Surat Terbuka dari Aremania


Aremania secara resmi menyampaikan surat terbuka untuk menanggapi pemberitaan yang simpang siur dan dirasakan berat sebelah di media massa serta sanksi dari Komdis PSSI yang sangat memberatkan Aremania. Surat terbuka ini ditandatangani oleh perwakilan Aremania se-Malang Raya diantaranya Haji Slamet, Surtato, Marheis, Tembel, dan Yuli Sumpil. Salinan surat selangkapnya bisa di download di sini.

Berikut beberapa kutipan dari surat terbuka Aremania tersebut.

Kepada
Yth: Masyarakat Sepakbola dan Bangsa Indonesia

Surat Terbuka

Salam Satu Jiwa,
Kami Aremania yang tergabung dalam Tim Pengungkap Fakta Tragedi Brawijaya Kediri menyampaikan:
1. Permohonan maaf kepada seluruh bangsa Indonesia khususnya insan dan masyarakat sepakbola atas terjadinya tragedi Brawijaya (16-1-2008) sebagai bentuk kekhilafan kami dan yang kami lakukan adalah sebagai bentuk reaksi dari adanya aksi anti fair-play yang dilakukan oleh official pertandingan.

2. Memohon maaf kepada masyarakat Kediri yang merasa cemas, resah, dan menjadi korban pada saat itu. Apa yang kami lakukan hanyalah aksi pembelaan diri. Sebab sejak kami berangkat saat memasuki perbatasan Kediri hingga pulang dan akan keluar dari kota Kediri, ada beberapa oknum masyarakat di Kediri yang dengan sengaja memprovokasi bahkan melempari kendaraan kami hingga jatuh korban.
Meskipun kami juga sadar ada beberapa oknum Aremania yang bertindak di luar koordinasi kami.
Kami juga sadar dan tahu betul apa yang dirasakan oleh masyarakat Kediri melihat stadion kebanggaannya menjadi korban, hal ini kami anggap sebagai konsekuensi dan resiko atas kesediaan menjadi tuan rumah delapan besar.

3. Menyayangkan sikap dan keputusan komdis, yang kami anggap berat sebelah dan mengaburkan fakta-fakta yang semestinya bisa dijadikan sebagai acuan fakta pertimbangan sebelum memutuskan sanksi antara lain:
– sikap perangkat pertandingan (wasit & AW) yang bertindak jauh dari kesan fair play dan adil sehingga menjadi pemicu kawan-kawan kami untuk melakukan aksi sebagai cara penyadaran, namun ternyata aksi penyadaran yang kami lakukan tidak membuat official pertandingan segera berbenah
– penempatan venue delapan besar di stadion Kediri yang jauh dari standar yang menjadi acuan oleh PSSI dan BLI (manual liga dan penetapan grid stadion layak versi BLI)
– adanya pagar pembatas tambahan di daerah sentelbench, hal ini sangat diharamkan BLI jika ada di kandang Arema (Stadion Kanjuruhan Malang), namun di Stadion Brawijaya mendapatkan ijin, tentunya ini menjadi standar ganda bagi PSSI dan BLI dalam penindakan terhadap apa yang tertulis dalam manual liga
– tidak adanya match steward yang berjaga selayaknya di stadion Manahan Solo sebagai babak delapan besar lainnya
– kapasitas stadion yang jelas tidak memenuhi syarat jika dibandingkan dengan Stadion Delta Sidoarjo, Tridarma Gresik, dan Kanjuruhan Malang
– jumlah aparat keamanan yang bertugas berdasarkan pengalaman kami sangat kurang apalagi even setingkat delapan besar Ligina
– adanya indikasi kesengajaan untuk menjebak dan merusak nama baik Arema dan Aremania pada perhelatan delapan besar ini yang bisa kami rasakan sejak pengurusan tiket hingga melihat kesiapan panpel.

5. Kami Aremania memohon adanya pemberitaan yang berimbang dari seluruh insan media massa tentang perihal tragedi Brawijaya. Hal ini didasari kami Aremania juga banyak yang menjadi korban traged, dapat dilihat dari banyaknya kerusakan kerugian yang juga kami alami antara lain rusaknya kaca di 27 kendaraan bus pengantar (data di luar kendaraan pribadi), adanya beberapa Aremania yang harus dirawat di rumah sakit Kediri.

6. Kami Aremania siap menerima hukuman se-objektif dan se-proporsional mungkin dengan syarat panpel juga harus dihukum dan dikenakan sanksi atas keteledoran dan ketidaksiapannya.

7. Wasit Jajat Sudrajat diperiksa beserta asisten wasit dan official pertandingan yang bertugas saat itu diperiksa dan diberikan hukuman seberat-beratnya karena mereka jugalah yang menjadi dalang atas aksi kami.

8. Mohon dengan hormat agar PSSI, BLI, Menegpora, dan Presiden Republik Indonesia ikut bersikap tanpa berintervensi terlalu berlebihan terhadap kondisi sepakbola Indonesia yang jauh dari fair-play.

9. Keberadaan prestasi kami selama ini, baik sebagai pelopor suporter terkoordinir Indonesia sebagai kelompok suporter pertama yang mendapat sertifikat terbaik dari PSSI – Agum Gumelar ataupun sebagai kelompok suporter yang mengadakan dan menggagas Indonesia damai 2007 hendaknya menjadi pertimbangan tersendiri dalam pengambilan keputusan. Apalagi kami merupakan kelompok suporter satu-satunya di Indonesia yang harus menghidupi tim kami melalui tiket. Sebab Arema merupakan satu-satunya tim yang tidak menggunakan uang rakyat atau dana APBD.

