Liga Indonesia Dari Masa ke Masa


Sriwijaya FC Juara Liga Indonesia XIIISeperti sudah kita ketahui bersama, Liga Indonesia sudah berlangsung selama 13 periode (setelah era Galatama) dengan Petrokimia Putra sebagai juara pertama dan ditutup oleh Sriwijaya FC sebagai juara terakhir sebelum musim depan berganti Superliga. Selama 13 tahun berjalan, hampir tidak pernah kita temui perjalanan kompetisi yang “bersih”, selalu ada anomali dan kontroversi, mulai dari format kompetisi, jalannya kompetisi, hingga pelaku kompetisi. Liga Indonesia 2007 ini pun mencatat rekor sebagai Liga terlama di dunia karena dimulai tanggal 10 Februari 2007 dan diakhiri pada tanggal yang sama tahun 2008!. Akankah Superliga menjadi titik balik kompetisi sepakbola nasional kita?

Sekilas kita flash-back ke belakang, kita lihat kembali kontroversi-kontroversi yang terjadi selama sejarah perhelatan Liga Indonesia. Catatan berikut ini diambil dari kiriman salah satu teman di milis yang diambil dari Jawapos.com

LIGINA I: Terjadi gol kontroversial Sutiono (Persib Bandung) ke gawang Petrokimia Putra (sekarang Gresik United) dalam partai final. Petro yang tampil sebagai sebagai runner-up dinobatkan para pendukungnya sebagai juara tanpa mahkota.

LIGINA II: Relatif tidak ada gejolak berarti. Bandung Raya tampil sebagai juara setelah mengalahkan PSM Makassar 2-0.

LIGINA III: Terjadi gas beracun saat pertandingan semifinal antara Mitra Surabaya melawan Bandung Raya di Stadion Utama Senayan. Tujuh pemain Mitra masuk rumah sakit, dan Mitra Surabaya tidak bisa melanjutkan pertandingan. Mitra akhirnya diberi gelar hiburan, tim fair play. Persebaya tampil sebagai juara setelah mengalahkan Bandung Raya 3-1.

LIGINA IV: Kompetisi dua wilayah diberhentikan di tengah jalan karena ada krisis politik dan ekonomi.

LIGINA V: Final pertandingan antara PSIS v Persebaya terpaksa dipindahkan ke Manado, karena khawatir terjadi konflik suporter Semarang dengan Surabaya. PSIS juara setelah mengalahkan Persebaya 1-0.

LIGINA VI: Relatif tidak ada gejolak. PSM Makassar tampil sebagai juara setelah mengalahkan PKT 3-2.

LIGINA VII: Relatif tidak ada gejolak. Persija tampil sebagai juara setelah mengalahkan Persebaya 2-1.

LIGINA VIII: Relatif aman. Petrokimia Putra Gresik tampil sebagai juara setelah mengalahkan Persita Tangerang 2-1.

LIGINA IX: Menggunakan kompetisi penuh sehingga relatif tidak ada masalah di partai terakhir. Persik Kediri tampil sebagai juara dengan 67 poin. PSM di posisi kedua dengan 62 poin.

LIGINA X: Menggunakan kompetisi penuh sehingga relatif aman di partai terakhir. Persebaya tampil sebagai juara dengan 61 poin. PSM di posisi kedua juga dengan 61 poin.

LIGINA XI: Kembali memakai dua wilayah. Persoalan muncul kembali. Persebaya mundur dari babak delapan besar menjelang lawan Persija. Persebaya akhirnya didegradasi ke Divisi I.

LIGINA XII: Partai terakhir babak 8 besar Grup Barat terpaksa ditunda karena penonton meluber saat partai PSIS v Persiba di Batang. Akibatnya Arema v Persik yang main di Solo minta laga ditunda.

