Buktikan Dulu, Baru Damai


BonekDiambil dari harian Jawa Pos, aparat kepolisian Surabaya bakal all out mengamankan bentrok Persebaya Surabaya kontra Arema Malang di Gelora 10 Nopember besok (30/12) sore. Mereka akan mengerahkan jumlah personel dua kali lipat lebih banyak daripada pertandingan biasanya. Prosedur pengamanan juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi kerusuhan.

“Kami akan mengerahkan anggota kepolisian dengan jumlah 2.010 orang. Jumlah itu adalah total seluruh anggota yang ada. Mereka juga kami perlengkapi dengan senjata laras panjang dan peluru karet. Itu kami siapkan kalau kondisinya tidak terkendali,” kata Kapolres Surabaya Timur Imam Sugianto kemarin (28/12).

Sugianto, tampaknya, paham betul dengan catatan buruk Green Force (julukan Persebaya) ketika bersua Arema. Yang terakhir, pertandingan Persebaya melawan Singo Edan (julukan Arema) di ajang Copa Indonesia pada 4 September tahun lalu di Gelora 10 Nopember yang berakhir rusuh. Karena itu, dia ogah fakta itu terulang. “Saya sendiri sangat berharap agar Persebaya bisa menang. Tapi, suporter juga harus bisa mengendalikan diri untuk tidak berbuat onar,” ucapnya.

Karena itu, selain menyiapkan ribuan personel pada saat pertandingan, dia mengadakan pertemuan dengan kelompok suporter Persebaya dan Aremania (suporter Arema) di sebuah rumah makan kemarin. Itu dilakukan agar tiap-tiap pemimpin suporter bisa memberikan penjelasan kepada anggotanya untuk turut membantu menjaga perdamaian.

Dalam pertemuan tersebut, datang seluruh elemen suporter Persebaya, yakni YSS (B-Fazters), PFC, SAS, dan Balgo, serta perwakilan Aremania sebanyak sepuluh orang. Mereka bersepakat merintis upaya perdamaian dengan menandatangani lima poin kesepakatan. Mereka yang menandatangani adalah Slamet S.K. (Aremania), Wastomi (B’Fazters), M. Safii (PFC), Bondan (SAS), dan Hoslih Abdullah (Balgo).

“Kesepakatan ini tidak hanya diberlakukan untuk Arema dan Persebaya, tetapi seluruh suporter Indonesia. Meski begitu, kami tetap menghormati kesepakatan 12 tahun lalu untuk tidak saling mengunjungi. Namun, kami minta tolong kepada teman suporter Persebaya untuk bisa mengamankan Aremania yang datang tanpa atribut,” kata Slamet.

Hal senada dilontarkan Wastomi. Dia mengatakan bahwa persoalannya tinggal ke lapisan bawah. “Kuncinya adalah pertandingan besok. Kalau suporter Persebaya tidak meneror berlebihan, itu adalah sinyal baik untuk berdamai,” tuturnya.

“Selain itu, elemen yang lain, seperti manajer, pelatih, dan pemain, juga harus menjalankan fungsinya dengan baik. Harapannya tentu Persebaya bisa memenangi laga tersebut. Itu juga perlu untuk memudahkan pengamanan,” imbuhnya. (pen/ko)

Kesepakatan Persebaya v Arema:

1. Adanya klub sepak bola adalah sarana membina silaturahmi dan persaudaraan yang sebangsa dan setanah air, yaitu Indonesia.
2. Kami para suporter sepak bola adalah pendorong semangat dan prestasi klub idola kami secara sadar, wajar, dan mencintai.
3. Kami para suporter sepak bola mendukung klub sepak bola kami secara maksimal, kompetitif, dan tidak anarkis.
4. Kami para suporter sepak bola sanggup membantu petugas keamanan dalam menciptakan situasi tetap meriah, namun bukan keributan.
5. Kami para suporter sepak bola sadar bahwa perbuatan anarkis adalah perbuatan pidana dan pelanggaran hukum.

