Sekuel Kelam di Stadion Brawijaya Kediri


Mungkin sudah ditakdirkan Stadion Brawijaya Kediri tidak bersahabat dengan Arema dan Aremania meskipun dilabeli ucapan selamat datang. Kejadian kelam sekitar empat tahun yang lalu kembali terulang kemarin (Rabu 16/1/08). Kita ulas kejadian ini mulai Rabu siang, saat rombongan besar Aremania dari Stasiun Kotabaru Malang berangkat molor hingga jam 2 siang karena menunggu datangnya tiket pertandingan. Kenapa tiket baru sampai di Malang jam 2 siang pada hari H? Apakah Panpel Kediri tidak memikirkan hal tersebut? Penjualan tiket di stadion tentu berbeda dengan pendistribusian tiket di Malang.

Rombongan berangkat sekitar jam 2 siang. Perjalanan berangkat rombongan sekitar 30 bis serta puluhan truk & mobil pribadi berjalan lancar hingga mendekati areal Stadion Brawijaya di kota Kediri. Tapi ketika mendekati area stadion, rombongan dilempari batu oleh oknum suporter lain. Tidak ditemui penyambutan dari Persikmania sebagaimana yang dijanjikan sebelumnya.

Bahkan ketika seluruh Aremania telah memasuki stadion, bernyanyi & berteriak yel-yel Aremania, tidak ada acara simbolis dari Persikmania selaku tuan rumah. Hanya ada ucapan selamat datang dari MC pertandingan. Aremania malah langsung berbaur dengan Singamania (Sriwijaya Mania) yang masih menyaksikan sisa pertandingan Sriwijaya FC vs PSMS Medan.

Pun demikian dengan kondisi Stadion Brawijaya yang tidak mampu menampung seluruh suporter. Hal ini telah dikemukakan jauh hari sebelum dimulainya babak 8 besar, tapi BLI dan Panpel selalu bergeming. Aparat keamanan pun terkesan ala-kadarnya. Sementara match steward hanya berkumpul di bawah tribun VIP. Inikah kinerja Panpel babak delapan besar di Stadion Brawijaya Kediri?

Suasana panas sebelum pertandingan merembet ke dalam lapangan. Berikut kronologis kejadiannya seperti dilansir Jawapos.com

1. Pukul 19.30 WIB, suporter Arema Malang mulai berteriak-teriak soal kinerja wasit. Itu setelah Persiwa Wamena unggul satu gol pada menit ke-28. Itu terjadi karena satu gol Arema oleh Patricio Morales dianulir pada menit ke-10.

2. Pukul 19.36 WIB, suporter Arema semakin beringas karena gol Patricio Morales kembali dianulir pada menit ke-36. Kondisi itu membuat pemain-pemain Arema protes kepada hakim garis Yuli Suratno. Mendadak ada oknum suporter yang nylonong masuk lapangan dan memukul Yuli.

3. Kejadian itu membuat suporter yang lain terpancing dengan melemparkan benda-benda keras dan botol minuman ke dalam lapangan. Kejadian itu membuat pertandingan selama 15 menit.

4. Setelah mereda dan Yuli diganti dengan Sudy Yunus, pertandingan kembali dimulai pada pukul 7.51 WIB dengan melanjutkan waktu pertandingan yang sudah berlangsung selama 36 menit.

5. Lanjutan pertadingan itu berlagsung lancar hingga babak I berakhir.

6. Pada pukul 8.26 WIB ketika pertandingan memasuki babak II menit ke-71 Aremania kembali membuat ulah. Tidak hanya melempar, mereka juga masuk ke lapangan menyerang asisten wasit.

7. Kemananan langsung turun tangan menyerbu suporter yang masuk. Tindakan itu tidak mengendalikan, tetapi justru membuat yang lain ikut masuk. Suasana pun makin tidak terkendali.

8. Kondisi itu terjadi selama lebih dari satu jam dan akhirnya dihentikan pada menit ke-71. Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI) memutuskan Stadion Brawijaya, Kediri, tidak lagi digunakan untuk delapan besar.

Jangan Injak Ekor Singa
Secara subyektif, suporter mana yang tidak geram & emosi ketika melihat langsung timnya terus-terus menjadi bulan-bulanan wasit? Bahkan sampai 3 gol dianulir!! Oke kalau 2 gol Arema oleh Patricio Morales di babak pertama dianulir karena handsball dan offiside, tapi apakah gol Persiwa oleh Pieter Rumaropen juga “bersih” dari offside?

Jajat SudrajatIbarat bensin telah tertuang, kinerja wasit Jajat Sudrajat dan AW-nya malah menyulutkan api dengan menganulir gol (ketiga Arema yang dianulir) Emile Mbamba di babak kedua dan mengesahkan gol kedua Persiwa yang juga berbau offside. Tak perlu menunggu waktu lama, “api” pun berkobar. Liputannya baca di sini.

Satu catatan lain adalah tentang kinerja Panpel dan aparat keamanan. Panpel (match steward) dan aparat kemanan terkesan “mempersilahkan” oknum Aremania melakukan lemparan-lemparan, hingga masuk ke lapangan dan memukul hakim garis. Tidak ada halauan-halauan untuk menertibkan suporter di sentelban. Yang perlu dicatat dalam kejadian kemarin adalah oknum Aremania tidak melakukan kekerasan secara membabi buta, melainkan hanya kepada dua orang, yaitu asisten wasit (hakim garis) yang keputusannya sangat merugikan tim Arema.

Kalau tindakan anarkis dan perusakan stadion Brawijaya oleh Aremania menjadi sorotan tajam, kenapa ulah oknum Persikmania yang melempari batu dan menghancurkan kendaraan rombongan Aremania dibiarkan begitu saja? Bahkan di tempat parkir pun, kaca-kaca mobil Aremania dipecah. Ketika rombongan Aremania dalam perjalanan pulang, hampir seluruh bis, truk, mobil pribadi, hingga sepeda motor menjadi sasaran lemparan baru selama 3 jam! Kaca-kaca bus dan mobil pecah (termasuk bus yang ditumpangi OngisNade.Net). Sementara oknum Persikmania yang melempari batu & ketapel tersebut bersembunyi di kegelapan malam, gang-gang, dan rumah-rumah penduduk.

Ketika sampai di Stasiun Kotabaru Malang jam 3 Kamis dini hari, saya melihat sendiri bagaimana hampir semua kaca bis & mobil pribadi hancur dan beberapa rekan Aremania terluka.

Secara obyektif, apapun alasannya tindakan onar dan anarki tidak bisa dibenarkan, termasuk di dunia sepakbola. Tapi, peribahasa lama : tidak ada asap kalau tidak ada api harus menjadi renungan kita bersama.

Sudah benar-kah pengurus sepakbola kita mengurusi sepakbola itu sendiri selama ini? Terlalu panjang menguraikannya di sini. Kita semua tahu bagaimana bobroknya kualitas sepakbola kita di bawah kepengurusan PSSI saat ini yang berimbas kepada carut-marutnya kompetisi sepakbola kita.

Dan seperti biasanya, semua orang / pihak yang tidak mengalami kejadiannya langsung di Kediri atau hanya menyaksikan di tv langsung angkat bicara. Yang tidak suka langsung menghujat dan ramai-ramai berkomentar, yang mengerti kejadiannya mencoba melihat masalahnya terlebih dulu.

Insiden tersebut juga berimbas kepada kelanjutan perhelatan babak delapan besar grup A yang dipindahkan venuenya.

Sementara itu kubu Arema dan Aremania juga sedang menanti hukuman dari komdis. Bagaimanapun bentuk dan beratnya hukuman itu, kubu Arema dan Aremania telah merapatkan barisan bersama satu tekad satu jiwa membela nama Arema. Seperti yang dikatakan oleh Manajer Arema, Satrija Budi Wibawa kepada salah satu media online nasional, “Kita lihat nanti seperti apa. Yang jelas Arema akan terus berjuang hingga tetes darah penghabisan.”

*) foto oleh zoel & jawapos.com

Iklan

90 pemikiran pada “Sekuel Kelam di Stadion Brawijaya Kediri

  1. sedih…sedih…sedih…
    Untuk menjadi orang baik ancen uangel Sam…gitu juga dadi suporter baik…uangele polll….bertahun-tahun aremania ngrintis untuk bisa disebut suporter baik… tapi istilahe memprtahankan luwih angel yo ancene bener… banyak pihak yang nggak senang dengan “menjadi baiknya” AREMANIA. dadi yok opo carane cek iso ngrusak aremania meneh…
    Dan sedihe Sam kabeh… maeng bengi Aremania gagal mempertahankan opo sing wis diperjuangkan…
    Mugo-mugo a iku dadi pioner untuk kebaikan sepakbola Malang Raya dan Indonesia di masa yang akan datang. Mari rapatkan barisan untuk AREMA dan AREMANIA..serta masyarakat Malang Raya….

  2. Penonton Rusuh kok yang di marahi penontonnya, lha terus petugas keamanan bagaimana? bagaimana bisa sampe terjadi 2x orang bisa masuk ke dalam lapangan pertandingan? Bahkan di Televisi pun terlihat dengan jelas bahwa aparat berjanji akan meningkatkan pengamanan setelah insiden pertama? tapi kok bisa2 nya ada orang bisa masuk kembali ke lapangan?

    BTW udah tahu belum yang di tangkep siapa? bener aremania? ada 2 orang 1. orang jaket (kalo gak salah pake raincoat warna hitam) yang mukul hakim garis yuli 2. yang bawa boneka singa yang gampar hakim garis marman.

    Aremania, tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana.

