yang sudah di depan mata?

Ada dua agenda utama yang sedang ramai dibahas oleh nawak-nawak Aremania, agenda pertama adalah Revolusi & Reformasi PSSI, sedangkan agenda kedua adalah keringanan hukuman Aremania. Dua agenda tersebut saling terkait dan beriringan. Bedanya, agenda pertama (seharusnya) diusung oleh seluruh komponen sepakbola nasional, sementara agenda kedua lebih kepada tanggung jawab kita semua, Aremania.

Lalu muncul pertanyaan kepada nawak-nawak Aremania, mau pilih mana reformasi PSSI atau keringanan hukuman untuk Aremania?

Ya, dari sini kita belajar mencari akar dari munculnya sebuah permasalahan. Seperti kita ketahui bersama, hasil dari komisi banding atas kasus Aremania adalah diskon satu tahun untuk hukuman Aremania. Setelah tim advokasi Aremania dibubarkan, perjuangan Aremania untuk memperoleh keringanan hukuman berikutnya adalah melalui tim lobi dan perjuangan Aremania sendiri.

Pertemuan Aremania di Dome UMM
foto: Tembel, Abah Slamet, dan Pak Faisal saat pertemuan Aremania di Dome UMM

Langkah konkrit perjuangan Aremania yang rencananya dimulai dari pertemuan di Jalan Amprong hari ini ditunda karena menunggu hasil dari tim lobi. Pada pertemuan tersebut rencananya akan dibahas langkah-langkah yang akan ditempuh oleh Aremania dan rencana demo ke kantor PSSI di Senayan. Sambil menunggu hasil dari tim lobi, selayaknya kita kembali merapatkan barisan menyusun kekuatan guna memenuhi langkah kedua yaitu perjuangan dengan “cara” Aremania.

Ada pertanyaan cukup kritis, seandainya tidak terjadi tregedi Kediri, seandainya Arema lolos ke semifinal, final, atau bahkan juara, masih lantangkah teriakan revolusi itu? Ataukah kita semata-mata memperjuangkan nasib kita sendiri (hukuman 2 tahun Aremania)?

Nawak Nicko AK(Arek Klayatan) kepada Ongisnade.Net mengirimkan opini via email sebagai berikut:

SALAM SATU JIWA! A R E M A!

Seperti yang kita ketahui bersama, kita Aremania sedang sakit terdzolimi sekarang. Ada PR besar menunggu kita selain kita meributkan tentang hal-hal yang tidak semestinya kita bahas dan urusi seperti; perekrutan pemain, pembentukan kerangka tim dan lain-lain, karena itu semua sudah ada yang mengurusi. Ada dua hal besar besar yang menjadi PR besar kita yaitu hukuman 2 tahun untuk kita dan REVOLUSI-REFORMASI PSSI. kalo diurutkan sesuai prioritas maka yang tercetak teballah yang harus kita dahulukan.

Kenapa? Karena walaupun hukuman kita dikurangi atau bahkan bebas atau walaupun bahkan AREMA punya pelatih yang hebat, diisi oleh para pemain bintang, manajemen yang solid, dan lain-lain, tapi selama PSSI tetap tidak berubah dengan menyesal dan sedih saya katakan AREMA TIDAK AKAN PERNAH menjadi juara. Karena entah di awal, tengah atau di akhir perjalanan kompetisi kita pasti akan dijegal oleh PSSI dengan hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan.

Yang ayas takutkan ketika kita mendahulukan agenda untuk keringanan hukuman kita akan lupa dengan agenda Revolusi & Reformasi PSSI. Seperti analogi orang pusing diberi obat pusing ya sembuh dan tenang, tapi tidak mencari penyebab sakitnya.

REVOLUSI-REFORMASI PSSI!!!!!!
SALAM SATU JIWA!!! A R E M A!!!!

*) Nicko AK

Bagaimana dengan opini nawak-nawak Aremania yang lain? Monggo berpendapat… (Insya-Allah pendapat & masukan dari nawak-nawak Aremania melalui media blog ini akan kami teruskan ke forum diskusi Aremania)

35 pemikiran pada “Mengemban Misi Dua Agenda Utama Aremania

  1. tas mlebu tapi no 2

    SALAM SATU JIWA buat aremania pandaan.

    tuk admin ongisnade yok opo hasil rembugan aremania?

    sido ladub kapan bos?

