Final Tanpa Penonton, Hanya di (Liga) Indonesia


Liga Yang Aneh….
Ya, itulah ungkapan yang bisa dikatakan banyak orang, setelah sempat terkatung-katung karena belum ada kepastian, kapan final Liga Indonesia 2007 akan digelar, kini BLI mengeluarkan keputusan yang sangat tidak masuk akal, menggelar pertandingan final tanpa penonton..???

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Direktur Eksekutif BLI, Andi Darussalam Tabussala, “Pertandingan itu nantinya tertutup tanpa penonton, yang datang hanya perwakilan PSSI, kedua klub, pihak keamanan dan sponsor.”

Pertandingan sekelas FINAL bisa digelar TANPA PENONTON, tidak bisa digambarkan bagaimana perasaan para supporter dari kedua kubu, seperti para pendukung Sriwijaya FC yang sampai saat ini masih menetap di sekretariat Jakmania di Lebak Bulus, bahkan sebagian lagi sudah berangkat ke Bandung untuk dapat menyaksikan langsung.

Suporter PSMS Medan

Sementara para pendukung PSMS yang siang ini akan datang dari Medan langsung, dan janjian di terminal Lebak Bulus dengan rekannya yang sudah ada di Jakarta, (dilansir dari http://profiles.friendster.com/12934371 Herna Pardede) mereka juga harus gigit jari akibat keputusan BLI ini, tapi mereka akan tetap berangkat.

Masih ingat dengan “7 Keajaiban Sepakbola Indonesia” pada poin ke-3 ‘Kompetisi Tanpa Konsistensi’. Ya inilah bentuk liga di Indonesia, sampai kapanpun format kompetisi akan terus mengalami perubahan, tidak ada format yang baku, tidak ada degradasi, juara tanpa prestise (tidak bisa ke LCA) dsb.

Mungkin harus dilakukan pembenahan untuk menciptakan kompetisi yang lebih sehat dan sportif, saatnya REFORMASI dan REVOLUSI PSSI…..

Katanya Bola Kita Rusuh… Katanya Bola Nggak Bermutu…
Apapun Yang Terjadi, Kami Tetap Janji…
Mendukung Bola Negeri Ini…

Politik Berkelahi, Saling Caci Maki…
Bagi Kami, FOOTBALL FOR UNITY

*) dikirim oleh oranjeSejati, foto diambil dari sini & sini

26 pemikiran pada “Final Tanpa Penonton, Hanya di (Liga) Indonesia

  1. Ancen PSSI saiki wes ga duwe wibowo, Kapok ga oleh nyelenggarakno final dek ndi2….. Kuwalat Aremania…..

  2. sakjane final bola opo catur iki hehe. . pssi,menpora karo keamanan isine komentar dewe2 gak onok sing gentelmen wani tanggungjawab. dadi partai final mestine meriah malah keweden dewe. . hehe mboh moral opo kemampuane sing gak layak gak itreng ayas.ngatur bal2an ngono ae kok gak entos

  3. kalau “hanya” pertandingan tanpa penonton, knpa harus jauh2 ke Kab.Bandung? di Senayan pun (bahkan Lebak Bulus atau Muara Kamal) kalau TANPA PENONTON mgkn tidak masalah…

    menggelar sebuah even FINAL tanpa penonton adalah blunder bagi PSSI (terlepas dari alasan keamanan yg tentunya jauh-jauh hari harus sudah diantisipasi oleh BLI), sponsor akan merugi, demikian pula dgn penonton

    standar keamanan bagi penonton di kompetisi kita memang masih jauh dari kata baik. aparat keamanan belum punya standar baku sebagai patokan pengamanan suporter…. suporter bukan 1 atau 2 orang, tapi ribuan, kejadian di kediri saya anggap sebagai sebuah pelajaran berharga bagi PSSI, BLI, dan Aparat keamanan, tapi nyatanya tragedi kembali terulang di Senayan

    sikap paranoid BLI dan aparat keamanan terkesan sangat berlebihan. saya yakin warga Soreang atau Kab. bandung pun ingin melihat secara langsung aksi dua tim terbaik liga indonesia di stadion kebanggaan mereka

    potensi kerusuhan dimanapun bisa terjadi, tanpa penonton mungkin salah satu jalan keluar, tapi mungkin bukan yg terbaik, terlebih kita sedang menyongsong superliga. menghadapi masalah dan memecahkannya akan lebih bijak daripada menghindari masalah

    simpati saya untuk seluruh rekan2 Kampak FC dan Singamania yg telah pontang-panting tanpa kejelasan akibat keputusan2 aneh dari BLI ini

    dimanapun di dunia ini, sebuah pertandingan final adalah event yg paling ditunggu. sayang, PSSI & BLI sendiri yg akhirnya membuat episode final kali ini terasa aneh, anomail, seaneh LIGA ini sendiri yg mempertahankan sistem “final”

