Along Cedera Lutut


Striker Arema Indonesia asal Singapura, Noh Alam Shah, kemungkinan sudah tidak bisa lagi memperkuat Singo Edan sampai akhir Piala Indonesia 2010 karena cedera lutut. Striker timnas Singapura yang menjadi top skor Arema saat menjuarai ISL 2009/10 itu divonis harus istirahat total selama empat minggu. Sebuah kerugian bagi Arema yang memusingkan coach Robert dalam memilih pemainnya jelang babak 8 besar Piala Indonesia menghadapi Persib Bandung.


(foto: Zulfikar Aleksandri/Ongisnade)

Cedera meniscus atau cedera pada bagian bantalan sendi lutut yang dialami Noh Alam Shah, bukanlah satu-satunya. Pemain top dunia pun juga bisa mengalami cedera serupa. Karena cedera di bagian lutut ini memang yang paling sering terjadi. Sebut saja bek kanan Inter Milan, Davide Santon, kiper Italia, Gianluigi Buffon, striker Italia, Vincenzo Iaquinta, dan striker Liverpool, Fernando Torres adalah beberapa contoh pemain yang pernah mengalami kasus serupa dan harus menjalini operasi.

Menurut dr Andre Pontoh, dokter bedah orthopedi yang mengambil spesialis lutut dan sendi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, sendi lutut merupakan sendi yang paling sering mendapat keluhan. Nyeri, bengkak, kaku, bunyi ketika digerakkan, hingga posisi yang tidak stabil merupakan keluhan-keluhan pada sendi lutut.

Sendi lutut adalah sendi yang paling besar di tubuh manusia. Sendi jenis Synovial ini dalam keadaan normal dapat bergerak dari nol derajat sampai lebih dari 135 derajat (naik-turun). Selain itu, sendi ini dapat pula sedikit berputar (rotasi). Fungsi sendi lutut adalah menghubungkan tulang paha (femur) dan tulang kering (tibia). Pada sendi lutut ini terdapat pula tulang tempurung (patella).

Sendi tak dapat berfungsi maksimal bila tak disokong otot-otot. Pada sekitar sendi lutut juga didapati banyak otot. Pada sendi lutut terdapat otot-otot terpenting di bagian depan (extensor). Otot ini berfungsi untuk meluruskan lutut sedangkan otot di bagian belakang (flexor) berfungsi untuk melipat lutut.

Selain otot, terdapat pula dua buah urat (ligament) yang terletak di pinggir sendi lutut bagian dalam (ligament collateral medial) dan bagian luar (ligament collateral lateral). Kedua struktur ini – otot dan urat – berfungsi untuk menjaga stabilitas sendi lutut.

Sendi lutut dibungkus oleh kapsul sendi dan berisi cairan sendi di dalamnya. Ada beberapa struktur lain yang sangat penting keberadaannya pada sendi, yaitu tulang rawan sendi (cartilage), meniscus, urat silang (ligament crutiate). Tulang rawan sendi melapisi permukaan tulang di dalam sendi dan berfungsi melindungi tulang-tulang di sendi agar tidak berbenturan secara langsung.

Meniscus bila dilihat sepintas akan terlihat seperti cincin yang berfungsi sebagai peredam-kejut. Sedangkan urat silang (ligament crutiate) berfungsi untuk menjaga kestabilan sendi lutut. Agar sendi lutut berada pada posisi stabil, terdapat dua buah urat silang, yaitu yang ke arah depan (ligament cruciate anterior/ACL) dan yang ke arah belakang (ligament cruciate posterior/PCL).

Bila terdapat keluhan-keluhan seperti yang disebutkan di atas, sudah dipastikan struktur-struktur penting tersebut mengalami cedera atau gangguan. Cedera pada struktur-struktur di atas tidak terdeteksi oleh X-Ray (Rontgen).

Pasalnya X-Ray hanya dapat mendeteksi kelainan pada tulang sedangkan untuk melihat kelainan-kelainan struktur dalam sendi diperlukan pemeriksaan Magnetic Resonance Imagine (MRI). Cedera yang kerap terjadi pada sendi lutut antara lain cedera tulang rawan sendi (Chondromalacia), cedera meniscus, dan cedera urat ACL.

Pada keadaan normal, permukaan tulang rawan sendi keadaannya licin dan rata. Cedera pada tulang rawan sendi terjadi karena satu trauma (single trauma) atau trauma berulang (repeated trauma). Single trauma dapat terjadi karena cedera atau ”keseleo”.

