Wawancara Dengan Sam Lembet


OngisNade.netWawancara OngisNade.net via-telpon dengan Mas Tembel (Sam Lembet), Aremania korwil stasiun sekaligus salah satu pencetus / panitia acara Silaturahmi Suporter se Jawa-Bali “Dari Suporter Untuk Indonesia Damai” yang akan diadakan di Malang, Sabtu 10 nopember 2007.

OngisNade.net (ON) : Sam, bagaimana ide awal diadakannya acara silaturahmi suporter ini?
Sam Lembet (SL) : Berangkat dari obrolan / jagongan nawak-nawak Aremania seputar keprihatinan terhadap kondisi suporter di Indonesia yang identik dengan permusuhan dan kekerasan. Kenapa kita tidak bisa meniru suporter di Italia atau Inggris, yang meskipun bermusuhan tetapi tetap bisa menyaksikan tim kesayangannya bertanding di satu stadion. Karena pada prinsipnya kita semua bersaudara, meskipun berbeda. Inti dari acara ini adalah membangun kembali silaturahmi antar kelompok suporter di Indonesia.

ON : Kenapa acara ini diselenggarakan di Malang?
SL : Berawal dari acara serupa yang lebih dulu diadakan pada tahun sebelumnya (2006) yang melibatkan beberapa kelompok suporter di Jawa Timur. Tahun ini, Aremania sebagai pencetus ide awal acara ini berusaha merangkul lebih banyak lagi kelompok suporter, secara resmi mencakup Jawa-Bali.

ON : Kelompok suporter yang diundang?
SL : Panitia secara resmi mengundang perwakilan kelompok suporter se Jawa-Bali, bahkan kelompok suporter yang selama ini “tidak akur” seperti Persijap dengan PSIS, atau Persib dengan Persija pun diundang. Bahkan dengan bantuan teman-teman dari media, kelompok suporter dari Sumatera (Palembang), Kalimantan (Balikpapan), Sulawesi (Makasar), hingga Papua sudah menyatakan diri bersedia hadir di acara ini.

ON : Bisa dibilang acara ini berskala nasional?
SL : Oyi. Ide awalnya memang mencakup Jawa-Bali, tapi alhamdulillah respon teman-teman suporter di luar itu sangat baik, sehingga bisa dibilang ini adalah acaranya suporter nasional.

ON : Tentang tidak diundangnya (secara resmi) kelompok suporter di Surabaya & Pasuruan?
SL : Perlu dijelaskan di sini kami (panitia) tidak menutup mata terhadap Bonek & Sakeramania, tetapi kami mengharapkan dengan tidak diundangnya Bonek & Sakeramania ini, mereka bisa introspeksi diri, “kenapa semua suporter di Indonesia diundang tapi kami tidak?”. Panitia telah mengadakan voting tentang diundang tidaknya Bonek & Sakeramania dimana mayoritas panitia menyatakan “tidak mengundang” dengan berbagai alasan. Selain itu, panitia juga mempunyai alasan dari segi keamanan.

ON: Acarane opo ae Sam?
SL : Run-down acara dari panitia adalah mulai Sabtu pagi penyambutan tamu suporter di depan Stasiun Kotabaru & Stadion Gajayana, silaturahmi & dialog suporter di tribun barat Stadion Gajayana, sore harinya ada pertandingan sepakbola antar suporter dan game lain. Malam harinya di depan stasiun ada acara santunan Aremania kepada panti asuhan, Deklarasi Suporter Indonesia oleh Sam Ot (Anto Baret), konser musik D’Kross dan band suporter (Persib, PSS, dll), serta Trio Macan.

ON : Terakhir Sam, apa harapan pribadi umak tentang acara ini?
SL : Ayas pribadi berharap acara ini sukses, dapat diterima & dikoordinasikan dengan semua pihak. Dalam hal ini Aremania tidak mencari nama, karena Aremania sudah besar, tetapi murni dari iktikad baik nawak-nawak Aremania yang ingin melebarkan sayap perdamaian & silaturahmi antar kelompok suporter se Indonesia.

ON : Oyi Sam, nuwus untuk komentar & waktunya. SALAM SATU JIWA.
SL : Oyi-oyi. SALAM SATU JIWA.

Iklan

3 pemikiran pada “Wawancara Dengan Sam Lembet

  1. kopi-pes dr milis arema / malang pos:

    Silaturrahmi Suporter Se-Jawa Bali di Malang, yang akan digelar Sabtu (10/11) besok dipastikan berlangsung meriah. Berbagai kegiatan digelar, termasuk para pentholan pecinta sepakbola di tanah air akan hadir.

    Tidak ketinggalan Aremania Bulungan Jakarta, Anto Baret. Selain itu Habib Husein Al Habsy siap datang dalam acara tersebut. Rencananya, Anto Baret akan membacakan prasasti damai, sedangkan Habib Husein Al Habsy memimpin doa dalam acara yang akan dihadiri sekitar 500 suporter ini.

    “Mas Anto siap datang. Demikian juga dengan Husein Al Habsy sudah menyatakan siap datang ke Malang dalam acara yang akan digelar di Stadion Gajayana dan depan Stasiun Kota Baru ini”, ungkap Abah Slamet, salah satu panitia perwakilan Aremania kepada Malang Post kemarin.

    Meski datang, Husein Al Habsy tidak akan melakukan ceramah di depan komunitas suporter tersebut. Panitia sengaja meminimalisir acara yang berbau ceramah karena susunan acara sangat padat. Selain itu, minimalisasi ceramah juga untuk menghindari kebosanan.

    Sementara itu komunitas suporter yang siap datang terus bertambah dalam acara yang digelar Aremania dan Ngalamania itu. Dari 37 komunitas suporter yang diundang, 30 diantaranya menyatakan siap hadir. Selain suporter dari Jawa dan Bali, seperti Jakmania, Bobotoh, LA Mania, Panser Biru suporter asal Kalimantan juga menyatakan siap datang dalam acara dengan misi Indonesia Damai itu. Komunitas Balistic (Balikpapan Suporter Fanatic) sudah menyatakan siap datang ke Malang.

    “Sedangkan suporter-suporter lain dari Bali dan Jawa akan datang pagi hari sebelum acara dimulai sekitar pukul 12.00”, tandas pria berdomisili di kawasan Tongan Kota Malang ini.

    Persiapan panitia sendiri sudah 90 persen. Panitia juga sudah merancang skema panggung hiburan raksasa yang akan berdiri di depan Stadiun Kota Baru.

    Persiapan Stadion Gajayana sebagai tempat dialog dan fun soccer suporter juga sudah maksimal. Narasumber Sigit Nugroho dari wartawan Bola siap datang. Sedangkan Direktur BLI, Andi Darusalam Tabusala, sebelumnya sudah menyatakan siap datang. Namun kami harus konfirmasi ulang soal kedatanganya dalam acara nanti, pungkas Abah Slamet. (feb)(Febri Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s