  3. Aremania harus introspeksi dan konsolidasi agar peristiwa tsb menjadi tonggak untuk aremania menjadi suporter yg lebih baik bahkan jauh lbh dewasa dan atraktif dr yg telah lalu.waktu menunjukan aremania adalah panutan semaraknya suporter indonesia.dan jg pionir suporter dlm melawan sikap otoriter dan arogan pssi.dari bumi aremalah mestinya kita melakukan perubahan2 yg memajukan sepakbola indonesia.

  4. bagaimanapun sabarnya menahan emosi, suatu saat akan meledak juga, kita pahami itu. berita yang beredar subjektif (artinya real sesuai yang ditangkap kamera). tetapi AREMA nggak pernah mundur, setuju karo ngomonge SBW : “berjuang sampai titik darah penghabisan”, orang lain hanya melihat negatifnya saja tapi tidak melihat triggernya. apapun orang bilang kita tetap melihat ke depan menjadi lebih dan lebih baik lagi.
    itu adalah bukti, bahwa kita punya harga diri, dan tidak meng-under estimate-kan AREMA.
    From Jakarta with love…

  5. Anjritt,
    PSSI memang BANGS*T..
    Arema uda di anaktirikan dari dulu
    mereka (PSSI dan koloninya) menyadari kekuatan Arema yg begitu hebat,
    sedangkan mereka punya kepentingan sendiri,
    ahirnya Arema mereka jegal dgn brbagai cara,
    dan tadi malam mereka berhasil dgn memprovokasi Aremania yg ‘tak terkontrol’ ituh.

    *meluncur isi petisi*

  6. hemz..
    ngapain sedih ker..!!! kita khan AREMANIA ..
    klo menurut ayas, Kejadian tadi malam mungkin takkan terjadi bila :
    1. kepimpinan wasit dilapangan adil / fairplay.
    2. Aparat keamanan bertindak tegas bila ada sporter yang ingin masuk kelapangan.
    3. Sarana dan prasarana stadion yang memadai.

    klo ada oknum aremania yang anarkhis itu merupakan suatu kekecewaan mendalam terhadap keputusan wasit. Dimanapun bila tim kesanyangannya di pecundangi wasit bahkan sampai 3 gol dianulir.. apakah sporter akan terus diam saja, alah jangan munafik deh bila ada sporter yang diam saja bila kejadiannya kayak tadi malam.

    AREMANIA CINTA DAMAI TAPI TAK MENOLAK PERANG !!!

  7. sangat menyayangkan tindakan yang ditempuh nawak-nawak di stadion brawijaya. tapi nasi sudah menjadi bubur.
    ayas di jkt sedih dgn berita kisruh aremania. Tapi lebih jauh mari kita renungkan kenapa hal ini sampai bisa terjadi.
    Banyak yang ganjil, terutama melihat kinerja PSSI yang sedemikian responsif dalam memutuskan sangsi untuk Aremania. Andai tradisi kerja PPSI memang selalu efektif dan cepat tentunya kejadian terlambat mendaftar champion Asia tidak terjadi. Memutuskan skors pada Aremania hanya dalam waktu semalam jelas patut diacungi jempol sekaligus dicurigai.

    salam.

  8. PERNYATAAN SIKAP AREMANIA SATU JIWA

    Kami Aremania datang ke Kediri untuk mendukung tim kebanggaan kami Arema Malang yang berlaga di Babak 8 Besar Liga Indonesia 2007.

    Kami mengucapkan banyak terima kasih dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas peristiwa yang terjadi kemarin.
    Tidak ada sedikitpun dalam benak kami Aremania untuk berperang atau membuat resah masyarakat Kediri. Peristiwa itu terjadi sebagai bentuk reaksi atas sebuah aksi yang terjadi di lapangan.

    Demikian pernyataan sikap kami sebagai bentuk itikad baik kepada masyarakat Kediri dan sekitarnya.
    tertanda

    Aremania Satu Jiwa
    http://www.satujiwa.net

  9. padahal permainan skuadra singo edan sedang edan edan nya. pemain bisa sangat sangat sangat berbesar hati terhadap keputusan wasit. tapi mengapa justru oknum2 tak bertanggung jawab itu yang merusaknya ? bahasa kasarnya, wong sing maen ae gak kaean protes n tetep semangat, lha laopo oknum dungu iku sing repot? bukankah hal yang seharusnya dilakukan adalah tetap menjaga pertandingan yang saya rasa sudah sangat kondusif dan begitu atraktif itu [meskipun Arema dikerjai wasit full time]

    ayolah ker…
    mari kita merenung lebih dalam lagi
    pakah kalian tidak melihat ekspresi wajah Pato kemaren…
    klo saya boleh menebak apa isi hati pemain arema kemaren mungkin bunyinya begini “aku sudah berusaha sekuat tenaga dan mencoba menahan emosi, mengapa justru kalian yang merusaknya”

    saya tahu…saya paham…saya mengerti…
    saya juga mangkel sak mangkel mangkel nya. meskipun saya hanya nonton di kosan, saya tetep pake atribut arema karena saya cinta mati arema.

    sudahlah, jangan gubris orang2 yang berkata dengan nada provokativ, manghujat, dll. kita lapangkan dada, rapatkan barisan, kita buktikan klo arema aremania adalah klub dan supporter besar yang perlu disegani oleh semua orang. ingat, DISEGANI bukan malah DITAKUTI

    klo kita balik balas menghujat, merusak, trus apa bedanya kita dengan mereka ?

    jadi inget guru ngaji saya pernah bilang “SABAR ITU GAK ADA BATASNYA, KLO ADA ORANG YANG BILANG SABAR ITU ADA BATASNYA BERARTI DIA BELOM BISA BERSABAR”

    sampai detik inipun saya adalah AREMANIA
    satu jiwa, jiwa AREMA
    disaat saya dimanapaun dan sampai kapanpun
    ayo kita realisasikan penghayatan dari lagu PADAMU NEGERI yang selalu kita nyanyikan dengan khidmat pada saat setiap sebelum kick off pertandaingan arema.
    kita persembahkan yang terbaik untuk negeri ini
    ingat, untuk negeri ini, bukan untuk PSSI ataupun BLI.

    terimakasih
    Mas Balon – StudioSewelas Soerabaia
    AREMA AREMANIA sampai mati

  10. Aremania sudah beberapa tahun terakhir ini tidak berlaku anarkis, tidak seperti supporter lainnya yang setiap ada pertandingan selalu berlaku anarki.

    Kesabaran memang ada batasnya, beberapa kali di “kadalin” oleh PSSI melalui tangan² ” korps kambing hitam”, lewat peraturan² yang mencla-mencle, dan yang paling parah adalah HILANG-nya 1x Jatah AREMA bertanding di Liga Champions Asia, Aremania selaku suporter fanatik AREMA selalu bersabar… sabar… dan sabar lagi….

    Sekuel Kelam di Stadion Brawijaya Kediri membuktikan bahwa kesabaran ada batasnya.

    Beberapa poin yang perlu di catat dalam sekuel ini :

    >> Pemilihan wasit “bermasalah” seperti Djajat “Bedjat” Sudrajat dalam memimpin pertandingan ini.

    Padahal masih banyak wasit lain yang lebih layak memimpin pertandingan 8 besar selain si Bedjat Sudrajat.

    >> Pemilihan Kediri sebagai pelaksana babak 8 besar.

    Selain stadion yang kurang layak, Panpel sangat tidak profesional dengan pola distribusi tiket yang “aneh”, minimnya aparat keamanan di dalam Stadion dibandingkan jumlah tiket yang terjual sampai pada saat kerusuhan/pembakaran, tidak ada mobil pemadam kebakaran yang standby di situ.

    Sekuel ini semakin kentara dengan dibiarkannya kejadian pemukulan AW oleh oknum (yg sampai detik ini masih belum jelas itu salah satu AREMANIA atau bukan), wasit yang (tentu saja) berat sebelah yang keduanya merupakan bentuk provokasi “tingkat tinggi” untuk memancing kemarahan baik di kubu AREMA maupun AREMANIA.

    Sangat disayangkan…. adalah AREMANIA yang terpancing oleh provokasi tingkat tinggi tersebut sehingga berbuat anarki, namun untungnya masih sebagian dari AREMANIA saja. Karena jika keseluruhan AREMANIA yang berada di stadion itu “mengamuk”, jelas habislah stadion Brawijaya tersebut dan tentunya akan merembet kepada kerusuhan besar di kota kediri.

    Kesimpulan dan kejanggalan yang bisa diambil dari sekuel tersebut :

    1. Sekuel ini murni adalah hasil karya/skenario/ rancangan PSSI/BLI untuk mendiskreditkan AREMA dan AREMANIA.
    Hal ini lebih terlihat kentara dilihat dari kecepatan tindakan komdis yang hanya dalam hitungan jam setelah kejadian langsung menjatuhkan sanksi kepada AREMANIA, tanpa melihat fakta dan data.

    2. Hanya 1 kesalahan AREMANIA adalah terprovokasi oleh tindakan wasit, namun ini bukan kesalahan murni AREMANIA selain kesabaran memang ada batasnya ini juga ditinjau dari hukum sebab akibat dari kesimpulan no. 1.

    AREMANIA sudah seharusnya belajar dari sekuel ini, dengan harapan kejadian rusuh kemarin harusnya tidak terulang kembali karena …

    Semakin tinggi pohon (pencapaian predikat supporter terbaik), semakin kencang angin mendera (dengan provokasi tindakan anarki yang semakin meningkat)

    Semoga kita dapat belajar dari pengalaman ini dan memperbaiki diri untuk hari esok.

    Bagi saya, AREMA & AREMANIA always the best !!

    Salam 1 jiwa.