LIGINA XIII: Dalam babak delapan besar terjadi kerusuhan suporter di Stadion Brawijaya Kediri pada 16/1 2008. Oknum-oknum Aremania yang mendukung Arema melawan Persiwa mengamuk setelah wasit Jajat Sudrajat menganulir tiga gol arema. Kerusuhan terjadi lagi di semifinal (6/2 2008). Suporter Persija tewas setelah bentrokan dengan suporter Persipura. Akibat bentrokan itu, final dipindah ke Stadion Jalak Harupat Bandung, Bandung pada Minggu (10/2).

Memindah venue final tidak memecahkan masalah, tapi memindahkan masalah ke tempat baru. Sebagaimana diberitakan, terjadi insiden saling lempar antar pendukung PSMS Medan & Sriwijaya FC yang menonton layar lebar di luar stadion karena memang tidak diperbolehkan masuk stadion dengan oknum suporter Persib. Memang, dimanapun tempatnya, potensi konfilk selalu ada.

Liga yang sangat lama bahkan terlalu panjang ini telah selesai digelar beserta seluruh kontroversi yang melaluinya, Sriwijaya FC secara sah telah menjadi tim terbaik di pentas sepakbola negeri ini dengan rekor double-winnernya.

the future belongs to those who believe in the beauty of their dreams, masa depan adalah milik mereka yang percaya kepada keindahan mimpi-mimpinya” (agustinus jojo raharjo). Mimpi Superliga begitu indah, benarkah seindah kenyataanya sebagaimana kita sebagai pecinta sepakbola nasional berharap perbaikan prestasi sepakbola negeri ini?

Selamat untuk Sriwijaya FC dan PSMS Medan.
Kita sambut kedatangan coach Bambang Nurdiansyah.
Kita songsong Arema 2008!!

Salam Satu Jiwa!

*) sumber berita & foto : milis & jawapos.com

30 pemikiran pada “Liga Indonesia Dari Masa ke Masa

  1. Arema the champion of the 1st indonesian superleague 2008 insya allah. One love, one heart arema and aremania. Lets get together and our dream will be come true

  2. Selamat Kepada TIM Sriwijaya FC yang tampil sebagai KAMPIUN !!!!!!!,
    BLI ( Banyolan Lawak Indonesia ) & PSSI buat aja Sepak Bola GALATAWA, beginilah kalau wasit berlatar belakang dari Pemain Bola yang Tidak Jadi ! dan,……… pengurus Lembaga adalah orang2 yang pura2 cinta sepak bola. MAsak Main Bola gak ada PENONTONNYA,…. ????!!!! enggak Mbois Blassssss

  3. Semoga LIGA super yg di koar2kan PSSI tidak
    SUPER SANKSInya
    SUPER DENDAnya
    SUPER KONTROVERSInya
    SUPER KORUPnya
    SUPER DAGELANnya
    ….nawak2 terusno dewe.

  4. selama nurdin ,nugraha besos ,andi darusalam ,dan para antek 2 nurdin tidak di guling kan sepak bola indonesia tidak akan pernah maju , ingat dead line fifa terhadap pssi adalah akhir february , setelah itu ……

    revolusi revolusii revolusi pssi

  5. Superliga taun depan memang terkesan indah dan bakal memecahkan semua masalah atw kontrofesi yang biasanya terjadi di ranah kita. Ayas sndiri yakin Superliga memang keputusan yang tepat.
    Tapi….keputusan itu belum melihat ke belakang, kepada anak2 PSSI, yang sebagian besar belum bisa memenuhi kriteria syarat Superliga. Ini yang saat ini menjadi tugas berat….yang menurut ayas kurang tepat; adanya wacana bakal mengganti klub yang gak bisa menuhin syarat superliga dengan klub di luar posisi superliga yang udah menuhin syarat superliga.sungguh tidak menghargai prestasi klub. knp gak dbatalkan saja smua hasil kompetisi dan musim depan dibuat kompetisi khusus tim2 yang udah ‘perfect’…
    Yah semoga saja….kesuksesan dan kesportifan sepakbola indonesia bisa terbentuk melalui superliga ini.
    viva AREMA

  6. Terlepas dari kinerja PSSI yang selalu disoroti, final Liga Indonesia semalam pantas diberi apresiasi tinggi. Salut buat wong kito! Pantas memang tahun ini Sriwijaya mendapat julukan raja baru persepakbolaan Indonesia, seluruh insan sepakbola harus mengakui.. Horas PSMS! Selanjutnya AREMA!