  4. coba lek sistem me kompetisi penuh

    ora setengah kompetisi ngene

    dadi ra enek final2 lan..

    tapi salut aq karo NH, mosok isuk enek berita jare kapolres bandung tidak mengijinkan partai final, proses ijin minimal satu minggu,

    eh awan titik enek berita wes entuk ijin

    jan sekti seng jenenge NH wakaka FIFA, Menpora, Kapolres dilibas.. hihihi..

  5. onok sing strategis ker. finale ndik dili timtim ae dadi sing tahil cek ngurus paspor sek xaxaxa. . .

  6. wes sak karep karepe PSSI cek ligane ndang mari pancen Rai gedek kabeh kok…

    sam zoel saran gpp khan?

    1. sekali2 mengulas berita tentang dana club arema selama berdiri. atau sejak mengikuti even LIGINA I sampai XIII ini berjalan. setiap tahunnya itu mengucurkan dana brp? koyo sponsor dari PUMA itu dapat brp?
    2. berita para pejuang AREMANIA yang mengajukan banding hukuman AREMANIA bagaimana kelanjutannya? sebelum hilang ditelan bumi. (tolong sering2 dimuat sam)

  7. WAKAKAKAK……
    PSSI KUALAT AREMANIA…….
    KEPUTUSAN YANG ANEH DAN MENGGELIKAN KALA MENYELENGGARAKAN BABAK FINAL KOMPETISI TANPA PENONTON…….LAK KOYOK NONTON WAYANG REK !!!!!

    SATU KATA BUAT PSSI….r…e…v…o..l..u..s..i

  8. @ fatto :
    sak eling ayas semua “liga” di dunia iki sisteme yo kompetisi penuh, kecuali MLS, cuma bedo aturan ae, misal : Liga Skotlandia tiap tim dlm satu musim bertemu 4 X plus setengah putaran kompetisi, Liga Argentina ada yg namanya “apertura” dan “clausura”, Liga Jepang tidak mengenal hasil seri, tapi ada adu penalti (1 poin), dll… mgkn PSSI/BLI perlu studi banding yo? tapi ngko duwite njaluk Arema disik, tekan skorsing2, hahaha….

    @ koala :
    reneb sam, isune ancen ngono, sudah jamak tiap pelatih baru membawa pemain2 yg telah dia kenal, BN kan mantan pelatih timnas U23, besar kemungkinan pemain2 yg diincar BN adalah mantan anak asuhnya di timnas U23, salah satunya (mgkn) ya eka ramdhani iku, tapi opo dilepas yo karo klub-e?

    @ kera siob :
    wah gak kadohen ta sam? osi2 ae umak iki, hahaha…. :D

    @ zipeno :
    oyi, nuwus untuk masukan & sarannya
    1. lek mulai Ligina I berarti butuh data yg akurat, mgkn perlu sedikit waktu, atau mgkn sam zipeno duwe data lengkap/artikel ttg hal tsb? bisa dikirim & diulas di sini sam, monggo…
    2. dr info Sam Tembel dkk di Korwil Stasiun, pasca banding wingi arek2 msh cooling down sambil mempelajari langkah selanjutnya, kemungkinan besar masih akan tetap menempuh jalur hukum, tapi upaya demo jg sedang dibahas, tunggu info selanjutnya pasti dibahas di sini

    @ ronnie_nade :
    ayas yo heran kok iso2ne FINAL olahraga NASIONAL tapi ipes/tanpa penonton, jarene kate nggawe Sepakbola Industri & menuju visi 2010?

  9. LUCUUU !!!! :D …. sak elek2 e galadesa ae onok penonton e …

    lha iki Final hare… :D .. Ligo profesional pisan … … ngguilani poLL ….

    … iki lek di delok wong luar lak uiiisis2 i .. :D ….