  11. selamat buat aremania sebagai suporter paling anarkis,brutal,dan menyedihkan di tanah indonesia.

    tolong bwt aremania jangan rusak citra sepakbola di tanah air kita.

    satu kata terakhir bwt aremania tai andjing

  12. reaksi yg wajar dr aremania atas kejadian skenario yg kasar dr oknum2 yg berusaha merusak citra arema dan aremania.
    SBW : “berjuang sampai titik darah penghabisan”
    ayas : “kolem”

    REGARDS

  13. Conspiracy theories
    Arema fans are convinced they are victims of a conspiracy to prevent them being Liga Champions 2007 and they point to having three goals disallowed in last nights clash with Persiwa as evidence.

    They also complain there were not many police inside the stadium last night. This ties in with what someone else tells me regarding the policing, or lack of it.

    Indonesia is rife with tales of deals done in smokey rooms, of corruption and it is no surprise such allegations arise in football. I have heard of at least instance where players were paid to throw a match and fans with much closer links to clubs than I have also hear the same.

    Given the wide spread corrupt practises it is no surprise people point so quickly to nefarious characters and dodgy deals done on the side.

    Any ‘perceived’ dodgy decision that goes against a side is going to be looked at in that light and it is no surprise that during the hoo hah that marred the end of the Persija game earlier this evening the coach, Sergei Dubovrin, was heard to mention the word money as he complained about the decision that cost his side two valuable points.

    TV evidence last night was unclear but, for me anyway, the linesman got the first two correct. The third from Mbamba was a goal, I could not see how the linesman could give it as offside. There was a coming together off the ball in the box but it didn’t impact either Mbamba or the Persiwa keeper Charles Woof.

    The issue is though if a decision goes against a team and they start bleating about match fixing then we are not going to end up with a football league. We’re going to end up with a farce.

    Going back to the Persija game. Just what did Dubovrin hope to achieve by puffing his chest out against the officials and at one point refusing to play? Was he expecting the ref to say, ‘Oh sorry Sergei, you’re right, scratch that goal.’ How many times has that happened?

    Some Arema fans at least, ok I guess most of them, are disgusted at what happened last night and have sent a letter of apology to the city of Kediri and to the media. If I get a copy I’ll post it on here.

    Labels: Conspiracy Theory Liga Indonesia Football
    http://jakartacasual.blogspot.com/search/label/Conspiracy%20Theory%20Liga%20Indonesia%20Football

  14. #
    jak, di/pada Januari 17th, 2008 pada 1:23 pm Dikatakan:

    selamat buat aremania sebagai suporter paling anarkis,brutal,dan menyedihkan di tanah indonesia.

    tolong bwt aremania jangan rusak citra sepakbola di tanah air kita.

    satu kata terakhir bwt aremania tai andjing

    ==============================================

    hmmm…
    Jak,kali ini anda mendapat kesempatan untuk menghujat kami.
    Apa anda benar2 menonton pertandingan AREMA vs persiwa kemaren?
    Bagaimana penilaian anda?3 gol dianulir?onside dijadikan offside?pelanggaran pemain persiwa trhdp pemain arema di kotak penalti?
    Udah jgn ikut2 campur,menambah amarah kami&mencoba memancing emosi kami…
    SATU KATA BUAT ANDA JAK “GO TO HELL!”

    REGARDS

  15. Mau tidak berprasangka gimana kalo aremania itu dikerjai.jauh hari kira2 dlm seminggu sebelum pertandingan ayas baca berita2 di internet kalo BLI menekankan sukses 8besar di kediri di pundak aremania dan meminta kedewasaan aremania.bahkan panpelpun me warning aremania utk tdk anarkis di pertandingan awal meski mereka beri jatah bnyk tiket.ini sinyalemen atau kebetulan ayas kadit itreng.tp sepertinya aremania diharapkan menyemarakkan pertandingan akan tetapi hrs menerima meski terjadi ‘permainan’.lha apais sing gelem dikonokno.. wes kadit itreng ayas kamsute jian ruwet liga iki.lek wasite opo klebete ngono masio inter milan gak kiro nganem niam ndik kene

  16. hanya ada satu kata pssi jancooooooooooooooooooook anjing bangsat kontol empik. andai saja aku tahu rumah wasit itu pasti akan kubunuh. anjiiiiiiiiiiiiiiiiiiing

  17. jangankan kediri seluruh indonesia bahkan seluruh dunia ke neraka pun kami akan tetap mendukungmu AREMA wasiiiit bobrok kontol asu.

  18. Jangan selali sebuah kejadian yang usah terjadi. Marilah kita menatap masa yang akan datang.
    Aku juga gk nyalahkan suporter yang anarkis, ” Kesabaran Manusia ada batasnya BOSS “!!! aku sndiri yang liat dari TV ajah udah sangat geram dengan keputusan wasit yang berat sebelah.
    Aku tahu klo para petinggi PSSI gk suka klo AREMA berjaya, itu udah cerita lama.
    Mari kita bangun image AREMANIA yang sperti dulu lagi, Suporter yang kreatif ,inofatif dan CINTA DAMAI. Klo perlu kita ikut ajah LIGA AUTRALIA atau SINGAPURA saja kalau di Negeri sendiri kita udah gk diterima lagi…

    F***K PSSI+ PERSIK

  19. SALAM SATU JIWA AREMANIA…

    AREMA KEMBALI DI DZALIMI LAGI OLEH PSSI….

    kenapa wasit dari dulu slalu tidak fair kpd arema,,???
    kenapa PSSI slalu benci sama arema..???
    kenapa PSSI slalu saja menganak tirikan AREMA..???
    sehingga memebuat arema slalu rugi..

    apa PSSI kalah Kaya sama AREMA….apa hanya karena arema kaya dan berduit banyak PSSI jd seperti itu..????
    berapa harga PSSI..????AREMA SANGGUP UNTUK BELI PSSI…AREMA ADALAH TIM KAYA…BONDO DUWEK..ORA BONDO NEKAT…

    ada indikasi kejadian seperti ini mugkin sudah direncanakan PSSI…agar aremania terkena sanksi…wasit dan PSSI telah bersekongkol untuk memprovokasi aremania…

    bayangkan…dalam keadaan capek..perjalan malang-kediri yang cukup membuat lelah..dalam keadaan seperti itu..dalam keadaan capek..orang gampang banget terbawa emosi..dan gampang untuk diprovokasi..PSSI memanfaatkan keadaan itu…benar2 berotak setan…

    singo yang di awal2 Kreatif..inofatif..dlam atraksi yang indah dipandang mata…ditengah2 seorang pengadil lapangan menginjak ekor singa berkali-kali…sehinngga singo edan itu menjadi mengamuk dan menghancurkan semua..saya ga menyalahkan itu..karena SABAR ITU ADA BATASNYA

    OK..kita bisa terima gol patricio di anulir..karena itu memank benar2 hands ball..
    untuk gol kedua patricio dianulir saya benar2 kurang setuju,,karena gol kedua persiwa juga sama persis sperti pato..tapi mengapa gol persiwa dinyatakan gol..???knapa gol arema dianulir..????
    yang bikin saya geram..mangkel..gol mbamba yang sangat -sangat bersih..dinyatakan offside…

    kenapa tendangan yang membentur tiang ats gawang dinyataka sudah keluar lapangan..padahal jelas bola masuk ke dalam lapangan..padahal ellie aiboy bebas tak terkawal untuk untuk siap menendang bola

    tim sekelas manchester united melawan tim sekecil apapun ga akan bisa menang kalo wasit seperti itu…

    kejanggalan seperti itu terkihat kembali…
    PSSI menjatuhkan Sanksi dan memvonis aremania untuk tidak bisa mendukung AREMA di stadion manapun selama 3 tahun hanya dengan waktu beberapa jam..smua itu tanpa melihat fakta yang ada..
    smua ini bukan murni kesalahan AREMANIA…KESABARAN SESEORANG ADA BATASNYA …tak ada asap kalo taka ada api..

    AREMA & AREMANIA berkali2 dikadalin PSSI..tapi tetep sabar..sabar..dan sabar…
    jatah LCA yang seharusnya milik arema di hapus gitu aja…
    inget juga…kejadian dikadalin wasit ini juga terjadi di bali saat arema tour ke bali lawan persegi..betapa jelas disitu..kalo AREMA benar2 dikadalin wasit..yang mungkin emank direncanakan PSSI d+WASIT untuk menghambat perjalanan muluz AREMA ke babak 8 besar..tapi apa..AREMA & AREMANIA tetap bersabar..bersabar..bersabar lagi…

    PSSI emank ga suka kalo liat AREMA berjaya..itu sudah lama terlihat..wez ga kaget maneh…

    wez..pancen bener jare SAM YULI..
    “PSSI tempatnya para banci” (braninya cuma dibelakang aja mentang2 berkuasa..apa itu ga banci namanya..???
    “PSSI TEMPATNYA KORUPSI”(Lihat ketua umumnya PSSI..terkena kasus korupsi)
    ” PSSI GA PUNYA HATI NURANI”

    Mari kita satukan jiwa kita..rapatkan barisan kita..jangan hiraukan orang mau omong apa aja..kita bersatu demi kejayan AREMANIA….

    Mari kita bangun AREMANIA kembali..suporter yang kreatif..dan cinta damai di seluruh indonesia dan dunia..
    sampai kapanpun AREMANIA ADALAH SUPORTER TERBAIK DI INDONESIA

    jangan lagi kita mudah terprovokasi…cukup kali ini aremania seperti ini…

    bagi saya AREMANIA tetap yang terbaik…

    PSSI BANGSAT…!!!!

