Mana Tindakanmu, PSSI dan BLI?


Liga Djarum IndonesiaGajah di pelupuk mata tak terlihat, kuman di seberang pulau malah terlihat jelas. Peribahasa tersebut benar-benar pantas disematkan kepada PSSI dan BLI. Masih ingat bagaimana ketika Aremania terlibat aksi kerusuhan di Kediri 16 Januari lalu dalam hitungan jam PSSI dan BLI melalui Komdis langsung mengetuk palu hukuman 3 tahun!! Tetapi pada pagelaran semifinal kemarin ketika kerusuhan juga terjadi antara Jakmania dan pendukung Persipura hingga menewaskan seorang Jakmania, hingga saat ini PSSI dan BLI terkesan “tutup mata” dan berusaha “cuci tangan”.

Seperti diberitakan okezone.com:

Kekalahan tim Persija atas Sriwijaya FC dengan skor 1-0 mengakibatkan kerusuhan dan pengeroyokan terhadap pengemudi Kopaja. Selain itu, satu orang dilaporkan meninggal dengan kondisi sekujur tubuh memar dan mengeluarkan darah.

Menurut informasi yang diterima okezone dari Traffic Management Center (TMC), Polda Metro Jaya, Kamis (7/2/2008), akibat dari kerusuhan dan pengeroyokan tersebut ditemukan dua korban, satu menderita luka parah dan satu lagi meninggal.

Korban luka yang diketahui bernama Sutoto (44), dengan alamat Jalan H Tholib RT 02/010, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sutoto adalah sopir Kopaja yang menderita luka di bagian wajah, leher, tangan, dan kaki.

Sementara korban yang meninggal dunia belum diketahui identitasnya. Sebab, saat korban dievakuasi tidak ditemukan identitasnya. Saat ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dengan luka di pipi kiri dan kening kanan. Selanjutnya, korban langsung dibawa ke RSCM untuk dilakukan otopsi.

Sementara itu dari media cetak regional jawapos.com:

Bola Berdarah, Satu Tewas
Kerusuhan suporter saat semifinal Liga Djarum Indonesia XIII memakan korban. Seorang suporter yang memakai kaus Persija Jakarta ditemukan tewas di depan pintu 11 Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin.

Korban diperkirakan berusia 21 tahun dengan tinggi badan 169 cm. Pria malang itu mengenakan kaus kebesaran Persija warna oranye dan bercelana kargo warna krem dengan sepatu kets putih berkaus kaki hitam. Tak ada identitas yang ditemukan dari tubuhnya. ria itu adalah korban amukan Persipuramania di luar stadion.

Jatuhnya korban itu dipicu dari amuk pendukung Persipura yang terprovokasi ejekan The Jak-pendukung Persija Jakarta. Peristiwa itu terjadi di akhir pertandingan Persipura Jayapura melawan PSMS Medan di semifinal pertama. The Jack memprovokasi kubu Persipuramania-pendukung Persipura. Mereka tampak mengejek kegagalan Persipura menembus babak final. Tampaknya, itu dilakukan sebagai balasan kekalahan Persija ketika melawan Persipura di babak semifinal Copa Indonesia III.

The Jak yang berada di tribun paling atas pada sektor 21, 22 dan 23 mulai melemparkan botol minuman dan benda-benda lain ke tribun bawahnya yang ditempati Persipuramania. Beberapa wartawan yang mendapat tempat di sektor 22 tidak luput terkena timpukan itu.

Tidak hanya itu, The Jak juga beraksi membakar tribun atas sektor 7 dan 15 usai pertandingan Persija melawan Sriwijaya FC. Mereka tidak terima dengan kekalahan Persija dari Sriwijaya 0-1. Sebelum membakar mereka juga banyak menyalakan petasan yang lolos dari sweeping petugas.

Mereka tampaknya kesal usai diejek The Jak setelah kalah adu penalti dari PSMS. Selain itu, Persipuramania juga merusak metromini yang mengangkut pendukung Persija, mobil, dan kamera salah satu televisi swasta, serta belasan motor.

Seperti halnya kasus di Kediri, kali ini PSSI tidak mengeksposnya di official website mereka, yang diberitakan adalah yang manis-manis, padahal kejadian kerusuhan hingga tewasnya seorang Jakmania tersebut berada di dekat kantor PSSI di kawasan Senayan. Media portal detiksport.com telah nyata-nyata memberitakan sbb :

Pendukung Persija Ditemukan Tewas
Seorang pendukung Persija ditemukan tewas di depan pintu 11, Komplek Stadion Gelora Bung Karno, menyusul aksi kekerasan pasca pertandingan Persipura Jayapura kontra PSMS Medan.

Korban diperkirakan berusia 21 tahun dengan tinggi badan 169 cm. Pria malang ini mengenakan kaus hitam bertuliskan “Persija Pahlawanku” berwarna oranye, celana kargo warna krem dengan sepatu kets putih berkaus kaki hitam. Tak ada identitas yang ditemukan dari tubuhnya.

Setelah ditemukan, korban tersebut langsung dilarikan ke UGD RS TNI AL Mintoharjo untuk proses identifikasi awal. Sekitar pukul 20.45 WIB, dibawa menuju ke RSCM untuk proses otopsi.