  10. ya bener kata presiden kita dulu Gus Dur … Geto aja kok repot, tau geto aku usul ke pssi biar final liga indonesia di lapangan kampung ku aja di Utab biar aman gak ada pendukung dari psms dan sriwijaya Fc…hehehehehehe…….

  11. yang di revolusi jgn cuma PSSI dong, club-club yg sering rusuh juga perlu tuh di revolusi, klo perlu bikin perjanjian, supporter yg rusuh ditangkep n trus di asingkan ke pulau2x di Indonesia hahahaha…., berani gak lo. Nah tuntutan club spya lebih profesinal ke PSSI, klo bos2x PSSI ngaco, tangkep trus asing kan juga ke pulau2x, berani gak tuh, wong yg salah disini bukan cuma PSSI ko, tapi supporter2x yg rusuh juga jadi biang penyakit ligina hahahah.

    Gaya lo pada minta revolusi kyk udah bener aja, daripada revolusi mending benerin yg salah2x, bersatu,,, tindak orang2x atasan yg ngawur. Yg namanya revolusi ujung2x pasti ada pertikaian, biasanya dari internal. lo mau arema kebelah dua sesudah revolusi,.

    GUSDUR aja didengerin, dia kan orang sakit, gak pantes jadi presiden, malu-maluin negara. bicaranya aja ngaco ceplas-ceplos. Namanya presiden mah gak kyk gitu kaleee…..

  12. @Fatto
    ho oh i, lapangane mak nyusss…
    bale mak tlenyer…
    lak jareku ae sik apikan lapangan iku tiwas nggone senayan…

    bdw i pi’i, soak ayas sing aremania cuber ndi?
    wingi ayas ketemu Lontep nang sekul wes nggawe soak iku..lha pesenan ayas ndi? ayas wingi nang Ngalam…hiks..

    wes ah kok OOT, piye ya….
    yo aneh juga sih..
    lucu tur..piye ya..
    mbuh ah…
    jane wingi pas ngalungke medali si besus karo andi di sniper wae…tebal tebal koen…

    salam satu jiwa
    klo buan kita yang mulai, lalu SIAPA LAGI?

  13. memang asem tuh BLI, itu aja ga tegas.
    Kami merasa dirugikan, karena terkena getah yang tidak kami buat…
    sudah jauh2 datang, malah g boleh nonton langsung, mending nonton dirumah…
    dasar asem…

    SFC1

  14. @avoez :
    dari kata-kata anda bisa diliat kalo sebenernya anda tuh antipati n gak seneng sama Liga Indonesia. Sori bos, kondisi sepakbola Indonesia itu gak bakal maju kalo masih ada orang2 seperti anda, setiap ada gerakan yg pengen untuk maju, dicibir, dihujat, dan saya yakin kalo suatu saat nanti sepakbola Indonesia udah maju, anda pasti akan menjilat lidah anda sendiri. Dan baca ini ya boss, AREMA gak bakal terbelah jadi dua…dari dulu sampe sekarang dan selamanya (insyaAllah) AREMA akan tetep satu, cuma ada 1 AREMA. Lagian yg di revolusi kan PSSI, trus apa ada hubungannya sama AREMA ??

    cabe dehhh….

  15. SEPAKBOLA DAGELAN…PARTAI “HUMOR”…BAL2AN NDESO…SING MIMPIN NAPI…ANAK BUAH MAFIA BOLA…SEMUA ITU HANYA ADA DI SEPAKBOLA INDONESIA….AREMA SAMPAI MATI!!!!

  16. @ avoez :
    maaf mas, yg rusuh bukan klub-nya, tapi suporter
    suporter yg rusuh ditangkap & diasingkan? ide anda boleh juga, kenapa tidak berani? tapi siapa yg mampu mengkoordinir puluhan ribu suporter? bahkan kita bisa lihat sendiri bagaimana aparat ibu kota tidak mampu mencegah segelintir orang mengeroyok seorang jakmania hingga tewas

    mengutip kata2 bang ucup, tahukan anda bahwa masalah suporter adalah masalah sosial? berhentilah meniru menegpora kita yg hanya bisa emosi sesaat tanpa melihat akar permasalahannya

    kalau suporter rusuh mata anda terbuka, bagaimana dengan konflik perebutan lahan? pilkada yg selalu rusuh? penggusuran? dan masalah sosial lain? apakah anda bisa angkat bicara juga?
    tidak semua kelompok suporter berpotensi rusuh. Jakmania dengan Aremania bisa bergandengan tangan, demikian pula antara Bonek dengan Viking