    Bolehlah kita mencari kambing hitam kegagalan Arema tahun ini, tapi bagaimanapun juga bola adalah bundar, apapun bisa terjadi didalamnya.

    Liga Super sudah menunggu, Satukan Tekad, Salam Satu Jiwa!!

    Liga Super sudah menunggu, Satukan Tekad, Salam Satu Jiwa!!

  7. Salut untuk Sriwijaya! Horas PSMS!
    Liga Super sudah menunggu AREMA, Satukan Tekad, Salam Satu Jiwa!!

  8. Arema ala sam bambang iki yokopo ker, kepingin itreng ayas. Lek jare ayas pemaine masio gak laham2 tp sing ciamik niame, trus lek sampek kanyab ngalame yo sip nurut ayas, dadi semangat mbelo arema yo temenan. Karo fisike sing kipa2 lek osi soale kan kompetisine kanyab,liga ,copa karo champion. Lek licek2 di sendheli wong korea karo jepang robah rubuh ae ker hehehe. .

  9. ih keliatan yah diatas….
    klo PERSEBAYA lebih banyak berada di putaran FINAL

    insya ALLAH tahun depan…..
    PERSEBAYA yang jadi pemuncak SUPERLIGA……

    ayoooooooooo
    ayoooooooooo PERSEBAYA
    tahun ini kita harus masuk (SUPERLIGA)
    (hehehehe…….. lebih pantes iki cak…….)

    ijo….. ijo….. ijo…….
    oke……..

  10. Wah Sam Thenk iki memang lucu yo…lha wong Persebonek ora mlebu zona Superliga lha kok pengen dadi juara Superliga tahun ngarep.Wakakakak……
    Instropeksi diri dulu Sam sekarang ini posisi persebonek itu dimana !!! zona degradasi ae kok Mau jadi Juara Superliga…. habitat ente di divisi utama sam

  11. Saran aja buat coach BN kalo baca, tolong dong shoting jarak jauh pemain dilatih lebih keras. Masa pemain dgn kontrak ratusan juta rupiah tp tendangan jarang shot on target. Saya lihat arema tahun kemaren baru pato sm mbamba yg lumayan long shotnya,itupun pemain asing. Saya yakin sam BN mampu memoles pemain dan meracik strategi lebih baik dari pelatih sebelumnya. Kami mengkritik demi kemajuan arema jg,ok

  12. Thenk……..tangi he, yamene sek nglindur ae…..!!!!!!
    Taun ngarep ae sek rung tentu ublem superliga kok saiki wes koar2 !!!!
    Oalah…..kenob2……mbok yo ngoco sek tala !!!!

  13. Assalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

    Bener yang dikatakan cak thenk_Bonek, Persebaya pada dasarnya oks punya. Data sudah disampaikan. Selamat berjuang Persebaya, ayas secara pribadi berdoa moga-moga Pesebaya bisa kusam Super Liga tahun berikutnya, ya kalau beruntung, tahun ini juga bisa kusam melihat kemungkinan peserta Super Liga tahun ini sepertinya kurang.

    Untuk nawak-nawak, mbok ya cak ojok ngilok-ngilokno cak thenk_Bonek, keadaannya beliau memang demikian, harap dimaklumi. Toh beliau juga berjasa meningkatkan hit point blog ini.

