Hasil Sidang Komding Kasus Aremania


PSSIHasil Sidang Komisi Banding
Setelah menerima pengajuan banding dari kelompok supporter aremania dan Persiwa Wamena, Komisi Banding PSSI menggelar sidang yang berlangsung di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (4/2). Sidang tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi banding PSSI, Rusdi Taher dan dua anggota, Ashar Suryobroto dan Sophar Maru Hutagalung.

Hasil keputusan Komisi Banding yang pertama adalah “Aremania dilarang menonton pertandingan sepakbola di stadion di seluruh Indonesia pada pertandingan resmi di lingkungan PSSI dengan menggunakan segala bentuk atribut yang menandakan indentitas pendukung PS Arema Malang seperti poster, slogan, kostum, logo, spanduk dan segala bentuk yang menandakan identitas pendukung Arema Malang selama 2 tahun, terhitung sejak tanggal ditetapkan Komisi Banding pada hari ini, 4 Februari 2008.”

Keputusan Komisi banding tersebut meringankan hasil keputusan Komisi Disiplin yang menghukum Aremania selama 3 tahun. Ada 4 hal yang meringankan hukuman terhadap Aremania, yaitu :

1. Aremania pernah menjadi the best supporter PSSI tahun 2000, the best supporter dari MURI tahun 2006 dan the best suporter Copa Dji Sam Soe 2006.

2. Arema Malang dalam kejadian tersebut juga menjadi korban ( Korban pelemparan kendaraan dll)

3. PS Arema Malang pernah menjadi pemrakarsa kegiatan Indonesia Damai, pada tanggal 10 November 2007, bertempat di Stadion Gajayana yang dihadiri oleh 39 kelompok supporter.

4. Arema Malang telah secara terbuka melakukan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat sepakbola Indonesia melalui media massa dan elektronik.

Keputusan Komisi Banding yang kedua adalah menguatkan hasil keputusan Komisi Disiplin yang menghukum pemain Arema Malang, Alexander Pulalo, skorsing 2 pertandingan.

*) sumber berita : pssi-football.com

Sementara itu, dari detiksport.com dilaporkan :
Singo Edan Aremania Komding Kurangi Sanksi Aremania
Komisi Banding PSSI memutuskan mengurangi sanksi larangan masuk stadion kepada Aremania dari tiga tahun menjadi dua tahun. Meski begitu, Aremania mengaku tetap tidak puas.

“Komding PSSI mengabulkan banding yang diajukan oleh Aremania dan mengurangi sanksi larangan masuk stadion dari tiga tahun menjadi dua tahun. Sanksi ini efektif diterapkan per 4 Februari 2008,” tutur Robikin Emhas, pengacara Aremania.

Meski mendapat keringanan, Aremania tetap menyatakan bahwa sanksi ini berlebihan. “Putusan ini tidak saja bisa membunuh Aremania, tapi juga membunuh Arema. Seperti kita tahu, Arema adalah satu-satunya kesebelasan yang tidak bergantung kepada dana APBD,” imbuh Robikin dari seberang telepon.

Hukuman dari Komding ini bersifat mengikat dan berkekuatan hukum. Aremania sendiri mengaku belum bisa bersikap saat ini. Robikin mengaku masih harus berkonsolidasi. (arp/key)

Baca juga:
Diskon Satu Tahun
PSSI Kurangi Hukuman Aremania
Sanksi Aremania Dikurangi Setahun

Pasang Banner Iklan & Promosi di Ongisnade.net

36 pemikiran pada “Hasil Sidang Komding Kasus Aremania

  1. oooalah…………………

    la lek 2 taon gak oleh ndelok arema gae antribut yo gak mbois.

    paleng nawak seng pengen ndelok arema yo rodok2 males lek gak oleh ndelok gae soak arema…………

    yo ngono iku pssi……………….———->>>>>> bangsat

    arema lan aremania iku pancen di gae angel karo pssi………….

    alah mboh tah rek rek……………….