Menurut pantauan detiksport, kondisi korban sangat mengenaskan dengan luka pukul di tengkuk. Luka itu mengeluarkan darah yg cukup banyak dan membasahi rambut hitam pendeknya. Posisi tangan kanan korban terlihat memegangi kepalanya, sementara tangan kirinya patah.

Selain mengalami aksi kekerasan, kalung korban pun hilang. Hal itu terbukti dengan adanya tanda bekas kalung di lehernya.

Ketika ditemukan aparat kepolisian sekitar pukul 20.15 WIB, Rabu (6/2/2008) malam, tak ada kawan maupun orang yang bersamanya. Juga tak ada yang menemani korban saat dibawa menggunakan ambulans.

Seperti diberitakan sebelumnya ratusan pendukung Persipura rusuh di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno usai kalah dari PSMS Medan. Mereka kesal usai diejek Jakmania, pendukung Persija Jakarta.

Tapi ya kembali ke peribahasa di atas tadi, PSSI dan BLI seolah-olah menutup mata dan terkesan cuci-tangan terkait masalah ini :

Terkait tewasnya seorang pendukung Persija Jakarta, BLI masih akan mengkonfirmasi hal itu dengan kepolisian. BLI menyebut kalau tanggung jawab utama mereka adalah keamanan di dalam stadion.

Dibanding saat digelarnya Babak Delapan Besar lalu, laga semifinal di Stadion Utama Senayan memang terhitung lebih tertib karena tak ada kerusuhan dengan skala besar terjadi. Sayangnya babak empat besar ini justru meminta biaya yang lebih besar dengan hilangnya nyawa seorang pendukung Persija Jakarta yang ditemukan tewas di depan pintu 11.

“Saya sudah dengar soal itu (fans tewas), tim kita sedang follow up. Secara personal kita simpatik, tapi yang dilindungi adalah yang pegang tiket masuk (ke dalam stadion). Di luar itu bukan tanggung jawab kami. Adalah hak pemegang tiket mendapat perlindungan,” ungkap Manajer Kompetisi Badan Liga Indonesia, Djoko Driyono saat dihubungi detiksport, Rabu (6/2/2008).

Dilanjutkan Djoko, BLI sebagai penyelenggara memang lebih memfokuskan upaya keamanan di dalam stadion. Sementara untuk kondisi di luar stadion itu disebutnya tidak berada dalam konteks penyelenggaraan pertandingan.

“Prioritas kita adalah perandingan, aset pertandingan dan sekitar stadion. (Insiden di luar stadion) itu tidak dalam konteks penyelenggaraan pertandingan. Tapi bukannya kami tidak perduli dengan hal itu, 2.500 personil keamanan kami siapkan untuk pertandingan semifinal.”

“Apa yang terjadi di luar stadion itu menuntut semua orang yang berada di sana untuk menjaga diri. Tak mungkin membuat keamanan hingga keluar ring satu stadion. Kalau terjadi di luar stadion, di tengah kota misalnya, itu bukan urusan kita. Meski mereka menggunakan atribut sepakbola,” pungkas Djoko.

Yang lebih mengherankan, menyedihkan, menyakitkan, dan memprihatinkan, BLI malah memuji dirinya dengan bangganya mengatakan perhelatan semifinal kemarin sukses.

BLI Puas Gelaran Semifinal
Babak semifinal Liga Indonesia kembali diwarnai kerusuhan yang berbuntut tewasnya seorang suporter Persija Jakarta. Meski demikian BLI mengaku puas dengan gelaran babak empat besar.

Adalah tidak terjadinya kerusuhan besar seperti yabg terjadi di Kediri pada Babak Delapan Besar dan Copa Indonesia yang jadi patokan Badan Liga Indonesia mengevaluasi gelaran Semifinal. Meski masih ada kerusuhan yang berbuntut tewasnya seorang fans Persija Jakarta, secara keseluruhan BLI cukup puas.

“Dari aspek penyelenggaraan di semifinal jika dibanding Copa (Indonesia), kami cukup puas. Tak seperti di babak delapan besar juga karena tak ada kerusuhan di dalam stadion,” ungkap Manajer Badan Liga Indonesia, Djoko Driyono, saat dihubungi detiksport, Rabu (6/2/2008).

“Lihat sendiri di dalam stadion tak ada kerusuhan terjadi. The Jak meskipun kalah juga tak membuat kerusuhan di luar stadion,” sambung Djoko.

Disinggung antisipasi untuk laga final yang akan digelar Sabtu (9/2/2008) mendatang, Djoko menegaskan kalau pihak tetap akan menerapkan standar keamanan yang sama dengan partai semifinal. Meski diakui Djoko potensi kerusuhan dari dua tim yang bertanding di final terhitung kecil, jumlah 2.500 personil keamanan yang diturunkan hari ini akan kembali disiagakan.

“Kami tidak akan menurunkan kualitas keamanan. Jumlah personil keamanan yang sama akan kami siapkan untuk pertandingan final nanti,” pungkas Djoko.

