Duo Arema Junior ke Uruguay


Pemain Timnas Indonesia U-16Dua pemain Arema Junior yang turut membawa Arema Junior menjadi juara nasional beberapa waktu yang lalu, Tri Windu dan Yericho, lolos seleksi dan menjadi bagian dari 25 pemain timnas U-16 yang akan magang ke Uruguay. Seperti diberitakan pssi-football.com, pelatih Cesar Payovic dan asistennya Jorge Anon telah memutuskan 25 pemain U-16 yang akan berkompetisi di Uruguay tahun 2008. Dari 25 pemain tersebut 13 diantaranya merupakan pemain timnas U-16 di Pra Piala Asia U-16.

Cesar yang juga pernah melatih tim muda klub Jubilo Iwata pada awal tahun 90an, menegaskan bahwa potensi pemain Indonesia tidak berbeda jauh dari Jepang. Kuncinya terletak pada kedisiplinan dan kerja keras pemain untuk maju.

Menurut Payovic untuk mencetak pemain berkualitas, selain kemampuan fisik, teknik dan mental juga harus diiringi dengan standar pendidikan yang mengasah intelegensia pemain. Hal itulah yang akan menjadi focus pembinaan selama di Uruguay.

“ Ada satu lagi yang penting untuk pemain Indonesia. Saya akan tanamkan sejak dini pengetahuan dan pemahaman tentang rule of the game sepakbola,” ujar Payovic.

Hal itu diungkapkan oleh Payovic setelah melihat beberapa pertandingan liga Indonesia maupun saat menyeleksi pemain. Cesar begitu heran melihat para pemain Indonesia yang tampil kasar dan seperti bukan bermain sepakbola. Hal itu diperparah dengan kepemimpinan wasit yang seakan membiarkan hal itu terjadi tanpa hukuman keras.

“ Asisten saya, Jorge Anon pernah mencatat statistik salah satu pertandingan liga Indonesia. Saya tercengang ketika mendapati bahwa seharusnya ada lebih dari delapan kartu merah yang dikeluarkan oleh wasit, namun hal itu tidak terjadi,” ujar Cesar yang menyebutkan bahwa hal itu harus segera diperbaiki.

Para pemain U-16 ini akan mulai berkompetisi pada bulan Maret hingga November 2008. kompetisi akan beristirahat sebulan pada bulan Juli. Usai berkompetisi di musim pertama itu, tim U-16 ini akan melakukan tur keliling asia untuk beruji coba dan diakhiri dengan bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno menghadapi tim Asia lainnya.

*) foto dan artikel diambil dari pssi-football.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s