Infrastruktur Stadion Kanjuruhan & Gajayana


Stadion KanjuruhanLiga Super Dimulai 21 Juli 2008, Standar Kelayakan Stadion Wajib Dipenuhi
Demi menyesuaikan diri pada jadwal kompetisi internasional, Badan Liga Indonesia (BLI) memutuskan memundurkan jadwal Superliga dari Maret menjadi Juli 2008. Mundurnya pelaksanaan Liga Super 2008 ini sekaligus membuka peluang bagi juara Liga Djarum Indonesia 2007 menjadi wakli Indonesia di Liga Champions Asia 2009.

Liga Super yang akan diikuti oleh 18 klub akan rencana awalnya akan dimulai pada tanggal 21 Juli dan akan berakhir pada bulan April 2009. Diundurnya jadwal ini juga memberikan kesempatan kepada 18 tim yang telah lolos berdasarkan peringkat akhir kompetisi Liga Djarum Indonesia 2007 untuk mempersiapkan segala macam persiapan teknis dan non teknis.

Yang paling utama adalah persyaratan non teknis seperti kelayakan stadion dan fasilitas pendukung lainnya. Pasalnya jika hal ini tidak dapat dipenuhi, bisa saja menggugurkan keikutsertaannya di Liga Super 2008/2009.

”18 klub yang telah lolos sekarang masih harus memenuhi persyaratan memiliki stadion yang memiliki lampu penerangan dan fasilitas wajib lainnya yang telah ditentukan BLI,” kata Direktur Kompetisi BLI Djoko Driyono.

”BLI menetapkan bulan April 2008 sebagai batas akhir waktu persiapan bagi klub yang akan tampil di Liga Super 2008/2009. Jika mereka tidak siap, kami akan memberikan kesempatan kepada klub-klub yang tidak lolos Liga Super yang memenuhi kriteria standar kelayakan yang telah ditentukan,” lanjut Djoko Driyono. (asp)

18 tim yang telah lolos Liga Super berdasarkan sembilan peringkat teratas Wilayah Barat dan Wilayah Timur Kompetisi Liga Djarum Indonesia 2007 :

1. Sriwijaya FC
2. Persija
3. PSMS
4. Persik
5. Persib
6. Persitara
7. Persela
8. Pelita Jaya
9. Persita
10. Persipura
11. Persiwa
12. Arema
13. Deltras
14. Persiter
15. PSM
16. Persiba
17. Persmin
18. Persijap

*) artikel diambil dari sini

Persiapan Stadion Kanjuruhan dan Gajayana
Lalu, bagaimana persiapan stadion dari tim Singo Edan Arema? Seiring keikutsertan Arema di ajang Super Liga musim depan, mungkin Arema masih akan mengajukan dua opsi stadion, yaitu Stadion Kanjuruhan Kepanjen dan Stadion Gajayana Malang. Selama Liga Indonesia musim kompetisi 2007 Arema memainkan pertandingan kandang di Stadion Kanjuruhan, sedangkan untuk pertandingan Copa Indonesia dan Liga Champions Asia, Arema menggunakan stadion Gajayana.

Stadion Kanjuruhan
Stadion Kanjuruhan (foto)

Pembangunan Stadion Gajayana masih terus berjalan. Mega proyek yang diberi nama Malang Olimpyc Garden (MOG) ini rencananya akan diresmikan Januari 2008 ini, tapi sepertinya akan molor beberapa bulan ke depan.

Malang Olympic Garden (maket)
maket Malang Olympic Garden (diambil dari sini)

Sebelum renovasi, Stadion Gajayana telah lulus uji kelayakan dari AFC untuk penyelenggaraan Liga Champions Asia. Sedangkan Stadion Kanjuruhan saat itu oleh AFC masih memiliki kekurangan dari segi lampu penerangan dan jarak yang terlalu jauh dari pusat kota. Tapi saat ini Stadion Kanjuruhan telah menambah fasilitas lampu penerangannya.

Untuk Stadion Kanjuruhan mungkin bisa dipastikan bisa digunakan lagi oleh Arema di musim depan, sedangkan untuk Stadion Gajayana (MOG) kemungkinan akan terbentur dengan regulasi BLI mengingat stadion ini secara de jure adalah milik Persema Malang.

Kalau nantinya MOG selesai tepat waktu atau setidaknya sebelum digelarnya Super Liga, Arema akan memiliki dua opsi stadion yang sangat megah untuk penyelenggaraan Super Liga. MOG mungkin bisa disejajarkan dengan Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Jalak Harupat di Bandung, atau Stadion Maguwoharjo di Sleman.

Super Liga masih beberapa bulan lagi, kita tunggu saja bagaimana nanti kelanjutan regulasi stadion untuk Super Liga 2008. Bagaimanapun juga, infrastruktur stadion sangat berpengaruh terhadap perkembangan sepakbola itu sendiri.