Terkait hal tersebut, ada salah satu komentar seperti berikut:

BLI Bangsat!!, lo2 pada yg ngerasa punya keluarga pengurus BLI, liat tuh moral keluarga lo… LIAT TUH!!! ada kasus kayak gini malah KABUR!! ga bertanggung jawab… siapa yg menyelenggarakan pertandingan? langsung maupun tdk langsung, pertandingan yg diselenggarakan BLI akan mengundang suporter tim untuk datang kan…. segala aspek yg terkait dengan pertandingan dan suporter akan jadi tanggung jawab BLI. kalo kejadiannya di dalam stadion, BLI akan bilang: BLI cuma bertanggung jawab di kursi VIP…!!! BLI guoblog!!! di Italia, kerusuhan ada di luar stadion aja, klub dan federasi sepakbolanya langsung merasa sebagai pihak yg bertanggung jawab. BLI???? CUIHHHHhhhh… PSSI???? Cuuuuuuiihhhhhhh…!!!!!!!!! org no.1 PSSI???? cuuuuuuuuuuuuiiiiiiiiihhhhhhh. ….!!!!!!!

Benar, ketika kasus tewasnya salah satu fans Lazio beberapa waktu lalu di kompetisi terbaik dunia Liga Italia, kompetisi langsung dihentikan. Seluruh klub dan federasi sepakbola Italia berkabung dan menyelidikinya hingga tuntas. Bahkan seorang Michel Platini ketua UEFA hingga Sepp Blater presiden FIFA angkat bicara. Terlihat jelas di sana sepakbola tidak bisa mengalahkan sisi kemanusiaan. Di kompetisi negara ini? Semua diam!! Beranikan PSSI menghentikan kompetisi dan meniadakan pertandingan final? Jelas tidak mungkin, sponsor pasti mencak-mencak, buntutnya PSSI ga dapat duit, hahaha…. memang PSSI sangat lihai kalau sudah berurusan dengan duit.

Tekait hal ini Aremania tidak bermaksud mencari-cari kesamaan atas kesalahan dari tim atau suporter lain. Aremania tidak meminta hukuman untuk Aremania dihapuskan, tapi Aremania hanya meminta sebuah keadilan. Beranikah PSSI dan BLI berbuat adil atas peristiwa kerusuhan di semifinal kemarin? Kapan lagi suporter negri ini kembali menyerukan Revolusi PSSI? Yang jelas, nyawa yang melayang tidak akan pernah bisa dikembalikan, karena dia telah kembali ke Yang Maha Kuasa. Ingatlah PSSI dan BLI suatu saat kalian juga akan kambali kepadaNya.

JALAYALAH SEPAKBOLA INDONESIA
Salam Satu Jiwa

*) ditulis & dirangkum oleh kontributor Ongisnade.Net

Pasang Banner Iklan & Promosi di Ongisnade.net

Iklan

71 pemikiran pada “Mana Tindakanmu, PSSI dan BLI?

  1. hahahaha…
    Menurutku, kejadian kemaren lebih parah daripada tragedi Kediri, oke, Stadion Brawijaya rusak berat, tp lihat kejadian kemaren, Ada korban tewas, belom lagi Kopaja, Bus yg rusak, ayas td pagi sempet liat berita di TV, pas suporter Persipura pada lempar bus2…ada jg seorang The Jak nyasar yg dikeroyok rame-rame sama suporter Persipura, ada jg scene ketika suporter Persipura pada rebutan keluar stadion karena di dalam stadion mereka dilempari The Jak..
    blm lagi kalo baca-baca berita lainnya di internet, koran, dsb. Kejadian kemaren jauh LEBIH BERAT !! dan itu terjadi di IBUKOTA !! di kompleks Stadion Gelora Bung Karno, stadion kebanggaan Rakyat INDONESIA !!

    BUKA MATA KALIAN PSSI !!!

    Pasang terus banner Revolusi PSSI di web ini jess…
    kok tak liat udah gak ada…biarkan semua org tau kalo kita Aremania ingin ada perubahan pd PSSI !!

    Salam Satu Jiwa

  2. terbukti sekarang potensi rusuh bisa terjadi pada semua suporter.siapapun,dimanapun&kapanpun.tapi selalu aremania yg dikuyo-kuyo.dalam hitungan jam lgsg njatuhin hukuman.hinca jancok mana nyalimu buat menghukum mereka yg bersalah dalam kasus ini????? BUKA MATA….INI NYATA…..HANYA DI INDONESIA….

  3. Apalah arti sebuah nyawa buat BLI / PSSI ? Nek stadion rusak sek iso didandani, tapi opo nek nyowo amblas iso dibalekno ? Iki kasus luwih gedhe ketimbang kerusuhan liyane……. Masalah nyowo iku berat cok, Hinca onok masalah ngene kok njegidheg ae, delapan besar wingi respone langsung rapat via telephone, saiki opo respone ?

  4. PSSI No Comment (udah habis sumpah serapahnya)
    Kita patut menyayangkan dengan kejadian tsb.(Tragedi boleh dibilang). Siapakah peyelenggara tsb? PSSI boleh bilang panpel di kediri bersalah, Aremania bersalah. Tetapi mereka sendiri actualnya tidak becus dengan penyelenggaraannya. PSSI tidak berpikir gesekan2 yang akan terjadi apabila 4 Kesebelasan bermain dalam 1 Stadion,cuman beda jam. yang pastinya akan menimbulkan kerusuhan. dan itu tidak diantisipasi.
    Turut berduka sedalam-dalamnya atas meninggalnya supporter persija (jakmania) semoga diterima di sisiNya. dan semoga ini adalah akhir dari persoalan sepakbola negeri ini.