    Jakarta terapung…
    Oke…

    Wassalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

  14. postingan “Menunggu Komposisi Pemain Arema Era Banur” kok ilang? dihapus tah? mau isuk ayas tail masih ada

  15. hahahaha thenk bonek…..mending komentar yg ky gini dah daripada komentarnya avoez yg berbau politik en jelek2-in pemimpin bangsa di postignan sebelumnya…

    tenang aja thenk bonek…kita tunggu di SUPER LIGA 2009….

    tapi kayanya tahun ini juga bisa masuk….kan gak musti dari 16 besar?….yg penting 5 aspek yg disyaratkan PSSI….

    Btw hari ini ada berita PSSI menurunkan syarat dan kriteria superliga terutama dari aspek infrastruktur……

    bukti inkonsistensi pssi lagi…..ga takut ditegur AFC en FIFA tuh…?

  16. Assalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

    Oyi ker, Persebaya pada dasarnya memang tim kipa, seperti yang disampein cak thenk_Bonek. Moga-moga iso ublem Super Liga II, meskipun ada kemungkinan tahun ini iso ublem, tapi kaya`e yo rodo` angel lek ndelok kemelute.

    Cak thenk_Bonek seng sregep yo mlebu nang blog iki, tetep kasih kritikan seng puwedes yo… rujak ga pedes kadit kane cak.

    Wassalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

  17. Sriwijaya juara selamat. Arema hanya sangat tidak beruntung aja kali ini, tidak beruntung atau sengaja dibuat tidak beruntung?? wallahu alam.

    iri melihat sriwijaya mendapat piala, tapi jujur saja ayas agak tertawa geli, waktu bos dj***** beri piala ke sriwijaya, kenapa geli? piye seandainya yang juara arema, trus piala di kasih oleh bos dj**** ke tim arema (milik B****).

    HARUSKAH BISNIS MERUSAK NILAI-NILAI FAIR PLAY!!!

    TA KITA MAKLUMI, ITULAH POTRET LIGA KEMARIN. sEPERTI POLITIK: PENUH INTRIK, SIKUT-SIKUTAN, DAN TANPA MALU-MALU DIMUKA UMUM BERDHOLIM RIA.

  18. hihihi ga bisa bayangin liga djarum yang menang bentoel pasti tambah kebakaran jenggot hehehehe

    kalo seandainya arema lolos ke grand finnal mungkin finalnya dibatalkan hahahaha

  19. ketok yo rekk nek PERSEBAYA iku tarah apek tenan !!!
    juara liga indonesia 2 kali mbuktekno arek2 green force bermental juara………………

    yo opo klubmu iku cak ! hanya bisa juara copa indonesia 2 kali (yang notabene kempetisi kelas 2 / kempetisi sampingan)

    DILIAT DARI SISI MANAPUN PERSEBAYA MMASIH TETAP UNGGUL JAUH……………….. adoh banget rekk !!!

  20. PERSEBAYA iku pancen APIK….tp ndek DIVISI 1.
    PERSEBAYA …..mental JUARA
    BONEKMANIA…..mental Bajingan.

    Tapi aku yo GAK NGURUS !!!!!!!!

  21. Kasian deh lo yang dah kalah hahahahaha……………..
    Dah terima aja kekalahan, makanya jgn pada berantem aja, jgn pada rusuh aja hahahaha……………..

    “DILIAT DARI SISI MANAPUN PERSEBAYA MMASIH TETAP UNGGUL JAUH……………….. adoh banget rekk !!!”

    Lucu gw bacanya…., dimana-mana hasil akhir yang dilihat, percuma maen bagus klo gak bisa menang hahaha…………….

  22. “DILIAT DARI SISI MANAPUN PERSEBAYA MMASIH TETAP UNGGUL JAUH……………….. adoh banget rekk !!!”

    Betul Unggul Menuju Divisi Utama…….Jelas Adoh wong Divisi Utama sama Super Liga gak ada Apa-apanya.
    Susah ngomong sama orang BEDA KASTA (kastane wong GOBLOG) Ha ha ha ha ha

  23. Ping balik: Tweets that mention Liga Indonesia Dari Masa ke Masa « Blog Ongisnade -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s