    Kalo gaya kami pada bener semua, karena memang kami telah melakukan hal yang benar menurut kaca mata kami, suporter
    Lalu, bagaimana dengan gaya anda sendiri?
    Hanya berkomentar di blog tanpa aksi nyata?
    Apakah anda berada di dekat mendiang almrhm. Jakmania saat dikeroyok?
    Apakah anda berada di Stadion Brawijaya Kediri tgl 16 Januari?
    Apakah anda berada di bus Aremainia yg dihancurkan oknum suporter Persik?
    terakhir, apakah Anda berada di luar Stadion Jalak Harupat saat Suporter PSMS MEdan, Sriwijaya, dan oknum Persib Bandung saling lempar?
    potensi kerusuhan bisa saja terjadi di mana saja & kapan saja
    berhentilah menjadi seorang pengamat sepakbola, jadilah suporter, bukan sekedar penonton, karena di sini kita bicara dalam konteks suporter

    arema terbelah dua?
    hehehe… anda tidak tahu apa-apa ttg Arema & Aremania, bahkan ke Kanjuruhan pun mgkn anda belum pernah, baca lagi artikel “FOOTBALL IS OUR RELIGION” di blog ini
    Aremania bukan sebuah organisasi, Aremania adalah sebuah jiwa, satu jiwa, jadi (insyaAllah) tidak mungkin terpecah belah

    terakhir, mohon jangan bicara politik di blog ini

  17. waduh mantep sam OngisNade….
    pokoke pantang mundur wes….
    klo demi kemajuan sepakbola Indonesia..
    AREMA PANTANG MUNDUR…

    sak ngertiku AREMA AREMANIA wes terbiasa prihatin lan tirakat…
    masio ojir pas pasan direwangi poso cuman gawe tuku tiket ndelok bal balan, timbang mlebu gak nggowo tiket. Dilarani ngalor ngidul sik tetep terimo lan gak ono mandeke memperjuangkan kemajuan sepakbola Indonesia.

    wes talah gak usah ngilokno wongliyo…
    kita mulai dari diri kita sendiri masing masing….
    sudahkah anda melakukan hal hal seperti yang anda hujatkan?
    ya paling tidak, diam itu lebih baik dari pada NATO :D
    hehehe….

    oyi ker?
    klo bukan kita yang mulai, lalu siapa lagi?

  18. @avoez
    “GUSDUR aja didengerin, dia kan orang sakit, gak pantes jadi presiden, malu-maluin negara. bicaranya aja ngaco ceplas-ceplos. Namanya presiden mah gak kyk gitu kaleee…..”

    hahaaha situ bisa gak jadi presiden?Gus Dur jadi presiden berkat dukungan simpatisan massa dari NU,bung…

    Situ punya bekingan massa ga?hahaha bisa didengar sama preman saja udah syukur deh…..

    Mending situ yg dibuang ke pulau2 asing ky Nusa Kambangan….negara ini gak butuh orang skeptis bung…

    hahaa maaf jadi emosi gini, ini namanya hukum sebab-akibat bung…situ yg mulai, situ yg menerima hasilnya…

  19. Assalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

    Sam Onod32, mosok sek avoes perlu dibuak nang Nusa Kambangan? Brarti lak memenuhi syarat untuk menjadi ketum PSSI? Wah… tambah seru kiy. Semakin mempercepat guliran Revolusi PSSI!

    Arema….
    Arema…
    Kita disini Arema…

    Wassalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

  20. tapi kali ini sepertinya sam avoez meskipun tetep ngawor, rodok nayamul kipa lho idene

    … cuma nambahin

  21. MUNG PINGIN NGRAMPUNGKE LIGA TOK. BEN DIKENANG SEBAGAI LIGA YANG ADA FINALNYA TAPI GA DA PENONTON.

    CITA-CITA YANG BEGITU “AGUNG”

  22. hehe, itulah liga indonesia musim ini mas… tahun depan kudu lebih baik…. salam 1 jiwa nawak-nawak aremania!

    Sam zoel, nderek promo yo.. buat nawak-nawak silahkan mampir di http://lapantuju.wordpress.com

    partisipasine nawak-nawak ayas tunggu.. nuwus sam zoel (ongisnade.net).. malas utas awij!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s