  20. WHEN WE TO BE LA LIGA,SERIE A……………MMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM……………….JUST MY DREAM…………..CAN WE?????????????????????????????????????BULL SHIT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. wah Menk [anton]….ssssttt….ndak pareng benci sama klub laen yak…
    wes talah sing sabar le…
    ayas pancen dudu gnaro ngalam…..tp ayas yo osi ngrasakno yokpo rasane kera kera nawak nawak aremania ket biyen ngalor ngidul di jegali karo antek2 PSSI / BLI keat iku.
    wes talah, sing di jur PSSi ne wae….
    lek sik dendam n benci karo klub laen, lha terus kapan marine prahara ikiy?
    cek no wes wong liyo kate mbacot opo…
    eman eman karo usahane nawak nawak sing wes sabar pirang2 taun kanggo mbangun citra Aremania…

    ayas ngerti “Kesabaran mungkin ada batasnya”, tapi opo gak ndelok umak, pemain Arema sing nyetak gol dianulir n sing di langgar ngalor ngidul ae wes osi suabar lapang dada nggedekno ati, lha terus laopo kok awake dewe sik kadit osi?

    nah, mendingan melok liga Singapore wae :P
    kan sekarang Arema sudah kaya
    gak kolem liga dja***k yo gak patheken
    opo lek perlu Arema nggawe liga dewe?
    liga Bentoel Indonesia…huihuihiw…
    piss ah Menk…
    umak napak dolan nang ayabarus

    Mas Balon – StudioSewelas Soerabaia
    AREMA AREMA kita disini AREMA

  22. the jack koyok ngunu yo the best suport jare
    wawawah
    sing salah pancen arema e wong duduk we e pemkot kok melok2 ligina
    lek arema we e pemkot hukumane paling yo mek 2 kali pertandingan
    contone: persija (onok per e), persebaya (onok per e),lan wakeh wes POMANEH IKI KETUAE WES DI BUI KOK SIK MIMPIN lak bukti bahwa…………………………………………….

  23. awak e dewe nulis protes ndek kene yo ga nok gunane
    ga kiro direken
    lha fifa afc ae ga di reken

  24. Dari dulu sejak kelas 3 SD pas pertama kali ayas dikenalin Arema sama ebes, ayas lgs jatuh cinta sama Arema, ayas lgs jadi Aremania, ayas ingat dibonceng karo ebes naik rotom ke stadion mBatu (pas gajayana direnovasi), buat nonton Arema….
    Seiring tumbuh berkembangnya ayas sampe saiki, rasa cinta ayas kpd Arema semakin besar…Arema adalah cinta pertamaku…rasa itu gak akan pernah luntur…
    Ayas eling ndisik pas jaman2e Arema mlarat, pas onok urunan gawe nyumbang Arema, ebes ngajak aku nang kantore Malang Pos gae nyumbang Arema….satu contoh kesetiaan buat aku yg waktu itu masih kecil…
    cok, aku mbrebes mili nulis iki….
    Rasa cintaku gak akan pernah luntur buat Arema…hanya karena masalah seperti ini, seperti yang kita tau, Arema udah sering dizalimi sejak dulu…cobaan, rintangan selalu menghadang….mungkin ini adalah cobaan terbesar yg pernah dihadapi Arema dan Aremania…tapi ayolah, ini cuman kerikil aja….
    Tetep semangat ker !! kita galang dukungan buat Arema…
    Tetep berjuang sampai tetes darah penghabisan…

    Salam Satu Jiwa !!

  25. kera2 ngalam semua….
    turut berduka cita atas kerusuhan kemarin.
    aku yo kera ngalam, yo cinta karo AREMA…
    walau aku sekarang kerja di luar kota tapi aku tetep ngikutin lewat layar kaca…
    aku bener2 kecewa dengan keadaan seperti ini..
    semua suporter di indonesia punya bahan untuk mencela aremania.. padahal selama ini mereka sirik, kita gak pernah onar, dapet gelar suporter terbaik, gak rusuh, nonton selalu bayar, kreatif.. mereka sirik…
    sekarang mereka tahu bahwa memang kita bukan malaikat..
    tapi aku pingin liat aremania seng koyok biyen pas jamane melarat, pas jamane empot2an golek dana, pas jamane aremania bahu-membahu mengangkat nama baik arema.. arema walau kesulitan selalu bisa masuk 8 Besar.. itu membuktikan bahwa kita KUAT!!
    hidup AREMANIA tanpa ANARKIS….
    SUPORTER TERBAIK DI INDONESIA

    NB: aku yo mbrebes mili moco tulisane mas panda ndek nduwur…

  26. Aremania perlu menyediakan pembela/ pengacara bagi nawak Budi (supporter yang memukul assisten wasit) yang ditahan kepolisisan Kediri dan terancam hukuman 4 th.

  27. Hinca Panjaitan selaku Komdis sudah menghukum kita AREMANIA dengan hukuman 3 tahun tidak boleh masuk stadion di seluruh Indonesia…Relakah kita..Ikhlaskah kita…???
    Kita harus segera bergerak..rapatkan barisan…walaupun ini bukan sebagai pembenar atas aksi anarkis oknum suporter liar…
    Kita bisa berkaca dari kasus BONcoEK tgl 4 September 2006 lalu…Dimana mereka telah berbuat anarkis dikarenakan timnya gagal lolos Copa..sekali lagi KARENA GAGAL LOLOSS…bukan karena dikadalin wasit…
    Kenapa kita yang sekali berbuat dan tanpa pernah menerima hukuman sepanjang LDI 2007 ini langsung dihukum seberat itu oleh HINCA PANJAITAN cs…
    Sekedar menyegarkan ingatan nawak2 hebak dan sebagai studi kasus..BONcoEK yang tahun itu telah berkali2 anarkis awalnya dihukum 3 tahun sama dengan kita…(Padahal sudah berkali-kali dan melalui hukuman percobaan segala ker)…
    Pada prakteknya hukuman itu hanya menjadi beberapa pertandingan saja…dan salah satu aktor yang berperan untuk mengurangi hukuman BONcoEK adalah HINCA PANJAITAN sendiri…
    Sebagai masukan kanggo nawak2 hebak….Perlulah kiranya kita juga menanyakan kepada HINCA PANJAITAN..apa si resepnya sehingga hukuman 3 tahun bisa didiscount sebanyak itu…..Sopo ngerti ker..awake dewe dikandhani mbek HINCA carane…
    SALAM ONE SOUL..AREMA forever in my heart..

  28. Sbaiknya diadakan pertemuan korwil – korwil aremania untuk membahas masalah :
    – Permintaan maaf keseluruh warga kediri dan media massa atas aksi kerusuhan yang terjadi kemarin , dan membantu biaya perbaikan aset – aset yang rusak.
    – Mengirimkan perwakilan ke PSSI atas sanksi yang telah diberikan agar lebih mempertimbangkan lagi kejadian kemarin tentunya dengan melihat secara proposional.
    – Mengirimkan pembelaan terhadap nawak kita yang terkena pidana di kediri.

    Bagaimanapun anarkhisnya nawak – nawak AREMANIA, mereka masih tetap bagian jiwa kita (THE BIG FAMILY AREMANIA) yang masih bisa diperbaiki lagi ..

    rapatkan barisan, genggam persatuan AREMANIA..

  29. AYo ker rame2 nokat nang HINCA.. yo’opo carane de’e biyen iso mendapatkan discount hukuman buat BONcoEK…sopo itreng osi ditiru…Ayo bos2 AREMA…ndang dinokatno…butuh e orip..trus sarat2 e opo ae…Lak ngono a ker…
    Fu CK HINCA

  30. ternyata…….???!!!

    aremania sama aja sama bonex yang selama ini dihina-hina sama aremania…..

    uuhhh. tnyata panutan kita selama ini hanyalah…………

  31. Saya sangat setuju dengan poin pertama yang diutarakan oleh nawak “aremania licek”.

    apapun yang terjadi… terlepas siapa yang salah dan siapa yang benar… kita perlu secara serius untuk menunjukkan penyesalan kita terhadap kejadian di Kediri.

    kita secara Jantan dan Ksatria ( seperti lagunya ) harus berani untuk meminta maaf kepada publik Kediri… entah itu secara langsung… maupun melalui Media Massa Nasional….

    kita tunjukkan bahwa… AREMANIA bisa BERBUAT berarti bisa juga BERTANGGUNG JAWAB !

    teknisnya… kita bisa menulis permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Kediri dan seluruh masyarakat Indonesia melalui Media Massa Nasional…. ( ongkos iklan kita bisa urunan..)

    AREMA dan AREMANIA tidak akan lempar batu sembunyi tangan. itu bukan karakter kita sebagai masyarakat Malang.

    seandainya kita memang di Skors 3 tahun… maka kita akan jalani itu dengan sebaik baiknya… seperti kata sam Faisal dari kampus putih. ” Jangankan 3 tahun…. di Skors sepuluh atau lima belas tahun sekalipun… KITA AKAN HADAPI ! ”

    kita tidak akan jadi DAGELAN dengan mengemis kepada PSSI meminta keringanan hukuman…

    Di skors 2 tahun… banding jadi 1 tahun… tapi pelaksanaannya cuman 4 bulan…. ( tahu sendiri lah.. siapa itu…) itu namanya DAGELAN!

    Kalau memang 3 tahun…. SIAP! 3 tahun….
    kalau memang 5 tahun…. SIAP! 5 tahun….
    kalau memang 15 tahun…..SIAP! 15 tahun….

    ingat REK…!
    AREMA bukan melulu soal SEPAKBOLA…..
    AREMA adalah DARAH…..
    AREMA adalah JIWA………

    hanya TUHAN YANG MAHA ESA… yang bisa HENTIKAN KITA!

  32. Salut kepada Aremania yang tetap teguh menjaga & memperbaiki citra Aremania dari caci maki yang tidak berkesudahan di berbagai forum. demikian juga yang dengan besar hati menyampaikan permohonan maafnya atas kejadian memalukan tersebut.

