Timnas Kalah 0-7 dari Suriah


Timnas IndonesiaMemalukan, Timnas Kalah 0-7 dari Suriah
Setelah kalah 1-4 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, giliran di Damaskus, kandang lawan, tim nasional Indonesia ditelan 0-7 oleh Suriah, Minggu (18/11) dalam lanjutan babak penyisihan Pra Piala Dunia 2010 zona Asia.

Kekalahan sudah ditebak, tapi dengan skor besar itu apakah pantas kita terima? Ya, pantas saja. Timnas dengan pengelola PSSI-nya memang sudah memalukan dari A sampai Z. Dari ketua umumnya yang belum mau mundur setelah dipenjara dan ditegur FIFA, sampai exco-nya yang membela mati-matian ketuanya itu. Sekarang imbas sudah menjalar dahsyat ke tim nasional yang tanpa roh itu. Imbas lebih besar pastilah ke bangsa ini, ke diri kita semua.

Maka, tak heran kalau berita di Kompas pada Senin (19/11) itu ditelan begitu saja oleh para pembaca. Tim kita memang diwakili oleh pemain-pemain di bawah usia 23 tahun yang akan bertanding di SEA Games mulai 2 Desember mendatang. Hasil itu memberikan bukti kalau pembinaan maupun pembentukan timnas kita masih tertinggal dari negara-negara lain. Tim SEA Games ini sempat berlatih sebulan di Argentina. Dalam pertandingan itu tidak terlihat polesan pelatih Ivan Kolev ala Argentina. Yang muncul, kalah bersaing di semua lini.

Pra Olimpiade lewat, Pra Piala Dunia pupus, kini nasib tinggal pada SEA Games Thailand. Untuk menjadi juara rasanya sulit, karena ada tuan rumah. Di luar itu, Malaysia dan Vietnam pastilah menjadi ganjalan. Begitu pula dengan Singapura yang mulai memunculkan “pemain-pemain asing” dalam tim nasional sepakbolanya.

Berita di halaman olahraga koran-koran nasional pada Senin (19/11) ini lebih membesarkan hasil-hasil Pra Piala Eropa, di mana tim-tim unggulan seperti Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Belanda lolos ke Swiss-Austria. Pembaca semakin sumringah setelah mengetahui Inggris yang tadinya di ujung tanduk menjadi berpeluang besar lolos. Gara-garanya adalah hasil Rusia yang kalah 1-2 dari Israel. Inggris tinggal memukul Kroasia yang sudah lolos. Kemenangan memastikan langkah Three Lions, sekalipun Rusia menang juga atas Andora.

*) catatan ini ditulis oleh Lilianto Apriadi, wartawan senior tabliod BOLA, ditulis di blog ini.

Iklan

Satu pemikiran pada “Timnas Kalah 0-7 dari Suriah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s