Mbamba, Antara Timnas Kamerun dan Arema


Wawancara dengan Emile MbambaDitemui setelah sesi latihan terakhir Arema di lapangan Agro Kusuma Batu sebelum away ke Bali melawan Persegi Bali FC, Zoel dari OngisNade.net berbincang dengan striker Arema yang juga anggota seleksi timnas senior Kamerun, Emile Bertrand Mbamba. Berikut rangkuman hasil wawancara OngisNade.net dengan Emile Mbamba yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia (wawancara menggunakan bahasa Inggris karena Mbamba belum lancar berbahasa Indonesia).

Zoel (Z) : Dari sepakbola Eropa ke Liga Indonesia, bagaimana Emile bisa cepat beradaptasi?
Emile Mbamba (E) : Semua anggota tim Arema mendukung saya sehingga saya sangat terbantu, khususnya teman asal Kamerun, Emaleu Serge dan Bruno.

Z : Emile langsung mencetak 10 gol untuk Arema selama putaran kedua?
E : Saya hanya menjalankan tugas saya, mengikuti instruksi coach Miroslav Janu, dan saya berusaha melakukan yang terbaik untuk tim. Tentu juga berkat bantuan kerja sama dan kerja keras seluruh tim.

Z : Tentang gol spektakuler Anda pada pertandingan home terakhir melawan Persiba Balikpapan?
E : Saya pikir itu adalah sudah menjadi tugas saya untuk mencetak gol, tapi juga berkat kerja sama tim, terutama Elie dan Patricio.

Z : Quattrick (cetak empat gol) saat melawan Persijap Jepara?
E : Saya bermain bagus hari itu dan mendapat banyak peluang dari kerja keras seluruh tim. Lapangan stadion (Maguwoharjo di Sleman .red) juga sangat bagus, tidak seperti benyak lapangan stadion lain di sini.

Z : Optimis dengan peluang Arema lolos ke babak delapan besar?
E : Saya pikir dengan kerja keras seluruh tim, Arema bisa memenuhi ambisi lolos ke delapan besar.

Z : Apa target Emile di musim pertama bersama Arema?
E : Saya ingin membawa Arema juara, tapi langkah pertama kita lolos ke delapan besar dulu.

Z : Bagaimana menurut Emile wasit di Liga Indonesia?
E : Wasit tidak melindungi pemain, banyak tackling keras berbahaya yang dibiarkan wasit. Itu memprihatinkan bagi pemain sepakbola profesional. Asisten wasit juga sering salah dalam keputusan offside, hal itu membingungkan pemain.

Z : Tentang Aremania?
E : Saya kagum dengan Aremania dan Aremanita, apalagi kalau bermain home. Suporter sangat fantastis, stadion penuh, bernyanyi selama pertandingan. Hampir sama waktu saya main di Belanda dan Portugal.

Z : Sudah beradaptasi dengan Indonesia khususnya Malang?
E : Sangat baik, saya suka di sini. Orang di sini sangat ramah. Saya tinggal dengan adik saya.

Z : Peluang Emile kembali seleksi timnas senior Kamerun?
E : Saya masih ingin kembali ke timnas. Kalau ada panggilan, saya pasti ke Kamerun. Tapi saat ini saya konsentrasi penuh untuk Arema.

*) foto oleh Galih

Tinggalkan Balasan