Iklan

21 pemikiran pada “Infrastruktur Stadion Kanjuruhan & Gajayana

  1. Kayaknya Singo Edan niam Liga Super ndek Gajayana, jes. Mugo-mugo rencana iki keturutan, cikno awak dewe kadit adoh-2 nek tail Ongis Nade. Gajayana iku kandange Singo, enggon lahire Singo. Dadi wajar lek Singone mbalik nang kandange. Oyi sam. Masalah iki iso di klik nang http://www.husnun.wordpress.com

  2. sangarr.. wes…

    mugo2 arema iso mbalik gajayana maneh..
    cek nga’ usah adoh2 nang kanjuruhan ;)
    tapi lek pancet yo ra popo :D

    mungkin perlu dipikirkan menghilangkan setel ban(mbuh bener tulisane :P)
    supaya mirip2 stadion di EPL :D

  3. Kemaren biz baca koran jawa pos,denger2 nanti yang masuk superliga tidak berdasarkan team top nine, tapi di seleksi berdasarkan kelayakan stadion klub yang bersangkutan.. itu udah aturan dari AFC sendiri buat klub yang nantinya mengikuti kompetisi kasta tertinggi di negaranya..

    nanti team AFC sendiri yang akan menyeleksi kelayakan sebuah team yg mengikuti kompetisi kasta tertinggi a.k.a superliga

    Klo mank bener2 itu terjadi,kan kasian juga yah buat tim yang masuk team top nine tapi gak masuk seleksi AFC, malah bisa2 team yang dianggap gagal tembus superliga dimasukkan secara otoriter oleh AFC..

    yah,untungnya klub quw arema stadionnya uda bagus, megah pula. Uda gitu punya tradisi juara + supporter fanatik terbaik se indonesia, ciamikkk tenan.. ^^

  4. Gajayana ato Kanjuruhan asay terserah ae..

    seng penting AREMA nganem neng kandang..

    VIVA AREMA..

  5. @ caknun :
    mugo2 ae cak nun… WELCOME HOME AREMA
    nawak2 OngisNade.Net bisa membaca ulasannya di:
    http://husnun.wordpress.com/2008/01/06/arema-pulang-kandang-ke-gajayana/

    @ fatto :
    oyi, ayas yo wes suwe ingin nonton sepakbola tanpa dibatasi pagar penghalang…

    @ andireza :
    ayas jadi bertanya-tanya, bagaimana nasib Persela, Persijap, Persitara, dan bbrpa klub lain yg masuk 9 besar tapi stadionnya masih belum memenuhi kriteria AFC dan BLI?

    @ ikonade :
    dadi eling lagune “Rumah Kita”

    @ aremania licek :
    oyi

  6. WORO-WORO
    Ditunggu kedatangan nawak-nawak semua dalam serasehan bertajuk AREMA MENYONGSONG DELAPAN BESAR
    Hari : Jumat
    Tanggal : 11 Januari 2008
    Jam : 19.00 – selesai
    Tempat : Kantor Malang Post
    Jalan Sriwijaya 1 – 9 Ngalam (depan stasiun Kota
    Baru)
    Peserta : Manajemen tim Arema, nawak-nawak Aremania

    Oyi..nawak-nawak Aremania, ayas tunggu umak semua
    Salam satu jiwa

    caknun

  7. lah, bayangkan nasib team2 top nine ligina sekarang yg kesusahan membangun stadion untuk lolos seleksi AFC.. palagi bangun stadion skrg ga pake dana APBD, repot juga kan.. semen sekarang mahal sam, klo mo murah bikin stadion pake lumpur aja, hehehe..

    di lain sisi klub ayas arema wez seep fasilitas e.. yo wez seep pisan maen ne.. level kompetisi klub ayas uda stingkat antar ASIA.. sayang o sayang, PSSI ga mendaftarkan klub ayas iki di liga champion ASIA.. (T_T)

  8. Sakarepmuw wes PSSI bangsatttttt…..percuma ngomong karo wong edan PSSI…golek ceperan ae golek i stadion apik (kecuali Stadione PERSEKAMPES elek),team besar(tp g prestasi koyo OYOB KEAT):(( sponsor ben g ngalih khan…???(jo bantah Wong PSSI)wihhhh osi-osi ae PSSI kweeerrreee pancen….BRUAKAKAKAKKKKKK

  9. Ngalam kanyab stadion ancene.gajayana,kanjuruhan,brantas batu,rampal yo ombo.. tp gak ono tribun penontone xixixi..

  10. Singo Edan Arema Malang

    Bertarunglah demi bumi kita tercinta “Bumi Arema”

    Bantai lawanmu, bantai sriwijaya, batai psms, pasti kita juara.

    Salam Satu Jiwa AREMA

  11. wis AREMA bubar wae..???!!!!

    bikin kisruh sepakbola indonesia…gara2 kalian berapa banyak dana, keringat, dan pikiran terbuang…

    dasar…singo wueedaaaaannn…..mending balik aja ke rumah sakit jiwa, kandang kamu sesungguhnya…dasar edan…

  12. MULAI HARI INI RABU, 12 MARET 2008 DI STADION KANJURUHAN KEPANJEN SUDAH ADA FASILITAS INTERNET SPEEDY

  13. WORO WORO DI STADION KANJURUHAN KEPANJEN SUDAH BISA INTERNET LHO

    SILAHKAN TEMAN TEMAN ONGISNADE KOMUNIKASI LEWAT INTERNET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s