  2. Waduh2 lagi2 dua pilihan yg sama2 mnguras otak para AremaniA
    untung para AremaniA ini pinter2

    sbentar2 mnurutku….
    Yap Betul setelah aku pahami…menuntut keringanan hukuman dan mengkeduakan reformasi PSSi adalah cara emosi sesaat…

    Mungkin Saja Setelah Aremania Menyerukan Reformasi buat PSSI,kita Arema dan Aremania MEndapatkan Setitik dan secercah harapan buat kita.
    Percuma kalo kita minta keringanan hukum,tapi organisasi PSSI yg bobrok ttp menerapkan sistem2nya
    hayoo…

    dan kenapa juga seh harus ada 2 hal yg harus dtempuh Aremania,mmg klo masalah 2 itu dijasikan 1 ga bisa?
    Stelah reformasi PSSI baru mnta keringanan hukuman yg notabene ga adil buat AremaniA

    buat Sam Nicko

    keplok keplok (ga ada iconnya ya.sek nyobak) =D>
    Wah Ini Baru Pemikiran yg cerdas
    WEs pokoke betul jare sampeyan mas
    obat pusing setelah diobati kita ga prnah tau apa yg bikin kita pusing…
    benar2 Top
    Disuek bukngkusnya Currr…..itik itik itik..

    Encerrr…

    Thanx be 4

    AremaniA

  3. opini yang bagus

    REVOLUSI PSSI
    ini harus dimula dari kita
    AREMANIA….
    sebagai supporter yang peduli terhadap sepakbola INDONESIA

    kita rela berkorban demi kemajuan sepakbola INDONESIA
    mari kita jauhkan dunia ni dari orang-orang yang hanya kepingin dilihat oleh kita kemudian
    mengesampingkan tugas yang diembannya

    mari kita teriakkan
    REVOLUSI PSSI !!!!

  4. salam Utas Awij………..

    kalo turunem ayas….kane REVOLUSI – Reformasi PSSI no.1
    maaf,nakub ayas kadit nacit Arema but kalo PSSI sehat tentu kita asib banding ambek genaro2 pengurus PSSI yg tahes …narakir e WES TAHES poll….lebih manusiawi kalo diajak aracib…kita Aremania selalu bisa ber awij Raseb,kepentingan hileb raseb yg kita dulukan ayas yakin….perjuangan dengan Keikhlasan ..Insya Allah silahe hileb Manfaat…akit tunjuk no nang INdonesia ..Ongis Nade slalu renom utas utk segala kebaikan sepak bola,karena kita AREMA —karena kita AREMANIA……..

    salam utas awij Ongis Nade

    ……….A R E M A……kami disini Arema….kami tidak kmana – mana tapi kita dimana – mana..karena kami selalu AREMA………..

  5. wah ini yg sring dibng TUKUL balik manig nang LAPTOP….ayas salut dng p’juangan NAWAK2 AREMANIA,ayas kira reformasi dan mencari kringanan hukuman u/ aremania sama penting’nya.selain kt hrs reformasi u/ kemajuan sepak bola kt,hukuman bg aremania 2thn sangatlah brt sam…kt hrs memperjuangkan hak kt yg slama ini tlah di p’mainkan oleh PSSI.seandai’nya wktu itu kadit ada k’suhan dikediri dan AREMA jd JUARA,ayas kira teriakan REFOLUSI ms akan di suarakan oleh NAWAK2 AREMANIA…

  6. wah ini yg sring diblng TUKUL balik manig nang LAPTOP….ayas salut dng p’juangan NAWAK2 AREMANIA,ayas kira reformasi dan mencari kringanan hukuman u/ aremania sama penting’nya.selain kt hrs reformasi u/ kemajuan sepak bola kt,hukuman bg aremania 2thn sangatlah brt sam…kt hrs memperjuangkan hak kt yg slama ini tlah di p’mainkan oleh PSSI.seandai’nya wktu itu kadit ada k’suhan dikediri dan AREMA jd JUARA,ayas kira teriakan REFOLUSI ms akan di suarakan oleh NAWAK2 AREMANIA…

  7. Seng Jelas Revolusi PSSI anjing keparat sialan…..terlebih dahulu…

    Ntar jika Pengurus PSSI termsuk Exco udah diganti..semua akan berjalan lancar.