  2. Sing wueenak iku njaluk nang Hinca Panjaitan yok opo carane mendapatkan diskon koyok Bonek.HINCA dulu bisa meminta diskon sama komding PSSI tentang sanksi terhadap Bonek tetapi ketika dia menjabat sebagai Ketua Komding Mengapa Arema hanya mendapatkan diskon sedikit.Nggak sebanding dengan Diskon terhadap Bonek padahal tingkat kerusuhan dan kerusakan yang ditimbulkan oleh Bonekmania lebih besar daripada yang diakukan oleh Aremania di Kediri.Itupun karena Aremania merasa Didzalimi oleh perangkat pertandingan dan oknum supporter Kediri (bukan karena ketidakpuasan atas skor pertandingan).Kalo Arema kalah karena permainan lawan lebih bagus Aremania pasti legowo menerima kekalahan itu.Tapi kalau kalah karena ulah perangkat pertandingan yang tidak adil maka Aremania akan “berontak” seperti yang dilakukan di Kediri. Bravo AREMA

  3. BONEK gitchu loh….
    wes tah cak….
    seng legowo po’o……
    hehehehehe…..

    hidup HINCA…….
    (sory loh cak…)

  4. Menurut ayas si knya gak ada pengaruhnya terhadap pendapatan klub yg bersumber dari tiket pertandingan. ga ada hubungannya kan beli tiket & nonton pertandingan dengan kewajiban memakai attribut suporter?

    Kan hukumannya jelas, tanpa attribut suporter….ya sudah kita kalau nonton arema seperti yg 8 besar kmrn aja, pesta kostum ky hellowen party en kita mengatasnama dirikan Wong Malang.

    Malah menurut saya kita bisa masuk MURI lagi, suporter bola dengan kostum bervariasi paling banyak sepanjang sejarah… mantap kan….

    Masalahnya kasian saya sama pengusaha merchandise kaya City of Arema dan The Ultras….sepertinya suratan takdir usahanya akan gulung tikar cepat lambat karena agak ada demand.

    Saran saya bagi the Ultras sama City of Arema, ambil langkah diversifikasi produk aja…misalnya buat kaos2 yang bertulisan mengkritik PSSI, atau buat produk dgn desain yg tidak langsung bertemakan Arema(kaos gambar singa, syal bertuliskan Wong Malang, dsb) atau membuka jasa penyewaan kostum aja?lumyan tuh…temen saya di Jakarta punya usaha penyewaan kostum buat cosplay(pesta kostum dgn tema japanese anime atau japanese fashion)….wuih omsetnya lumayan lo sebulan…

    wah gak ngebayangin setiap kita main di kandang, aremania pesta kostum / cosplay ala Indonesia…..SUPER KREATIF……

  5. @ Panda, glemboh, ronnie_nade & thenk_bonek :
    lek bonek iku kadit diskon rek, tapi “kado” (hadiah), hehehe.. :D

    @ Onod32 :
    oyi reneb sam, ayas wingi dolen nang City of Arema, koyo’e yo sedikit lbh ipes… tp ayas yakin osi bangkit kok,,, saatnya kreativitas muncul…

    ayas ono ide, sing dilarang kan ATRIBUT aremania, bukan WARNA BIRU, sementara selama ini kita terkesan “warna-warni”, ono kaos aremania warna biru-hitam-putih-bahkan merah… yaopo lek kompakan nggawe kaos biru polos? kan gpp… malah lebih seragam & kompak (koyo suporter klub2 inggris) atau nggawe kaose Chelsea, Timnas Italia / Prancis / Jepang, kan BIRU pisan.. yaopo menurut umak-umak??

  6. tenang aja bro nanti kalo kita tertib dan kreatif paling hukuman aremania bisa jd dipersingkat. mulai saat ini harus kita tunjukan bahwa aremania suporter yg slalu tertib,kreatif,sportif tinggi,gak anarkis dan slalu membuat ide2 baru. biar tau kalo nonton di gajayana/kanjuruhan itu menyenangkan.
    kita harus melakukan hal2 yg maju buat arema dan aremania

  7. terus berjuang sampe akhir ker….! kayak usul nawak-nawak aku setuju kalau kita pakai seragam kayak 8 besar kemarin ato ganti aja nama kita dengan laskar wong malang!

    usul ayas buat city of arema dan ultras, ganti aja jualan kostum2 yang unik2 dan menarik buat nonton arema, pasti arek2 ntar banyak yang tertarik dan beli……!!

  8. malas 1 awij

    aremania…..aremania…….aremania
    gimanapun jg kita semua musti tetep berjuang nglawan PSSI, gimana caranya supaya hukuman diperingan. PSSI kadit neam…
    ayas setuju karo ongisnade.net, nonton nggawe soak biru polos dengan tema tulisan perlawanan terhadap PSSI, untuk City of Arema mungkin bisa bikin tulisan2 sindiran ato perlawanan terhadap PSSI
    koyok nek di jogya dagadu sing nggawe kata2 lucu….
    yok opo menurut umak-umak?

    nuwus…..pissss

  9. Setuju sob nek nonton AREMA gawe kaos polosan, ketok tambah kompak ae nek disawang. Opo maneh nek pas ditayangno dek TV jan sip tenan kok……
    Sak stadion dadi biru kabeh, ga warna-warni koyo selama iki, kapan maneh iso konpakan biru polos kabeh !!!