  33. woi…… suporter dewasa, kreatif, dan terbaik se indonesia
    jangan mudah terprovokasi oleh apapun ya…!!!!!!
    ingat…..!!!!! ingat…..!!!!!! thing……
    kwakakakakaka…..

    ojo niru boneng2 nang tambaksari yo….
    wes bodo nekat pisan (yo opo ciek suportermu wes mulai bodho tah)
    jadilah suporater yang dewasa dan tidak anarkhis
    tapi yang kreatif
    (seperti :
    1. merusak gawang trus dibakar
    2. merusak stadion orang lain(stadione dhewe gapopo cak ojo nggone wong lain)
    3. memburu wasit (untuk di jadikan sansak hidup)
    4 ditangkap polisi juga khan
    hebat temen cak…..)
    kwakakakakakaka………..

    makane tah cak ngoco dhisik yo…
    seng jenenge manusia lek di garai yo iso ngamuk.
    ojo berkilah karena ulah oknum
    itu semua yo suporter aremania yang ada di stadion

    sebelumnya kita juga pernah berkilah seperti itu
    tapi rekan anda tak ada yang mau menerimanya

    dibilang suporter dandanan gaul2 dan bondo kabeh
    tapi opo seng onok yo suporter ote2 seng anarkhis

    masih tetap menyangkal kah anda
    woi mas admin…
    lek nyangkal opo kabeh aremania picek tah…
    opo gak duwe tv (maklum ndeso2)

    ojo seneng ngilokno suporter lain
    sebelum anda berkaca pada diri anda sendiri
    suporter indonesia jancok kabeh kok….
    cuma BoNEK PERSEBAYA yang terbaik

    wes pokoke uwapik tenan suporter sampean cak…
    huebat …….
    kreatif…….
    tapi ojo lali….
    juancok pisan…….
    iyo khan

    ijo….. ijo…. ijo….
    oke

  34. DENGAR2 PERTANDINGAN AREMA DIPINDAH KE GELORA 10 NOVEMBER.
    TAPI KNPA KOQ D BATALKAN YAH….
    KAN BISA DIBUAT REUNI MA aremania tanpa kostum
    kan permintaan liciek bisa terkabul tuh….
    Perang….. Perang….. Perang…..
    thok ae pikirane…
    tambah cilik kabeh koen cok……

  35. woi stadione wong lain bayar en iku cok…..
    ojo isok e ngerusak thok trus gak onok tanggung jawab e
    (kalo stadion sendiri ga pa2…)
    kok smua bilang arema baru kali ini merusak stadion….
    coba pikir lagi…!!!!!!!!
    UDAH BERAPA STADION ORANG LAIN YANG KALIAN RUSAK…!!!!!!

    KNAPA MESTI STADION ORANG LAIN, KOK BUKAN STADION KALIAN SENDIRI…

    PANTAS MASYARAKAT KOTA KEDIRI MARAH BESAR DAN MENGANIAYA KALIAN…..

    MIKIR PO’O COK….
    KAN STADION KEBANGGAAN DAN SATU-SATUNYA DI KEDIRI DAH KALIAN RUSAK.
    HANCUR CAK…. HANCUR SEMUA….

  36. jak, di/pada Januari 17th, 2008 pada 1:23 pm Dikatakan:
    selamat buat aremania sebagai suporter paling anarkis,brutal,dan menyedihkan di tanah indonesia.

    tolong bwt aremania jangan rusak citra sepakbola di tanah air kita.

    satu kata terakhir bwt aremania tai andjing
    —————–

    Inilah sing ayas bilang kalo semakin tinggi pohon, semakin banyak angin menerpa…. akeh sing seneng, yo akeh sing benci…

    Tidak hanya AREMANIA (yg hanya sekali kemarin) yang berbuat kesalahan…. Hampir seluruh suporter bola di Indonesia pasti berbuat kesalahan, tergantung frekuensi kesalahan itu.

    *sing sek bingung kok cek cepete metu hukuman teko komdis gawe AREMANIA*

  37. @thenk bonek mania,
    ojo seneng ngilokno suporter lain
    sebelum anda berkaca pada diri anda sendiri
    suporter indonesia jancok kabeh kok….
    cuma BoNEK PERSEBAYA yang terbaik

    =========================================
    boneng – boneng lucu kowe lek posting koyo ngono..
    kowe terlalu arogan menyebut sporter bondo dengkol yang terbaik di sini..apa kata dunia ??
    klo kowe memang terbaik, mana buktinya?
    kaca bus arema pecah itu kelakuan siapa hayooo, pemain arema byk mengalami luka lempar di tambak sari kemarin itu kelakuan siapa juga yaa??
    alalalalah…hehehehe hare gene katanya mau berubah jadi sporter yg terbaik…mana mungkin neng – boneng.

    wes talah cepetlah mandi dulu, klo sudah ndang turuo maneh..sinau e mene ae yooo..!

  38. @bonex malang
    ternyata…….???!!!
    aremania sama aja sama bonex yang selama ini dihina-hina sama aremania…..
    uuhhh. tnyata panutan kita selama ini hanyalah…………

    ===========================================

    ayas juga baru tahu klo kenob juga sama sekali belom berubah….AREMA kemarin lawan persebaya juga dirusuhin ama kenob – kenob, apa kenob gak sadar toh?
    mending jangan banyak kasih komentar nob di sini,
    mending kenob belajar aja ama boneng tuh diatas biar lebih pinter lgi yaa..!

  39. @thenk bonek mania
    DENGAR2 PERTANDINGAN AREMA DIPINDAH KE GELORA 10 NOVEMBER.
    TAPI KNPA KOQ D BATALKAN YAH….
    KAN BISA DIBUAT REUNI MA aremania tanpa kostum
    kan permintaan liciek bisa terkabul tuh….
    Perang….. Perang….. Perang…..
    thok ae pikirane…
    tambah cilik kabeh koen cok……

    ===========================================

    itu karena BLI yang memintanya neng – boneng, ah masa boneng blom taho yooo…mangkakno sinau o seng temen…belajaro browsing ngono loh..ndelok berita kok neng JTV tok ta?
    Kapan majunya….(-_-“) z..Z.ZZ.ZZ

  40. @thenk bonek mania
    woi stadione wong lain bayar en iku cok…..
    ojo isok e ngerusak thok trus gak onok tanggung jawab e
    (kalo stadion sendiri ga pa2…)
    kok smua bilang arema baru kali ini merusak stadion….
    coba pikir lagi…!!!!!!!!
    UDAH BERAPA STADION ORANG LAIN YANG KALIAN RUSAK…!!!!!!
    KNAPA MESTI STADION ORANG LAIN, KOK BUKAN STADION KALIAN SENDIRI…
    PANTAS MASYARAKAT KOTA KEDIRI MARAH BESAR DAN MENGANIAYA KALIAN…..
    MIKIR PO’O COK….
    KAN STADION KEBANGGAAN DAN SATU-SATUNYA DI KEDIRI DAH KALIAN RUSAK.
    HANCUR CAK…. HANCUR SEMUA….

    ===========================================

    hahahahaha..jangan terlalu memikirkan masalah AREMA neng, ayas takut penyakit Stroke n darah tinggimu kumat maneh loo, nang rumah sakit butuh duit neng ..ojo bondo dengkol tok,
    ..biarkan itu diselesaikan oleh QT Nawak – Nawak AREMANIA…terimakasih anda terlalu bersimpati n memperdulikan tim kami…sampai – sampai timmu dilupain deh..khan kasian..hehehe..

  41. Malang, Kediri, Surabaya tidak ada yang beda dari ketiganya. Semua berada di Jawa Timur. Dan kesemuanya adalah kota-kota utamanya Jawa Timur.

    Warga Kediri, Aremania, Bonek, tidak ada yang beda juga dari ketiganya. Sama-sama manusia yang punya emosi dan bisa berbuat salah kapanpun.

    Mbela Persik, mbela singo edan, mbela bajul ijo, pun bukanlah perbedaan. Kesemuanya merupakan kesamaan bentuk ekspresi atas kecintaan kepada klub kota kebanggaan.

    Dan masih banyak persamaan-persamaan lain diantara ketiganya, lalu buat apa yang ditonjolkan adalah perbedaannya? emosinya? pesoannya? Pada yang mana, itu semua malah akan membuat suasana makin runyam….

    Mari Berpikir jernih & Bertindak cermat.

    Salam ke-sepakbola-an

  42. mari kita rapat kan barisan mari kita rembukan bagaimana kita dapat menyelesaikan masalah hukuman kita mari kita banding ke komdis kita pasti bisa karena kita AREMANIA.
    saya emang bukan asli malang tp saya sudah menajadi AREMANIA
    aremania gak kemana mana tp ada dimana mana
    AREMA SUDAH JUARA
    JUARA COPA INDONESIA
    TAHUN INI JUARA LIGINA
    kita sebagai aremania berjiwa singa pasti bisa melewati ini semua jangan terpengaruh provokasi orang lain karena AREMANIA seluruh dunia pasti mendukung.
    salam satu jiwa AREMAAAAAAAAAAAAAAAA

  43. Ga masalah AREMANIA tidak butuh nonton sepak bolanya PSSI Bangsat!!!!! Penipu semua memang nya kamu tuhan ???? langsung bisa menyalahkan AREMANIA?????? wasitnya goblok,stadion jelek pantas memang di pukul dan dibakar………

  44. Saya sebagai anak Jatim ikut sedih rek
    Wong sesama suporter jatim bentrok, nggak fisik aja di virtual juga.

    Yang jelas saya ikut bangga mana kala kesebelasan dari jatim yang jadi juara.

    Trus khusus untuk Arema , saya salut karena walaupun udah dikerjain wasit tetap berjuang sampai pertandingan dihentikan oleh situasi, ayo tuntaskan pada saat lanjutannya nanti.