  8. Perjuangan Aremania melawan kedzaliman PSSI harus terus dilakukan selama rezim Nurdin Bandit DKK belum lengser dari kepengurusan PSSI.Percuma kita bicara masalah keringanan hukuman tapi sistem yang berjalan sekarang terus dilakukan,karena Arema dan Aremania akan selalu menjadi korban kebiadaban dan kepentingan PSSI beserta sponsor setianya yaitu DJARUM untuk selalu mempressure Arema dan Aremania dengan segala cara agar tidak dapat berprestasi di LIGA Indonesia.Untuk itu Syarat mutlak yang harus dilakukan para komunitas pecinta bola di Indonesia hanya satu yaitu Reformasi total seluruh pengurus PSSI dibawah komando Nurdin Bandit.Dan sistem sponsorship di LIGINA harus dirubah dari sistem yang ada sekarang ini dimana sponsor UTAMA dalam hal ini Djarum terlalu mendikte PSSI dalam menata urusan sponsorship.Seharusnya PSSI membebaskan para kontestan LIGINA untuk lebih membuka ruang bagi sponsor lain untuk ikut berpartisipasi dalam sponsorship klub di LIGINA.Disatu sisi PSSI sekarang ini berkoar-koar untuk mewujudkan sepakbola industri dg melibatkan banyak sponsor tapi dikala ada sponsor yang mempunyai produk sama dg sponsor utama maka klub tersebut selalu ditindas dan dilakukan segala cara untuk tidak bisa berprestasi sesuai “pesanan” spnsor utama.

    REFORMASI DAN REVOLUSI TOTAL SISTEM KEPENGURUSAN DAN SELURUH ANAK BUAH NURDIN HALID DARI PERSEPAKBOLAAN NASIONAL.

    FORZA AREMA……..
    http://therichkid77.multiply.com

  9. wezz ga sah geger maneh rekk…….
    wong jelas wezz dikek i keringanan hukuman PSSI (menjadi 2 tahun) ko yo sek protes maneh……

    sabar ae rekk, ko’ ono dhuwik ngko lak hukumanmu dihapus
    PSSI, ancene PSSI iku moto duiten……hehehehehehe………

    salam damai

  10. Pokok’e lek nawak-nawak Aremania Demo nang JKT, pas d sana ojo sampe terprovokasi ambek PSSI, sopo tauw pas aremania demo, PSSI iso manfaatno momen biar manas-manasi aremania biar aremaniane tawur….
    Ojok sampe lo rek, Buktikno k’lo aremania bener2 cinta damai…..
    AREMANIA IS THE BEST!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    SALAM SATU JIWA…….

  11. REVOLUSI-REFORMASI PSSI ADALAH TINDAKAN NO.1 !!
    Mo kemana arah persepakbolaan nasional kita kalo kondisinya tetep kayak gini. Sing temping awak dewe AREMANIA ojok sampe melas-melas minta keringanan ke PSSI !! Ojok sampe kers !! biar kita hadapi hukuman itu dengan badan tegak, boleh menuntut banding, tapi ojok sampe melas-melas ker !!
    Mugo2 PSSI cepet berbenah !!

    Salam Satu Jiwa !!

  12. Saiki PSSI wes posisi terpojok, wes wayahe Aremania bertindak, sesuai mbek kesepakatan silaturahmi supporter sepakbola Indonesia di Ngalam. Kita undang supporter lain untuk kembali menyatukan suara dan bertindak demi kemajuan sepakbola Indonesia. Tunjukkan bahwa kita tidak sendiri Aremania adalah leader dari supporter Indonesia……. Kita selalu terdepan……..kawan !!!!!