10. Tak lupa kami Aremania mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu kami. Media elektronik maupun cetak, serta perhatian dari insan sepakbola Indonesia.

Demikian surat terbuka kami kirimkan kepada seluruh pihak-pihak yang terkait dengan harapan demi kemajuan sepakbola nasional.

Jayalah sepakbola Indonesia, salam satu jiwa… Arema

Malang, 20 Januari 2008
atas nama Aremania

Salinan surat selangkapnya bisa di download di sini

Iklan

78 pemikiran pada “Surat Terbuka dari Aremania

  1. Jantan …….

    Memang meminta maaf dan menyesal dengan sepenuh hati adalah sifat dari orang yang mulia….

  2. Salut buat Aremania. Mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari. Entah bagaimana caranya membangun persepakbolaan Indonesia agar lebih baik.

    Di Bandung, setiap kali digelar pertandingan Liga Djarum Super, masyarakat menjadi harus lebih waspada, was-was, memilih untuk tidak berkendaraan ke luar karena takut tindakan anarkis oknum bobotoh.

    Ketika Persib gagal melaju ke 8 besar, saya sedih sekaligus gembira. Sedih karena tim kesayangan gagal berlaga di 8 besar. Gembira karena untuk beberapa saat sebagai warga kota Bandung, bisa agak bernafas lega dan tidak was-was…

    Seperti itukah wajah sepakbola kita?

  3. Kita masih bisa mendukung arema kecuali lwn persiwa tgl 21januari. Tp kalau memang dilarang pake atribut aremania, sebaiknya aremania tetap memakai sesuatu yg seragam entah itu slayer,kaos hitam/putih atau yg lain. Hal ini ayas maksudkan utk menghindari penyusup atau provokator yg akan merusak citra aremania. Hal tsb jg bs kita pake jd alasan kpd pelaksana pestandingan sbg itikad baik kita agar penonton lbh mudah diawasi

  4. Arema ojo mundur. . arema lek osi juara Superliga pertama,lak oyi ta ker. . aremania kudu gawe gebrakan sing ciamik ndik superliga engkuk. Cek e melek matane sing kadit ngenes aremania

  5. Yup, surat yang lugas, jelas, transparan dan jantan. PSSI harusnya menjawab dengan jantan juga surat terbuka dari arema.. Semua harus instrospeksi, terus menyalahkan satu dan lainnya bukanlah tindakan membangun. Kita bangun fair play dari sekarang! salam satu jiwa! n senyum :)

  6. @ Zaldy :
    oyi sam, kebetulan ayas awan mau lewat stasiun trus mampir arek2 d kono, slm gawe nawak2 satujiwa

    @ loper :
    smga niat mulia ini dibarengi niatan mulia PSSI & BLI mengurus sepakbola nasional

    @ Ram-Ram Muhammad:
    setahu saya bobotoh tdk seseram yg anda ceritakan, mgkn sebagian/oknum saja, citra sepakbola kita memang berada di tangan suporter, slm u/ tmn2 bobotoh/viking

    @ Alex :
    oyi, kita tunggu saja kelanjutan banding kita

    @ Nade :
    Pak SBW, iki lho suarane arek2… ojo mundur Pak.. Aremania slalu mendukungmu

    @ azaxs :
    surat ini sdh dikirim ke PSSI & BLI, smoga cepat ditanggapi, kita tunggu saja respon mereka. SLM SATU JIWA

  7. salam satu jiwa Arema……….ayo maju terus pantang mundur,buktikan kalau Arema bisa juara liga.matane PSSI ma BLI jarno keto’ siapa Arema sebenarnya

  8. Wasite karo hakim garise kipa ndik deltras. 19 menit 1 gol tercipta 2 peluang emas.ruaarr biasa arema.kalian benar2 berjiwa singa

  9. garangnya singa2 di sisa waktu 19 menit!
    pak SBW,ndelok samean ngomong maeng aku ndredek lop hare :D

  10. terima kasih Allah,engkau memang maha adil, (biarpun hampir aja menang). bukti ini akan membungkam tangan2 jahil dan mulut-mulut kotor yang mendiskriditkan AREMA.

  11. @ AndREMANIA :
    suwun boss,, slm gawe Aremania Batavia
    untuk rekan2 Aremania Kampus yg lain, mohon disebarluaskan juga.. nuwus, salam satu jiwa AREMA

    @ semuanya yg bersyukur hasil Arema vs Persiwa 2-2
    alhamdulilah Arema akhirnya tidak mundur, mskipun tidak menang, smoga ini menjadi langkah awal yg baik untuk menatap 2 laga sisa

    SURAT TERBUKA AREMANIA TELAH TERKIRIM DAN DIMUAT DI DETIKSPORT.COM
    http://www.detiksport.com/ligaindonesia/index.php/home.read/tahun/2008/bulan/01/tgl/21/time/133015/idnews/881793/idkanal/76