  5. yo yaopo maneh rek…
    wes entek pisuhanku kanggo PSSI / BLI
    pancene Arema sing di sio sio
    pacenne..
    mbuh wes bingung aku arep ngomong opo maneh
    astagfirullah..istigfar ker istigfar….
    …….

  6. Nawak2 semua, sing sabar yo… kita semua tau bahwa PSSI dan BLI memang bener2 JANCOK… BANGSAT… WEDDUS… TAEK… SELET… KEREK… BEDDES… BOSOK… MATANAH BUCCOK… DLL

  7. Aku kidi ngguyu ndelok komentare salah satu petinggi PSSi yang mengatakan Puas dengan perhelatan babak semifinal yang katanya lebih tertib dibandingkan babak 8 besar.Memang kondisi kerusakan yg ditimbulkan kemarin lebih kecil daripada yang du Kediri.Tapi ini masalah nyawa bung !!!! nggak akan bisa digantikan dg apapun juga.Kejadian didepan mata tapi PSSI DAN BLI serta komdis terkesan adem ayem aja.Coba kalau yang melakukan hal tersebut adalah AREMANIA pasti nggak sampai dalam hitungan Jam Palu Komdis sudah diketok oleh HINCA JANCOEX itu.Ketidak adilan dan kurang konsistennya PSSI inilah yang menyebabkan masyarakat semakin skeptis terhadap perkembangan sepakbolan Nasional.Wacana Superliga yang dihembuskan PSSI jadi semakin kabur aja…soale PSSI dewe nggak siap KER !!!! Mosok Kompetisi dah didepan mata eh sosialisasi tentang peraturan dan tata tertib Siperliga baru dibuat……DASARRR…ayo Supporter seluruh Indonesia bersatu katakan…REVOLUSI PSSI……

  8. oyi ker kejadian kemarin pancen lowih parah ! ayas sempet liat onok anggota the jak sing matek ! kudune hukumane luwih abot soko nawak2 aremania ! tapi mboh mesti sing bentrok the jak ko’ ra dihukum abot………………………..

    wis sing sabar yo nawak2 aremania menghadapi ujian teko PSSI jancok iku !!!!!!!!!!!!

  9. ijo……………………..ijo……………………….ijo……………………….
    oke…………………………

    PERSEBAYA MAINNO SING GANAS YO…………………………………… OKE !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. persebaya oke………………………..
    bonek ok………………………

    liyane bonek iku jancok rek !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. PERSEBAYA………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BONEK ADA DIMANA- MANA…………………………

  12. @arif
    bonek gak duwe forum dewe ta kok nunut ndek kene?? opo pancen gaptek karo internet ampek forum ae melok kere-kera ngalam..

    buat seluruh insan sepakbola sedunia, mari kita tunduk dengan khidmat sejenak untuk teman kita anggota the Jak yg sudah berpulang ke Rahmatullah.. semoga seluruh dosanya diampuni allah SWT..

  13. Hoi..

    Ki bonek kok nylonong2, ga kulonuwun. karepmu dewe ta?

    Bonek, bondone nekat tok!!! Ra tau bondo dwit!!
    Nontok bal yo nggandol. Opo iku?

    Buat jak mania yg meninggal, ku ikut belasungkawa.

    Pacen PSSI Bangsat.

  14. kami cuma butuh “KEADILAN”
    semua pecinta bola Indonesia yang pernah menghina aremania, sekarang liat sendiri dengan MATA kalian semua ketidakadilan PSSI, keliataan khan k’lo PSSI sangat kontra Arema dan aremania,
    bonek pernah hukumannya dikurangin jd bbrapa pertandingan, persipura mania belum dijatuhin sanksi,
    aremania hanya beberapa jam lgs dijatuhin sanksi…
    PSSI MEMANG HEBAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. astaghfirullah……………. innalillahi wa ina ilaihi rojiun
    ucapan itu buat temen kita the jak yang kemaren meninggal, dan buat nurdin halid, noegraha besoes. nama pertama semoga masuk suga, nama kedua dan ketiga, semoga di neraka dikethok k****l mu, dan ibunya di tempatkan sebagai pelacur! PSSI Jancok!!!!!!! Revolusi atau Hentikan Kompetisi

  16. JAKARTA BERDUKA
    JAKMANIA BERDUKA
    PERSIJA BERDUKA

    JAKARTA DIHUJAT
    JAKMANIA DI CACI
    PERSIJA DIMAKI

    SEMUA PERNAH KURASAKAN
    SEMUA PENDERITAAN ITU TELAH KU LALUI

    TAPI, APAKAH TINDAKAN PERSIPURA BISA BENARKAN?

    KAMI PENUH DUKA
    KAMI PENUH DENDAM
    KAMI PENUH EMOSI
    KAMI PENUH LUKA

    TAPI, DIDALAM HATI KAMI TELAH TERSAYAT
    HATI KAMI PENUH DARAH
    HATI KAMI PENUH AIR MATA

    HANYA UNTUK PERSIJA KU BEGINI
    HANYA UNTUK MU, PERSIJAKU.