  13. Reformasi PSSI harusnya masih tetap Menjadi AGENDA no 1, masalah keringanan hukuman menurutku iso menyusul, andaikata PSSI telah bereformasi dan kita tidak mendapatkan keringanan pun, semoga itu juga menjadi Contoh Teladan untuk mereka yang melanggar, sehingga Rewards and Punishment benar-benar di tegakkan.

  14. Ass. Dalam hal ini kita harus jeli dalam melihat SI-KON-TOLE (situasi kondisi dan toleransi) dalam melakukan pergerakan, kita terlepas dari no1 bahwa kita “membuat suatu pergerakan untuk melakukan revolusi” tpi yang kita pikirkan adalah bagaimana kita bisa membagi antara merevolusi PSSI dengan meminta keringanan pada PSSI. Pastinya kita harus pandai-pandai untuk menangkap bagaimana kita bisa membagi kedua hal tersebut. Ya jangan sampai, nantinya kita berangkat ke jakarta gak ada hasilnya?!!! trus kita mash tetp di hukum 2 tahun, (kita semua jg mnyadari bahwa kt melkukan kesalhan tp dalm hal ini ya jngan mmberikan hkuman 2 thun krena byak imbasnya). So ak lbh cndrng prosentase trbsar aremania mmkirkan keringan hkuman sdangkan manjmen sbgai klub mmkrkan PSSI (,ksd q, klub slruh indonesia).
    analisis Korban PSSI (Kera Nejnap)

    ass.dngn mlhat jdl diats”menuju babak baru langkah perjuangan aremania”monggo nawak2 seng gak iso teko dino minggu urun rembug tekok kene.sopo ngerti engkok nawak2e dewe moco/melok rembug nek kene di sampekno nek acara dino minggu.Tekok ak,ngkok nek acra dino minggu kan akeh elemen aremania seng teko,lha lek tekok sudut pandangku ak jokok tekok 3 elemen 1.aremania 2.asongan 3.dolore dewe seng dodol perlngkpan suporter aremania.elemen pertama, ketok PSSI jancok gak iso ngukur piro biaya sosial seng d tanggung aremania,perlu di eleng y dolor.aremania pas tour luar kota mati, di dekek nek RS jek gae kaos aremania,slain it pngruhnya pd kekmpkan warna sehingga mengurangi kreativitas dr aremania,slain itu tktnya ad oknum2 trtentu yg mengmbl momen in (krna bju gak srgam) untuk memecah belah aremania hal ini kt flasback/akn terulang lg sprti pd thn 89 dimana ad kubu2an d antara aremania. seng elemen 2 piro omsete dolore awake dewe seng ilang smpek 2 thun.byang no aremania suportere mesti madeti stadion koyok tukang do2l panganan,tukang parkir sak lain2ne seng mlaku kegtan ekonmi d sktar stdn.pirang juta slma 2 thn.seng ke 3,toko2 seng dodol perlengkapane suporter iso2 golong tikar,soale disebabno larngan iki.padahal dari poin 1 dan 3 dalam hal in membutuhkan tenaga kerja yg banyak.Aremania suporter seng atraktif,sportif dan loyalitas.Gak pertandingan cilik gede akeh seng nonton di roto2 tiap pertndingan stdn kanjuruhan di delok 25 rb aremania.Intine pas budal nang jkrta 3 komponen di brangkatno gae nyerang PSSI kususe Komdis seng pimpinane HincacokPanjaitan kakean kontol torok bawok empek sak lain2e(konon vonisnya mlalui spihak,gak di delok prosese tp hasl akire).lha ik tekok ak dolor mngkn slain 3 elemen iki mau onk meneh dolor iso gae rekomendasi gae dolor2 seng rpat dini minggu!zyo!slam 1 jiwa.aremania brawijaya asli kepanjen.

  15. Salam satu jiwa!

    Ayas setuju dengan opini nawak-nawak disini.. Revolusi PSSI nomor satu! Tidak bisa ditawar2..
    Selain alasan2 diatas, Aremania adalah pelopor suporter di Indonesia.. Walopun kita telah didholimi Aremania gak boleh egois.. dengan revolusi PSSI kita bebaskan persepakbolaan kita dari belenggu yang selama ini membuatnya tidak berkutik bahkan cenderung merusak..