  10. wah selamat, gue setuju, banget, klo bisa tuh KOMDIS, dibebaskan aja arema, g ada aremania g seru persebakbolaan indonesia, sepi bung…

    SFC1

  11. Sabar Hebak Sam………Semua Bisa Diatasi.
    1. Rame Gak Jika Seandainya Kompetisi tanpa melibatkan AREMANIA ?
    2. Gak USAH “IRI” nang Bonek & Hinca. AREMANIA LAIN sam…..bukan yg SUKA Kasih KADO. Di hukum ya dng jiwa besar menerimah (kalau Bisa Banding Dulu….kalau gak bisa WES BIASA AREMA DI JANCOKI PSSI)……Bonek Levelnya lain sam (sudah kembali ke Habitatnya)……..kelas Divisi Utama……ada Bonek & Gak Ada Bonek …Kompetisi yo TETEP JALAN (Gak ngaruh blas)
    3. AREMANIA GAK BAKAL KEHILANGAN AKAL untuk Mendukung AREMA.
    4. Segala atribut yg berbau AREMA & AREMANIA …..di ganti ” WONG NADE ” (lek setuju)
    5. Sebagai AREMANIA kan GAK HANYA FOKUS DI SEPAK BOLA….Tinju Bulungan juga Ber supporter AREMANIA (di malang pun jg sama) dll, Band AREMA dll.
    6. Rugi bagi penjual Accecories AREMANIA….Wajar lah
    (roda selalu berputar ada untung ruginya), banyak untungnya kan. He he he he
    7. AREMANIA NEVER DIE

  12. Ancen berat sam…rong taon… asem tenan kok pssi…
    Tapi setuju karo pndapat sam-sam kabeh sing tetp semangat dan coba bari alternatif ndukung AREMA….
    Setuju pake kaos polos werno biru…opo putih…opo ireng pisan, sebagai tanda berkabung atas butanya dan ketidakadilane PSSI Tjuk….
    Tapi yo iku… kita nggak boleh mundur ngadepi hukuman….tetep maju, tetep kreatif dalam ndukung AREMA…. Ongis Nade harus jantan gagah berani ngadepi sangsi…. sepisan maneh, ojo sampek ngemis nang Nurdin Halid…. kasarane HARAM…
    Tunjukkan AREMANIA tetep suporter terbaik di Indonesia…. lek PSSI sadar, pasti akan ngurangi hukuman, lek gak yo pancen picek tenan…. :-)
    Hidup Mati…di mana berada…tetep AREMANIA.

  13. aturane PSSI kadit usah neker, onok gak onok PSSI sepak bola indonesia nggak pernah mati. setuju usulan diatas… kita tunjukkan dengan sangsi ini AREMA dan AREMANIA nggak akan mati dan ngemis. mungkin akan membuat kita lebih kreatif, dari segi atribut..yell..yell..dsb.

  14. ayas setuju dengan sam xonom_Ndek_Kedol_P.Batam. aremania adalah roh.. walo tanpa atribut, aremania ada di dalam hati tiap wong malang . bravo arema!

  15. Assalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

    Menurutku hukuman 3 tahun atau dikurangi jadi 1 tahun bukan menjadi masalah berarti, seperti yang telah dibuktikan Aremania pas nang Ojraodis. Tanpa atribut, no problem. Malah ada usulan, kalau seandainya sebagai rasa terima kasih Aremania terhadap sponsor utama Arema yaitu PT Bentoel, maka para suporter akan memakai kaos Bentoel. Bukankah mereka tetap mendanai Arema meskipun dilarang mencantumkan logo produk sponsorship?
    Padahal kalo tail di Enggres serta liga-liga di Eropa, sponsor liga diletakkan kecil di lengan, sedangkan sponsor utama diletakkan BESAR di dada.

    Kembali masalah hukuman Aremania, yang lebih penting dari hal itu adalah REVOLUSI PSSI. Bagaimana aturan-aturan mereka tidak lagi berstandar ganda, okelah kalau belum bisa mengadopsi dari AFC atau FIFA secara keseluruhan, namun setidaknya aturan yang ditetapkan tidak dirubah semena-mena di tengah musim.