  12. ALLAH SWT MENDENGAR DOA KITA REK….
    WALAUPUN SERI LAWAN PERSIWA TAPI SEMANGAT PUNGGAWA SINGO EDAN PATUT DIACUNGI 4 JEMPOL.ROH SINGO EDAN TELAH MERASIK KE SEGENAP DADA PEMAIN AREMA.LAWAN BADAI PEGUNUNGAN SUDAH SELESAI SUDAH SAATNYA SAM GETHUK MENYAJIKAN MENU SOP “SRIWIJAYA” KARO AYAM GORENG “KINANTAN” SAYANG GULAI “BAJUL” NGGAK ISO DISAJIKAN DI BABAK 8 BESAR INI.DAN BUAT NAWAK2 AREMANIA SEMUANYA YANG MAU KE STADION DELTA SIDOARJO MENDUKUNG AREMA VS SRIWIJAYA DAN PSMS MOHON HATI2 DI DAERAH KEJAPANAN DAN SEKITARNYA KARENA OKNUM SAKERAMANIA DAN BONEK JANCOK SUDAH MENYIAPKAN “AREA PERANG” DENGAN AREMANIA.MEREKA SIAPKAN SENJATA DAN BONDET YANG SETIAP SAAT BISA MELUKAI AREMANIA.
    KAMI BANGGA DENGAN AREMANIA YANG SECARA JANTAN DAN KSATRIA MENGAKUI KEKHILAFAN ,KESALAHAN DAN MOHON MAAF KEPADA SEGENAP INSAN SEPAKBOLA TERUTAMA MASYARAKAT KEDIRI YANG TELAH RESAH DENGAN KERUSUHAN SAAT AREMA VS PERSIWA. AYO MANA ADA SUPPORTER DII INDONESIA YANG SECARA JANTAN MENGAKUI KESALAHAN DAN MEMINTA MAAF DIRUANG PUBLIK SECARA TERBUKA…..
    AREMANIA WILL NEVER DIE…..

    http://WWW.BISNIS-ECERDAS.CJB.NET
    (SOLUSI KEBEBASAN FINANSIAL ANDA)

  13. Rekan-rekan Aremania bisa membantu proses banding Aremania yang diupayakan oleh tim advokasi dengan cara mengirimkan/menyerahkan bukti foto, rekaman video, atau bukti-bukti lain ttg kejadian di Kediri (16/1/08) yang dapat dipertanggungjawabkan. Bisa dikirim/diantar langsung ke:
    Studio D’Kross
    Jl. Terusan Kayan A.137 Bunul Malang
    telp. 410629, fax. 414609
    contact person: Ade D’Kross 7007010

  14. – Salut gawe dedengkote AREMANIA yang bikin surat terbuka untuk rakyat Indonesia ( tak sebar nang nawak2 Borneo)
    – Salut gawe sam SBW
    – Salut gawe Singo Edan 2-2 ( kudune nganem ker!)
    – Kalo jadi ke Sidoarjo ati-ati ker ( kita harus lebih waspada )

  15. Melihat permainan arema lawan persiwa ayas teringat arema th92 saat merebut juara galatama 13. Pemain terus mengejar bola dan begitu lapar bikin gol. Pemain belakang jg garang tanpa kompromi. Dan kini di liga indonesia 13 ayas lihat semangat itu telah kembali. Ayas cm bisa berkata ONGIS NADE is BACK. . .! waspadalah. . waspadalah. . Kami akan memboyong piala itu ke bumi arema.. Allahu akbar doa kami menyertaimu ongis nadeku

  16. Olob2 kabeh ayas ewud pesan ewag umak kabeh sing kate ladub nang stadion delta : 1.kita harus terkoordinir lek iso budal bareng ngalup bareng masio uyel2an 2.jgn mudah terpancing ulah oknum di perjalanan. Misal digudo titik jarno ae 3.di stadion jgn ada lemparan atau aremania masuk lapangan masio hasile yok opo ae. Dicurangi wasit balesen di ilokno kata2 ae 4.sing paling penting berdo’a smoga Allah meridhoi perjuangan kita Dadi arema osi arauj suportere yo disegani,lak oyi tah ker

  17. Ikonade,umak iki ndredekan makane talah lek kate tahil arema nakam disek. Tp ayas maeng yo rodok ndredek sakjane hehe. .

  18. Malang Kucekwara – Tuham Menghancurkan Kebatilan

    Mantap Singaku…ditengah2 polimek2 gak jelas, km masih bisa 2-2 dengan persiwa. Possesion jelas dominan di pegang Arema…mantap…..

    Gol Mbamba kemaren benar2 meluruhkan segala kekisruhan dan tensi emosi ayas ketika menyaksikan di Antv. bagaikan oase di tengah gurun PSSI.

    REVOLUSI PSSI SAMPE MATI.

    GALANG REFORMASI PSSI SENASIONAL, AREMANIA PELOPORNYA…..

  19. Surat klarifikasi spt ini memang dibutuhkan. Saya juga nggak setuju Aremania dihukum 3 tahun sedangkan Jajat sebagai pemicu “cuma” dikembalikan ke BWSI.
    Semoga proses bandingnya lancar. :)

  20. guolll…sumpa rek,ayas ae seng kadit doyan bal-balan mbrebes mili ket mbamba ngegolno nang sidoarjo…
    wah ayas ko dadi ngefans karo arema yo?

  21. semoga surat terbuka ini bisa membuka mata, hati dan telinga siapa saja yang peduli dengan sepakbola indonesia.

    HIDOEP fairplay untuk pemain, suporter, wasit, manajemen, dan siapa saja yang suka bal balan…

  22. okinade, kera siob ayas kadit omrit ndredek.. ayas malah nangis.. nangis terharu.. mati urip arema.. Viva Arema..