Sedangkan trauma berulang (repeated trauma) dapat disebabkan banyak hal, seperti menggunakan sepatu high-heel, aktivitas olah raga tanpa pemanasan, olahraga secara berlebihan (over doing exercise), atau bakat kaki ”O” atau ”X” dan ada pula kemungkinan penderita memiliki riwayat tempurung sering lepas (dislocated knee cap).

Cedera pada Meniscus biasanya terjadi pada saat lutut terpuntir (twisted knee) secara mendadak. Cedera pada struktur ini sangat sering terjadi dan sebagian besar dikarenakan aktivitas olahraga. Olahraga yang sering menyebabkan cedera meniscus, yaitu sepak bola/futsal, tenis, badminton, dan bola basket.

Para atlet kerap kali mengalami cedera yang awalnya dianggap keseleo biasa. Namun setelah lama dihinggapi cedera itu, kaki penderita akan pincang karena sendi sulit digerakkan.

’’Kadang-kadang pasien datang dengan keluhan ada yang bergerak-gerak di dalam sendi. Mereka mengatakan seperti ada yang lepas. Pada kondisi yang parah, uratnya robek atau hancur,’’ papar dr. Andre.

Satu lagi cedera yang mungkin terjadi pada sendi lutut, yaitu cedera urat ACL. Cedera ACL sering terjadi karena olahraga-olahraga high-impact, semacam olah raga bela diri. ACL dapat cedera pada gerakan yang mendadak berhenti kemudian lutut terpuntir. ”Pada keadaan itu urat atau ligament sudah putus,” tegas Andre.

Untuk cedera pada meniscus, pengobatan dapat mulai dengan yang sederhana seperti istirahat, obat-obatan sampai pada keadaan yang parah diperlukan tindakan operasi Arthroscopy. Boleh jadi, cedera meniscus yang dialami Along memaksanya untuk naik ke meja operasi.

Arthroscopy adalah sebuah alat yang digunakan oleh dokter untuk melihat langsung keadaan sendi yang terganggu. Karena dengan Arthroscopy dapat terlihat keadaan sendi yang terganggu yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Oleh sebab itu Arthroscopy dikategorikan sebagai salah satu alat diagnostik yang canggih. Diagnostik dengan Arthroscopy pada umumnya digunakan bersama dengan tindakan bedah terbuka. Bedah terbuka ini dilakukan pada sendi dengan tujuan menemukan jalan untuk melakukan eksisi yaitu pengambilan jaringan/bagian yang rusak. (Malang Post)

11 pemikiran pada “Along Cedera Lutut

  1. Ping balik: Cedera Lutut, Alam Shah Absen Sampai Akhir Piala Indonesia | ONGISNADE

  2. cepet sembuh ya along,,,
    biar nnti bsa lwn persib dan kmu bisa cetak gol bwt aremania aremanita seluruh indonesia,,,

  3. Dear Rekan Netter…

    Salam perkenalan, dengan kerendahan hati, kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan masyarakat Indonesia kepada EAGLE sebagai salah satu Sepatu Olahraga Terbaik Indonesia , Kategory Sepatu Olahraga , pada TOP 250 Indonesia Original Brands 2010 versi majalah SWA ( Ref. No.09/XXVI/29 April – 11 Mei 2010 ) atau bisa klik link ini :

    http://swamediainc.com/award/2009top250originalbrand/index_13.html

    Lihat koleksi kami di : http://www.eagle.co.id

    atau join di Komunitas kami : http://www.facebook.com/eaglemania

    Terima kasih

  4. Sendi lutut adalah sendi yang paling besar di tubuh manusia. Sendi jenis Synovial ini dalam keadaan normal dapat bergerak dari nol derajat sampai lebih dari 135 derajat (naik-turun). Selain itu, sendi ini dapat pula sedikit berputar (rotasi). Fungsi sendi lutut adalah menghubungkan tulang paha (femur) dan tulang kering (tibia). Pada sendi lutut ini terdapat pula tulang tempurung (patella).
    +1

  5. along cpt sembuh ea?
    biar arema indonesia juara piala indonesia and juara isl 2010/2011?
    along cpt sembuh q kangen ma tendangan salto.mu?

    semoga arema menang atas persib,walaupun tanpa noh’along’alam shah?

    q doain along cpt sembuh ea?
    kasian ama ridhuan?

    salam 1 jiwa arema indonesia
    dari aremania sawojajar

  6. I used to be recommended this blog via my cousin. I’m now not positive whether or not this submit is written through him as no one else recognise such precise approximately my trouble. You’re wonderful! Thank you!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s