    Hukuman bagi tiap klub serta pendukungnya yang melanggar peraturan memang harus berat, namun proporsional. Serta sosialisasi yang terus menerus terhadap aturan-aturan terutama ancaman-ancaman sanksi yang dikenakan jika terjadi pelanggaran.

    Dan hukuman ini memang tidak perlu diperbandingkan dengan diskon yang diterima bonek, karena meskipun skala kerusakan yang ditimbulkan lebih besar, namun pelanggarannya berbeda. Kerusuhan Iridek kemarin bukan hanya pengerusakan, tetapi pemukulan terhadap wasit. Entah oleh Aremania beneran atau bukan, namun bukti rekaman pemukulan terhadap wasit dilakukan manusia dengan memakai atribut Aremania. Jadi kalau mau membandingkan jangan dengan diskon yang diterima bonek, tapi dengan sanksi yang diterima wasit Bangsat Subejat beserta klebetnya dan terutama sanksi terhadap panpel sebagai penanggung jawab utama.

    Wassalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

  16. yok opo lek tiap pertandingan soake ganti2. saiki gawe biru kabeh, niam maneh abang kabeh, niam maneh ireng kabeh, dst. dadi dokumentasi ne aremania taun iki uapik warna warni. sekedar usul iki ker hehe. .

  17. bingung sam kera 2 nek kostume ganti 2 mending pake kostum biru ae ojo polosan bos tapi ono gambar bentoel opo xmild opo starmild , itung 2 gae bantu 2 bentoel nempel reklame nang soak
    piye sam 2 sekalian

  18. wis sing apek iku ra sah nggo klambi
    ben koyo wong mbambung rek !
    Arema ae sing kon ganti klambi
    ojo biru truzz ……………………………////////////////
    wis mambu rekk …………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. Uwis to……..ojo golek ele’e wae,ora enek barang sing tanpo cacat,,,,,,,,,,, hukumane aremania wis di diskon,ayo podo2 intropeksi awake dewe2,musim ngarep kudu luwih apik,yen wasite kurang tegas yo di protes,nanging ojo ngrusa’i stadione tanggane,,,,,,,,,,,,,,,, ngisin-ngisini…………..1 kata “bersatulah suporter sepak bola Indonesia”,hadapi dengan senyuman aremania,key sam…………………………………………………………..

  20. @roejoe & Harun
    benar…ayas setuju banget kalo kita kompakan pake baju biru dengan logo Bentoel…..atau kita pakai baju dengan kata2 sindiran PSSI kaya kaos Dagadu….

    Bagaimana City of Arema en Ultras? ide yg briliant…..mungkin bisa bekerja sama dengan pihak bentoel. Kalo ayas sbg boss bentoel, kyny saya malah dengan senang hati menerima proposal promosi murah meriah (cuman modal bikin kaos saja)…..

    intinya dgn hukuman ini jangan sampai menghalangi mata pencaharian orang buat makan anak-istri…..camkan PSSI, hukuman anda membuat efek domino bagi perekonomian rakyat….

  21. usule nawak nawak iki uapik kabeh
    ayas trenyuh karo kreatifitase aremania di doboli PSSI
    wes embuh penting arema tetap satu jiwa
    tambah dewasa , lek ngono ta
    ayas yo stuju pisan lek aremania iku ROH/ rogo wong ngalam
    ngak cuman sandangan tok
    babah lek pssi njaluk ngonoe
    awake dhewe jek akeh akan sam
    wes terus berjuang aremania

  22. Utujes…lek nggawe soak dengan gambar logo produk bentoel…itung-itung promosi….
    Tapi prlu dilihat peraturan untuk supr liga nanti…. kita lihat dan renungkan baik-baik aturane, terus diakali aturane cek kapok PSSI….

    Setuju kaos biru polos dengan tulisan BENTOEL atau X Mild atau apalah…. silahken Ultras dan City of Arema saling beradu kreatifitas….

  23. @ Onod32….

    Sam…gak usah ngarepno Bentoel untuk bikin kaos…engkok disalahno PSSI maneh. Tapi lek suporter nggawe dewe-dewe…opo yo PSSI kate ngukum…
    Tapi yo iku maeng… kita tunggu aturan PSSI tentang sponsorship untuk super liga. Moga klub a00% bebas nggolek sponsor nggak kathik digabdoli gak entuk produk rokok….