  17. BLI tidak bertanggung jawab terhadap Kerusuhan di Luar Lapangan ….. hahaha ancen BLI simbokne ancok

  18. ayas turut berduka. lek kasus aremania cek cepete suarane karo tindakane pssi,bli,komdis. saiki ndik ngarepe matane pssi ojok njegidek ae dul. wong sampe korban jiwa koq puas.jane kelakuane wong tah kewan iku. mestine isin yo menyesal ta yokopo koq puase didisekno. gawe suporter kabeh lek kalah fair sing iklas gak usah tukaran.mestine protes nang klub e opoko sampe kalah. yokopo nontok bal2 an gak atek sawat2an karo tukaran mosok gak iso

  19. panpel kediri sing gak becus rugi 1M langsung dibantu BLI…
    lha.. iki ono nyowo ilang… malah gak diregani.. gak diakui pisan karo panpel…
    ono wong mati ndik latare dewe nggak dianggep…

    buta mata buta hati buta telinga

  20. oalah rek rek. . sampek kadit osi komentar opo2 ayas. kate ngilokno pssi tuwas meniren lambeku. kentekan kata2 wes. . suportere ae ojok gelut tp sing kreatif. lek ilok ilokan tok iku asaib. terus lek kalah sportif iku protese nang klub ojok tawuran. lek wasite gak adil diplorotno ae katoke ndik tengah lapangan xaxaxa. . .

  21. Kita tunggu janji dari Pak Menpora.
    Pak Menpora pernah bilang dalam acara Topik Minggu Ini di SCTV bahwa beliau akan menghentikan kompetisi jika terjadi kerusahan deadline mulai 1 Februari 2008 sampai 31 Januari 2009 (1 tahun).

  22. saya ingin di malang bersih dr tindakan kerusuhan. kalo bisa stadion di malang tanpa pagar pembataspun tetap aman.bahkan kalo perlu gak ada polisi atau tni dlm stadion cukup dgn match steward tp tindakannya tegas,cepat dan tepat. saya rasa cuma butuh kesadaran aremania dan saya yakin bisa melihat karakter org malang yg ingin klubnya maju dan sangat mencintai sepakbola dan arema. kemajuan arema jg bs lewat hal2 begitu. banyak jalan menuju arema

  23. Mending tidak usah ada kompetisi kalo insan sepakbola belum dewasa…
    Berapa uang rakyat yang terpakai untuk bola ?
    Berapa chris john yang bisa kita lahirkan dengan uang sebesar itu ?

  24. “Dari aspek penyelenggaraan di semifinal jika dibanding Copa (Indonesia), kami cukup puas. Tak seperti di babak delapan besar juga karena tak ada kerusuhan di dalam stadion,” ungkap Manajer Badan Liga Indonesia, Djoko Driyono”

    BLI & PSSI PKI !!! BLI & PSSI PKI !!! BLI & PSSI PKI !!! BLI & PSSI PKI !!! BLI & PSSI PKI !!! BLI & PSSI PKI

    SANTET DJOKO DRIYONO SANTET DJOKO DRIYONO SANTET DJOKO DRIYONO

    JANGAN MENYERAH UNTUK REVOLUSI…REVOLUSI…REVOLUSI KAWAN KAWAN !!!

    BERSATU HANCURKAN LIGA INDONESIA NURDIN DAN DJOKO DRIYONO…!!!

  25. Rek rek, aku takon…
    Website’e BLI-online.com ndek nggonanku kok gak iso dibuka gak seh? aku nyoba berkunjung kok gak iso yo??
    Enake website-e BLI diobrak-abrik sik ae gae peringatan pertama…
    Kadit osi nonton Arema nang stadion gpp…
    berjuang lewat dunia maya ae…

    MEMBACA NAMA NURDIN SILID HARAM HUKUMNYA !!
    JANGAN SEBUT SEBUT NAMA ITU !!
    NURDIN SILID KEAAAATTTTTTTTTTTTTTT !!!!!

  26. wis tah rek ga sah emosi tenan……………………..
    persebaya iku gaene yo dicurangi kro wasit padahal main nang kandang dhewe……………..

    eleng2 maneh cak sktr taon 90 an pemain persebaya matane wuta mergo diketapel salah 1 anggota aremania…………………….

    wis2 sing sabar ngadepi hadangan ojo golek penak e ae yo cak !!!!!!!!!!!!!!!!!!

    koyo kalimat ‘BERSATU HANCURKAN LIGA INDONESIA NURDIN DAN DJOKO DRIYONO’ iku nek dilakokno tenan truzzzzzzz dulur arep main nang liga opo ?????????????

    salam suporter jatim rek………………………….

  27. Rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya saya HATURKAN kepada Jackmania atas meninggalnya salah seorang SUPPORTER semoga Amal-Ibadah beliau diterima disisiNYA. ( amin,… 3X )

    Salam Perdamaian
    ( Salah Satu AREMANIA )

  28. Turut brduka cita untuk rekan kita jakmania yg mninggal dunia.. Hanya stu kta untuk mnylamatkan spakbola nsional.. REVOLUSI PSSI! ato korbn brtmbh lgi. Tuk suporter Indonesia, Jngan trtipu dg perbedaan warna..krna pda dsarnya qt sma!
    Salam stu jiwa!