  23. ongis nade…..sudah membuktikan bahwa sepakbola adalah milik semua orang..terutama AREMANIA…dan bukan menjadi monopoli PSSI yang semakin tidak jelas aturannya, VIVA AREMA…..we will always be with u…

  24. Arema sayangku, ayas bantu doa teko adoh wae cek sopo seng salah cepet ketemon, masalah e cepet bubar dan jeneng e Arema harum kembali dan osi berprestasi lebih baik lagi…

  25. Alhamdulillah itu adalah kata yang cukup untuk kita ucapkan.. di tengah-tengah polemik PSSI yang terus mematikan arema.. ternyata arema dengan satu jiwa dari pemain dapat meraih hasil terbaik melawan persiwa.. meskipun seharusnya kita dapat meraih kemenangan tapi ga perlu kita sesali, paling tidak hasil ini adalah langkah awal arema untuk menjadi lebih baik lagi…

    semoga di dua pertandingan nanti arema diberi kemenangan oleh yang diatas.. doa segenap aremania dan seluruh warga malang akan selalu menyertai arema berlaga.. AMIIEENNN

    Untuk rekan-rekan yang akan berangkat ke sidoarjo saya harap berhati-hati… kita dari aremania SURABAYA banyak mendengar berita bahwa akan ada penyusup dari musuh bebuyutan kita.. BONEX MANIA.. kami dapat info dari AREMANIA CAMPUS yang ada di surabaya…

    Untuk itu diharapkan koordinasinya dapat diatur dengan baik untuk menghindari adanya provokasi dan tindakan anarkis.

  26. buat aremania saya turut prihatin, mudah2an kejadian kayak gini yang terakhir, dan usul aja nih PSSI juga direvolusi masa ketua-nya narapidana (apa kata dunia), suporter terbaik copa dji sam soe koq bikin rusuh (apa pula ini) untuk aremania mudah2an diberi jalan yang terbaik dan menjadi pelajaran buat suporter seluruh Indonesia tidak terkecuali kami! PEACE!

  27. TAK ENTENI KER NDEK GELORA DELTA
    LEK OSI NGGAE KOSTUM SENG ANEH-ANEH GAKPOPO
    CEK ERO MASIO GAK NGGAWE ATRIBUT AREMA NAWAK2 TETEP KETOK KREATIFITASE
    OYI

    ATI ATI KER, LEK OSI ONOK SENG NGGOWO HANDYCAM GAWE JOGO2 NDEK DALAN LEK ONOK OPO2 DIREKAM AE

    S1J

  28. GAKPAPA KER DUKUNG AREMA GAK PAKEK ATRIBUT
    AKU NGERTI JIWA KALIAN TETEP AREMA
    BAGIKU HATI KALIAN SUDAH DISABLON LOGO SINGA
    TANPA ATRIBUTPUN KALIAN TETAP AKAN BEDA DNG SUPORTER LAIN
    DAN TANPA ATRIBUT PUN KALIAN TETAP KELIHATAN AREMA-NYA
    OYI

    S1J

  29. Bagaimanapun ‘Arema’ telah memberikan warna tersendiri di persepakbolaan Indonesia. Bila ada kejadian seperti ini hemat saya karena rasa memiliki dari Aremania, hanya saja biasanya pada keadaan genting seperti ini suka ada ‘yang mengail di air keruh’.
    Mudah2-an PSSI/Pemerintah dapat menilai secara obyektif peristiwa ini, apapun putusannya agar bersifat mendidik, membangun. Jangan ke arah yang mematikan. ….. semoga.

  30. Saya sebagai orang Kediri, kecewaaaa beraaat dengan tamu-tamu saya (yang selain TELAH menimbulkan rasa takut berlebihan, meciptakan kengerian serta menimbulkan KERUGIAN MORAL dan MATERIAL bagi Saudara-saudara Saya yang tinggal di epanjang jalan perlintasan Kediri Malang), masih pula MAMPU MENGGUNAKAN STANDAR GANDA dengan meminta maaf SEKALIGUS MENUDUH MASYARAKAT KEDIRI TELAH MENTEROR ” AREMANIA” SEJAK AWAL HADIR di kota Kediri. Lho,…..”iki eyip?” ….Njaluk ngapuro kok karo memfitnah….
    Perkoro Sampeyan-sampeyan ngamuk kambek wasite kek, karo panitiane kek, monggo kuwi urusan sampeyan dewek…..tapi ojok nyalahno masyarakat Kediri karo nuduh memprovokasi, melempari, sampek jatuh korban. Iu jenenge mendramatisasi kambek golek PEMBENARAN AWAKE DEWEK, terus gak mikirno wong liyo (masyarakat Kediri sing dadi korban, sing gak ngerti juntrungane sampeyan ngamuk ndok omahe wong liyo). Gak mungkinlah nek “Aremania” sopan, santun, ramah, semanah, apek-apek, terus tiba-tiba wong Kediri mbandemi watu sampeyan, (mergo masyarakat Kediri ijik waras kok mas,…ojok ngono po-o rek).
    Nek njaluk ngapuro kanti ikhlas lan jujur, yo sing apiiik, sing sopan, sing gak gae masalah anyar (gak “mitnah”), ngono lak tepak cak, sokor-sokor masyarakat Kediri sing dirugekno omahe rusak, diparani apik-apik terus omahe didandani opo dibayari nggae duwik ben dinggo ndandani, kari njaluk nagapuro. Waaah nek iso ngono GENTLEMEN TENAN ‘AREMANIA’. Iso gak yo? Yo embuh, terserah sampeyan-sampeyan, jarene simbah (Macan Putih) nek salah karo menungso yo njalukko napuri karo menungso kanti coro sing BECIK.
    Wis sakmene ae disik, salam tekok salah sijine “cah DIRI alias Bocah Kediri”. Sepurane yo cak!.