  24. Lek Menurutku ” BAJU BATIK ” (NASIONALIS)
    Sekalian Menunjukan bahwa AREMANIA CINTA PRODUK DALAM NEGRI.

  25. Swn gw SFC1 sng dkng AREMANIA..
    PSSI goblok,ojo saenake dewe goblok..
    setuju usule nawak2 Arema lek city of Arema n Ultras gw kaos sng nyndr PSSI atau sing kreatif..kurngi hkman AREMANIA PSSI goblok!!
    ingat AREMA bkn tim APBD,tp dr pnjalan tkt pnonton lek AREMANIA di sanksi,sng biayai AREMA sapa?opo kon glm ta PSSI,janjmu kam Arema g mlk llllLCA 2006,jr dgnti dmlokno th.2008 tp g didftrno ytaopo iki?ingat AREMA bkn tim Apbd,ga kyky anak emasmu PERSIJA..
    BRAVO AREMANIA

  26. Ping balik: Wacana Aremania 2 Tahun Kedepan « sebuah perjalanan

  27. @Ongis Nade
    Biasa aja om,,, katanya mengaku salah, klo mengaku salah ya hrus terima dong apapun hukumannya, ya ngak….

    Gw setuju sama PSSI, yg bersalah yg berbuat merusak di hukum seberat2x nya untuk contoh yg lain supaya tidak berbuat seperti itu, Sip sipp……, maju terus Indonesia,

    “MAJU TERUS INDONESIA, ORANG RUSUH SINGKIRIN AJA”

  28. @ avoez :
    lho iya, kita memang telah mengaku salah, (kalau boleh sedikit ekstrim) mana ada suporter pelaku kerusuhan yg mengaku salah selain aremania?? anda setuju dgn PSSI? heh… berarti anda tidak mengikuti perkembangan sepakbola nasional sama sekali… syg , komentar kritis anda jadi percuma… kalo suporter bisa dihukum oleh PSSI, lalu siapa yg boleh menghukum PSSI?!

    *MAJU TERUS SEPAKBOLA INDONESIA, REVOLUSI PSSI, SINGKIRKAN ORANG2 YG TIDAK NGERTI BOLA DARI PSSI*

  29. ya itulah PSSi….kesannya hanya suporter saja yg menjadi kambing hitam….tidak melihat dari akar masalah apa yg menyebabkan kerusuhan itu…..

    Misalnya:
    1. Pihak panpel
    Apakah panpel menghukum panpel Kediri? setahu saya hanya memberi denda sekian juta kepada panpel Kediri tanpa hukuman skorsing / lainnya….padahal anda ingat sendiri, waktu itu panpel mengkoordinasikan satuan kemanannya saja tidak becus, belum lagi masalah distribusi tiket(tiket telat dan dinaikkan di hari H)

    2. Venue pertandingan
    Pssi mengadakan evaluasi gak di jajaran pengurusnya? setidaknya mereka mengakui/ngaca thdp kesalahan mereka dalam memilih venue pertandingan yg tidak layak untuk pertandingan sekelas 8 besar.

    3. Kasus Senpi
    PSSI mengusut kasusnya staff Persiwa yang membawa senjata api ga?….padahal di KUHP jelas2 merupakan pasal yg cukup berat apabila ada warga sipil membawa senjata api di tempat umum…….

    4. Hukuman ‘missed next match’ -nya Mahyadi Panggabean
    waktu arema vs PSMS kemarin, PSSI sadar gak? bahwa M.Panggabean terkena 2 kartu kuning sebelumnya yg seharusnya tidak tampil melawan Arema. Saya maklum….anggap saja hukum karma karena kita memainkan Alex Pulalo ketika melawan Persiwa di partai lanjutan (tapi rasanya aneh juga….kan pertandingan itu merupakan pertandingan lanjutan, logikanya hukuman utk Alex baru efektif SETELAH melawan Persiwa/jadwal berikutnya)

    Ya itulah bukti dari ke-arogan-an PSSI…..bisa membuat hukuman, tapi tidak mau menyadari kesalahan yg mereka buat sendiri….istilahnya menjilati ludah sendiri….

    Dan akhirnya utk menutupi bau kesalahan mereka, suporter lah yg menjadi kambing hitam yg dihukum dengan tidak adil dan kemudian di ekspos ke media besar2-an. Padahal aksi suporter yg tidak puas merupakan ekses dari sistem yg tidak baik. Mereka,bukan SEBAB dari suatu permasalahan, melainkan AKIBAT.

    lama2 seperti skenario lengsernya Suharto pada thn 1998 ya?Suporter Indonesia berperan sebagai mahasiswa, Nurdin Halid sebagai Suharto, Aremania sebagai mahasiswa Trisakti….. artinya momentum yg tepat utk merapatkan barisan suporter seindonesia untuk merevolusi PSSI!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s