    Dan kepada Aremania , pelajaran dan pengalaman yang buruk pun dapat dijadikan guru di masa mendatang , semoga Aremania bisa menjadi panutan untuk organisasi suporter yang lain.

    Kita tahu lebih banyak komentar dari para pelaku sepakbola kita tentang wasit adalah negatif, ya memang begitulah sdm yang ada karena mungkin pssi bingung ngurusin yang lain aja nggak kelar-kelar. Jadi kalo nonton jangan terbawa emosi anggap aja nonton tukul arwana yang penting happy.

    Trus kalo kena hukuman disiplin nantinya bisa dijadikan tempat untuk merenung dan memperbaiki citra Aremania. Apabila saat banding tolong jangan anarkis apalagi ngemis-ngemis remisi ayo jalani dengan tetap kepala tegak.

    Kayaknya di musim mendatang Arema nggak ada yang menandingi baik di Super Liga, apalagi divisi bawahnya kenapa ? Karena yang lain tetap menyusu pada APBD.

    Oke Bravo Arema , Bravo Aremania Bravo untuk semua.

  45. Membaca statemen ketua pengda pssi jatim bpk.Haruna Sumitro di situs arema ayas sangat salut.kerusuhan di brawijaya tdk bs mutlak ditumpahkan kpd aremania tapi panpel dan BLI jg salah karena mereka bertanggung jwb penuh atas sampai terjadinya hal tsb.kerusuhan oleh aremania hanyalah ekor dari ketidaksiapan mereka menyelenggarakan partai 8besar.terimakasih atas bantuan moril anda kepada kami aremania.dengan bantuan dan kerjasama anda brsama aremania mdh2an keadilan buat kami khususnya bs kita dapatkan

  46. @alief

    ayas ujutes ker,…tapi memang teori lebih mudah dari pada praktek dilapangan…

    klo menurut ayas, QT Memang harus mencoba belajar , belajar, dan terus belajar menjadi sodara – sodari persepakbolaan di jawa timuer, walo memang itu berat karena perbedaan fanatik sporter terhadap masing – masing klub yang mereka dukung.

    Apa salahnya mencoba ?

  47. mereka marah bukan karena mereka anarkis
    mereka belum dewasa dalam menanggapi situasi
    lihat sudut pandang supoeter and kita kan beda

    bagaimana kita mau maju..baru tanding saja stadion udah dibakar..payah ngk tuh

    see u all
    salam kenal

    willmen46

  48. Salam Satu Jiwa……..
    nawak-nawak sekalian, kita harus sadar, bahwa selama ini kita semua, smua kelompok supporter Indonesia hanyalah menjadi boneka PSSI BANGSAT !!!!!!!, Selama ini kompetesi di Indonesia hanyalah mainan dari PSSI, karena pengurus PSSI adalah orang2 yg benar2 BANGSAT !!!!!!!!, yg hanya mementingkan uang dan kepentingan politik.
    Berikut adalah beberapa skenario PSSI :
    1. Menyingkirkan Arema dari Liga Indonesia, karena Arema adalah milik Bentoel, sedangkan liga disponsori
    oleh Djarum, jadi PSSI akan berbuat apa saja supaya AREMA tidak bisa jadi juara.
    2. Menyingkirkan AREMANIA, dengan cara diberi sangsi 3 th (yg pertama di indonesia) , agar AREMANIA tidak bisa menyuarakan gerakan anti PSSI. Kita lihat saja pengamanan stadion yang minim, wasit yg tidak becus, yg smuanya utk memancing AREMANIA dan pd akhirnya kita terpancing.
    3. MEmberi The JAckmania gelar the best supporter, agar meredam the jack supaya tidak demo lagi ke kantor PSSI.
    4. Selama ini pernahkah PSSI menyuarakan perdamaian antar suporter, TIDAK PERNAH !!!!!! Selama ini Kita menyuarakan perdamaian atas inisiatif sendiri,
    KEnapa ?????? Karena PSSI tidak mau suporter indonesia menjadi satu, karena PSSI tidak mau kita smua menjadi sebuah kekuatan besar untuk menurunkan NURDIN HALID JANCOK dan kroni2nya. marilah kita renungi dan sadari smua itu.

    Jadi nawak2, sbnarnya AREMANIA hanya menjadi korban, tetapi kami TIDAK AKAN PERNAH GENTAR, kami TIDAK AKAN PERNAH TUNDUK DAN TAKUT PADA PSSI BANGSAT !!!!!, kami akan lebih lantang dlm menyuarakan gerakan REVOLUSI PSSI, kami akan datang ke kantor PSSI, kami akan demo besar-besaran ke JAKARTA, kami akan membirukan kantor PSSI untuk menurunkan NURDIN HALID JANCOK dan kroni2nya, kami tidak mau sepakbola INDONESIA dipimpin oleh seorang napi, koruptor, dan tidak tahu tentang sepakbola.
    LIhatlah sepakbola kita yg hancur belakangan ini, kita harus bertengkar dengan saudara kita di Kediri, hanya disebabkan oleh orang2 PSSI. LIhatlah pengurus2 PSSI, bisa dihitung dg jari orang2 yg benar2 tahu tentang bola, Lihatlah direktur BLI joko driono, ketua KOMDIS hinca panjaitan, Ketua komisi WASIT IGK manila dan anggota EXCO, blm lagi manejer timnas Andi Darusalam, mereka bukanlah orang2 bola, bagaimana mereka bisa menjadi pengurus PSSI ??????
    Wasit2 di indonesia tidak becus memimpin pertandingan (apa karena ada titipan) sehingga terjadi keributan dan kerusuhan dimana2, itu jg karena PSSI BAngsat!!!!
    KITA SMUA BUKAN BONEKA YG BISA DIPERMAINKAN !!!!
    HARUS ADA PERUBAHAN !!!!!!!
    KAmi akan menyuarakan REVOLUSI PSSI !!!! REVOLUSI PSSI !!!!!! REVOLUSI PSSI !!!!! REVOLUSI PSSI !!!!!
    Kami akan membuat perubahan, biarlah kami AREMANIA menjadi tumbal, demi kejayaan sepakbola Indonesia, pada akhirnya, Amien…
    Mari nawak-nawak smuanya……
    Kita satukan tekad, satukan jiwa…..
    Kita suarakan REVOLUSI PSSI !!!!!!!
    Ayas yakin kalo kita smua bersatu, kita pasti bisa…
    Salam satu jiwa AREMA…

  49. KENOPO sampai sekarang PSSI Enggak bisa profesional???!!!!!
    padahal pengalaman ngurus bola dah bertahun-tahun.

    ATau Yang ngurus bola indonesia biar AREMANIA saja !!!!
    kira-kira tanbah baik apa malah hancur ya….. :-)

  50. Dari dulu Aremania berjuang sekuat tenaga agar Arema tetap eksis.karena Arema adalah wujud persatuan jiwa dari kera2 ngalam.kami mampu memadukan kreatifitas seni dan sportifitas demi terciptanya sepakbola yg indah dan enak ditonton.tak akan kenal lelah kami mendukungmu.karena Arema berdiri diatas kucuran keringat dan tetesan darah kami. Sudah sepantasnya kami membela arema dari oknum2 yg telah mencurangi kami.ketika singaku terluka karena duri2 tajam dan perangkap2 runcing, kamilah yg akan membuatnya bangkit kembali agar mampu menerkam dan mencabik lawan2nya. Mengaumlah Ongisnadeku. . tunjukan bahwa kamu petarung sejatiku

  51. PSSI JANCOK,GATEL,KONTOL,ASU,BAJINGAN,TEMPEK……….wis okop’e bobrok pol………………..
    AREMA SAMPEX MATI……………………

  52. Ping balik: Kalian… MEMALUKAN « Pandu Gilas Anarkhi

  53. @ willem46 :
    secara visual memang terkesan “belum dewasa”, kejadian kemarin adalh SHOCK-TERAPHY untuk PSSI dan BLI, untuk mengingatkan kepada mereka akan kecurangan & kedzoliman yang telah berlarut-larut mereka lakukan. Sudah saatnya kita bergerak dan REVOLUSI persepakbolaan nasional. Jangan lihat dari satu sisi kejadian kemarin, buka hati & akal pikiran kita. Asap lebih mudah terlihat daripada sumber api.

    @ aremania licek :
    oyi Sam AL (aremania licek), kita memang sama2 sedang belajar, dan ada yg lebih penting lagi daripada belajar, yaitu memberi pelajaran kepada PSSI (BLI, Komdis, dan kroni2nya)

    @ GiE :
    kalau begini buruknya wajah sepakbola kita, maka ada yg lebih buruk lagi pada tubuh sepakbola kita, yaitu di HATI & OTAKnya, jauh lebih buruk dari sekedar WAJAH sepakbola itu sendiri

    @ nyo blimbing :
    semoga Haruna Sumitro tidak hanya asal cuap, buktikan Pak!

    @ endjivanhouten :
    kalau anda melihat “rusuh”nya, memang sama, tapi lihat lebih dalam lagi, kalau anda mengikuti perkembangan dan sejarah sepakbola nasional, maka anda akan mengerti kenapa Aremania melakukan hal ini. Selama ini Singa yang sedang tidur terus diusik oleh PSSI, dan ketika sang Singa bangun & marah, seluruh media di dunia terbuka mata & telinganya

    @ thenk bonek mania :
    bayar stadion? apakah setelah anda membeli rokok, anda nyalakan dan hisap rokok tersebut, dan ketika habis, anda minta uang anda dikembalikan?
    maaf saja, masalah ini sangat kompleks, perkara stadion sudah sejak lama kami mempertanyakan kelayakan Kediri sbg tuan rumah, beginilah hasilnya kalau mereka selalu tutup kuping & mata atas kondisi yg ada, lebih mementingkan uang & ambisi semata.
    tidak ada yg tidak bersalah dari kejadian kemarin, Aremania, panpel Kediri, aparat keamanan, perangkat pertandingan, hingga oknum Persikmania. silahkan kalau sdr thenk bonek punya pendapat lain.