*) foto diambil dari sini

47 pemikiran pada “Buktikan Dulu, Baru Damai

  1. kalau Bonek ingin damai, gampang aja.. tunjukkan dulu “DAMAI”mu pada hari minggu besok!!

    kita lihat bersama-sama…. baru bicara DAMAI!!!

  2. AKAR permasalahan bukan saja dari suporter bung. tapi harus dari seluruh lini. mungkin yang saya tahu di antara tahun 87 an.
    1. seperti pemberitaan dimedia surat kabar & TVRI Jawa timur selalu yang dominan adalah pemberitaan tentang surabaya & tetangga dekatnya.
    2. Masalah pembangunan, prosentase selalu surabaya & sekitar paling besar.
    ? APAKAH JAWA TIMUR ITU PUNYA SURABAYA AJA.
    ? ADA KURANG LEBIH 37 DAERAH.
    DAMAI saya tidak setuju. Boleh hanya suporternya yang damai, tapi point 1 & 2 juga harus dibenahi.

  3. buktinya udh ada sam….

    bonek ngisruh maneh..!!!!

    pancene nek utek-e katrow yo ngono iku wez…!!!
    dijak urip damai kok uangel nuemen…!!
    ngga e,jane mangan opo seh wong2 iku..??!!

  4. APA SOSIALISASI DARI KORWIL2 BONEK KEPADA BONEK DILEVEL GRASSROOT KURANG YA….WES MBUH WES KESEL NGOMENTARI BONEK REK LHA WONG NGGAK ISO BERUBAH MULAI ZAMAN BAN KOTAK SAMPEK BAN BUNDER YO TETEP AE NDESOOOO,KATROK,CRIMINAL…DST

  5. Wes Lebih Baik Gak USAH DAMAI…..wong di AJAK DAMAI aja SUSAH…MENDING KETEMU BONEK……LANGSUNG AJA SIKAT.

  6. nggak usah dipikirin bonek,,,nggak ono marine, iso anteng bonek lek di LIGA AFGHANISTAN, ditunggu di 4 besar senayan ………AREMA my blood.

  7. AYO…..
    PERANG…. PERANG…… PERANG…..
    BONEK PANTANG MUNDUR……

    AREMA…
    ELEK-ELEK…. TUWEK-TUWEK…..
    JANCOK……

    AYO SAK NISAK SIKATAN BARENG
    PALING-PALING UNTUMU MRONGOS GAK KARUAN
    GIDHALMU MEDHUK PUOL
    KOYO GATHEL E MAK MU COK……

    PERANG…. PERANG…. PERANG…..
    HANCURKAN AREMA-AREMA LAKNAT…..

    HORE…. HORE…. HORE…..
    IJO…. IJO… IJO….
    OKE….

  8. MAK MU NGECER NANG DI SAK NISAK
    AYO NANG TAMBAKSARI..
    OPO KETEMU NANG KEDIRI TAH MENE…
    sak karep mu yo….
    nisak… nisak… nisak….
    gathel…..

    AREMA…..
    ELEK-ELEK…. TUWEK-TUWEK….
    GATHEL……..

  9. salah satu contoh dari bonek bisa diliat diatas,GA paKe PIKIRAN BLas!!! udah katro’ seneng rusuh.

  10. thenk…thenk…koen iku lapo kate nang kediri?lha wong tim mu busuk ga lolos superliga opo maneh 8 besar ae kok…weleh…weleh…kate niat ngisruh a koen nang kediri?lek ancen iyo,nyablon o kaos tulisan “thenk bonek mania” yo…oyi?

    REGARDS

  11. hehehehe…thenk bonek mania..itu cuman belagu puoool..
    sporter cap kampret iku.., ora usah di reken sam..

    percuma QT komentari boneng sitok iku, lha wonge pelarian ketok rumah sakit jiwa..ayas tahu soalnya coba sam, lihat dari perkataanya diatas
    ayas nilai:… aneh…, lucu,…idiot,…bodoh, n yang pasti OSED banget..

