Stadion Brawijaya Kediri, Layakkah?


Stadion Brawijaya KediriPSSI telah menentukan venue babak 8 besar Januari mendatang untuk wilayah Barat di Stadion Manahan Solo sedangkan wilayah timur di Stadion Brawijaya Kediri. Kalau Stadion Manahan Solo mungkin sudah wajar, meskipun kualitas rumput & drainasenya masih perlu diperbaiki lagi, tapi mengapa memilih Stadion Brawijaya di Kediri?

Suatu pemilihan yang pantas mengundang pertanyaan, kenapa Persik Kediri yang sudah pasti lolos 8 besar dijadikan tuan rumah?

Belum lagi kita bisa melihat sendiri di televisi bagaimana kapasitas Stadion Brawijaya Kediri tidak mampu menampung kelompok suporternya, Persikmania, hingga meluber sampai ke sentelban. Lihat pertandingan home terakhir Persik vs PSIS dan Persik vs Persela. Kalau menampung suporternya sendiri saja tidak mampu, bagaimana nanti bisa menampung suporter kontestan 8 besar lainnya. Ujung-ujungnya nanti sudah bisa diprediksi, ribut & rusuh!

OngsiNade.net yang kebetulan bersama rekan-rekan dari Persikmania pernah menonton langsung pertandingan Persik Kediri di Stadion Brawijaya melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana kapasitas stadion yang sangat terbatas dan tidak mampu menampung lebih dari 30 ribu suporter.

Lalu, masihkah kita menunjuk suporter sebagai biang kerusuhan? Kenapa kita tidak menuding PSSI atau BLI yang justru memfasilitasi dan memungkinkan terjadinya kerusuhan?

Taruhlah kita, Aremania, lolos ke 8 besar dan “harus” bermain di Kediri. Apakah dengan jarak Malang – Kediri yang sangat dekat, faktor apa yang akan menghalangi Aremania datang ke Kediri? Bahkan ketika Stadion Brawijaya kosong pun akan penuh dengan Aremania!!!

Hal yang sama bisa terjadi apabila Deltras Sidoarjo yang lolos 8 besar dan bermain di Kediri. Bagaimana Deltamania, dan kemungkinan Bonek yang turut serta, akan memenuhi Stadion Brawijaya.

Kalau memang harus memakai stadion di wilayah Jawa Timur, bukankah masih ada Stadion Tri Dharma (Gresik), Wilis (Madiun) hingga Tambaksari (Surabaya) yang kapasitasnya lebih besar? Klub-klub pemilik “kandang” tersebut juga tidak ada yang lolos 8 besar. Masih ada Stadion Kanjuruhan (Malang) atau Stadion Deltras (Sidoarjo) yang timnya (Arema & Deltras) masih ada kemungkinan lolos.

Kalaupun toh tidak di Jawa Timur, masih ada stadion yang lebih layak dan berkualitas seperti Maguwoharjo (Sleman) dan Jalak Harupat (Bandung).

Meskipun pemilihan stadion dilakukan dengan undian, kenapa tidak menyeleksi dahulu stadion yang layak dan tidak layak atau yang tidak kemungkinan dihuni tuan rumah yang lolos 8 besar?

Apakah ada unsur koneksi antara salah satu anggota EXCO PSSI yang merupakan menantu walikota Kediri dan manajer Persik saat ini dalam hal pemilihan stadion ini? Apakah PSSI memang berencana “mengeruk” keuntungan (lagi) dari Arema apabila nantinya Aremania benar-benar memenuhi Stadion Brawijaya Kediri?

Sampai artikel ini ditulis, Arema belum memastikan lolos ke babak 8 besar. Aremania hingga saat ini masih berkonsentrasi untuk tour ke Bali mendukung Arema saat dijamu Persegi Bali FC (26/12/07).

Salam Satu Jiwa Satu Kata AREMA.

*) foto diambil dari sini

Iklan

3 pemikiran pada “Stadion Brawijaya Kediri, Layakkah?

  1. setahuku persik belum aman lolos 8 besar. stadion yg layak di jatim benernya ya gresik, kenapa pakai stadionnya persik. tapi gak papa lah, aremania bakal rame2 ke sana kalau masuk 8 besar he he.

  2. Wis ga usah dirikip ker..urusan ngene iki. sing pentingkan YOKOPO carane AREMA osi masuk 4Besar.lek ono kerusuhan iku malah apik gawe ngREVOLUSI PSSI. dan lagi AREMA kutunggu AKSImu di FINAL, SENAYAN JKT

  3. Pertandingan di Stadion Brawijaya Kediri merupakan suatu kuntungan besar bagi AREMANIA karena kita bisa hemat biaya, lebih banyak Nawak2 yang bisa ke sana dan di bandingkan mereka2 yang harus dari Medan Wamnea atau Palembang kita lebih beruntung.
    Ayo Ker Kita birukan Brawijaya dengan semangat dan Kreativitas serta Fairplay. Tunjukkan bobot dan kesatrian jiwa KERA KERA NGALANM. VIVA ONGIS NADE.
    Salam Satoe Jiwa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s