    @ bonex malang :
    hmm… ternyata selama ini anda menjadikan Aremania sbg panutan ya? hehehe… suwun lho :D

    @ Arsyad Salam :
    setuju mas, apapun alasannya, dalam kejadian kemarin Aremania tetap salah. Tapi, ketika anda melakukan suatu perbuatan yang salah, tentu ada alasannya, apakah anda hanya melihat kesalahannya tanpa melihat sebabnya?

    @ aria :
    sudah sam, sedang diproses

    @ adjie – Danang – gayon:
    ulasane kipa Sam, suwun…

    @ aremania wilis :
    sabar Sam… ngelus dodo… salam gawe nawak2 Aremania di Madiun

  54. yo iku arema,lek wis digarai metu singo e!
    wong arema tau njajah suroboyo,atribut lengkap isok melbu tambaksari!

  55. Ya………..dijadikan pelajaran untuk semua yang suka ataupun fanatik dengan clubnya supaya bisa menerima kenyataan. Keputusan Wasit adalah mutlak !. Untuk persik kediri semoga stadiun kalian segera direnofasi. amin …!!!!

  56. Revolusi pssi menuju kemajuan sepakbola indonesia.bersihkan dari org2 yg ga becus mengurusi sepakbola.saya rasa bnyk club dan suporter lain yg mendukung

  57. getun wingi gak dirobohno pisan tembok e cek tambah ajorr stadion kediri iku. stadion sak jembot ngono gawe partai 8 besar. padahal layakan stadion malang. hancooooooooook ancene, yok opo lek hinca panjaitan disantet ae rek cek kapok. pengurus liyane cek wedi karo aremania cek gak macem2 maneh karo wong malang.

  58. saia tidak melihat rusuhnya.
    ternyata sama saja, suporter indonesia masih belum dewasa.
    sadar atau tidak,
    tindakan seperti itu akan semakin memperburuk kondisi persepakbolaan nasional.
    PSSi memang bobrok,dan kebobrokan itu tidak perlu ditambah dengan kebobrokan mental suporter sepakbola.

    dan satu yang perlu diingat.
    kerusuhan seperti itu tidak akan merubah PSSI jadi lebih baik.
    kalo anda memang kecewa dengan kinerja PSSi, ya sudah lakukan protes, lakukan reformasi dengan cara-cara yang manusiawi dan wajar.
    jangan dengan cara bakar-membakar yang membuat orang lain yang ga ngerti apa2 ikut jadi korban.

  59. Bubarkan PSSI,……………..!!!! deloken rek sopo sing lungguh dadi pejabate PSSI, ( wong endi ? ) koyoke onok rekayasa, ancene cek e AREMA gak iso dadi KAMPIUN.
    (Njaluk sepuro lan ijin nang AREMANIA Kabeh tak pisuane PSSI )

    PSSI MBOKNE ANCOOKKKKK…………. !

  60. Hambat :
    GANTI PEJABAT PSSI DENGAN ORANG2 YANG PUNYA JIWA DAN RASA NASIONALIS SEJATI sehingga bisa Adil

  61. Siapa yang lebih anarkis?
    Siapa sebenarnya yang anarkis, Aremania yang memukul wasit dan membakar stadion atau PSSI dengan ketua umum dan antek-anteknya yang terlibat dalam “anarkisme kepengurusan” sepakbola negara ini.
    Tindakan Aremania memang menyebabkan bonyoknya beberapa wasit dan kerusakan stadion.
    PSSI dengan komando Nurdin Halid menghancurkan harga diri dan kualitas sepakbola Indonesia.

    Maju terus Aremania! Karena anya orang-orang yang cinta sepakbola dalam negeri dan yang paham dengan kebusukan PSSI yang bisa memahami arti kata “SUPPORTER”

  62. APAPUN KEADAANNYA
    APAPUN KEJADIANNYA
    APAPUN PENDAPAT ORANG LAIN
    KITA TETAP SATU “AREMANIA”
    KITA TETAP SATU JIWA
    KITA TETAP SINGO EDAN

    from AREMA BATAMANIA

  63. salam damai suporter indonesia”

    knp aremania tidak bisa menahan emosi d kediri?!

    jika itu terjadi di kota malang gmna prsaan anda, kota nya di acak2 oleh suporter lain?!

    selama ini buat saya aremania the best suporter in indonesia,tpi terbaik blm tentu dewasa ngendaliin emosi.

    cba klo tidak suka, perotes dgn cara2 yang sesuai dengan mekanisme persepakbolaan indonesia bkn dng anarkis atau menghancurkan kota orang.

    klo PSSI memang sudah gak becus mimpin sepakbola indonesia wong ketuanya aja d penjara,ya gak mungkin bnr spkbla indnesia klo organisasi PSSI gak cpt di benahi.

    saran saya to aremania bersihkan nama yang sekarang kotor,jdilah best suporter indonesia.
    jangan di ulangi lagi yang di kediri,saya yakin aremania bisa.

    maju terus sepakbola indonesia n bkn suporter indonesia yang terbaik.

  64. Endjivanhouten,kerusuhan kediri hanya ekspresi kemarahan yg tak terbendung terhadap kebobrokan spti yg anda bilang. Tp kami jg melakukan cara2 hukum,cyber pressing,demo dsb. Kami melakukan aksi dan anda melakukan apa kalau tau adanya kebobrokan? Kita tdk perlu saling menyalahkan tp kita harus melakukan perlawanan dan tak tgl diam

  65. kalau menurut saya, sudah saatnya meninggalkan fanatisme sempit. Arek Suroboyo membanggakan diri, Arek Malang juga sangat bangga. Padahal kalau sudah di rantau, orang bercampur dengan semua suku atau etnis lain. Kalau di rantau kita bisa mengambil sifat-sifat positifnya, pintar berdagang kaya orang Padang, berkilahlah kaya orang Batak, bujuklah seperti orang solo, beranilahseperti arek Suroboyo dan Malang, bersabarlah seperti orang keraton. Kalau tidak begitu, seperti Arema di Medan misalnya, Eh tawuran juga dengan suporter Medan.
    Kalau sebagai orang Islam ya, nggak ada artinya mati karena membela klub atau Arema. Tidak SYAHID, NAWAK! Berjiwalah Lapang!!! Toh masih ada Sriwijaya dan PSMS, yang masih bisa dikalahkan. Salam simpati dari Slemania, Bekasi.

  66. Ping balik: Jangan Menyerah, Ongis-ku « OngisNade.Net

  67. satukan tekadmu…kobarkan semangatmu aremania selalu mendukungmu….
    hanya ada satu kata L A W A N !!!

    aremania suroboyo!!!!! arema tdk kmn arema ada di mana2

  68. ker, iki lho cerita versi-ne media Kediri, diambil dari http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=191411&c=61

    Malam Mencekam Warga Kediri Akibat Ulah Brutal Aremania

    Seperti Perang, Pistol Polisi Meletus Beberapa Kali
    Bukan sekali ini warta Kediri merasakan ulah brutal Aremania, suporter kesebelasan Arema Malang. Pada 2003 lalu juga terjadi hal serupa. Dan seperti 2003 silam, aksi brutal Aremania tersebut menjadi teror tersendiri bagi warga Kediri. Kerusakan pun tak terhindarkan.

    SRI UTAMI-HERI MUDA, Kediri

    Muhammad Agus duduk tenang di ruang tamu rumahnya. Pemuda asal Kelurahan Bence, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri tersebut cuek walaupun kaca jendela ruang tamunya bolong. Matanya tetap asyik melihat siaran televisi yang ada di depannya.

    “Beberapa tahun lalu rumah ini juga dilempari batu oleh Aremania. Kaca depan juga pecah semua. Eh, kini terulang lagi,” katanya.

    Ya, rumah Agus adalah satu dari puluhan rumah yang rusak akibat ulah Aremania usai kerusuhan di Stadion Brawijaya Rabu malam lalu. Menurut pemuda 16 tahun ini, batu pertama yang nyasar ke rumahnya terjadi sekitar pukul 21.30. Batu-batu yang melayang ke arah rumah warga itu mengagetkannya. Ketika dia mengintip dari daun pintu kamar yang dibukanya sedikit, batu-batu itu datang dari ratusan Aremania. Kebetulan, belasan bus yang mereka tumpangi sedang berhenti.

    Awalnya, batu-batu sebesar kepalan tangan itu tak satu pun yang mengenai kaca. Hanya mampir di beranda. Ketika itulah Jamilati, ibu Agus, keluar rumah dan berteriak kepada gerombolan Aremania tersebut. ” Ojo diantemi mas, aku ora ngerti opo-opo (jangan dilempari, aku tidak mengerti apa-apa),” kata Agus menirukan ucapan ibunya saat itu.

    Ternyata, teriakan itu ampuh juga. Buktinya, gerombolan itu menghentikan ulahnya dan masuk bus. Kemudian mereka berlalu.

    Sayang, rombongan lain ganti berhenti. Tepat di depan rumah Jamilati. Mereka pun kembali ’berpesta’ lemparan. Lima batu pertama bisa masuk rumah setelah memecah kaca jendela. Agus dan Jamilati pun tak bisa berbuat apa-apa. Hanya berusaha mencari perlindungan. “Saya shock. Tak menyangka rumah saya jadi korban,” aku pemuda SMA Al Huda Kediri ini.

    Sesaat setelah rombongan kedua pergi lagi, Agus dan ibunya dikejutkan oleh suara gaduh. Masih hanya berani mengintip, Agus melihat dua orang berkendara motor berplat N (plat Malang, Red) jadi korban amukan warga yang melakukan serangan balasan. Keduanya dipukuli beramai-ramai.