  12. forza Bonek
    kami tak kan pernah bersatu dengan mereka arema seporter sok terbaik ternyata SAMA RUSUHNYA.
    bagi kami arema adalah musuh nyata dan tak pantas ada dbumi JATIM dan perlu diperhanguskan
    persaingan ini seperti madrid n barca YANG tak pernah usai karena merupakan penyedap sepakbola
    macam river n boca,dsb
    jadi ini sepakbola bung!!! so BONEK is The Best AREMA is dead

  13. Wah…gini aja deh, kita bandingin sama fisolofi Yin-Yang…. dimana ada sisi baik…sebelahnya sisi jahat….setan ama malaikat….hitam-putih, sebab-akibat….

    biarin aja bonek ngomong apa aja. mau negatif apa nyindir ato bahasa sampah ky apa…

    Ingat Metode The Secret….Hukum Universitas yang berlaku dimana2…yaitu HUKUM KETERTARIKAN / LAW OF ATTRACTION. hukum dimana bila kita memikirkan/fokus yg jelek2…hal2 yg jelek2 itu akan mengarah ke kita…begitu juga sebaliknya bila kita fokus ke yg baik2, hal yang baik2 saja yg mengarah ke kita….

    yg penting kita aremania musti fokus aja sama tujuan awal, yaitu memajukan suporter indonesia sehingga berkorelasi positif juga dengan kemajuan sepak bola Indonesia kita secara umum.

    Ayo kita dukung bersama sepak bola Indonesia, ingat kita di level asia tenggara saja sudah ketinggalan, bagaimana Misi PSSI yg meng-golkan Piala Dunia 2018?

    Ada misi yang lebih besar lagi yg kita tatap ke depan….tantangan kita sebagai bangsa Indonesia…anggap saja masalah2 ‘kecil’ yang disebabkan oleh ‘kuman2 separatis yg salah satu spesiesnya bernama ‘bajul ijo infectius’ itu tidak kita tanggapi lebih lanjut.

  14. Bonek 2006 = Arema 2008
    Ingat peristiwa Surabaya 2006 sama dengan ingat peristiwa Kediri 2008

    Pada dasarnya yg perlu dibenahi seluruh suporter indonesia gak cuma bonex ma aremania aj…

    Supporter indonesia belum bs dewasa terutama dalam menerima kekalahan.

    NB: Soal Kediri 2008, sebodoh apapun wasit dilapangan bukan porsi / hak pemain apalagi supporter untuk menghukumnya, liat ae di negara-negara yang sepak bolanya sydah maju…
    Ingat World Cup 2002, Sa’ goblok2e Byron Moreno (Italy vs Korsel), tidak ada pemain apalagi supporter azzuri yg menghukumnya karena dah ada yg lebih b’wenang menghukumnya…

    So…, soal damai??? Introspeksi sendiri2 dulu aj…

  15. Aku bangga jadi AREMANIA
    Di mana-mana di juluki SINGO omPONG
    Sak goblok-gobloke babi sek goblokan Aremania

    AREMA elek-elek tuek-tuek
    JANCOK………JANCOK………….JUANCOK…………………..!!!!!!!!!!?

  16. HAHAHAHA……IJOOO IJOO…..TENKKK TENKKKK……DINO DINOOO……..IKU LHO MAK MU KOPROL….GOCEKONO TIMBANG TIBO….maringono ndang o nang tambaksari dukungen timmu sing nang divisi utama..sing kastane nang ngisor e AREMA….!!huahauhauhauhauhauha…….(sampek gulung koming reeekkkkkk)HUAHAUHAUHAUHAUAHUAHAU………..!!!!!

  17. SALUT BUAT METRO TV,,,,,, MEMBUKA TENTANG KEBUSUKAN THE JACK,,,,,,,,,,,,, APAKAH THE JACK PANTAS SEBAGAI SUPPORTER TER BAIK?,,,,,,,,,,,,, GA PANTES COOOKK,,,,,,, PANTESNYA JADI SAMPAH,,,,,,,,,,DASAR THE JACK SAMPAH IBU KOTA,,,, BRAVO BONEK,,,,,,,,,,BRAVO VIKING,….