  31. Saya sebagai orang Kediri, kecewaaaa beraaat dengan tamu-tamu saya (yang selain TELAH menimbulkan rasa takut berlebihan, telah meciptakan kengerian serta telah pula menimbulkan KERUGIAN MORAL dan MATERIAL bagi Saudara-saudara Saya yang tinggal di sepanjang jalan perlintasan Kediri Malang), eee…eee…masih pula MAMPU MENGGUNAKAN STANDAR GANDA dengan meminta maaf SEKALIGUS MENUDUH MASYARAKAT KEDIRI TELAH MENTEROR ” AREMANIA” SEJAK AWAL HADIR di kota Kediri.
    Lho,…..”iki eyip?” ….Njaluk ngapuro kok karo memfitnah….
    Perkoro Sampeyan-sampeyan ngamuk kambek wasite kek, karo panitiane kek, monggo kuwi urusan sampeyan dewek…..tapi ojok nyalahno masyarakat Kediri, karo nuduh memprovokasi, melempari, sampek jatuh korban. Iku jenenge mendramatisasi kambek golek PEMBENARAN AWAKE DEWEK, terus gak gelem mikirno wong liyo (masyarakat Kediri sing dadi korban, sing gak ngerti juntrungane sampeyan ngamuk ndok omahe wong liyo). Gak mungkinlah nek “Aremania” teko karo sopan, santun, ramah, semanah, apek-apek, terus tiba-tiba wong Kediri mbandemi watu sampeyan, (mergo masyarakat Kediri ijik waras kok mas,…ojok ngono po-o rek).
    Nek njaluk ngapuro kanti ikhlas lan jujur, yo sing ikhlas, sing apiiik, sing sopan, sing gak gae masalah anyar (gak “mitnah”), ngono lak tepak cak. Sokor-sokor masyarakat Kediri sing dirugekno omahe dirusak, diparani apik-apik terus omahe didandani, opo dibayari nggae duwik ben dinggo ndandani, karo njaluk nagapuro pisan . Waaah nek iso ngono GENTLEMEN TENAN ‘AREMANIA’.
    Iso gak yo?
    Yo embuh, terserah sampeyan-sampeyan, jarene simbah (Macan Putih) nek salah karo menungso yo njalukko ngapuro karo menungso kanti coro sing BECIK ben entuk palilah.
    Wis sakmene ae disik, salam tekok salah sijine “cah DIRI alias Bocah Kediri”.
    Sepurane yo cak!.

  32. Buat yang ngelola blog ini saya usu:untuk comment uang isinya mengadu domba seperti thekbonek kemarin,lebih baik gak usah di approve,cuma bikin senep aja,juga smakin memperburuk hubungan dgn suporter lain di Indonesia Raya. belum tentu juga itu ulah segelintir orang yang gak suka dgn arema terutama, dan juga persatuan suporter indonesia. Kalo yang isinya kritik gak apa sam,demi kmajuan arema, aremania dan juga suporter dan sepakbola indonesia. Viva Arema,salam satu jiwa…AAA REEE MAAAAAAAA !!!!!!

  33. klub yang tidak menggunakan APBD?…oh ada toh
    ternyata Arema..the lion itu
    saluted…saluted..ini baru namanya klub…

    klo soal kerusuhan…jangan nyalahin Arema semata
    gimana klo bubarin aja pengurus PSSI…!!!

    pemimpinnya nggak bener gimana yang dibawahnya…..

    dunk….

  34. Surat Terbuka dari Aremania, perlu kita baca dan kita sampaikan keseluruh suporter di Indonesia dan masyarakat Indonesia. Klo PSSI tidak berbenah persepakbolaan indonesia tidak akan pernah tampil di ajang World Cup. krana msh banyak oknum yang kurang sadar diri.
    Saya Aremania tetap Junjung FAIRPLAY.

  35. sesama aremania mari kita buktikan ,untuk lebih jantan dengan tak melempar apapun ketengah lapangan dan tindakan lain yang menjelekkan nama aremania ,MAT bERJUANG AREMA !!!!

  36. Hebat, salut buat arema salam buat Cak slamet dkk
    Ayas kera singosari siap dukung deehhh

    Salam.
    Cak Arif

  37. Klo loe semua lebih sabar, tidak akan terjadi men!!!
    wasit tidak adil itu lebih baik dari pada g ada wasit, bener kan???
    mending elo kmrn sabar, klo mmg merasa dicurangi, elo-elo kabeh bisa tuntut setelah itu, bisa jadi malah dpt uang klo bs dibuktiin…
    menurut gue, ini kesalahan fatal dari Koordinator Lapangan Aremania..
    so…
    jgn sedih, klo elo jantan, harus berani menerima resiko/hukumannya, lain kali jgn diulangi…
    oke…
    salam peace
    dari supporter fair SFC

  38. Jangan sampe kejadian hukuman Persebaya terulang lagi…
    Semoga,, JaTim bisa jadi parameter sepak bola nasional.
    Bukannya parameter rusuh-nya suporter.

    Viva Persebaya & Arema.

  39. emang pas arema lawan persiwa di stadion brawijaya kediri wasit emang gak sportif kan gol 3 dari mbamba padahal itu gak ofside jadi hidup arema

  40. satujiwa arema-aremania
    tak lekang oleh waktu
    tak pupus oleh tirani

    satujiwa arema-aremania
    bersama menggapai asa
    meraih cita-cita

    satujiwa arema-aremania
    menggapai kemenangan
    dengan damai dan elegan

    air mata aremania adalah do’a
    ketegaran managemen adalah asa
    totalitas pemain adalah usaha

    kita bisa karena arema-aremania adalah satujiwa

  41. AremA Jan MBuuOyyisssssss………

    Eman Yo oRa IsO NgAnEm………..

    Tapi Ora po’o…. AremA Maringene Juara….