    Ternyata, seorang Aremania yang dikeroyok itu lari menuju rumah Agus. Meminta pertolongan. “Ampun Mas, tolong saya,” kata Agus menirukan permintaan korban yang mengaku bernama Munir itu.

    Agus ternyata iba juga melihat tubuh Munir yang babak-belur. Dia pun mempersilakan Munir masuk dan bersembunyi di rumahnya. Namun, setelah ribut-ribu mulai mereda, Munir kemudian digelandang ke kantor polisi.

    Bukan hanya warga Bence yang mengalami teror mengerikan semacam itu. Warga di sepanjang Jalan Imam Bonjol pun merasakannya. Seperti penghuni salon kecantikan di jalan itu yang bernama Acong Salon. Tempat tersebut mengalami kerusakan yang paling parah. Lemari kaca, kaca rias, dan pintu salon pecah karena lemparan kursi Aremania yang mengamuk dan masuk ke salon itu.

    Pemuda berusia 24 tahun itu sebelum kejadian sedang berdiri di depan salon melihat iring-iringan Aremania. Ketika bus berhenti, belasan Aremania turun dan masuk melakukan perusakan. Lemari kacanya pecah karena dilempar kursi. Acong pun memilih bersembunyi di belakang lemari. Sedangkan dua karyawannya lari ke belakang rumah.

    “Untungnya ada polisi lewat. Jadi Aremania langsung masuk ke bus lagi. Karena mereka brutal, saya bersyukur mereka kalah,” tandas lelaki yang rambutnya dicat warna emas ini.

    Bukan hanya warga kota, warga Kabupaten Kediri pun tertimpa nasib yang sama. Utamanya di jalur-jalur yang dilewati rombongan Aremania yang pulang ke Malang. Pengalihan jalan pulang, menjadi ke arah Blitar, membuat puluhan rumah di sepanjang jalur Kediri-Blitar, khususnya di wilayah Kecamatan Kandat hingga Ringinrejo, rusak.

    “Oalah Mas, saya sampek ketakutan,” terang Damirah, warga Desa Blabak, Kecamatan Kandat.

    Menurut Damirah, aksi perusakan terjadi sekitar pukul 22.00. Sebenarnya, sebelum kejadian, Damirah sudah mendengar akan lewatnya arak-arakan suporter sepak bola. Damirah juga diperingatkan tetangganya agar tidak keluar rumah. “Terose penontone ngamuk (katanya penontonnya mengamuk, Red),” ujar perempuan tua ini.

    Ternyata benar. Sesaat setelah masuk rumah, Damirah mendengar suara arak-arakan Aremania. Semakin dekat suaranya, Damirah juga semakin takut. “Pokoke misuh-misuh kaleh nantang tiyang mriki (pokoknya mengumpat-umpat dan menantang warga, Red),” ujarnya.

    Setelah itu, Damirah dikejutkan suara kaca pecah di rumahnya. Ketakukan pun terbukti, tiba-tiba Damirah dikejutkan dengan suara kaca pecah dari depan rumahnya. Batu-batu yang dipungut dari pinggir jalan oleh Aremania juga berterbangan ke atap rumahnya. Ketakutan, Damirah dan keluarganya bersembunyi di belakang rumah.

    Menurut Damirah, seumur-umur dia baru sekali itu melihat keberingasan suporter sepak bola. “Biasane enten, tapi mboten ngamukan kados niku (biasanya ada, tapi tidak mengamuk seperti itu, Red),” tandas perempuan tersebut sambil memotongi sayuran yang ada di tangannya.

    Di Kecamatan Ringinrejo, satu kantor bank perkreditan di dekat perempatan Sambi juga rusak terkena aksi anarkis Aremania. Sebagian besar dinding depan, yang terbuat dari kaca, hancur akibat lemparan batu. “Sebenarnya sempat mau dilawan sama warga, tapi tidak boleh sama polisinya,” ujar Samsul Hadi, satpam bank tersebut.

    Menurut Hadi, suasana di perempatan Sambi pun mencekam layaknya perang. Bahkan beberapa kali letusan pistol polisi juga menyalak untuk membubarkan aksi brutal para Aremania tersebut. Para Aremania baru berhasil dihalau sekitar tengah malam. “Ya sekitar pukul 01.00 baru sepi,” tandas Hadi yang saat itu mengaku juga nyaris terkena lemparan batu. (fud)

  69. Untuk nawak2 Aremania yg punya bukti rekaman/foto kejadian di Kediri, harap mengirimkannya ke tim advokasi Arema untuk membantu proses banding Arema.

    alamat: Studio D’Kross, Jl. Trs. Kayan A.10 Bunul atau ke Radio Citra FM Malang (depan RSSA) tlp. 340555

  70. wes wes…
    pokoke sing di hajar babat habis PSSI / BLI
    hayo podo rukun karo supporter liyane….
    lek gak rukun yo awake dewe genok bedane sam..
    wes dilereni olehe pisuh2an karo supporter liyo…
    lek dipisuhi yo ngenem ae…
    wong dipisuhi yo genok sing cuil ae :P

    salam damai kanggo kabeh nawak2 sak jagad kerat

    Mas Balon – StudioSewelas Soerabaia
    AREMA – AREMANIA

  71. q muak dng pssi,pssi itu pilih kasih,moto duwik’en,gak prifesional.buat pssi cepet sadar yo…cek gak mlebu neroko.buat arema,tunjukkan taringmu pada pssi,jng takut ama sangsi

  72. bener cak…sampeyan2 di garai karo PSSI….analisane agunk masuk akal…..wong pssi pingin di lindungi karo de jek…wong taek (de jek) di ke’i gelar suporter terbaik sehari setela kisruh…..persijancuk di ke’i pemain terbaik…aneh kan…delok’en posting’e de jek…nggateli tho…karuan bonek.. lak posting yo ngono iku…..soale kan “konco lawas….”
    dalam hal ini aku pribadi prihatin cak…solae bonek tau ngalami masalah koyo ngene……

    BONEK SAMPAI MATI….PERSEBAYA NOMOR SIJI…..
    GAK ISO NOMER SIJI…BONEK AE SAMPE MATI…….

    THE JAK ASS…..BONEK ENEMY NUMBER ONE

  73. Cuma ada satu penyelesaian buat kasus ini: Pembinaan mental suporter dan ofisial tim. Kecewa boleh, asal jangan lewat otot. Kita balas saja dengan otak.
    BTW, maaf ya. Saya pasang link belum minta ijin.
    Meski saya arek Suroboyo, saya juga cinta dengan Arema. Jadi saya hanya berusaha untuk bersikap netral. Salam kenal. :D

  74. saya iri sama malang. Buat kerusuhan tapi dorongan moril/simpati masih di dapat, bukan hanya dari warga bahkan pejabat.
    Mungkin memang bukan aremania yang salah…

    saya warga surabaya paling idak suka kalo persebaya main. Gae rusuk tok isone, nganggu warga surabaya lah secara umum.

    Bonek kudune dibabarke aja, gak ada jiwa masyarakat surabaya blas.

    Saya warga surabaya meminta maaf jika ada bonek yang usil di blog ini. Ya sebagai sesama wong jatim tolong dibimbing lah. Jika tidak bisa lebih baik dari aremania lebih baik bonek bubar aja.

  75. Suroboyo-Malang podho ae, ayo podo2 menatap masa depan, ayo menjalin seduluran maneh, gak usah pisu2an, podo intropeksi awake dhewe2, podo duwe salahe, tapi mosok kate nyalahi terus ae rek-ker? dipikir maneh lek kate ngomong, ojo dadi obong2an gawe liyane, boseen wisan! kesalahan untuk diperbaiki bukan untuk memusuhi, amin, salam damai ae gawe kabeh……

  76. aremania kampungan!!!ingat!kami hati masih terluka!!!

    jangan pernah menginjakkan kaki di kediri jika kau tak ingin mati!!!!!!!aremaniasu!!jancoKK

  77. AREMANIASU DIBUNUH SAJA!!!!!
    KALAU SUDAH BEGINI SIAPA YANG KAMPUNGAN?????
    HAH!!!! JAWAB COK!!!!!

    SINGO BENCONG!!!!!

    AREMANIA= BONEK cok!!!!
    WOCOEN IKI COK!!!

  78. @ kedir gariskeras :
    oke, kalau anda menganggap aremania seperti “itu”, tapi komentar anda menunjukkan anda tidak lebih baik dari kami (yg anda sebut Aremania & Bonek)
    apakah anda Persikmania? Atau hanya oknum?
    setidaknya komentar anda menunjukkan ketidakdewasaan anda dalam menyikapi masalah

    update terus informasi anda ttg kejadian Kediri kemarin agar anda tidak terjerumus kedalam pandangan sempit anda

    salam damai untuk rekan2 Persikmania dari Aremania Blogger ongisnade.net

  79. pssi mengapa kau anak tirikan aremania? padahal kami adalah tim terbaik ditanah air.jaya terus aremaku,lawan pssi demi terciptanya sepak bola yang indah ditanah air.SALAM SATU JIWA,AREMA

  80. arema gatel…………..

    isone ngerusak stadion wong liyo tok,anjrit…..

    jajal lek wani nang kediri tak enteni we aremania &cok…….

  81. Jener Hugo Sekt handel zählt zu den stabilsten Branchen”. Über diesen integrierten Hugo Sekt Bildeditor werden Sie selbst voellig einfach eine Nachbearbeitung jener eigenen Bilder vornehmen stellen nur so optimal an das Etikett anpassen. ihm ganz viele ganz neue Hugo Sekt renommierter Hugo Sekt güter der ganzen Welt in dem Sortiment bei Avinos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s