  18. rek..santai ae…..seharusnya qta berterima kasih di website’e singo iki nampilno salah satu gambar’e hiruk pikuk’e BONEK nang gelora…..lak gelem admin’e nampilno gambar tragedi “asu emper”……bethul khan..
    …than’x 4 admin…sementara iki gak usah ngurus singo dhisek….paling enak ndungakno PERSIJANCOK
    gak iso juara n THE JACKASS bongko kabeh…………

  19. rek..santai ae…..seharusnya qta berterima kasih di website’e singo iki nampilno salah satu gambar’e hiruk pikuk’e BONEK nang gelora…..lak gelem admin’e nampilno gambar tragedi “asu emper”……bethul khan..
    …than’x 4 admin…
    sementara iki gak usah ngurus singo dhisek….paling enak ndungakno PERSIJANCOK
    gak iso juara n THE JACKASS bongko kabeh…………

  20. The Jack jancooook

    suporter koyok taek ae coook…….. oleh penghargaan suporter terbaik cok…..

    Pancen Mboke Djiancouk

    Suporter Paling Kontol versi Bonek TV adalah The Jack’ontol

  21. Yaelah,,,,, gimana mau maju sepak bola indonesia hahahahah,, belom apa-apa dah pada ribut, sama aja lo pada semua, gak bonek, arema, jackmania, dll…., sama katro nya mental kentut, suara doang gede hahahah….. pada mati aja lo,

    “INDONESIA GAK BUTUH PERUSUH, INDONESIA BUTUH ORANG YANG BERPIKIRAN MAJU……”

  22. Gak onok rek ceritane suporter malang wani karo suroboyo, lha nang tambaksari njaluk kawalan kostrad. Walah, walah ….kapan critane kate nyikat bonek. Kanggo Nisak, omonganmu mengenai pembangunan, koyok teges-tegeso, nek masalah ngono cung, yo koen podo ae nakokno masalah kekayaan daerah diambil pusat/jakarta/negara. Omonganmu ketoke pinter tapi tibakno kentir, opo yo ngono yo wong malang, kentir-kentir. Ojok-ojok o walikotane yo kentir. Wah, sori aku njaluk sepurane,masalahe laopo ngurusi gerombolan suporter malang sing gak onok gunane. Ngentek-enteki energi karo pikiran.

  23. BONEX lek ndek paran,… gak wani ngaku bonek, wis ta delok en ndek perantauan endi ae,…. ( jajal delok en mulai tekok IRIAN sampaek ACEH ),

  24. Oalah, ngono ta masalahe kenek opo cah malang sentimen karo AREK SUROBOYO. Mek perkoro gak diliput karo koran+TVRI, ngomonge nek butuh liputan engkok aku sing ngajari cah malang carane ngetop. Ternyata gak cocok ambek gembar-gembore cah malang lebih dewasa ketimbang AREK SUROBOYO. kerdil jiwamu, pikiranmu cekak, kalo hanya itu alasannya. Sing jelas Persebaya duwe prestasi luwih akeh ketimbang malang, itu yang perlu di pikirkan oleh segenap masyarakat malang. Kanggo AREK-AREK SUROBOYO, wis rek gak usah ngreken bacote cah malang, ternyata cuma masalah iri. Lebih baik kita konsolidasi kekuatan Bonek, memaafkan suporter malang. Perkoro kono gak gelem damai urusane wong malang karo walikotane dw, BUKAN URUSAN KITA, Tapi nek MEREKA JUAL kewajiban KITA adalah MEMBELINYA A……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  25. wis gak jamane gontok2an terus,mulai jaman firaun sek bujang sampai saiki kelakuan yo podho rusakekapan suporter indonesia iso maju nek gawene tawuran terus…??
    gak usah isin,gengsi belajar karo “tonggo sebelah” nek sekirane luwih apik,terkoordinir,,,kapan maneh??
    gak ono batasan umur kanggo belajar…sopo ae sing maju…munggah…judule kudu tetep JAWA TIMUR!!!!!!
    sopo ngerti suporter malang,suroboyo pd umume…jawa timur khususe iso dadi barometer suporter se-INDONESIA…..