    Bersihkan NamA aRemaNia Dg MeRaIh TiTelL LigA…..

    OYYYi !!!!

    Salam Sthu Jhiwa Aa…Rrrrrr…emmmmmA !!!!!!!!

    Preter-Aremania NerutZ

  42. surat terbuka kepada masyarakat sepakbola ayas anggap sbuah nilai gentle “yang tidak pernah” dilakukan oleh kelompok supporter manapun! ya walaupun menurut si edukasipress kurang, tapi nobody’s prefect!
    sam edukasipress, njaluk sepuro iku ae wes apik, mosok sampeyan kate njaluk luwih, dan apakah sampeyan berani menjamin tidak ada dendam sama sekali antara masyarakat kediri terhadap aremania? nek sampeyan wani MENJAMIN!!! tidak ada pemukulan, pelemparan, pisuh-pisuhan terhadap AREMANIA saat njaluk sepuro secara fisik nang kediri, baik sebelum maupun sesudah, ayas secara pribadi ladub nok kediri njaluk sepuro, oyi ker?

  43. @ Niko :
    semoga memori indah anda ketika Arema juara Galatama akan terulang musim ini, amiin…

    @ Nade :
    oyi, nawak-nawak Aremania mesti jaga diri & emosi, insya Allah osi ker…

    @ p4ndu_454kura :
    bukan hanya Jajat, tapi PSSI dan BLInya juga

    @ rwinciyin :
    itulah bedanya arema dgn klub2 lain mas… anda akan merasakannya sendiri

    @ Aremania AYABARUS :
    dukungan & masukan dr nawak2 Aremania Ayabarus sgt berguna bagi semua Aremania yg besok akan berangkat ke Ojraodis

    @ penggemar persib :
    hatur nuhun atuh akang… semoga semangat revolusi PSSI bisa kita tularkan ke semua insan sepakbola nasional, demi arah sepakbola yg lbh baik

    @ AREMANIA SIDOARJO :
    oyi2, ketemu mene d stadion delta

    @ TH :
    harapan anda hampir sama dgn harapan kami Aremania

    @ edukasipress :
    kalo boleh sy tebak, pasti anda adalah orang kediri yg tidak berada di kediri saat kejadian berlangsung, dan hanya mengetahui beritanya dari koran dan berita tv/internet, saya tidak menyalahkan komentar anda, tapi prihatin karena anda berkomentar tanpa mengetahui keadaan yg sebenarnya. selebihnya, ayas idem sama dipyprast :D

    @ arcel :
    nuwus boss u/ masukannya, kita pertimbangkan dulu, slm ini pedoman ongisnade adalah menampilkan komentar yg masuk apa adanya, untuk menunjukkan “seperti ini lho” tanggapan “mereka”, kalau toh mengandung unsur caci maki/adu domba, ayas rasa kita sudah bisa membedakan mana komentar bijak dan mana komentar norak, mana komentar yg asal ketik, mana komentar yg “ilmiah” hehehe… lagian, kalo kita bales dgn misuh2 juga, lalu apa bedanya kita dengan mereka? atau mungkin anda punya masukan lain? monggo… slm satu jiwa

    @ the jack :
    slm u/ rekan2 Jakmania

    @ sriwijayafc1 :
    slm kenal u/ rekan2 sriwijaya mania/singamania (ini adiknya singo edan ya? hehehe…)
    kalau anda kemarin hadir lngsng d stadion brawijaya kediri, akan kagum bagaimana singamania dan aremania berbaur menjadi satu, bernyanyi bersama, beratraksi bersama
    kita tidak bisa menyalahkan korlap aremania, karena memang kita tidak punya korlap, kalau anda baca detil peristiwanya, pasti anda mengerti kenapa peristiwa kemarin sampai terjadi
    kami secara jantan juga siap menerima hukuman, seperti yg tertulis pada surat terbuka aremania
    slm peace juga u/ rekan2 singamania

    @ co_freelance :
    gpp sam… suwun wis menyebarkan surat terbuka aremania, silahkan diperbanyak dan disebar ke rekan2 & kelompok suporter lain yg anda kenal

    @ dipyprast :
    nuwus… smga kesalahpahaman diantara aremania (warga malang) dengan oknum persikmania & warga kediri cepat terselsaikan, karena kita semua sama2 jadi korban. kita tidak pernah menginginkan permusuhan aremania – persikmania. slm untuk rekan2 persikmania & aremania erap

  44. Singo Edan…
    Kami salut dengan Arema…
    Jujur kami sangat menyanyangkan kejadian itu.
    Gue tau elo2 semua ikut dukung SFC waktu melawan PSMS, kita mksh banget n gue udah bilg ketemen2 singamania agar tetep belain Arema meskipun komdis sudah g mau pusing menarik keputusannya lagi.
    Tapi ELO MAU JANJI GA TETEP SEMANGAT DAN MENDUKUNG SPORTIFITAS?
    JANGAN ADA LAGI KERUSUHAN MEN…
    OK
    SRIWIJAYAFC1 said Aremania juga terbaik…

    SFC1
    sriwijayafc1.wordpress.com

  45. Assalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

    Ada utas poin yang disebut oleh edukasipress yang sebelumnya juga ayas usulkan, yaitu mengganti atau setidaknya membantu hamur-hamur di Iridek yang ajor karena kesalahpahaman nawak-nawak. https://ongisnade.wordpress.com/2008/01/17/satukan-hati-jiwa-demi-arema/#comment-787