  29. ngakak ae karo BLI/PSSI …. :D:D wong PSSI iku lebih eman karo stadion e kok ..( mari di dandani ) timbang Nyowo ne arek2 ….

  30. PSSI memang nggak becus.

    Tapi ada perbedaan antara kerusuhan di Kediri dan di Senayan kemarin. Kalau di Senayan, itu terjadi di luar stadion (sama dengan kematian suporter Lazio atau kematian polisi Italia), dan akibatnya seluruh kompetisi bisa dihentikan untuk sementara.

    Kalau di Kediri, terjadinya di dalam stadion. Ada kerusuhan di dalam stadion.

  31. hoHOho..
    Sudah bukan rahasia umum kalau kinerja PSSI selama ini bobrok, PSSI seharusnya mencontoh FIGC(PSSI-nya Italia) yang mengusut tuntas kasus ketika satu pendukung Lazio meninggal dunia serta kasus Calciopoli.
    Maju terus Persepakbolaan Nasional!!!!!!!!!!!!!!

  32. Hmmm…tampaknya, dunia persepak bola an di tanah air masih banyak yang harus di benahi, sehingga Sportifitas yang seharusnya di nomor satukan bukan Spontanitas merusak. “Maju trus sepak bola Indonesia”

  33. wes wes wes
    ayo podo istighfar kabeh…
    gak atik misuh2 maneh…
    gawe nawak Aremania, wes lupakan semua kejadian masa lalu…ayo bersatu rek…
    gawe kawan kawan bonek, klo ada salah dari nawak Aremania mohon dimaafkan ya…
    aku ae maen putsal bareng karo kancaku sing nggawe kostum persebaya n deltras yo gak popo, padahal aku nggawe kaos arema…
    yo lek mari putsal yo guyon bareng, ngopi bareng :)
    sebenarnya kita bisa bersatu kawan…

    wes ya rek…lek awake dewe sing kisruh, sing rugi yo awake dewe.
    opo lek awake dewe kisruh, trus sing sedih, sing rugi iku petinggine PSSi / BLI ??!! ayas kira ndak mungkin…
    dadi lha laopo wong mek ndelok bal ae kok atik sruh kisruh barang….

    ayo nawak2 Aremania, ndak usah nunggu tindakan orang lain…ndak usah bilang “lha iku lho supportere kesebelasan anu sik rusuh, mosok awake dewe gak oleh rusuh?” hilangkan kalimat2 seperti itu. kita harus mulai dari diri kita sendiri masing2. yo ker yo…

    mosok yo gak pengen nontok bal bal an koyok nang Ingris..sing gak atik pagar pembatas, tertib, damai. ayo wes wayahe awake dewe podo dewasa

    oyi ker ?

  34. PSSI….dikek’i duwik satus, terus ngomong….cepe’ deh… :-)
    Kesel Cak ngomongno BLI aka PSSI…. mending mikirno AREMA untuk kompetisi mendatang ae….

  35. PSSI GOBLOK!!!!!!!!!MANA KATANYA BADAN OTORITER TERTINGGI SEPAK BOLA INDONESIA>.IKU CUMA NGOMONG DOANG PSSI GOBLOK..KAMI MEMBUTUHKAN RASA KEADILAN,MASAK KASUS INI YG LBH PRH DRPADA KASUS “BRAWIJAYA MEMBARA” GA DIUSUT/DISIDANGKAN..INGAT PSSI JGN SAENAKE DEWE..AKU TIDAK PUNYA MAKSUD,BIAR HUKUMAN AREMA,AREMANIA DIKURANGI,CUMA BUTUH KEADILAN….PSSI BANGSAT,GOBLOK..
    AREMANIA JUGA TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA FANS PERSIJA,SEMOGA AMAL IBADAHNYA DI TERIMA DI SISI TUHAN YANG MAHA ESA..AMIN..

    PEACE DAMAI..
    SALAM SATU JIWA AREMANIA

  36. PSSI MANA KEADILANMU??GOBLOK..
    kersahan semifinal kemaring lbh parah dr “BRAWIJAYA MEMBARA” knp ga diusut/disidangkan..anggota PSSI mana keadilanmu??PSSI GOBLOK..
    aku tdk pny maksud biar hkman AREMA,AREMANIA dikurangi tp,cm ingin”KEADILAN”AKU SETUJU REVOLUSI PSSI..AREMANIA juga turut berduka cita atas tewasnya FANS PERSIJA..semoga kel.yg dtnggalkan dbri ktbhan dan kesabaran dan semoga amal ibadahnya diterima di sisiNYA..AMIN..