    Ayas juga setuju dengan sam singo kuthuk..bersama-sama merapatkan barisan dengan suporter lain.. in kerja keras dan kerja besar untuk impian besar juga.. Kemajuan Sepakbola Nasional dan tentunya AREMA!

    Salam Satu Jiwa!!! http://lapantuju.wordpress.com

  16. salam satu jiwa AREMA
    samapai kapan perdebatan panjang ini akan berakhir.Jika kita analisis secara logis tanpa mengedepankan egoisme dan idialisme semua opsi antara keringanan hukuman dan revolusi PSSI mana yang terlebih dahulu kita kedepankan,semua ada perdebatan itu benar semua.Tapi sampai kapan kita hanya akan beradu argumen, kita butuh konsolidasi agar kita tidak hanya berdebat melalui media.
    salam satu jiwa AREMA!!!!
    ayo konsolidasi, jagan hanya berdebat di media, sampai kapan……???AREMANIA harus merapatkan barisan SEKARANG atau TIDAK SAMA SEKALI!!!!
    dari SUPRA di GADANG

  17. reneb hebak … REFORMASI PSSI tapi guduk REVOLUSI PSSI

    ada artian salah kaprah sing tau tak woco ndek ensiklopedi …

    REFORMASI berarti perubahan sistem dan yang menggerakkannya (NH karo kroni2ne)

    lek REVOLUSI pasti membutuhkan korban jiwa atau benda … iki sing gak ujutes bosss …

    REFORMASI PSSI dengan OTAK bukan dengan OTOT, lek secara total PSSI wes di reformasi secara otomatis semua jajaran )lek kabeh sih hehe) pasti berubah, termasuk sudut pandang mengenai sanksi yang dijatuhkan kepada AREMANIA …

    ” PERBEDAAN ADALAH HAL YANG INDAH,JANGAN KITA MENGHANCURKANYA HANYA KARENA INGIN MENDAPATKAN EKSISTENSI … belajarlah jalani kerasnya kehidupan ini agar kau tak selalu menghina orang,bangsa kita tengah dilanda banyak bencana jangan ada perpecahan dimanapun kau berada jadikan PEACE,LOVE,UNITY,RESPECT sebagai misimu agar tak ada perpecahan lagi di bumi pertiwi … tuangkan air kedamaian,angkat gelas mari bersulang,kita adalah satu,kita adalah satu bangsa perbedaan adalah hal yang wajar but kita harus menjadikan perbedaan itu menjadi satu kesatuan seperti ikatan sapu lidi yang takkan patah meski berbeda besar dan ukurannya … apapun warnamu … kita tetap satu MERAH-PUTIH ”

    Salam Satu Jiwa – AREMANIA
    __________________________________
    AREMANIA JEPANG (Forum Liga Indonesia)

  18. salam satu jiwa AREMA!!!
    wes aremania gak usah gegeran dewe2, kita rapatkan barisan kita bersatu gak usah gontok-gontokan, njaluk menangge dewe, seng penteng gak ono aremania seng sok pahlawan kesiangan diantara kasus hukuman aremania
    salam satu jiwa AREMA!!!
    dari SUPRA di GADANG!!!

  19. salam satu jiwa AREMA!!!
    wes rek podho aremania ne gak usah gegeran, gontok-gontokan, kabeh podho benere, seng penteng saiki yo’opo langkah kedepan aremania karo hukuman 2 tahun iki, ojo gegeran terus, KAKEAN CANGKEM, tapi ora ono tindak lanjute blas, lek aku setuju diadakan konsolidasi aremania se malang raya, oyi
    salam satu jiwa AREMA!!!
    dari SUPRA di GADANG

  20. salam satu jiwa AREMA!!!