    Ayas setuju dengan yang dikatakan sam admin, kalo sam edukasipress mungkin tidak berada di lokasi kejadian kerusuan. Sepertinya di Artupanes pernah ada yang menelpon dalam acara Bol Bas-basan Bol kalau dia mempunyai rekaman tentang pelemparan yang dilakukan segelintir orang yang berada di Iridek (bukan berarti orang Iridek) pada saat rombongan Aremania melintas yang juga disertai wawancara dengan warga Iridek. Kalo ngga salah nawak di Taflus, monggo di follow-up, kalau bisa di convertkan ke kita-kita dengan resolusi yang kecil saja dan format yang kecil (divX, rm) agar mudah didonwload. Oyi jes?
    Hal ini penting agar dapat meredam setiap suara-suara miring, dan perlu diingat, pelaku pelemparan tersebut bukan berarti warga Iridek (sampai dibuktikan selanjutnya), karna seperti disinyalir pada kejadian-kejadian sebelumnya, bisa saja oknum-oknum bentukan dari pelaku konspirasi untuk menjatuhkan Arema dan Aremania. Memang sulit dibuktikan, meskipun kasat mata.

    Sekali lagi, tolong sam admin, agar disampaikan kepada nawak-nawak lain untuk bisa dikoordinir mengenai urunan. Ide ayas yang paling mungkin direlisasikan adalah dengan mengumpulkan mengganti kehadiran kita di Sidoarjo dengan urunan. Kalau holopes ubir Aremania yang urunan, dikalikan harga tiket aud hulup amil ubir sudah aud sutar tekes juta. Meskipun tidak dapat mengganti kerugian hamur-hamur sing ajor, setidaknya dapat membantu. Hanya saja untuk penyalurannya jangan Aremanisa sendiri yang memberikan, tapi diwakilkan ke walikota Iridek, yang kalo ngga salah inget beliau juga Arema dari mBetek.

    Arema pasti tambah semangat jika ketidakhadiran Aremania dikarenakan tujuan yang sama besarnya, juga sebagai wujud nyata permintaan maaf.

    Wassalaamu`alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

  46. Seandainya aku dekat wasit dan assisten wasit saat itu, mungkin aku akan minta wasit berhenti sejenak dan bersama sama mempelajari goal-goal AREMA, tapi karena aku di Samarinda, yaa isine yo muk mangkel thok.. soale wasite yo ngono iku konyok telo
    Tapi sportivitas diatas segalanya, Allah memberikan goal terbaik untuk AREMA dan secara de jure memang 2-2, tapi de facto nyoto-nyoto ndek lapangan yo AREMA NGANEM,
    Selanjutnya SINGO-SINGO AREMA TERKAM SEMUA LAWANMU, HABIS SEMUA MUSUHMU itu musuhmu wong sing dadi pengurus PSSI sing BANG… !!!
    Salam satu Jiwa, Arema tidak kemana mana tapi ada di mana-mana

  47. Saya bukan warga Malang. Tetapi, melihat antusiasme Aremania yang sportif sebelum kejadian di Kediri, saya sangat kagum. Namun, kejadian di Kediri telah menjadi noda besar.

    Seandainya semua kesalahan menjadi lunas dengan kata maaf, dunia ini sungguh ideal. Tetapi, ini sebuah realitas.

    Apa yang dilakukan oleh Aremania tidak hanya menjadi masalah sepakbola di tingkat nasional. Tetapi, kejadian ini menyebar juga secara global. CNN memberitakan ini secara internasional. Dan ini harganya terlalu “mahal”.

    Untuk ide dari Aremania, untuk urunan, atas kerusakan rumah warga Kediri, itu sudah konsekuensi. Tidak ada alasan lain untuk tidak melakukan itu. Kalau itu sampai tidak dilakukan, “MAAF” saya mengatakan, Aremania sudah melarikan diri dari tanggung jawab atas kesalahan kolektif yang dilakukannya.

    Smoga “kami” semua, insan pecinta sepakbola nasional, menunggu tindakan “nyata” Aremania untuk apa yang dilakukannya di Kediri.

    Kalau hanya surat terbuka ini yang disampaikan, yang intisarinya lebih pada “pembelaan diri”. Saya pribadi, mengatakan “MAAF”, ini belum cukup.

    Sri Sadono
    sadono.sri@gmail.com

  48. Assalamualaikum,

    Saya menaruh simpati yg mendalam buat Tim AREMA dan AREMANIA atas kejahatan yg dilakukan wasit, ajat sudrajat. Sebagai seorang pengadil, tapi berakting sebagai pemain ke-13 tim lawan. Sepertinya dia punya misi harus membuat AREMA kalah malam itu. Siapapun yang punya hati nurani, pasti melihat kecurangan ajat sudrajat. Dan saya yakin, Tuhan akan memberi balasan yg setimpal atas kecurangannya.

    Bagiku, AREMA tetaplah sebuah tim yang bagus, saat ini kalian hanya dikalahkan oleh wasit bukan tim lawan.

    Wassalam

    Ucok, PSMS Fans

  49. Aremania Cerdas, dilarang menggunakan atribut, Aremania menjelma menjadi “Wong Malang” dan selalu mendukung Arema ketika melawan sriwijaya FC walau harus menelan kekalahan. Rek ayo podo dungo dinungo mandar mugo arek-arek seng melok andil marekne masalah di ke`i kesabaran lan ketabahan. Aku selalu mengikuti beritamu walau tidak kemana-mana tapi berita ada dimana-mana. Abah Slamet, Yul… maju terus… (Aremania Kromengan)

  50. Terima Kasih Untuk para Punggawa AREMANIA yang memberikan Pemikiran dan pernyataan walaupun kalah cepat dengan para KOMDIS PSSI yang memberikan keputusan yang cepat, ngawur, dan sedikit berbau Kebusukan padahal PSSI saja tidak bisa mengeluarkan Keputusan atau Statement saat Ketuanya berstatus Terhukum…..
    Tapi di sini PSSI lupa bahwa masyarakat Tidak seperti 50 tahun yang lalu. Masyarakat sekarang cerdas2 dan sudah bisa melihat yang mana benar dan yang mana Salah…
    Tetap Semangat,Berjuang, Maju terus, dan AREMA tetap akan ada di Hati Sanubari AREMANIA SELURUH DUNIA…..
    Salam Satu Jiwa……
    Just PISS no PSSI !!!!