    SALAM DAMAI
    SALAM SATU JIWA AREMANIA

  37. cape dee ma pssi jancux..

    sudah serik tenggorokan quw, sudah habis ini suara untuk mencela organisasi kriminal terbesar se asia tenggara,

    sekali lagi,cafee deew ma pssi jancux…

  38. selamat kepada pssi bli atas suksesnya semi finnal berdarah ,semoga final nanti akan memakan banyak korban di pihak pssi dan bli , ya moga 2 pengurus pssi tewas semua biar digantikan oleh generasi 2 pssi yang lebih bersih dan adil

    amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnn

  39. siip…
    @cak arek.. komentarmu :
    (eleng2 maneh cak sktr taon 90 an pemain persebaya matane wuta mergo diketapel salah 1 anggota aremania……………………).
    —–yang itu namanya NURKIMAN——-
    karirnya berhenti karena peristiwa itu…….
    dan memicu amuk massa yg lebih besar….
    sampai2 suporter GREEN FORCE ngeluruk ke alun2 MALANG waktu taun baruan……
    yang kemudian menelurkan pencekalan kepada warga selain yang berasal di kota tersebut untuk masuk ke dalam kota di waktu taun baru…..

    masih saja mencari pembenaran kasus yang telah lalu……..
    sementara masalah yang lebih lama pun sudah tak ada mambunya….
    yang lalu biarlah berlalu……

    masalah bonek diperingan hukumannya……
    iri kabeh yo……..
    kepengen……..
    jangan sungkan2 tanya kepengurus ttg resepnya…..

  40. hehehhe…
    wes ah sam Thenk Bonek…
    gak po po sam cek no ae iku sing sik ngujet2 masa lalu…
    mohon maaf sebesar2 nya yo cak gawe nawak ku siji iku :)

    ayo ker…wes gak usah ngurusi sing wingi2..yok po yokpo o yo gak kate bakalan iso berubah masio mbok urus sampek geger maneh….
    sing penting ikiy yokpo cek AREMA musim depan iso luwih ciamik…
    ciamik gak mek pemain e tok..
    ciamik kekeluargaane, ciamik supportere, ciamik hubungan harmonis karo supporter2 liyane…
    ngunu lho ker…
    mosok yo gak gelem dijak maju ker…

    oyi ker?

  41. @thenk BONEK (ga pake MANIA),,hayah kasus jadul ko dibahas ,yang penting kami sudah berusaha untuk perbaiki keadaan dengan jadi suporter yang tertib walau masih ada yang ga suka sana sini , kami gak akan ngemis untuk memperingan hukuman kami , kami hanya minta keadilan kenapa kalau suporterlain rusuh dibiarkan, tapi kami rusuh karena membeladiri hukumannya cepet banget diputuskan sorry thenk jadi ga perlu nanya resep2 an , buat apa resep kalau isinya kebusukan dan kelicikan

  42. Selamat datang di dunia Mafia Indonesia….

    mau selamat? setor dulu biaya menjadi anggota ring of trust-nya BoSS Mafia…Nurdin”Don Corleone” Halid

    kera-kera….coba saja situ nonton salah satu film terbaik abad 20 kmrn…. The Godfather….

  43. HAHHAHAHA SAYA BANGGA DENGAN PSSI DAN BLI KARENA ……. MEREKA PALING JAGO SILAT….. SIALT LIDAH MAKSUD E …. SAM MBOK TOLONG BLI KARO PSSI DI DAFTAR NO NANG SILAT LIDAH MUSUH JUPE, RIA IRAWAN HEHEHEHE PASTI PSSI MENANG HEHEHEHEE…….. ( BUAT THE JACK SAYA IKUT BERDUKA CITA, MUSUH KITA BUKAN SUPORTER TIM LAIN TAPI PSSI DAN BLI, SALAM SATU JIWA..)

  44. cukup dua kata: PSSI Bangggggggggggggggggggsssssssssssssssssssssaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttttttttttttttttttttt……………..!!!!!!!!!!!!!!!!

  45. sssssssssssssttttttt.
    ora apik ngomong rusuh2 ker
    ngomong seng resikan ae….
    contone:
    kontol disabun
    jembut dikramasi
    lek ngomongno PSSI ora ono enteke
    mending bareng bareng sholat GHAIB gae PSSI
    ojo lali dikirim surat al fatihah karo anggur sak lotob
    hahahahaha………….

  46. @rek jatim……..
    ikut berduka atas meninggalnya salah 1 the jak mania,………….untuk para bonek yg kirim ke ongisnade,komentarnya aga’ bagus kalo bs di perbagus…….. pesan saya kepada arema musim depan,tolong datangkan pemain berkualitas sekelas zah rahan,beto,rojas(cedera),aliyudin,……..yo nek osi messi kerr…….

    malas utas awij !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  47. PSSI jancok
    aremania di diokom
    clup lio dijarno tok bkn kerusuhan
    ancene simbokne ancok PSSI & BLI.
    turut berduka cita THE JACK
    aremania condet kayu manis

  48. Gw setuju kalo arema tu udah gak seneng am pssi ,mending keluar aja dr pssi (biar puas) dah gt kan arema bangga dg bentoel nya, mending bikin liga sendiri aja.
    Gw rasa pssi justru ga fair…, dulu gw genger persebaya suporternya rusuh hukumannya sampai ga boleh nonton n lebih parah lagi di degradasi… Arema mau…????!!!!!!!!!!!!!
    Udah deh Arema Minggat aja dari PSSI
    VIVA PSSI, VIVA Sepak bola nasional