    semoga dengan kasus hukuman aremania selama 2 tahun

    ini, tidak ada pahlawan kesiangan,kenapa begitu karena

    aremania selama ini hanya berjalan dan berjuang

    sendiri-sendiri, belum sama sekali merapatkan barisan,

    peranan korwil belum efektif,karena hanya dikuasai oleh

    korwil yang sudah tua dan tidak mengaspirasikan

    keinginan korwil se- MALANG RAYA, hanya orang-orang itu

    saja yang muncul, yang saya maklumi karena aremania

    tidak punya tempat untuk saling berkomunikasi, komunisi di

    radio tidak bisa menampung aspirasi mayoritas aremania,

    karena tidak semua aremania bisa bergabung kedalam

    komunikasi lewat media tersebut

    salam satu jiwa AREMA!!!
    dari SUPRA di GADANG

  21. salam satu jiwa AREMA!!!
    wes rek podho aremania ne gak usah gegeran, gontok-gontokan, kabeh podho benere, seng penteng saiki yo’opo langkah kedepan aremania karo hukuman 2 tahun iki, ojo gegeran terus, KAKEAN CANGKEM, tapi ora ono tindak lanjute blas, lek aku setuju diadakan konsolidasi aremania se malang raya, oyi
    salam satu jiwa AREMA!!!
    dari SUPRA di GADANG

  22. PILIH MANA REVOLUSI PSSI ATAU REFORMASI PSSI????
    REFORMASI ialah suatu usaha perubahan pokok dalam

    suatu sistem birorkasi yang bertujuan mengubah struktur,

    tingkah laku, dan keberadaan atau kebiasaan yang telah

    lama tapi bisa juga diartikan suatu proses untuk mengubah proses prosedur

    birokrasi publik dan sikap serta tingkah laku birokrat untuk

    mencapai efektivitas birokrasi dan tujuan pembangunan

    nasional.Dari pengertian ini, maka reformasi ruang

    lingkupnya tidak hanya terbatas pada proses dan

    prosedur, tetapi juga mengaitkan perubahan pada tingkat

    struktur dan sikap serta tingkah laku (the ethics being).

    Hal ini, berarti menyangkut permasalahan yang

    bersinggungan dengan authority atau formal power (kekuasaan).

    REVOLUSI adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang

    berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau

    pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi,

    perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa

    direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa

    kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran kecepatan

    suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun

    dapat memakan waktu lama. Misalnya revolusi industri di

    Inggris yang memakan waktu puluhan tahun, namun

    dianggap ‘cepat’ karena mampu mengubah sendi-sendi

    pokok kehidupan masyarakat —seperti sistem

    kekeluargaan dan hubungan antara buruh dan majikan

    yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

    Sedangkan,

    Dalam pengertian umum, revolusi mencakup jenis

    perubahan apapun yang memenuhi syarat-syarat tersebut.

    Misalnya Revolusi Industri yang mengubah wajah dunia

    menjadi modern. Dalam definisi yang lebih sempit,

    revolusi umumnya dipahami sebagai perubahan politik.

    SALAM STU JIWA AREMA!!!!
    dari SUPRA di GADANG

  23. PILIH MANA REVOLUSI PSSI ATAU REFORMASI PSSI????
    REFORMASI ialah suatu usaha perubahan pokok dalam

    suatu sistem birorkasi yang bertujuan mengubah struktur,

    tingkah laku, dan keberadaan atau kebiasaan yang telah

    lama tapi bisa juga diartikan suatu proses untuk mengubah proses prosedur

    birokrasi publik dan sikap serta tingkah laku birokrat untuk

    mencapai efektivitas birokrasi dan tujuan pembangunan

    nasional.Dari pengertian ini, maka reformasi ruang

    lingkupnya tidak hanya terbatas pada proses dan

    prosedur, tetapi juga mengaitkan perubahan pada tingkat

    struktur dan sikap serta tingkah laku (the ethics being).

    Hal ini, berarti menyangkut permasalahan yang

    bersinggungan dengan authority atau formal power (kekuasaan).