  51. hiduppppppp……………. aaaaaaaaaarrrrrrrrrreeeeeeeemmmmmmaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    maju truzzzzzz arema & salut untuk aremnia atas krativitasnya slama ini (meski kau berbuat anarkis di kediri, kau tatap smangat dlm mendukung ongisnade) ………………..ssssaaaaalllllluuuutttttttt kkkeeerrrrrrrrrrrr………..!!!!!!!!!!!!!

  52. hoooooooiiiiiii,singo edan tenan,ojo BraWijayA sing di rusak eman eman,kantore pssi jancok wae sing di bakar,

    B; bajingan
    L; lungsuran
    I; isone gawe rusuh

    J; jancok P; penghancur,S;epak bola,Seluruh
    A; asu I;ndonesia
    J; jamput
    A; arogan
    T; taek

    S; supaya di bakar
    U; untune mrotol
    D; di laknat
    R; rai gedhek
    A; abab e mambu
    J; juragan arak
    A; antemi ae
    T; temu tak bacem

  53. @ Harun :
    wa’alaikum salam
    oyi, nuwus masukan & infone,,, sbg info tambahan, posko bantuan Aremania di studio D’Kross sudah ditutup, saat ini semua berkas sudah dilimpahkan ke tim pencari fakta/tim pengacara aremania. kita doakan saja semoga mereka sukses melawan PSSI & BLI di meja hijau

    @ Laode, Sanan :
    wah, syg ilakes yo sam sampeyan waktu iku ga d cidek-e AW, kpn2 lek nonton Arema away sampeyan ojo adoh-adoh tekan klebet sam… cek gol-e arema ga dianulir maneh, oyi? slm satu jiwa

    @ Sri Sadono :
    terima kasih atas perhatian & pengamatan Anda thdp Arema & Aremania, kami sangat menghargai pendapat anda
    benar, kejadian di Kediri memang sudah menjadi bahan liputan media internasional, smoga ini menjadi sebuah SHOCK-TERAPHY untuk PSSI dan BLI serta membuka mata AFC dan FIFA, ini lho kenyataan sepakbola di Indonesia
    Untuk surat terbuka, kalau anda menyebut itu sebuah pembelaan diri, mungkin terlalu subjektif karena di sana melampirkan fakta-fakta yang terjadi di Kediri. Kalau hanya untuk membela diri, kenapa Aremania sampai menulis poin ke 6?

    @ afar :
    hati nurani ya?… hm… andai saja para pengurus sepakbola kita mempunya dua kata tersebut
    syg, hati nurani sebenarnya ada di kita, suporter sepakbola indonesia
    slm untuk tmn2 Kampak FC & fans PSMS Medan… HORAS!!

    @ samsuga :
    salam satu jiwa untuk nawak2 di Kromengan

    @ “baskoro” Aremania Bogor Depok :
    kalah cepat ya? hehehe…. bener juga, seharusnya Arema & Aremania sudah menyiapakan tim pengacara sebelum berangkat ke Kediri :D

    @ wong ilang mania :
    oooooooyyyyyyyyyyiiiiiiiiiiii!!!!!!!!!!!

    @ arek teler tobat :
    sabar sam sabar… tunggu saja “aksi” Aremania untuk merevolusi PSSI. slm satu jiwa

  54. arema…..arema,kalian tuch sebenarnya suporter terbesar di jagat sepakbola indonesia,tapi kalian nyadar gak kalo kalian tuch di takutin bukan karna kreatifitas dan kekopakan yang kalian ciptakan,tapi karna kalian yang punya tempramental yang tinggi dan sering buat onar.sebenarnya kami persikmania iri liat kekompakan kalian,cuma yang terlihat cuma nama besar kalian yang sering buat onar.

  55. SATU LAGI COY KALO BISA KITA SUPORTER TIM JATIM ENTAH ITU PERSEBAYA,AREMANIA,PERSIKMANIA,LA MANIA,DELTAMANIA,KAPAN-KAPAN KITA ADAKAN REUNI BERSAMA AGAR KITA TAK BERMUSUHAN HINGGA ANAK CUCU KITA NANTI,DAN DARI DAN BISA KITA GALANG DARI SUPORTER KITA SENDIRI BUAT BANTU SAUDARA” KITA YANG KENA MUSIBAH BENCANA ALAM..GIMANA COY…!!!!SUTUJU GAK….???

  56. Ping balik: Catatan Editorial dari Redaksi Ongisnade.Net « Ongisnade.Net

  57. Extreme tactics have also been used byother drug companiesin regard to Marketing To Moms Conference psychiatric
    drugs for children. That reflects a shift in advertising.

    You should be meeting for a purpose and for the management to see
    the film, unfortunately, failed to pass. Make certain to do it.

  58. As we are well aware, every viewer makes a judgment of the web design in the first few seconds of arriving at the page.
    Ask them how much they will charge for the entire package.
    Images as well as brochures can be downloaded fast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s