  49. to: isiteguh,
    anda ini anaknya nurdin, menantunya nugraha, atau keponakannya driyono?
    maap ye, dari seluruh komen yang ada, anda yang terlihat paling bodoh hehehe
    pasti anda ini pengemis uang rakyat juga, senasib dengan si Thenk, Mojokerto, dll, dll…

    PSSI?
    kalo para pendirinya masih hidup, para pahlawan itu pasti akan menangis sedih, apalagi kalo baca komentar anada yang nggak bermutu itu…

  50. PSSI bangsattttttttttttt!!!!!!!! buta semua ya mereka. jelas2 ada yg meninggal tapi bilang sukses. pernah sekolah g sih?
    memang sih kalo bukan manusia pasti akan bilang baik2 saja sementara ada 1 the jak yang mati. buat ketua PSSI mending mundur aj deh, kok kayak orang g tau malu, ud di penjara tapi masih NGOTOT jadi ketua(dasar muka tembok). gw bukan semata2 dukung arema tapi tingkah PSSI udah kelewat batas.
    gw sbg aremania akan selalu ngedukung setiap orang yg ingin reformasi d PSSI. hidup AREMANIAAAAAAA…… PSSI, BLI JANCOKKKKKKKKKKKKKKKK!!!!!!!!!!!! oh y nurdin halid juga JANCOKKKKKKKKKK! wasalam
    bwat isteguh: ini lagi ada orang TOLOL berkomentar. eh mas kalo TOLOL jng komentar d, bikin keliatan TOLOL nya.
    ini lg warnet kayak KONTOLLLLLLLL lemotnya minta ampun. GATEL pingin gw pecahin…

  51. AREMA N AREMANIA JAYA SELALU
    JAYA DILIGA
    JAYA DICOPA
    JAYA DILUAR LIGA
    JAYA DISUPORTERNYA
    TERBAIK DINEGARANYA

    Ayas TURUT BERDUKA CITA YANG SEDALAM2xNYA atas meninggalnya THE JAK di SENAYAN moga mal ibadahnya diterima Alah SWT,Amien

    SALAM DAMAI n SATU JIWA to AREMANIA n BERSATULAH SELURUH SUPORTER di INDONESI untuk SATU KATA REVOLUSI PSSI TOTAL!!!!!

    AREMA VOICE from BHUMI nGAYOGYOKARTO

  52. hhhhhhiiiiiiidddddddddduuuuuuuuuppppppppppp AAAAAAAARRRRRRRRRRRRREEEEEEEEMMMMMMMMMMMMMMMMAAAAAAAAAAAAAA
    nurdin”COK”halid dikeki bates fifa 5 agsts08 mundur horeeee,,,hip horeeeeee tenang ae nawak nawak revolusi arema terdenar sampai fifa ………..REFORMASI PSSI
    damai itu indah semoga kita dn suporter jatim bersatu

  53. pssi harusnya nyadar dengan kehadiran LPI saat ini,krna LPI adalah suatu liga yg mentiadakan APBD,dan lbih fropesional,mkanya team yg bsar mau bergabung ke LPI,dgan alazan slu dirugikan dengan wasit kita sndri,dan dpat berakibat patal bgi tuan rumah( rusuh)jd sy mhon LSI N LPI tetap dilaksnakan sj,tanpa ada ancaman apapun,krna PSSI tdak ada skap fropesionallisme terhadap team yg ikut ISL,srang buat sy,tindak lanjuti wasit” mafia yg ada diindonesia,buatlah sepak bola kita mkin berkembang……..hidup LPI N PSSI

  54. tidak usah kita memaki pengurus yg ada di PSSI,kita berusaha bgaimana pesepak bola tanah air bisa maju,paentengi siriknu nurdin N andi darusalam,PSSI jglah km mengancam pemain yg bermain di LPI,krna mereka smua hnya ingin menghidupi kluarga,jdi profesonal lah PSSI jgn menkambing hitamkan LPI,krna suatu saat LPI akan diakui oleh AFF,mdah”an LPI bisa membawa dampak yg lebih bagus buat sepak bola tanah air kita,jgn digangu lagi keputusan para oficial N pemain yg ad di LPI………..jd PSSI lah yg perlu berkaca apa kekurangan LSI saat ini,sehingga team bisa pindah ke LPI……………by the andhy trisna bintang makassar

  55. jdi buat teman” yg memberi komentar,buatlah komentar yg bermutu N bermanfaat,jgn asal goceh aza,kyak km lbih pintar aza dri mereka smua,sporter tahunya mendukung aza,biarlah manejer team N pelatih yg berkomentar,jdi klo ada yg berkomentar tidak etis,mendingan kamu tidur aza,……………..ewako makassar…….kmi aza dimakassar ikhals didegradasi dgn PSSI,walaupunn pemimpinya berdarah bugis………jd ketua PSSI sdh tidak memilih kasih lagi N lbih profesional……..sy mhon pssi dan bli di gabungkan saja,spya wsit tidak meraja lela jd mafia pertandingan,klo perlu cabut lisensi perwasitanya klo membuat pertandinga jd nda fair…………ewako makssar………dan ganti pengurus yg ada di PSSI saat ini pak nurdin……….ewako PSM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s