  26. kmrn Aq anti AREMA,skrg Aq anti AREMA,NSmpe kpnpun AQ akn ttp anyti AREMA!
    Aq keliling kota Malang pke Baju BONEX gk da yg berani mcm2!
    Cb Xan pke kostum AREMA d Sby,Psti Benjut!
    Dasar Singo2 Banci!Masa’ waktu final Copa AREMA vs PERSIPURA di Gelora Delta,Aremania mnt dikawal Polisi?
    tkt dtg sndr?Oh y ce,Xan kn AREMA BANCI!!

    Kami bangga jd BONEX sjti
    Meski Nekat tp kami berani
    Lain dg kamu AREMANIA BANCI
    dimana-mana kmu psti MATI
    karena kamu emang AREMANIA BANCI !!!

  27. klo diliat cuma masalh eksistensi ajaaa, mnkn suatu saat ada peristiwa yg dpt persatukan kita smua, tp paling gk kita mulai berbenah n trus berbenah, khususnya aku, apalagi kbnyakan suporter yg msh jiwa muda, kita butuh teladan yg d segani d surabaya yg punya karisma n d segani d indonesia jg,

  28. Hari ini AREMANIA ke SIDOARJO (Jauh dari Malang) Silahkan CEGAR KAMI…..Kalau Anda Bernyali

  29. wis rek gak usah kakean ngilokno arema, sak no loh rek ibu e g onok, nek nyusu melok sopo????????? hahahahaaaaaaaaaaa……….
    arema iku cuma pengen nggedekno atine thok….coz sirik ambek awak dhewe (BONEK). WONG SIRIK IKU LA’ TANDANE GAK MAMPU…..!!!!!!!!! lah yo iku arema………..!!!!!!
    pokeke saiki awak dhewe nerusno sesepuhe BONEX….
    AREMANIA musuhe BONEX MANIA
    LA mania musuhe BONEX MANIA
    the JAK musuhe BONEX MANIA
    sing mayak2 musuhe BONEX MANIA

    wis ngene lhow rek,persepakbolaan di Indonesia g akan rame nek g onok PERSEBAYA ambek BONEX….
    lah disinilah arema mboke anjok iri ambek awak dhewe
    (BONEX)…..
    bravo BONEX
    Hidup PERSEBAYA
    Dmanapun kau berada disitu kami ada,karena kami BONEX MANIA….

  30. kami surabaya lebih hebat di bandingin malang
    semua sudah tau jd kalian orang malang nggak perlu iri…??

  31. KUSUS AREMANIA BONEX GK MAU MTK MAAF AMA LOH LOH ORG GK PRNA SKOLLAH LOH ORG DESA SUKA MACUL DISAWAH HIDUP BONEX JGN ANGGAP BONEX TUH PEMBERANI KARENA JIWA 2 PALAWAN SURABYA

  32. eaaaalaaaahh..
    aq wong bnyuwangi ae seneng karo Bonex…
    **gag ada Bonex,sepak bola indonesia gag maju** bener kata2 iki, emang sampe kapan ngguin timnas masok piala dunia???
    Rusuh ae reekk, beno terkenal, akwkakwkkakw
    wes piss ahh.. tetep maju ae bonex ^___^

    seng kakean bacod, pingin tak isi kolkas wetengmu???

  33. arema – bonek jiwaq…
    penguripan ku rek ng sby
    pendidikan ku rek ng malang.
    g ngerti aq kok seneng karo2ne

    bonek vs arema mls nonton geger tok ker..
    are-bon mojkrto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s