    REVOLUSI adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang

    berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau

    pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi,

    perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa

    direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa

    kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran kecepatan

    suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun

    dapat memakan waktu lama. Misalnya revolusi industri di

    Inggris yang memakan waktu puluhan tahun, namun

    dianggap ‘cepat’ karena mampu mengubah sendi-sendi

    pokok kehidupan masyarakat —seperti sistem

    kekeluargaan dan hubungan antara buruh dan majikan

    yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

    Sedangkan,

    Dalam pengertian umum, revolusi mencakup jenis

    perubahan apapun yang memenuhi syarat-syarat tersebut.

    Misalnya Revolusi Industri yang mengubah wajah dunia

    menjadi modern. Dalam definisi yang lebih sempit,

    revolusi umumnya dipahami sebagai perubahan politik.

    SALAM SATU JIWA AREMA!!!!
    dari SUPRA di GADANG

  24. PILIH MANA REVOLUSI PSSI ATAU REFORMASI PSSI????

    REFORMASI ialah suatu usaha perubahan pokok dalam

    suatu sistem birorkasi yang bertujuan mengubah struktur,

    tingkah laku, dan keberadaan atau kebiasaan yang telah

    lama tapi bisa juga diartikan suatu proses untuk mengubah proses prosedur

    birokrasi publik dan sikap serta tingkah laku birokrat untuk

    mencapai efektivitas birokrasi dan tujuan pembangunan

    nasional.Dari pengertian ini, maka reformasi ruang

    lingkupnya tidak hanya terbatas pada proses dan

    prosedur, tetapi juga mengaitkan perubahan pada tingkat

    struktur dan sikap serta tingkah laku (the ethics being).

    Hal ini, berarti menyangkut permasalahan yang

    bersinggungan dengan authority atau formal power (kekuasaan).

    REVOLUSI adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang

    berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau

    pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi,

    perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa

    direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa

    kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran kecepatan

    suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun

    dapat memakan waktu lama. Misalnya revolusi industri di

    Inggris yang memakan waktu puluhan tahun, namun

    dianggap ‘cepat’ karena mampu mengubah sendi-sendi

    pokok kehidupan masyarakat —seperti sistem

    kekeluargaan dan hubungan antara buruh dan majikan

    yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

    Sedangkan,

    Dalam pengertian umum, revolusi mencakup jenis

    perubahan apapun yang memenuhi syarat-syarat tersebut.

    Misalnya Revolusi Industri yang mengubah wajah dunia

    menjadi modern. Dalam definisi yang lebih sempit,

    revolusi umumnya dipahami sebagai perubahan politik.

    SALAM SATU JIWA AREMA!!!!
    dari SUPRA di GADANG

  25. salam satu jiwa

    abah slamet,sam tembel,bang faisal,aku aremania X-goro tajinan tapi ak enek neng sangasanga,ak doa kan semoga tidak ada salah jalan revolusi sangat penting di tubuh PSSI tapi di satu sisi kita bisa memanfaat kan kecurangan andi panjaitan yang telah seenak pusarnya,menjatuhkan sangsi karena itu ak mohon semua unsur aremania bisa bersatu untuk membongkar masalah ini,maju terus revolusi PSSI dan maju terus aremania untuk mendapat keadilan sejati.

    salam satu jiwa

    aremania 99 X-Goro Tajinan

  26. reformasi pssi sangat diperlukan!!! gak adil klo hukuman hanya di tujukan untuk aremania saja. dilihat dulu dong apa yg menyebabkan aremania melakukan tindakan anarchy, padahal aremania menyandang gelar supporter terbaik/teladan. klo supporter teladan sampai melakukan tindakan anarchy itu pasti ada penyebab nya, aremania di jatuhi hukuman lalu apa hukuman buat “si pendorong” tindakan anarchy nya?. tolong adil dong…

  27. wes angel lek mungsuh PSSI / BLI sam … ndek salah satu situs (lali aku opo situs e), jarene ngene, perwakilan AREMANIA sudah mengajukan banding selama tiga kali kepada PSSI / BLI, tetapi pihak PSSI / BLI tidak menggubris dengan tidak datang kepada persidangan, tanpa pengacara ataupun perwakilan, kasus ini dibiarkan mengambang satu sisi saja … ngerti kan kamsudku mengambang satu sisi …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s