Indonesia vs Borussia Dortmund 0-1


Mladen PetricSeperti prediksi mayoritas publik bola tanah air, timnas Indonesia kalah saat menghadapi klub Bundesliga, Borussia Dortmund pada laga persahabatan tadi malam. Skor akhir pun timnas kalah “hanya” 0-1 via gol penalti pemain timnas Kroasia, Mladen Petric. Yang jadi pertanyaan, apakah skor akhir 1-0 benar-benar mencerminkan kekuatan timnas Indonesia mengimbangi Borussia Dortmund? Ataukah pemain-pemain Dortmund bermain santai, enjoy, rileks, dan tidak terlalu memforsir kemenangan?

Atmosfir pertandingan terasa sangat berbeda saat Indonesia dipermalukan Suriah pada Pra Piala Dunia beberapa waktu yang lalu. Dortmund yang menurunkan hampir semua pemain utama seperti Diego Klimowicz, Delron Buckley, Sebastian Kehl, Christian Woerns terkesan bermain santai dan tidak memforsir kemenangan.

Ingat penampilan Australia di Thailand waktu Piala Asia kemaren? Yah mirip2 itulah penampilan Dortmund tadi malam, seperti halnya turis yang sedang berlibur musim dingin di daerah tropis, tetapi bedanya mereka adalah pemain sepakbola profesional yang bermain untuk klub yang menggaji mereka karena telah ada tender dengan pihak MNC.

Permainan timnas sendiri, harus diakui, cukup lumayan, dibandingkan dengan penampilan terakhir saat dibantai Suriah 1-4 di depan publik sendiri. Meskipun yang tampil kali ini bukan “timnas” sungguhan, melainkan hanya pemain-pemain langganan timnas dan eks timnas yang diseleksi sendiri oleh pelatih dadakan Benny “Bendol” Dollo.

Komposisi pemain timnas Indonesia:
kiper : Marcus Harison
belakang : M Ridwan, Nova Arianto, Charis Yulianto, Ortizan Solossa
tengah : Ponaryo Astaman, Syamsul Chaerudin, Ellie Aiboy (Mahyadi Panggabean), Firman Utina (Suwita Patha)
depan : Kurniawan (Aliyudin), Bambang Pamungkas

Lalu, apa yang dapat dipetik dari pertandingan Indonesia “Selection” vs Borussia Dortmund “on vacation” ini?

Kualitas permainan timnas yang cukup lumayan di tangan Bendol?
Sekali-kalinya nonton pemain2 kita melawan klub sekelas Borussia Dortmund?
Keuntungan finansial semata oleh pihak MNC?
atau politik “tebar pesona” PSSI (baca: Nurdin Halid) atas kegagalan demi kegagalan yang dialami timnas dalam setahun terakhir?

Berita lainnya baca di sini:
Dortmund Kalahkan Indonesia 1-0
Dortmund Hanya Menang 1-0 atas Indonesia
Lawan Kurang Serius
Borussia Dortmund Edge Indonesian National Side 1-0

*) gambar diambil dari : http://www.azonline.ch

Iklan

2 pemikiran pada “Indonesia vs Borussia Dortmund 0-1

  1. Untuk membuktikan rumor-rumor yang kurang “sedap” tentang Timnas Indonesia, saya menghimbau, kini saatnya PSSI harus membuktikan & terus melakukan pertandingan2 persahabatan dengan klub-klub elite eropa ataupun Amerika Latin. Insya Allah, dengan program ini pemain2 kita bisa lebih ter-asah mental,skill, dll. Dan yang lebih pentingnya, semoga tim kita akan bisa disegani di kawasan benua asia ini, amin..

  2. Situ yg liat pertandingannya, nyadar gak kalo pertandingannya waktu itu hujan deras?

    Hujan deras mempengaruhi kulaitas pertandinagan secara kseluruhan. apa lagi dengan kualitas lapangan bola milik Indonesia pada umumnya yg tidak ditunjang dengan drainase yg baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s